Cara Cek Resi DHL Cepat dan Mudah Tanpa Ribet

Cara cek resi DHL sangat mudah tanpa perlu bersusah payah atau kesulitan untuk mengeceknya. Anda bisa langsung masuk ke websitenya ataupun menggunakan aplikasi yang didownload terlebih dahulu. Simak lebih lanjut artikel berikut ini untuk mengetahui caranya.

Dewasa ini, pengiriman memang sangat banyak digunakan oleh berbagai kalangan. Utamanya karena banyaknya perdagangan dan bisnis dalam media online yang membutuhkan pengiriman barang. Sekarang ini antara pembeli dan penjual tidak perlu bertemu di dunia nyata.

Mengetahui Tentang DHL Express

Cukup hanya dengan bercakap-cakap melalui platform online, maka Anda sudah bisa membeli barang yang diinginkan. Untuk itulah adanya pengiriman dan ekspedisi seperti DHL sangat dibutuhkan oleh semua orang yang melakukan transaksi di e-commerce.

DHL Express adalah salah satu perusahaan ekspedisi yang berasal dari Jerman. Perusahaan kargo ini didirikan pada tahun 1969 dan telah merambah ke banyak negara salah satunya termasuk Indonesia.

Ada sekitar 220 negara yang sudah menggunakan jasa DHL baik itu pengiriman domestik dan internasional. Jumlah pegawainya disinyalir mencapai sekitar 380 ribu yang tersebar di seluruh dunia. Jika dilakukan perhitungan total per tahun, DHL kira-kira melakukan pengiriman sekitar 1,5 miliar paket.

Untuk DHL Indonesia saat ini sudah ada sekitar 70 mitra dan juga 140 titik pelayanan. Layanan tersebut mencakup berbagai hal mulai dari kantor penerima layanan, gudang, kantor pusat, gateway, dan juga yang lainnya.

Cara Cek Resi DHL Express

Dalam mengirim barang ke suatu tempat pastinya Anda akan mendapatkan nomor resi yang biasanya berupa kombinasi angka dan juga huruf. Resi ini bisa digunakan untuk mengecek paket yang Anda kirim sudah sampai tujuan atau belum.

Untuk melakukan cek resi DHL maka Anda bisa melakukannya lewat website resmi DHL, aplikasi resmi yang di download di Play Store ataupun App Store. Selanjutnya masukkan nomor airway bill yang sudah dimiliki dan nanti akan muncul berbagai informasinya.

Untuk lebih jelas dan lengkapnya, Anda dapat membaca langka-langkah berikut ini:

  1. Melalui Situs Resmi Website DHL

Website resmi adalah salah satu layanan yang diberikan oleh DHL untuk mencari segala informasi tentang ekspedisi, pengiriman, nomor kontak, dan informasi lainnya. Untuk itu manfaatkanlah website ini untuk segala macam urusan yang berhubungan dengan pengiriman paket DHL.

Caranya adalah sebagai berikut:

  • Buka browser baik itu di perangkat laptop, PC, atau ponsel. Anda bisa menggunakan Google Chrome, Mozilla Firefox, dan lainnya.
  • Copy link berikut ini https://www.dhl.com/id-en/home/tracking.html untuk masuk ke halaman pelacakan atau tracking paket dari DHL
  • Ketikkan 10 digit airway bill atau kode resi pengiriman di kolom Track Shipment
  • Selanjutnya klik track shipment dan tunggu beberapa saat untuk melihat hasilnya
  • Selanjutnya DHL akan menampilkan informasi tentang kode resi tersebut. 

Beberapa ecommerce enabler juga menggunakan cara ini untuk melacak pengiriman. Jika tidak bisa menampilkan informasi, mungkin Anda harus melakukan pengecekan ulang nomor resi, sudah sesuai dengan yang tertera atau belum. Jangan sampai salah menginput nomor resi.

  1. Melalui Aplikasi

Cara ini lebih praktis dan mudah dilakukan daripada menggunakan website. Akan tetapi, Anda harus mendownload aplikasi DHL terlebih dahulu di ponsel dan melakukan penginstalan. Caranya juga sangat mudah karena aplikasi ini telah tersedia di Play Store ataupun App Store.

Caranya adalah sebagai berikut:

  • Download aplikasi di link berikut ini https://www.dhlexpress.nl/en/download-the-app
  • Anda juga bisa masuk ke Play Store bagi pengguna Android dan App Store bagi pengguna iOS
  • Ketikkan DHL Express Mobile dan sistem akan langsung mencari aplikasinya
  • Klik install dan tunggu hingga semua proses instalasi selesai
  • Selanjutnya buka aplikasi yang sudah terinstal
  • Pada halaman utama terdapat Track your DHL Express Shipment bagian atas halaman
  • Masukkan 10 digit kombinasi angka dan huruf dari nomor resi yang dimiliki
  • Klik Track dan biarkan aplikasi bekerja untuk menemukan pelacakan paket Anda
  • Selanjutnya akan tampil informasi tentang posisi dan juga lokasi paket

Kedua cara tersebut adalah cara termudah untuk cek resi DHL yang dapat dilakukan. Anda bisa melakukan pengecekan paket dimanapun dan kapanpun tanpa perlu kesulitan untuk mengakses semua fiturnya.

Kelebihan Menggunakan Pengiriman DHL

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa DHL merupakan perusahaan kargo yang berpusat di Jerman. Jadi hal ini akan mempermudah Anda untuk melakukan pengiriman keluar negeri dengan aman dan nyaman. Beberapa kelebihan menggunakan DHL adalah:

  1. Jaringan Terkoneksi ke Beberapa Negara

DHL yang memiliki pusat di Jerman memiliki jaringan dari wilayah Eropa, Asia, Amerika, dan sebagian wilayah Afrika. Untuk itu bagi Anda yang melakukan pengiriman dalam jumlah besar keluar negara Indonesia sangat cocok memilih menggunakan DHL.

Sistem trackingnya juga sangat canggih dan bisa diakses dimanapun. Dengan begitu, Anda tidak perlu khawatir lagi dengan kondisi dan juga posisi paket.

  1. Bisa Memilih Kemasan Saat Pengiriman

Jarang ada ekspedisi yang menawarkan berbagai kemasan pengiriman sesuai dengan permintaan pembeli. Anda bisa memilihnya sendiri tergantung kepada keperluan. Ada beberapa alternatif pilihan seperti small box, large box, jumbo box, drawing tube, dan masih banyak yang lainnya.

DHl mengutamakan keamanan dan sekuritas paket sehingga sampai di lokasi dalam keadaan baik tanpa kerusakan sehingga packagingnya harus selalu diperhatikan.

  1. Memberikan Pelayanan Terbaik Dikelasnya

Sebagai layanan ekspedisi dari luar negeri, tentunya DHL memberikan pelayan prima kepada pelanggannya. Akan tetapi, dengan pelayanan ini kendalanya adalah harga yang relatif mahal karena menggunakan standar Eropa.

Meski begitu, antara harga dan pelayanan pastinya memiliki kesesuaian dan tidak mengecewakan pengguna layanan.Cara cek resi DHL sangat praktis, mudah, cepat, dan juga bisa dilakukan dimana saja. Hal ini penting untuk diketahui oleh para pelanggan DHL yang memang sering menggunakan jasanya.

Punya

Ratusan / Ribuan

Kiriman Setiap Hari?

Satu platform, beragam layanan pengiriman dan logistik

Web Dashboard

Pergudangan & Pengemasan

Dilengkapi Kurir Instant

Plugin Pengiriman

Integrasi API Pengiriman

Mendukung beragam layanan pengiriman

GojekJNEJNTTIKI

Terintegrasi dengan channel marketplace

TokopediaLazadaTiktokShopee

Mau Pengiriman Jadi Jauh Lebih Efektif?

Dapatkan potongan harga untuk pengiriman lebih banyak, #kirimlebihbanyak bersama Biteship!