Cara Menjalankan Bisnis Dropship di Shopee

Dropship bisa menjadi salah satu alternatif untuk berjualan tanpa modal. Apalagi saat ini banyak platform belanja online yang membuka peluang untuk ini, salah satunya Shopee. Dengan dibukanya peluang ini, tidak heran kalau cara dropship di Shopee menjadi informasi yang banyak dicari. 

Ya, Shopee sendiri sudah menyediakan fitur khusus yang membuat penggunanya bisa melakukan bisnis online dengan sistem dropship. Dengan sistem ini, maka penjual tidak perlu menyimpan stok, bahkan tidak perlu juga mengemas dan mengirimkannya ke pembeli. 

Jualan Online dengan Sistem Dropship

Kalau melakukan dropship, penjual tidak perlu repot-repot melayani pembeli. Dia hanya bertugas untuk mempromosikan produk dan kalau sudah ada pesanan yang masuk, tinggal meneruskannya ke supplier. Nantinya, supplier yang akan mengurus pengemasan serta pengiriman ke pembeli. 

Penjual hanya terima beres saja dan dari sistem ini, penjual bisa menentukan berapa margin keuntungan yang ingin didapatkan. Melihat cara kerjanya, sistem dropship tentu merupakan sistem yang sangat tidak merepotkan bukan? 

Apalagi dengan sistem ini penjual tidak perlu menyimpan stok yang notabenenya memerlukan modal cukup besar. Dengan tidak menyimpan stok produk, otomatis penjual juga tidak perlu melakukan yang namanya inventory control. 

Inventory control adalah hal yang perlu dilakukan oleh bisnis-bisnis seperti bisnis ritel dan manufaktur. Inventory control memang harus dilakukan agar penjual memiliki persediaan produk yang cukup agar konsumen dapat membeli produk tersebut sewaktu-waktu. 

Peran inventory control untuk bisnis sangatlah besar, namun pelaksanaannya cukup rumit dilakukan karena berhubungan dengan permintaan pasar. 

Cara Dropship di Shopee

  1. Melalui Aplikasi
  1. Buat akun terlebih dahulu di Shopee sebagai penjual atau seller. Akun ini nantinya yang akan menjadi toko online untuk melakukan pemasaran produk
  2. Selanjutnya, pastikan Anda sudah login ke Shopee dengan menggunakan username serta password yang sudah dibuat
  3. Cari supplier atau pemasok yang akan menyediakan produk. Kalau sudah, coba hubungi mereka dan tanyakan apakah mereka menerima sistem dropship atau tidak. Kalau memang iya, tanyakan juga penjualan sistem dropshipnya bagaimana
  4. Langsung unggah foto sekaligus informasi produk dari toko sang supplier yang dijadikan mitra
  5. Tunggu sampai ada pesanan masuk. Agar ada pesanan seperti ini, tentunya Anda harus melakukan strategi penjualan yang efektif supaya mereka tertarik untuk membeli produk dari toko online Anda. 
  6. Jangan lupa, aktifkan fitur gratis ongkir agar lebih banyak orang tertarik untuk membeli di tempat Anda
  7. Kalau ada pesanan masuk, jangan lupa untuk memberitahu supplier lalu checkout barang yang dipesan tadi. Atur pengiriman yang dituju agar sesuai dengan alamat si pembeli. Sebelum checkout, nanti jangan lupa klik tombol yang ada di samping ‘Kirim Sebagai Dropshipper
  8. Masukkan nama pengirim sekaligus nomor telepon pengirim yang menjadi dropshipper. Informasi ini nantinya akan secara otomatis tersimpan sehingga untuk pesanan yang selanjutnya, Anda sudah tidak perlu mengetiknya lagi
  9. Ikuti instruksi dan proses pemesanan produk sampai selesai
  10. Tunggu sampai supplier mengirimkan produk tadi ke alamat pembeli
  1. Melalui Seller Center
  1. Kunjungi Seller Center di Shopee kemudian masukkan juga username dengan passwordnya. Tetapi kalau Anda masih belum punya akun di Seller Center Shopee, bisa lakukan registrasi terlebih dahulu
  2. Selanjutnya, cek saja pesanan yang masuk. Pengecekan bisa dilakukan di halaman daftar pesanan. 
  3. Di halaman ini, supplier nantinya akan tahu bahwa pesanan itu adalah pesanan dropshipper. Pasalnya, akan ada label khusus di samping nomor pesanan yang masuk. Jadi, dropshipper tidak perlu khawatir pesanannya akan tertukar
  4. Kalau sudah ada pesanan yang masuk, bisa langsung atur alamat pengiriman sesuai dengan pesanan
  5. Lanjutkan sesuai yang tertera di layar sampai mencapai tahap Checkout. Di halaman ini, jangan lupa untuk mengaktifkan tanda Kirim Sebagai Dropshipper di bagian bawah alamat pengiriman ya
  6. Masukkan nama pengirim sekaligus nomor telepon pengirim yang nantinya akan ditampilkan sebagai informasi dropshipper
  7. Klik Simpan lalu pilih metode pembayaran yang diinginkan dan terakhir, klik buat pesanan

Keuntungan Memanfaatkan Sistem Dropship di Shopee

Cara dropship di Shopee sangatlah mudah. Namun, adakah keuntungan menjadi dropshipper di salah satu platform belanja online raksasa ini? Jawabannya adalah ada, diantaranya sebagai berikut. 

  • Banyak Pilihan yang Bisa Disesuaikan dengan Daerah

Di Shopee, ada banyak sekali produk yang bisa dijual kembali mulai dari pakaian, alat mandi, kosmetik, alat-alat untuk hewan peliharaan dan masih banyak lagi. Dengan begini, Anda jadi punya banyak pilihan soal barang apa saja yang akan dijual ulang. 

Namun, disarankan agar Anda memilih toko yang masih tangan pertama. Lebih bagus lagi kalau Anda pilihnya toko yang jual lebih murah serta dekat dengan lokasi tempat tinggal Anda. Kemudian perlu diingat, di Shopee memang ada banyak produk yang bisa dijual kembali. 

Hanya saja utamakan untuk menjual barang-barang yang saling berkaitan. Contohnya, kalau ingin menjual baju, bisa sekalian jual jilbab atau topi. Jangan jual alat-alat kebersihan rumah. Hal seperti ini akan membuat dropship jadi lebih efektif dan Anda juga tidak kewalahan melayani pelanggan.

  • Ada Layanan Gratis Ongkir

Di Shopee juga ada layanan gratis ongkir. Layanan ini perlu diaktifkan supaya Anda tidak mengeluarkan uang hingga dua kali walaupun memang nanti akan diganti oleh pembeli. Selain itu, layanan gratis ongkir akan mempermudah proses jualan Anda. 

Sebab, ada banyak pembeli yang lebih suka membeli produk yang dilengkapi dengan gratis ongkir. Kalaupun produk yang mereka butuhkan ternyata tidak ada gratis ongkir, biasanya mereka akan beralih ke toko yang lainnya. 

Mau diakui atau tidak, ongkos kirim juga menjadi masalah yang sangat diperhatikan oleh konsumen ketika berbelanja secara online. Orang akan berpikir dua kali untuk membeli jika ongkos kirimnya mahal, apalagi jika ongkos kirim tersebut lebih mahal dari harga produk yang akan dibeli. 

  • Bisa Lebih Fleksibel

Dengan menjalankan sistem dropship di Shopee, Anda bisa jualan lebih fleksibel. Jualan bahkan tidak ada batasan waktu serta tidak perlu repot berdandan untuk bertemu dengan pembeli. Anda cukup duduk diam dan menjalankan bisnis dari rumah. 

Hanya saja memang internet merupakan hal yang sangat penting dalam menjalankan bisnis ini. HP yang digunakan juga sebaiknya yang spesifikasinya lumayan supaya bisa membuka aplikasi dengan lancar. 

Karena hanya mengandalkan internet, sudah tentu bisnis dropship bisa dijalankan di mana saja dan kapan saja bahkan ketika Anda menjaga anak dan berlibur. Saat ada pesanan, Anda hanya perlu meneruskannya ke supplier. 

Nantinya supplier yang akan mengurus segala sesuatunya termasuk mengirimkan barang pesanan ke pembeli. Tenang saja, barang pesanan ini akan dikirimkan atas nama Anda sebagai dropshipper. 

  • Tidak Memerlukan Banyak Modal

Seperti yang sudah disampaikan sebelumnya, menjadi dropshipper di Shopee itu tidak memerlukan banyak modal. Anda hanya memerlukan koneksi internet dan selebihnya tidak ada modal tambahan apapun. 

Bahkan modal untuk packing saja tidak ada. Tugas dropshipper murni hanya mempromosikan barang sekaligus menjawab kalau-kalau ada pertanyaan dari calon pembeli. 
Cara dropship di Shopee sangatlah mudah, namun memerlukan koneksi internet agar dapat terhubung baik dengan pembeli maupun dengan supplier. Ini adalah sebuah kesempatan emas yang sangat sayang sekali kalau dilewatkan. Apalagi dropship termasuk kegiatan bisnis yang sangat menjanjikan.

Punya

Ratusan / Ribuan

Kiriman Setiap Hari?

Satu platform, beragam layanan pengiriman dan logistik

Web Dashboard

Pergudangan & Pengemasan

Dilengkapi Kurir Instant

Plugin Pengiriman

Integrasi API Pengiriman

Mendukung beragam layanan pengiriman

GojekJNEJNTTIKI

Terintegrasi dengan channel marketplace

TokopediaLazadaTiktokShopee

Mau Pengiriman Jadi Jauh Lebih Efektif?

Dapatkan potongan harga untuk pengiriman lebih banyak, #kirimlebihbanyak bersama Biteship!