8 Tips Pengiriman Parfum dengan Ekspedisi, Pasti Aman!

8 Tips Pengiriman Parfum dengan Ekspedisi, Pasti Aman!
pengiriman parfum

Kemajuan teknologi mampu membuat semua orang bisa berbisnis produk apa pun tanpa terkecuali. Sekalipun parfum yang memiliki bentuk cair, mudah tumpah, dan bocor, masyarakat masih gemar membelinya secara online. Untuk itu, penjual harus memberikan pelayanan pengiriman parfum yang aman terkendali.

Saat ini, sudah banyak ekspedisi yang bersedia mengirim barang berupa cairan. Beberapa regulasi pun sudah mereka terapkan demi barang tetap aman sampai tujuan akhir. Supaya Anda bisa menjadi penjual yang dipercaya oleh konsumen, yuk lihat panduan mengirim parfum di bawah ini!

8 Tips Pengiriman Parfum yang Aman

Berbagai ekspedisi di Indonesia telah memperbolehkan pengiriman produk cair, termasuk parfum. Meski begitu, ada beberapa orang yang masih tidak tahu cara pengemasan hingga pengiriman parfum agar tidak tumpah. Nah, Anda bisa melihat tipsnya berikut ini.

1. Letakkan Parfum ke Dalam Wadah Tertutup

Tips pertama mengemas parfum adalah memasukkan larutan parfum ke dalam wadah yang tertutup rapat, umumnya wadah botol. Jika botol yang Anda pilih terbuat dari kaca, maka Anda bisa melapisinya dengan plastik atau bubble wrap.

Tujuannya adalah agar botol tidak lecet atau pecah. Jangan lupa untuk beri selotip pada bagian tutup dan sela botol agar tertutup rapat dan terlindungi dari benturan apapun.

Supaya keamanan pengiriman parfum lebih maksimal, tambahkan packing kayu yang bisa Anda dapatkan di masing-masing kantor ekspedisi. Dengan packing kayu, parfum Anda akan sampai ke tangan pelanggan dengan selamat karena terbebas dari segala guncangan maupun benturan.

2. Tambahkan Kemasan Luar

Demi menjaga keamanan pengiriman, Anda juga bisa menambahkan kemasan karton yang kokoh dan tahan banting sebagai pembungkus bagian luar paket. Meskipun sudah ada bubble wrap, Anda tetap perlu menambahkan lapisan dalam karton yang tebal.

Tips ini memang membutuhkan banyak jenis kemasan, namun keamanan parfum Anda lebih terjamin. Anda juga tetap harus memberi selotip meskipun sudah ada kemasan karton. Anda bisa memasang selotip dalam rekatan yang banyak untuk memastikan kemasan luar parfum sudah tertutup rapat.

3. Berikan Label Khusus

Label khusus berguna untuk memastikan bahwa pengiriman parfum mendapatkan perlakuan khusus dari kurir. Anda bisa memberi label dengan spidol permanen “Liquid”, “Mudah Pecah”, atau stiker label bertuliskan “Fragile”.

4. Gunakan Asuransi dari Ekspedisi

Jika Anda mengirim parfum eksklusif dan mahal, sebaiknya Anda juga mengurus asuransi pengiriman dari pihak ekspedisi. Langkah ini bertujuan untuk memastikan bahwa kurir ekspedisi melindungi barang Anda dari kemungkinan rusak, pecak, dan hilang. Jika terjadi salah satu di antaranya, maka ekspedisi akan mengganti rugi.

5. Pertimbangkan Lama Waktu Pengiriman

Durasi pengiriman juga sangat krusial dalam proses pengiriman parfum. Sebab, parfum biasanya mengandung alkohol yang butuh penanganan khusus atau berbeda dari produk cair lainnya. 

Jika terlalu lama di jalan, maka dikhawatirkan suhu tinggi selama pengiriman membuat parfum panas dan bahkan memicu kebakaran. Maka dari itu, sebaiknya Anda memilih layanan pengiriman yang paling cepat.

6. Pilihlah Ekspedisi yang Tepat

Saat ini, sudah banyak ekspedisi yang menawarkan layanan keamanan pengiriman dalam berbagai jenis. Maka dari itu, Anda harus lebih selektif mencari dan menentukan jasa ekspedisi yang benar-benar menerapkan regulasi pengiriman dengan baik dan aman.

Selain itu, pastikan untuk memilih jasa ekspedisi yang memiliki pengalaman dalam pengiriman parfum atau produk beraroma sejenis. Anda juga bisa mempertimbangkan opsi jasa ekspedisi yang menawarkan produk asuransi untuk melindungi kiriman Anda.

7. Lacak Pengiriman Parfum Secara Berkala

Setiap ekspedisi pasti menyediakan fasilitas pelacakan yang sangat bermanfaat selama barang dalam proses pengiriman. Anda bisa melihat status pengiriman pesanan dengan mudah melalui aplikasi pelacakan tersebut, misalnya lokasi terkini barang. Jika memang ada kendala, Anda bisa mengetahuinya dengan mudah.

8. Konfirmasi ke Pihak Ekspedisi

Sebelum Anda meninggalkan paket di kantor ekspedisi, Anda perlu mengonfirmasikan detail pengiriman barang cair ke kurir ekspedisi. Meskipun Anda sudah mengemas dengan rapat, paket Anda akan dikembalikan jika tidak sesuai dengan regulasi ekspedisi. Maka dari itu, sesuaikan dengan peraturan ekspedisinya.

Baca juga: Pengertian Paket Fragile dan Tips Mengirimnya Dengan Aman

Cara Mengirim Parfum yang Aman ke Luar Negeri

Pengiriman parfum atau produk cair sejenis ke luar negeri sejatinya membutuhkan usaha yang lebih besar. Sebab, pengiriman barang ke luar negeri yang paling efektif adalah menggunakan transportasi udara, yang mana sebenarnya juga bersifat berbahaya.

Maka dari itu, Anda perlu perhatikan beberapa poin berikut ini agar produk parfum Anda selamat sampai alamat pelanggan:

  • Pastikan pengemasan parfum sudah sesuai dengan poin-poin di atas. Anda juga perlu memastikan bahwa tidak ada kebocoran di dalam kemasan parfum. Selain itu, tambahkan kemasan tambahan seperti bubble wrap, karton, kardus, atau styrofoam di bagian luar.
  • Gunakan label yang ditulis dalam beberapa bahasa, umumnya bahasa Inggris dan bahasa yang digunakan di negara tujuan pengiriman. Fungsinya adalah agar kurir ekspedisi dan penerima barang yang biasanya multibahasa dapat membacanya.
  • Patuhi segala regulasi pihak ekspedisi maupun maskapai. Jangan sampai Anda melanggar hanya karena ukuran parfum Anda terlalu berlebih.
  • Siapkan dan kumpulkan dokumen persyaratan. Dokumen-dokumen tersebut mencakup Material Safety Data Sheet (MSDS) atau Lembar Data Keselamatan Bahan (LDKB).

Syarat Pengiriman Parfum ke Luar Negeri

Setelah Anda berhasil menerapkan cara pengemasan yang aman, Anda juga harus memenuhi beberapa syarat di bawah ini supaya barang Anda tidak ditolak:

  • Surat izin impor dari Kementerian Perdagangan Indonesia.
  • Surat izin Pabean yang bisa Anda dapatkan dari Direktorat Jenderal Bea Cukai.
  • Barang yang dikirim sudah bersertifikat Halal LPPOM MUI.

Selain syarat, ada beberapa aturan tambahan yang harus Anda ikuti sebelum mengirim parfum ke luar negeri. Berikut ini detailnya:

  • Sesuaikan kemasan dengan aturan berlaku. Tujuannya adalah agar parfum tidak bocor dan tumpah.
  • Pastikan paket memiliki label yang jelas.
  • Perhatikan jumlah dan batasan jenis parfum yang boleh dikirim ke luar negeri. Jika barang Anda melebihi batas, tentu pihak bea cukai atau ekspedisi tidak mengizinkan barang untuk dikirim ke alamat tujuan.

Baca juga: Cara Cek Ongkos Kirim ke Luar Negeri Tergampang

Pastikan Pengiriman Parfum Anda Aman dan Resmi, ya!

Demikian sejumlah tips pengiriman parfum yang tepat, baik itu ke luar kota, luar pulau, atau bahkan luar negeri. Semuanya memang bisa dilakukan di zaman yang serba canggih ini, namun Anda tetap perlu ketelitian dalam aspek mengemas barang serta memilih ekspedisi.

Tentukan dahulu ekspedisinya dan lihat history sebelumnya agar tidak ada kekecewaan setelah Anda menggunakan jasanya. Pastikan pula ekspedisi tersebut sudah berpengalaman dalam pengiriman benda cair. Semoga bermanfaat!

Punya

Ratusan / Ribuan

Kiriman Setiap Hari?

Satu platform, beragam layanan pengiriman dan logistik

Web Dashboard

Pergudangan & Pengemasan

Dilengkapi Kurir Instant

Plugin Pengiriman

Integrasi API Pengiriman

Mendukung beragam layanan pengiriman

GojekJNEJNTTIKI

Terintegrasi dengan channel marketplace

TokopediaLazadaTiktokShopee

Mau Pengiriman Jadi Jauh Lebih Efektif?

Dapatkan potongan harga untuk pengiriman lebih banyak, #kirimlebihbanyak bersama Biteship!