7 Jenis CTA (Call To Action) untuk Kesuksesan Bisnis Digital

Penjual memiliki banyak cara untuk menarik perhatian konsumen, salah satunya dengan menggunakan CTA (Call to Action). Membekali diri dengan pengetahuan tentang jenis CTA sangat penting sebagai strategi dalam pemasaran produk secara digital.

CTA merupakan bentuk ajakan sekaligus alat untuk mengkomunikasikan keinginan pemilik usaha dan konsumen. Penjelasan tentang CTA berikut akan bermanfaat bagi Anda yang sedang berusaha meningkatkan kesuksesan iklan digital.

Apa itu CTA?

Jika dilihat dari kata-kata bahasa Inggris yang dipakai, call to action memiliki arti permintaan untuk bertindak. Dalam kaitannya dengan digital marketing, definisi CTA adalah strategi untuk mendorong calon konsumen untuk mengambil suatu tindakan tertentu yang menguntungkan bagi sebuah bisnis.

CTA merupakan ajakan yang kuat untuk mempengaruhi pengunjung website produk agar melakukan sesuatu. Contohnya, mengklik banner produk, berlangganan email, mengikuti event spesial dan membeli produk.

Pemilik bisnis perlu menerapkan jenis CTA yang powerful untuk menarik minat konsumen sebanyak mungkin. Teks CTA harus diletakkan pada posisi-posisi yang mencolok sehingga mudah dilihat, misalnya halaman depan website, banner iklan atau tombol.

Layaknya desain kemasan produk yang harus dibuat semenarik mungkin demi tujuan promosi offline, teks CTA juga perlu disusun seefektif mungkin agar pengunjung antusias.

Beberapa Jenis CTA

Terdapat kebebasan dalam pembuatan call to action yang tergantung dari kreativitas masing-masing. Namun, Anda perlu mengetahui jenis-jenis CTA sebagai referensi untuk memudahkan dalam perancangannya. Berikut 7 jenis call to action:

  1. CTA Engagement

Engagement merupakan salah satu aspek penting dalam pemasaran digital untuk menunjukkan tingkat keterlibatan pengguna internet terhadap suatu produk. CTA engagement berguna untuk memperluas jangkauan produk dan mendorong orang lain untuk memberikan feedback.

Contoh CTA engagement yang digunakan seperti “Tekan Like Jika Suka”, “Share ke Teman”, “Save Post” atau “Lihat Produk”. Teks singkat dan ringkas tersebut bertujuan untuk memancing audiens sehingga tercipta hubungan yang saling menguntungkan antara konsumen dan perusahaan.

  1. CTA Conversion

Jenis CTA conversion bertujuan untuk mempengaruhi audiens untuk mengunjungi website perusahaan dan mendorong pengunjung untuk membeli produk. Call to action ini memang dibuat khusus untuk mengetahui lebih banyak tentang produk dan melakukan pembelian.

Contoh CTA conversion untuk memancing pengunjung website produk yakni “Baca Selengkapnya” atau “Read More” dan “Pelajari Selengkapnya” atau “Learn More”. Sedangkan CTA conversion “Beli Sekarang” dan “Klik untuk Dapat Diskon” bertujuan mengundang banyak pembeli.

  1. CTA Social Media Sharing

Dalam rangka menaikkan traffic dan memperbesar peluang konversi, pebisnis dapat menggunakan CTA social media sharing. CTA ini termasuk jenis yang simple untuk diikuti oleh para pengunjung website dan efektif untuk memperluas jangkauan promosi.

CTA social media sharing memancing pengunjung untuk membagikan produk melalui media sosial, seperti Facebook, Twitter dan Instagram. Platform lain seperti WhatsApp, Line dan Telegram juga menjadi alternatif yang menjanjikan.

  1. CTA Lead Generation

Jenis lead generation disebut juga dengan CTA lead magnet yang bertujuan untuk menciptakan audiens menjadi pelanggan yang potensial. Singkatnya, CTA lead generation dibuat untuk menarik para prospek yang menguntungkan bagi perusahaan.

Biasanya, CTA lead generation diposisikan pada halaman yang pengunjungnya banyak sehingga peluang CTA untuk terlihat semakin besar. Bentuk CTA lead magnet cukup banyak, seperti kupon diskon, free trial, panduan berupa video atau foto, swipe file, cheatsheet dan ebook.

Umumnya, syarat untuk mendapatkan konten gratis tersebut yaitu mengisi nama dan email. Maka, pebisnis harus membuat konten yang semenarik mungkin dan bermanfaat agar pengunjung mau memberikan informasi kontaknya.

  1. CTA Lead Nurturing

Setelah berhasil mendapatkan banyak prospek berkat CTA lead generation, maka saatnya Anda beraksi dengan memakai CTA lead nurturing. Jenis CTA lead nurturing digunakan untuk memantapkan keputusan prospek untuk membeli produk tanpa menundanya lebih lama.

Teks yang cocok digunakan seperti “Transaksi Sekarang, Diskon 25%”, “Book Now, Get Exclusive Merchandise”, “Get 50% OFF Now”, “Buy Now, Claim Your Coupon” dan “Lihat Penawaran, 30% Off”. CTA tersebut memiliki kekuatan besar untuk meyakinkan pengunjung melakukan pembelian.

  1. CTA Event Promotion

Jenis selanjutnya dari CTA disebut dengan event promotion. Tujuannya untuk mempromosikan event yang diselenggarakan oleh perusahaan sehingga pengunjung tergerak untuk membeli tiketnya. Acara yang dimaksud dapat diadakan secara offline maupun online.

CTA event promotion harus diletakkan pada posisi yang strategis seperti dashboard dan halaman login. Penempatan tersebut memperbesar peluang CTA untuk dilihat oleh pengunjung. Semakin banyak yang menyadari ada event, maka semakin tinggi kesempatan tiket untuk terjual.

  1. CTA Newsletter Subscription

Peran newsletter sangat penting untuk mempromosikan konten, menggaet prospek dan membangun hubungan dengan pelanggan secara kontinyu. Maka, CTA newsletter subscription perlu dibuat untuk mendorong konsumen berlangganan email perusahaan.

Isi newsletter umumnya berupa informasi promo menarik, fitur terbaru pada aplikasi, launching produk baru, event menarik dan rekomendasi perusahaan. CTA yang cocok ditampilkan yakni “Apply Now”, “Coba Sekarang”, “Start Here”, “Daftar Sekarang” dan “Berlangganan di Sini”.

Tips Membuat CTA yang Powerful untuk Bisnis

Apakah ingin memiliki CTA yang powerful dan menarik? Jika demikian, maka Anda perlu memperhatikan beberapa tips di bawah ini:

  • Memakai kata perintah yang jelas, tegas dan ringkas sehingga pesan dapat tersampaikan dengan kuat kepada audiens. Hindari membuat CTA lebih dari 35 karakter per baris. Contohnya “pesan sekarang”;
  • Menggunakan kata-kata yang membuat audiens antusias untuk melakukan sesuatu, baik itu melihat produk, berlangganan email maupun membeli produk. Gunakan juga angka untuk menunjukkan kepastian kepada audiens. Misalnya “Beli Sekarang, Diskon 50%”;
  • Menggunakan strategi “penyesalan” untuk mendorong pengunjung melakukan pembelian saat itu juga sebelum menyesal telah melewatkan kesempatan yang bagus. Contohnya “Hari Ini Diskon 75%, Besok Normal”. 

Mengenali jenis CTA memudahkan Anda untuk memilih kata-kata yang menarik dan kuat sehingga audiens tergerak untuk melakukan sesuatu yang menguntungkan. CTA tidak selalu langsung mengajak pengunjung untuk membeli, tetapi juga meningkatkan konversi sehingga bisnis Anda semakin terlihat.

Punya

Ratusan / Ribuan

Kiriman Setiap Hari?

Satu platform, beragam layanan pengiriman dan logistik

Web Dashboard

Pergudangan & Pengemasan

Dilengkapi Kurir Instant

Plugin Pengiriman

Integrasi API Pengiriman

Mendukung beragam layanan pengiriman

GojekJNEJNTTIKI

Terintegrasi dengan channel marketplace

TokopediaLazadaTiktokShopee

Mau Pengiriman Jadi Jauh Lebih Efektif?

Dapatkan potongan harga untuk pengiriman lebih banyak, #kirimlebihbanyak bersama Biteship!