Tak Pernah Sepi! 9 Ide Bisnis Kuliner Ini Mampu Raup Cuan Besar

Tak Pernah Sepi! 9 Ide Bisnis Kuliner Ini Mampu Raup Cuan Besar

Jika Anda merencanakan untuk membuka usaha baru yang mampu meruap cuan besar, bisa mempertimbangkan bisnis kuliner. Kuliner merupakan ladang basah karena menjadi kebutuhan sehari-hari. Anda pun tidak perlu khawatir dengan kompetitor pendatang lama karena konsumen selalu antusias dengan kuliner baru.

Apabila Anda masih belum mendapatkan ide untuk usaha kuliner Anda, pastikan untuk mengikuti pembahasan berikut agar mendapatkan pencerahan.

Ide Bisnis Kuliner Potensi Cuan

Berikut merupakan sejumlah rekomendasi usaha kuliner yang banyak disukai konsumen mulai dari modal kecil:

1. Gorengan

Gorengan mungkin terlihat sepele. Namun, camilan ini hampir digemari oleh semua kalangan usia. Selain itu, gorengan juga terdiri dari banyak macam sehingga membuat konsumen bisa memilih sesuai seleranya. 

Menariknya lagi, Anda bisa memulai bisnis ini dengan modal kecil. Adapun lokasi yang sangat mendukung untuk jualan gorengan yaitu kawasan kampus atau kos, dekat tempat kerja, atau daerah perkampungan.

Makanan merakyat ini tidak pernah sepi pembeli dan Anda pun bisa mendapatkan keuntungan yang lumayan besar. 

2. Seblak

Jenis jajanan yang banyak diburu oleh anak-anak atau orang dewasa lainnya adalah seblak. Kuliner ini menggunakan isian rebusan kerupuk, bakso, mie, dan juga sosis. Isian tersebut dimasak dengan bumbu khas dan berkuah kental. Makanan asal Bandung ini mempunyai banyak penggemar setia.

Modal yang Anda butuhkan untuk mulai menjalankan usaha kuliner seblak tidaklah terlalu besar. Anda hanya perlu menyiapkan gerobak dan alat memasak. Adapun lokasi strategis yang bisa Anda pilih yaitu lingkungan sekolah dan kawasan dekat kampus.

Supaya seblak Anda berbeda dengan yang lainnya, maka bisa membuat variasi tambahan isian. Untuk menarik perhatian konsumen, Anda juga bisa menyajikannya dengan cara yang unik.

3. Pecel Lele

Menu makanan merakyat yang banyak disukai lainnya adalah pecel lele. Makanan ini merupakan kuliner khas Jawa Timur, yaitu berupa ikan lele goreng kering dan disajikan dengan sambal tomat. Tak hanya itu saja, pecel lele juga disajikan dengan lalapan yang terdiri dari mentimun, kemangi, kacang panjang, dan kubis.

Biasanya, pecel lele dijual di tenda-tenda pinggir jalan. Meskipun tempatnya tidak semewah restoran, namun bisnis kuliner ini mampu menghasilkan cuan yang lumayan besar. Selain itu, Anda juga tidak memerlukan modal fantastis untuk memulainya.

4. Makanan Diet

Memulai usaha kuliner juga bisa dilakukan tanpa harus membuka restoran fisik. Anda bisa memanfaatkan platform pesan makanan online untuk memulai usaha kuliner. Menjual makanan diet juga bisa mendatangkan cuan besar, mengingat sudah banyak masyarakat yang peduli dengan gaya hidup sehat.

Usaha makanan diet ini biasanya laris manis diserbu oleh para karyawan kantor atau mahasiswa. Hal ini lantaran mereka tidak punya banyak waktu untuk menyiapkan makanan sehat tersebut sendiri. 

Anda yang menjual makanan menggunakan aplikasi pesan makanan online juga dapat meminimalisir kerugian. Sebab, Anda hanya perlu memasak makanan ketika ada orderan yang masuk.

5. Minuman Kekinian

Usaha kuliner yang juga tidak pernah sepi pembeli yaitu minuman kekinian. Bisnis minuman kekinian juga tidak membutuhkan modal besar untuk memulainya. Selain itu, bisnis ini juga mudah untuk dijalankan karena Anda tidak perlu membuat sendiri racikan minuman tersebut.

Banyak yang menjual bubuk minuman kekinian dengan berbagai varian rasa. Selanjutnya, Anda bisa mengkreasikannya dengan memberikan topping tambahan supaya lebih unik dan menarik minat konsumen.

Baca Juga: 13 Ide Jualan Makanan Kekinian, Modal Kecil Bisa Dapat Untung Besar

6. Mie Ayam Aneka Topping

Bisnis kuliner yang tidak ada matinya berikutnya adalah mie ayam. Makanan berbahan dasar mie ini hampir disukai semua kalangan karena teksturnya yang lembut. Selain itu, ayam juga memiliki citarasa yang gurih dan bikin nagih.

Untuk memperluas peluang konsumen membeli, maka Anda pun bisa menyediakan banyak pilihan topping. Adapun topping yang cocok disajikan dengan mie ayam antara lain ceker, telur, jamur, jamur krispi, ayam krispi, pangsit, bakso, dan masih banyak jenis topping lainnya.

7. Nasi Pecel

Jika Anda memiliki kesibukan lain, maka jenis usaha kuliner yang layak dicoba adalah nasi pecel. Sebab, nasi pecel sering dijadikan sebagai menu sarapan. Dengan demikian, Anda hanya berjualan di pagi hari hingga menjelang siang.

Umumnya, nasi pecel dijual mulai dari harga Rp7.000,00 – Rp15.000,00. Harga yang terjangkau inilah yang membuat konsumen memilihnya sebagai menu sarapan. Bahkan, hanya dengan mengeluarkan sekitar Rp15.000,00 saja, sudah bisa mendapatkan lauk yang lengkap dan perut pun kenyang.

8. Bakso

Bakso juga masuk ke dalam ide usaha kuliner yang tidak pernah sepi pembeli. Kuliner berkuah ini rasanya tidak pernah bikin bosan meskipun dikonsumsi setiap hari. Bakso merupakan makan hasil akulturasi budaya Indonesia dan Tionghoa. 

Supaya bakso yang Anda jual terlihat lebih menarik, maka bisa mencoba menyajikannya dengan banyak pendamping atau varian bakso. Adapun pendamping yang dimaksud adalah irisan sayur kol, kubis, atau kecambah. 

Hal tersebut akan memungkinkan konsumen yang gemar makan sayur akan memilih bakso Anda. Selain itu, Anda juga bisa mengkreasikan bakso dengan memberikan berbagai macam isian, seperti isi, keju, udang, daging cincang, cabai, dan telur. 

Supaya konsumen lebih leluasa ketika membeli bakso, Anda bisa menjual dengan cara seperti prasmanan. Konsumen mengambil sendiri semua isian yang ingin dimakan. Dengan demikian, konsumen pun berkesempatan untuk mencoba semua varian dalam satu porsi.

9. Aneka Keripik

Selain makanan dan jajanan berat, Anda juga bisa melirik usaha jualan keripik. Keripik memang terkesan remeh, namun camilan ini banyak digandrungi oleh semua kalangan. Peluang cuan yang akan didapatkan juga lumayan besar. Hal ini lantaran hampir semua orang suka makan sesuatu yang renyah.

Ada banyak macam keripik yang bisa Anda jual, seperti keripik singkong, keripik ubi, keripik tempe, dan berbagai macam keripik lainnya. Cara membuatnya juga lumayan mudah dan tidak memerlukan skill khusus. Jika Anda tidak memiliki stall sendiri, maka Anda bisa berkonsinyasi dengan cara menitipkan produk di warung-warung. 

Baca Juga: 6 Strategi Bisnis yang Baik dan Mudah Dilakukan oleh Pemula

Sudah Menentukan Bisnis Kuliner yang Akan Digeluti?

Itulah 9 rekomendasi ide bisnis kuliner dengan modal kecil yang bisa Anda pilih. Hampir semua jenis kuliner di atas memiliki pasar yang luas dan harganya terjangkau. Jika ingin lebih maksimal, pastikan memilih jenis kuliner yang sesuai dengan target pasar.

Punya

Ratusan / Ribuan

Kiriman Setiap Hari?

Satu platform, beragam layanan pengiriman dan logistik

Web Dashboard

Pergudangan & Pengemasan

Dilengkapi Kurir Instant

Plugin Pengiriman

Integrasi API Pengiriman

Mendukung beragam layanan pengiriman

GojekJNEJNTTIKI

Terintegrasi dengan channel marketplace

TokopediaLazadaTiktokShopee

Mau Pengiriman Jadi Jauh Lebih Efektif?

Dapatkan potongan harga untuk pengiriman lebih banyak, #kirimlebihbanyak bersama Biteship!