11 Buku Inspirasi yang Bisa Meningkatkan Kualitas Diri

11 Buku Inspirasi yang Bisa Meningkatkan Kualitas Diri

Daripada waktu senggang terbuang percuma karena melakukan hal kurang bermafaat, Anda bisa menggunakannya untuk membaca buku inspirasi. Aktivitas ringan ini dapat memberi dampak positif seperti membangkitkan semangat & rasa percaya diri, self-improvement, atau juga merubah pola pikir.

Hanya dengan membaca buku, kualitas hidup Anda dapat berubah menjadi lebih baik, cara berpikir Anda akan ikut berubah, dan bahkan dapat berpengaruh terhadap kesehatan fisik. Beberapa buku juga dapat menginspirasi untuk membuka bisnis atau mengubah peluang menjadi keuntungan di masa depan.

Daftar Buku Inspirasi Dalam dan Luar Negeri

1. Good Habits Bad Habits

Sebuah buku yang manjadi buah karya dari Wendy Wood ini dapat membantu Anda untuk membentuk habit (kebiasaan) baik yang pada akhirnya merubah kualitas hidup menjadi lebih positif.

Wendy Wood sendiri merupakan seorang pakar di bidangnya dan buku ini menjadi salah satu yang best seller untuk memotivasi diri. Isinya detail namun praktis dan mudah dipahami. Setelah membacanya, pola pikir Anda mengenai berbagai aspek kehidupan akan berubah.

Bukan sekedar tulisan, buku ini dibuat setelah sang penulis melakukan penelitian selama 3 dekade. Buku ini merupakan perpaduan dari studi kasus, ilmu saraf, dan juga percobaan di laboratorium.

2. Educated Terdidik

Menjadi salah satu buku paling laris versi New York Times, Educated Terdidik merupakan karya Tara Westover yang diterjemahkan ke bahasa Indonesia oleh Berkat Setio. Educated Terdidik adalah buku cerita inspiratif sang penulis yang saat kecil hingga usia 17 tahun tidak mendapat pendidikan formal.

Keluarganya terisolasi dari masyarakat luar dan pendidikan anak bukanlah hal utama. Namun berawal dari melihat sang kakak masuk ke perguruan tinggi, Tara ingin mencoba kehidupan baru dengan melintasi lautan dan benua sampai akhirnya berhasil menjadi mahasiswa Harvard.

Secara garis besar, buku ini berisi tentang semangat Tara. Saking larisnya, Educated Terdidik diterjemahkan ke dalam 45 bahasa dan menjadi salah satu buku inspirasi yang direkomendasikan langsung oleh Obama serta Bill Gates.

3. Atomic Habit

Buku motivasi karya James Clear ini sudah tersedia dalam versi bahasa Indonesia yang diterjemahkan oleh Alex Tri Kantjono Widodo.

Isinya adalah kebiasan kecil yang positif dapat memberikan dampak besar bagi kehidupan seseorang. Buku ini cocok untuk Anda yang selama ini mungkin masih memiliki kebiasaan-kebiasaan kurang bagus namun sulit untuk merubahnya.

Baca Juga: Wajib Dibaca! 7 Rekomendasi Buku Wirausaha untuk Pemula

4. Menjadi Pribadi yang Bahagia & Inspiratif

Buku bagus inspirasi ini juga merupakan karya orang luar negeri bernama Dale Carnegie yang sudah diterjemahkan ke bahasa Indonesia sehingga lebih mudah untuk dipahami.

Membaca buku ini akan membantu Anda untuk mengembangkan citra diri, memperlakukan orang lain dengan baik, mencapai tujuan-tujuan yang realistis, meningkatkan public speaking, dan menambah rasa percaya diri.

Anda juga dapat mengelola hubungan yang lebih baik dengan orang lain, serta mampu mengatasi rasa takut atau khawatir dengan cara yang positif.

5. You Do You: Discovering Life Through Experiments & Self Awareness

Bagi para remaja atau kaum muda yang sedang mencari jati diri, maka membaca buku berjudul “You Do You” karya Fellexandro Ruby akan menjadi pilihan yang tepat.

Buku ini berisi tentang kisah sang penulis dalam proses menemukan jati diri sampai akhirnya ia daat sukses dalam bisnis, berkarir, keuangan, dan juga hubungan dengan orang lain.

6. How to Win Friends and Influence People in the Digital Age

Ini dia salah satu buku inspirasi klasik yang dianggap paling sukses sepanjang masa dan telah laku sebanyak 30 30 juta eksemplar di berbagai negara. Buku karya Dale Carnegie ini telah membawa jutaan pembaca berhasil sukses di bidang bisnis dan kehidupan pribadi.

Jika membaca buku ini, Anda akan memiliki skill yang lebih baik dalam membangun hubungan jangka panjang dengan orang lain lewat cara-cara yang sebenarnya sederhana. Anda pun dapat membangun relasi dan memperluasnya.

Baca Juga: Kenali Cara Mengatasi Perubahan Perilaku Konsumen di Era Digital

7. Berani Tidak disukai

Judulnya memang bahasa Indonesia namun buku ini merupakan hasil terjemahan dari bahasa Jepang. Penulisnya adalah Fumitake Koga dan Ichiro Kishimi. Sementara sang penerjemah adalah Agnes Cynthia.

Buku ini berisi tentang cara memaafkan dan mencintai diri sendiri, membantu membebaskan dari pikiran negatif, serta cara-cara untuk lebih bahagia.

8. Filosofi Teras

Jika mencari rekomendasi buku inspirasi dalam negeri, maka Filosofi Teras karya Henry Manampiring adalah salah satunya. Buku ini menjadi salah satu yang populer di kalangan generasi Z.

Isinya tentang filsafat Yunani yang disebut dengan “Stoisisme”, yang akan membantu Anda untuk membentuk mental tangguh dan cara mengatasi emosi negatif. Sekilas mungkin tampak berat, namun buku ini cukup ringan dan sangat relevan dengan kehidupan para gen Z.

9. Hypnotic Diary #DietKenyang

Apakah Anda sedang menjalani program diet? Maka buku berjudul Hypnotic Diary cocok menjadi bacaan di kala senggang. Diambil dari kisah nyata, buku ini berisi perjalanan diet dari seorang public figure yakni Dewi Hughes yang akhirnya berhasil menerapkan healthy life.

Kisahnya dimulai dari tahun 2016 saat Dewi jatuh sakit dan bahkan hampir lumpuh karena obesitas. Dewi bertekad merubah pola hidup dan bonusnya adalah mendapat tubuh slim.

Baca Juga: 13 Ide Jualan Makanan Kekinian, Modal Kecil Bisa Dapat Untung Besar

10. Almond

Almond merupakan salah satu novel inspirasi hidup yang akan membantu Anda untuk membangkitkan rasa empati. Novel ini berkisah tentang seseorang yang didiagnosa menderita Alexithymia, yaitu sebuah penyakit yang membuat penderita tidak dapat merasakan dan mengungkapkan emosi.

Ia adalah seorang anak laki-laki bernama Yun-jae, yang tidak dapat merasakan takut, bahagia, marah, kecewa, dan berbagai jenis emosi lain selayaknya orang pada umumnya. Hal ini juga membuat Yun-jae tidak dapat merasakan emosi orang lain.

11. Hidup Antigalau: Menata Karier dan Masa Depan di Umur 20-an

Buku karya Juhyung Kim ini menargetkan anak muda usia 20 an sebagai pembacanya. Sesuai judulnya, buku ini akan membantu Anda dalam menyusun fondasi yang lebih kuat di usia muda agar mampu mengidentifikasi target dan impian hidup.

Anda juga dapat membentuk kebiasaan baru yang positif dan mampu mengatur waktu dengan baik. Lewat buku ini, Anda juga akan mampu mengembangkan relasi dan meningkatkan keterampilan sesuai kompetensi diri.

Selain dibaca sendiri, Anda juga dapat menjadi reseller untuk sejumlah judul buku inspirasi di atas. Agar perihal pengiriman lancar, Anda bisa gunakan software pengiriman barangterbaik yakni Biteship. Anda bisa merasakan mudahnya kirim barang dengan fitur Guest Mode. Ada juga layanan API dan Dashboard.

Punya

Ratusan / Ribuan

Kiriman Setiap Hari?

Satu platform, beragam layanan pengiriman dan logistik

Web Dashboard

Pergudangan & Pengemasan

Dilengkapi Kurir Instant

Plugin Pengiriman

Integrasi API Pengiriman

Mendukung beragam layanan pengiriman

GojekJNEJNTTIKI

Terintegrasi dengan channel marketplace

TokopediaLazadaTiktokShopee

Mau Pengiriman Jadi Jauh Lebih Efektif?

Dapatkan potongan harga untuk pengiriman lebih banyak, #kirimlebihbanyak bersama Biteship!