4 Alasan Pentingnya Kemasan Produk, Wajib Tahu!

Pernahkah tergiur membeli produk karena kemasannya unik? Hal tersebut wajar karena salah satu fungsi penting kemasan produk adalah menambah daya tarik. Jika bungkusnya lebih menarik, maka kemungkinan untuk terjual lebih tinggi walaupun isinya sama dengan produk pesaing.

Pentingnya bungkus suatu produk mendorong para produsen untuk mendesain dengan teliti. Tidak hanya dari sisi daya tarik, pentingnya kemasan yang dimiliki oleh suatu produk juga dapat dilihat dari faktor lain. Berikut penjelasan selengkapnya.

Mengapa Kemasan Produk itu Penting?

Walaupun setelah isinya diambil, kemungkinan bungkus akan dibuang, namun kemasan sangat penting untuk keberlangsungan suatu bisnis. Terdapat 4 alasan pentingnya kemasan suatu produk, antara lain:

Mendukung Branding

Branding merupakan kegiatan penting untuk menunjukkan identitas suatu produk sehingga melekat di hati masyarakat dan mendorong mereka untuk setia memakai produk tersebut. Perusahaan dapat memberikan kesan yang baik kepada para konsumen melalui branding.

Kegiatan branding meliputi banyak hal, salah satunya yaitu membuat desain kemasan yang berpotensi besar merebut hati masyarakat. Produsen menengah maupun besar harus memikirkan sebuah konsep kemasan yang menarik, sesuai target pasar, dan aman.

Berikut manfaat desain kemasan dalam kaitannya dengan kegiatan branding:

  • Menonjolkan identitas produk yang menjadi pembeda dari produk sejenis dari perusahaan lain;
  • Mempromosikan produk sehingga lebih dikenal oleh masyarakat luas;
  • Menarik minat pembeli sekaligus mempengaruhi keputusan mereka untuk melakukan pembelian produk.

Melindungi Produk

Cara untuk menjaga produk agar kondisinya tetap bagus dan jumlahnya sesuai takaran yakni dengan membungkusnya. Kemasan sebagai pelindung produk memang menduduki fungsi terpenting sehingga isi di dalamnya tidak rusak, tergores, cacat, basah, berkurang atau basi.

Apa saja ciri-ciri kemasan yang bagus dan aman? Beberapa di antaranya sebagai berikut:

  • Menggunakan bahan dasar yang tidak membahayakan kesehatan;
  • Menyesuaikan dengan jenis produk sehingga tidak berlebihan atau kurang cocok;
  • Memudahkan pembeli untuk mengambil isi sehingga menurunkan risiko kerusakan atau tercecernya isi yang tidak disengaja;
  • Memudahkan proses distribusi produk. 

Dalam kaitannya dengan kemudahan pendistribusian produk, UMKM maupun perusahaan besar dapat mengandalkan layanan warehouse management system milik Biteship. Layanan WMS yang disediakan sudah termasuk proses packing.

Adapun pengertian packing adalah pengemasan suatu produk yang nantinya akan dikirimkan kepada para konsumen. Dengan adanya layanan manajemen gudang, proses penyimpanan, pengemasan hingga pengiriman akan lebih aman dan cepat.

Meningkatkan Kepercayaan Pembeli

Kemasan produk memiliki peran krusial untuk meningkatkan kepercayaan konsumen. Hal tersebut dapat dilihat dari tindakan konsumen yang selalu melihat kemasan terlebih dahulu sebelum membeli barang tersebut.

Bungkus produk yang memuat komposisi, tanggal produksi, tanggal kadaluarsa, sertifikat halal, petunjuk penggunaan, peringatan penting dan sertifikat halal akan lebih dipercaya oleh pembeli. Sedangkan kemasan yang lusuh, tidak menarik dan tidak informatif cenderung dihindari.

Kemasan yang informatif tidak berarti semua penjelasan mengenai produk ditampilkan. Produsen harus merangkum informasi yang penting saja dan menatanya sebagus mungkin agar mudah serta nyaman dibaca. 

Meningkatkan Jumlah Penjualan

Sebagai media untuk pencitraan dan promosi produk, pada akhirnya kemasan memang bertujuan untuk meningkatkan penjualan. Secara menyeluruh, packaging, kualitas isi, pelayanan dan pemasaran saling mendukung untuk memenangkan persaingan di pasar.

Packaging yang memiliki ciri khas kuat, tampilan yang sesuai dengan jenis produk dan informasi yang terangkum jelas, akan berpotensi besar untuk dipilih oleh konsumen. Banyak perusahaan yang mempertahankan ciri khas kemasan yang sudah dikenal luas agar penjualan tidak turun.Dalam dunia bisnis, baik minuman, makanan, fashion maupun elektronik, memiliki konsep kemasan produk yang matang akan sukses memikat konsumen dan mendongkrak penjualan. Apabila produk dilindungi dengan kemasan yang daya tariknya kuat, maka lebih mudah dikenali oleh masyarakat. 

Punya

Ratusan / Ribuan

Kiriman Setiap Hari?

Satu platform, beragam layanan pengiriman dan logistik

Web Dashboard

Pergudangan & Pengemasan

Dilengkapi Kurir Instant

Plugin Pengiriman

Integrasi API Pengiriman

Mendukung beragam layanan pengiriman

GojekJNEJNTTIKI

Terintegrasi dengan channel marketplace

TokopediaLazadaTiktokShopee

Mau Pengiriman Jadi Jauh Lebih Efektif?

Dapatkan potongan harga untuk pengiriman lebih banyak, #kirimlebihbanyak bersama Biteship!