Inspirasi Contoh Kerajinan Kain Flanel dan Cara Membuatnya

Inspirasi Contoh Kerajinan Kain Flanel dan Cara Membuatnya

Akhir pekan menjadi salah satu momen yang dapat Anda isi dengan berbagai aktivitas, salah satunya dengan membuat kerajinan kain flanel. Bahannya yang sangat mudah diperoleh dan tekstur kainnya yang mudah dibentuk, menjadikan bahan satu ini mampu disulap dalam berbagai jenis kerajinan.

Dengan beberapa lembar kain flanel saja, Anda bisa menciptakan lebih dari delapan macam kerajinan. Tentunya akan lebih baik apabila Anda membuat kerajinan yang memiliki fungsi untuk aktivitas sehari-hari, seperti tas, kotak pensil, dompet, dan sebagainya bersama buah hati Anda. 

Contoh Kerajinan Kain Flanel

Apabila Anda bingung akan membuat kerajinan apa, berikut ini adalah beberapa ide yang bisa Anda eksekusi. Tinggal pilih mana ide yang paling Anda butuhkan atau cocok untuk Anda kerjakan bersama buah hati Anda.

1. Ikat Rambut

Bagi para wanita, ikat rambut menjadi salah satu aksesoris yang wajib ada. Tak heran apabila banyak wanita yang kemudian gemar bergonta-ganti ikat rambut. Ketimbang selalu membelinya di luar, Anda pun bisa mengkreasikan sendiri model ikat rambut yang Anda inginkan.

Pertama, gambar dulu model ikat rambut yang Anda inginkan, misalnya pola bunga atau kupu-kupu. Kedua, gunting dan rekatkan pola tersebut menjadi satu kesatuan. Tambahkan karet polosan yang telah Anda siapkan lalu Anda bisa jahit atau beri lem dengan kuat.

2. Hiasan Bantal Kursi

Ingin punya bantal kursi yang tampak lebih menarik? Anda bisa menghiasnya dengan kerajinan kain flanel. Pilih saja bentuk-bentuk lucu yang Anda inginkan, seperti bunga, love, kupu-kupu, atau yang lainnya. 

Setelah selesai membentuk, Anda bisa menempelkannya pada bagian sarung bantal. Ingat, lebih baik rekatkan saja pada sarung bantal agar tidak mengotori bagian bantal itu sendiri. 

Kalau tidak ingin sarung bantal ternodai, Anda bisa membuat sarung bantal polos menggunakan kain katun atau bahkan kain flanel itu sendiri. Silakan kreasikan warna dan bentuk sesuka hati.

3. Boneka Imut

Selain kedua jenis kerajinan kain flanel di atas, Anda juga bisa membuat kerajinan berupa boneka-boneka mini yang lucu. Cari saja referensi gambar yang Anda inginkan melalui internet. 

Kemudian, pilih beberapa model yang memang ingin Anda eksekusi. Jangan lupa menyiapkan dakron sebagai isian boneka. Agar boneka bisa tersusun dengan baik, Anda harus menjahitnya. 

Sebab, untuk jenis kerajinan ini, hanya merekatkannya dengan lem masih belum cukup. Agar lebih bervariasi, Anda juga bisa menambahkannya gantungan kunci dan memasangnya pada tas kesayangan.

4. Bros

Siapa yang suka memakai bros saat berkerudung atau suka menggunakan hiasan-hiasan lucu untuk dipasang pada baju? Jika Anda orangnya, maka Anda bisa memanfaatkan kain flanel untuk membuat bros bunga dengan berbagai macam pilihan warna.

Bros bunga juga sangat mudah dibentuk. Anda hanya perlu membuat potongan-potongan sesuai pola yang diinginkan. Lalu, rekatkan dengan lem dan variasikan menggunakan berbagai macam warna. Jangan lupa membeli peniti agar bros bisa langsung Anda gunakan.

Baca Juga: 7 Hobi yang Dapat Menghasilkan Uang

5. Kotak Pensil

Sudah menjadi favorit para anak-anak bahwa kerajinan kain flanel sangat cocok dibentuk menjadi kotak pensil. Apalagi caranya juga sangat mudah, karena tinggal memotong kain flanel sesuai ukuran kotak pensil yang diinginkan lalu melipatnya menjadi satu. 

Agar lebih menarik, tambahkan ornamen-ornamen pendukung sesuai konsep. Misalnya Anda ingin membuat kotak pensil bertemakan alam, maka bisa menambahkan ornamen seperti matahari, bunga, dan awan. 

Pastikan Anda juga menyiapkan resleting sesuai dengan warna kain. Jangan malah memilih yang warnanya kontras, ya!

6. Tempat Kaca Mata

Bosan dengan kotak kaca mata yang kurang menarik? Tak perlu khawatir, Anda bisa menambah koleksi wadah kaca mata dengan membuatnya dari bahan flanel. 

Sebenarnya konsepnya hampir mirip seperti kotak pensil, hanya saja sedikit berbeda di bagian ujungnya. Agar makin beda dan menarik, Anda juga bisa menambahkan benik berbagai macam motif. 

Tambahkan juga ornamen penghias sesuai keinginan Anda. Dengan begitu, Anda bisa membawanya ke mana-mana dan juga multifungsi.

7. Kotak Tisu

Apakah Anda merasa tisu tercecer atau kurang estetik? Solusinya adalah dengan membuat kerajinan kotak tisu dari kain flanel. Anda bisa memanfaatkan box dengan ukuran mirip tisu yang sudah tidak terpakai dan mendesainnya sedemikian rupa.

Agar kotak tisu menjadi lebih kokoh, Anda bisa menggunakan kardus beberapa lapis. Bahkan, mengombinasikannya dengan triplek akan makin menambah kekokohan kotak tersebut. 

8. Wadah Earphone

Selama ini earphone yang Anda gunakan mungkin pernah sulit ditemukan. Entah karena lupa menaruhnya di mana atau tertinggal di suatu tempat. Agar peristiwa serupa tidak terulang kembali, Anda bisa membuat wadahnya dari kain flanel.

Bentuknya bisa bermacam-macam. Entah itu bulat, kotak, atau persegi panjang. Anda bisa menyesuaikannya dengan selera. Agar lebih rapat, tambahkan juga resleting sebagai pengait.

Baca Juga: Ini Cara Cari Uang Tambahan yang Bisa Dicoba!

Kelebihan Kain Flanel

Setiap jenis kain pasti memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, tak terkecuali kain flanel. Terkenal sebagai kain yang banyak berguna untuk membuat kerajinan, berikut ini adalah beberapa kelebihan yang bisa Anda dapat ketika menggunakan kain flanel.

1. Mudah Dibentuk

Meskipun memiliki tekstur kain yang sedikit kasar, flanel memiliki sifat mudah dibentuk. Bahkan, meskipun berada dalam potongan-potongan yang sangat kecil, kain ini tetap fleksibel mengikuti bentuk yang Anda inginkan. 

Kelebihan ini tentu akan sangat mendukung jenis-jenis kerajinan semacam tas, dompet, baju, dan sejenisnya.

2. Rapi Meski Dipotong

Kerajinan kain flanel banyak dipilih karena kain ini tak sama seperti kain kebanyakan yang ketika dipotong pinggirannya akan bertiras. Hal ini tentu sangat menguntungkan karena Anda tidak perlu menjahit ulang bagian kain yang terpotong dan secara otomatis kain akan tetap rapi.

3. Ketersediaan Melimpah

Jumlah kain flanel di pasaran sangat banyak dan melimpah. Anda tidak akan kesulitan menemukannya. Apalagi warna-warna yang tersedia juga beragam sehingga ada banyak pilihan untuk membuat jenis kerajinan sesuai dengan warna favorit Anda.

4. Harga Terjangkau

Salah satu alasan kuat yang membuat banyak orang memilih untuk menggunakan kain flanel sebagai bahan pembuatan kerajinan adalah karena harganya terjangkau. Terlebih bagi jenis kerajinan yang nantinya akan dijual, biaya produksi yang dibutuhkan bisa lebih rendah daripada menggunakan jenis-jenis kain lainnya.

Baca Juga: Ide Bisnis Milenial 2023 Untung Besar

Sudah Terpikir Ingin Membuat Kerajinan Kain Flanel Apa?

Itulah berbagai macam ide kerajinan kain flanel yang bisa mendorong Anda untuk memiliki barang-barang lucu. Melalui berbagai ide di atas, Anda bisa mengisi waktu luang dengan kegiatan yang produktif. 

Apabila kebetulan ada tugas untuk membuat kerajinan, Anda bisa memilih pemanfaatan opsi kain flanel ini. Bahkan, berbagai ide di atas juga bisa Anda gunakan sebagai ide jualan. Tinggal sesuaikan mana jenis kerajinan yang paling banyak dicari.

Punya

Ratusan / Ribuan

Kiriman Setiap Hari?

Satu platform, beragam layanan pengiriman dan logistik

Web Dashboard

Pergudangan & Pengemasan

Dilengkapi Kurir Instant

Plugin Pengiriman

Integrasi API Pengiriman

Mendukung beragam layanan pengiriman

GojekJNEJNTTIKI

Terintegrasi dengan channel marketplace

TokopediaLazadaTiktokShopee

Mau Pengiriman Jadi Jauh Lebih Efektif?

Dapatkan potongan harga untuk pengiriman lebih banyak, #kirimlebihbanyak bersama Biteship!