10 Keterampilan Manajerial yang Harus Dimiliki Oleh Pemimpin Perusahaan

10 Keterampilan Manajerial yang Harus Dimiliki Oleh Pemimpin Perusahaan

Keterampilan manajerial merupakan sebuah skills untuk mengatur, mengkoordinasikan, dan memotivasi karyawan untuk mencapai tujuan yang ditetapkan oleh organisasi. Keterampilan ini tidak dimiliki secara instan. Kemampuan ini muncul dari proses yang panjang, melalui banyak proses observasi dan pembelajaran.

Nah, pada artikel berikut ini kita akan bahas apa saja keterampilan yang harus dimiliki oleh seorang manajer atau pemimpin perusahaan dalam memimpin bawahannya untuk mencapai tujuan bersama. Simak baik-baik ya!

Pengertian Keterampilan Manajerial

Keterampilan manajemen mencakup banyak bidang penting, seperti kepemimpinan, pengarahan, koordinasi, pengawasan, perencanaan, dan pengorganisasian.

Di antara bidang-bidang utama tersebut, keterampilan manajemen adalah kombinasi dari keterampilan hard skills dan soft skills yang dibutuhkan para profesional manajemen untuk berhasil dalam karir mereka.

Keterampilan manajemen yang efektif terutama terdiri dari kemampuan yang digunakan manajer dan pemimpin bisnis untuk memotivasi dan mengarahkan karyawan, mengelola proses produksi dan keuangan, serta menjadwalkan dan mengatur alur kerja.

Banyak manajer dan pemimpin juga terlibat dalam pengembangan profesional berkelanjutan untuk memastikan kesuksesan mereka di tempat kerja.

Jenis Kemampuan Manajerial Secara Umum

Ada tiga jenis dasar keterampilan manajemen yang harus dimiliki oleh setiap pemimpin perusahaan, yakni:

1. Keterampilan Teknis

Keterampilan teknis mencakup keterampilan dan pengetahuan yang dimiliki pemimpin perusahaan untuk menggunakan berbagai teknologi demi mencapai tujuan mereka dalam memajukan perusahaan.

Tidak terbatas pada pengetahuan tentang mesin, pengemudi, alat, dan peralatan produksi, keterampilan teknis juga termasuk meningkatkan penjualan, merancang berbagai jenis produk dan layanan, serta promosi layanan dan produk.

2. Keterampilan Konseptual

Ini termasuk keterampilan manajerial yang berupa pengetahuan dan kemampuan untuk berpikir secara abstrak dan mengatur ide. Seorang pemimpin perusahaan harus mampu memahami konsep secara keseluruhan, menganalisis dan mendiagnosis masalah, serta menemukan solusi kreatif untuk hal tersebut.

Keahlian ini membantu manajer secara efektif mengantisipasi hambatan yang mungkin dihadapi oleh departemen atau bisnis mereka secara keseluruhan, agar bisnis tetap mampu berjualan di tengah-tengah hambatan bisnis.

3. Keterampilan Sosial atau Interpersonal

Berbeda dengan keterampilan sebelumnya, keterampilan sosial atau interpersonal adalah keterampilan yang mengacu pada kemampuan seorang manajer untuk berinteraksi atau berkomunikasi secara efektif dengan orang-orang, seperti rekan kerja dan konsumen.

Keterampilan ini memungkinkan manajer untuk memanfaatkan potensi setiap manusia di perusahaan mereka dan memotivasi karyawan mereka untuk mencapai hasil yang maksimal.

Baca Juga: 9 Tips Menjaga Kesehatan Bagi Business Owner yang Mobilitasnya Tinggi

10 Keterampilan Manajerial yang Dimiliki Pemimpin Perusahaan 

Berikut ini kami bagikan keterampilan manajerial yang harus dimiliki oleh seorang pemimpin dalam memimpin perusahaannya:

1. Memiliki Strategi Bisnis yang Mumpuni

Pengusaha yang baik harus mampu mengubah impian mereka menjadi ide yang layak dengan merencanakan strategi manajemen bisnis yang efisien dan efektif. Dengan strategi bisnis yang baik, para pebisnis menjadi bisa lebih mudah mengelola operasional perusahaannya.

2. Memiliki Kecerdasan Emosional

Pemimpin perusahaan, baik sebagai mitra bisnis maupun sebagai konsumen bisnis, akan menghadapi sifat manusia yang berbeda. Oleh karena itu, seorang pebisnis yang baik harus mengelola emosinya dengan baik dan selalu menjaga ketenangannya ketika berhadapan dengan sifat manusia yang unik, agar tidak merusak reputasi bisnisnya.

3. Dapat Mengelola Sumber Daya Manusia

Sumber daya manusia yang unggul merupakan aset bagi perusahaan. Maka dari itu, seorang manajer hendaknya memiliki keterampilan manajerial yang sangat baik dalam manajemen sumber daya manusia. Manajer harus bekerja secara metodis dan teratur, untuk memastikan bahwa proses bisnis lebih terarah dan selaras dengan tujuan awal.

4. Memiliki Kemampuan Manajemen Waktu yang Baik

Pemimpin memiliki berbagai tugas dan banyak aktivitas. Untuk itu, pemimpin perusahaan harus bisa mengatur waktunya dengan baik, dimulai dengan memprioritaskan tugas dan tetap disiplin dengan jadwal yang telah ditentukan untuk jangka pendek dan jangka panjang.

5. Memiliki Kemampuan Komunikasi yang Baik

Komunikasi adalah kemampuan seseorang untuk menggunakan bahasa yang dapat diterima secara sosial. Pemimpin bisnis yang berkomunikasi dengan baik dengan karyawan dan kolega mereka akan lebih cenderung mampu untuk memberikan arahan yang baik dan bernegosiasi secara efektif.

6. Memiliki Jiwa Kepemimpinan

Seorang pemimpin yang baik harus mampu secara aktif menginspirasi dan mendorong kerja tim mereka. Bersedia terlibat dalam pemecahan masalah, bertanggung jawab, dan mengambil risiko apapun yang terjadi untuk kemajuan perusahaan.

7. Memiliki Strategi Pemasaran yang Baik

Karena ini adalah bisnis yang berhubungan dengan penjualan, memiliki strategi pemasaran yang akurat adalah salah satu keterampilan manajemen yang dibutuhkan oleh para pengusaha.

Mengembangkan konsep strategi pemasaran yang kredibel, mengidentifikasi target pasar Anda dengan hati-hati, dan melaksanakan bauran pemasaran Anda, harus dipahami dengan baik oleh setiap calon pengusaha sukses.

8. Memiliki Reputasi Sebagai Seorang Pemimpin yang Baik

Reputasi adalah modal terbesar dalam pemasaran. Melalui citra perusahaan yang positif, reputasi perusahaan meningkat dan kepercayaan konsumen terhadap produk yang digunakan perusahaan meningkat.

Untuk itu, seorang pemimpin perusahaan harus memiliki reputasi yang baik, baik di mata kolega maupun konsumen itu sendiri. Karena semakin baik reputasi seorang manajer, semakin besar juga kepercayaan konsumen terhadap brand atau merek yang diciptakan.

9. Memiliki Kemampuan Manajemen Keuangan yang Mumpuni 

Keterampilan ini sangat penting bagi pengusaha untuk dapat membuat perencanaan yang tepat ketika mengelola modal usahanya dan menghasilkan keuntungan. 

Kemampuan menyusun laporan keuangan serta penggunaan keuangan yang benar merupakan salah satu indikator kompetensi manajerial dalam pengelolaan keuangan yang baik.

10. Memiliki Keterampilan Manajerial Inovatif yang Tidak Dimiliki Banyak Orang

Inovasi memastikan bahwa bisnis tidak pasif dan stagnan. Pemimpin bisnis dapat membuat produk mereka lebih kompetitif dan unik dengan menjadi kreatif dalam inovasi produk dan layanan.

Ini adalah salah satu keterampilan manajerial yang harus dimiliki oleh seorang pemimpin perusahaan yang diperlukan, agar perusahaan dapat bertahan untuk jangka panjang dalam menghadapi setiap persaingan bisnis yang ketat.

Sudah Tahu Apa Saja Kemampuan Manajerial yang Dimiliki Manajer?

Sejatinya mengembangkan keterampilan manajerial yang kuat memungkinkan Anda untuk melangkah sebagai pemimpin, menginspirasi dan memotivasi orang lain, serta menunjukkan kemampuan untuk berkontribusi pada produktivitas dan hasil kinerja yang efektif. Semoga penjelasan di atas bermanfaat!

Punya

Ratusan / Ribuan

Kiriman Setiap Hari?

Satu platform, beragam layanan pengiriman dan logistik

Web Dashboard

Pergudangan & Pengemasan

Dilengkapi Kurir Instant

Plugin Pengiriman

Integrasi API Pengiriman

Mendukung beragam layanan pengiriman

GojekJNEJNTTIKI

Terintegrasi dengan channel marketplace

TokopediaLazadaTiktokShopee

Mau Pengiriman Jadi Jauh Lebih Efektif?

Dapatkan potongan harga untuk pengiriman lebih banyak, #kirimlebihbanyak bersama Biteship!