Franchise: Pengertian dan 5 Ide Bisnis yang Menarik

Franchise: Pengertian dan 5 Ide Bisnis yang Menarik
franchise

Franchise salah satu ide bisnis yang menarik bagi Anda untuk membuka sebuah bisnis baru. Ide bisnis ini memerlukan biaya yang tergolong kecil dengan laba yang menjanjikan. Artikel ini akan membahas tentang bisnis waralaba secara lebih lengkap.

Pengertian Franchise

Franchise adalah bentuk kerjasama bisnis antara pemilik atau pemberi waralaba (franchisor) dengan memberikan hak kepada pihak lain (franchisee) untuk menjalankan sebuah bisnis.

Bisnis yang franchisor tawarkan menggunakan merek dagang, sistem operasional, dan dukungan yang telah ada. Pada bisnis ini, franchisee membayar royalti atau biaya tertentu kepada franchisor untuk mendapatkan hak ini. 

Pada dasarnya, model bisnis waralaba ini memungkinkan pihak lain untuk membeli dan mengelola bisnis yang terbukti sukses dengan memanfaatkan merek dan konsep yang sudah ada. 

Franchisee biasanya mendapatkan panduan operasional yang telah franchisor susun. Selain itu, franchisee akan mendapat pelatihan, serta dukungan dalam berbagai aspek bisnis. Dukungan yang franchisor berikan seperti pemasaran, manajemen, dan pasokan produk atau layanan.

Bisnis waralaba ini bisa Anda temui di berbagai bidang bisnis, mulai bisnis makanan cepat saji, ritel, jasa perhotelan, perawatan kesehatan, otomotif, dan banyak lainnya. Contoh terkenal dari bisnis franchise termasuk McDonald’s, Subway, Starbucks, KFC, dan lain-lain.

Keuntungan bagi franchisor adalah memungkinkan mereka untuk mengembangkan merek dengan lebih cepat dan lebih luas tanpa harus mengelola operasi individu secara langsung. 

Sementara itu, keuntungan bagi franchisee adalah memulai bisnis dengan dukungan yang telah ada. Dukungan yang telah franchisor tawarkan di awal kontrak dapat membantu mengurangi risiko bisnis lebih kecil daripada memulai bisnis dari nol.

Baca Juga: Serba Serbi Royalty Fee Franchise dan Cara Menentukannya

5 Ide Bisnis Franchise yang Menarik 

Setelah mengetahui pengertian dan peluang laba dari bisnis waralaba, berikut 5 ide bisnis menarik dengan budget minim pada bisnis franchise yang perlu Anda ketahui.

1. Yago Chicken

Yago Chicken bisa menjadi ide bisnis franchise yang menjanjikan dengan budget rendah untuk Anda. Merek bisnis makanan tersebut cukup populer saat ini. 

Pasalnya, Yago Chicken merupakan waralaba di bidang makanan yang mengangkat konsep perpaduan kuliner Nusantara dan kuliner Korea.

Dengan modal kurang lebih 5 juta, Yago Chicken menawarkan ayam geprek Korea. Konsep Yago Chicken adalah virtual waralaba. Dengan begitu, Anda juga dapat menjual produk melalui platform online seperti Go Food, Grab Food, atau Shopeefood tanpa harus adanya toko fisik.

2. Es Teh Poci

Waralaba dari teh Poci kini juga tengah ramai. Bagaimana tidak? Waralaba dari teh Poci menawarkan modal yang sangat rendah. 

Teh Poci merupakan produk teh berkualitas tinggi yang akan penjual sajikan dengan es batu, sehingga begitu segar dan memiliki rasa manis yang pas. 

Jika Anda ingin berinvestasi dalam bisnis minuman, Anda dapat memulai bisnis dengan menyiapkan modal awal hanya sebesar Rp5.000.000,00 di Es Teh Poci. 

Dengan modal ini, Anda dapat membuka gerai Es Teh Poci dan menyediakan minuman tradisional yang lezat kepada pelanggan Anda. 

Es Teh Poci memiliki daya tarik sendiri karena penggunaan bahan-bahan berkualitas tinggi dan rasa teh yang unik. 

Selian itu, bisnis Es Teh Poci memiliki potensi untuk sukses dan mendapatkan keuntungan dengan membuat memiliki konsep pemasaran yang bagus dan lokasi gerai yang strategis.

3. Kim Boba

Selain teh Poci, Kim Boba juga bisa menjadi pertimbangan, jika Anda ingin memulai bisnis franchise F&B. Kim Boba menawarkan modal awal yang rendah dengan peluang laba yang menjanjikan. Anda hanya memerlukan modal Rp3.800.000,00 untuk membuka bisnis waralaba minuman ini. 

Terlepas dari fakta, Kim boba adalah perusahaan baru yang berdiri pada tahun 2020, jumlah tokonya telah mencapai jumlah yang signifikan. Dengan adanya 409 gerai, sudah cukup menunjukkan betapa populernya Kim Boba. 

Kim Boba yang mempromosikan produk menggunakan tagline “The Best Indonesian Brown Sugar Boba Drink“, telah menjadi minuman paling populer saat ini. 

Dengan konsep minuman cepat saji berkualitas tinggi, ia memiliki konsep packaging yang menarik dengan menggunakan cup printing, outlet yang minimalis, dan fitur unik.

Baca Juga: Peluang Usaha Paling Menjanjikan untuk Buka Pintu Kesuksesan

4. Bakso Benhill

Bakso Benhill juga merupakan produk yang tepat sebagai batu loncatan Anda berinvestasi. Masyarakat, terutama pecinta bakso, telah lama mengetahui bakso Benhil sebagai salah satu produk makanan lezat. 

Anda memiliki kesempatan untuk memiliki ladang investasi pada produk Bakso Benhil dan membuka gerai dengan modal awal sebesar Rp4.000.000,00. Bakso Benhil memiliki berbagai macam hidangan berbasis bakso yang lezat dan nikmat. 

Selain itu, Bakso Benhil juga menawarkan peluang bisnis yang menjanjikan dengan tim yang berkompeten dan memiliki proses produksi bakso berkualitas tinggi. 

Dengan modal kecil, Anda dapat berbisnis menggunakan popularitas Bakso Benhil dan menjalankan bisnis kuliner yang menguntungkan. Sehingga, Anda tidak perlu menunggu memiliki merek dagang sendiri untuk berbisnis.

5. Lion Parcel

Selain produk F&B, Anda juga bisa memulai investasi di produk franchise kategori pelayanan jasa. Salah satu bisnis waralaba produk jasa yang menjanjikan adalah Lion Parcel. 

Dengan modal awal sebesar Rp2.500.000,00, Lion Parcel adalah pilihan investasi yang menarik di bidang jasa pengiriman. Sebagai mitra bisnis, Anda akan memiliki kesempatan untuk memanfaatkan reputasi luas dan terpercaya Lion Parcel. 

Selain itu, Anda dapat menjalankan bisnis pengiriman yang efektif dan menguntungkan. Pasalnya, layanan pengiriman paket ini memiliki jangkauan luas dan harga yang kompetitif. 

Di samping itu, bisnis waralaba modal kecil ini menawarkan teknologi dan sistem manajemen canggih yang menambah keuntungan dalam menjalankan bisnis Anda.

Baca Juga: Biar Bisnis Makin Praktis, Ini Manfaat Aplikasi Pembayaran Online

Siap Buka Gerai Franchise untuk Berinvestasi?

Dewasa ini memiliki bisnis menjadi pilihan banyak orang. Selain praktis, usaha franchise menawarkan laba yang menguntungkan. Untuk memulai bisnis waralaba, Anda tidak harus memiliki modal yang besar. Namun, semua bisnis membutuhkan strategi pemasaran yang menarik agar berkembang, termasuk waralaba. 

Jadi, pastikan Anda mengikuti SOP yang telah ditetapkan. Jika ingin improvisasi, misalnya dalam strategi pemasaran, pastikan untuk konsultasi terlebih dahulu kepada mereka. Dengan begitu, Anda bisa sukses dalam bisnis waralaba. Bahkan, bisa lebih untung dari cabang utama merek tersebut.

Punya

Ratusan / Ribuan

Kiriman Setiap Hari?

Satu platform, beragam layanan pengiriman dan logistik

Web Dashboard

Pergudangan & Pengemasan

Dilengkapi Kurir Instant

Plugin Pengiriman

Integrasi API Pengiriman

Mendukung beragam layanan pengiriman

GojekJNEJNTTIKI

Terintegrasi dengan channel marketplace

TokopediaLazadaTiktokShopee

Mau Pengiriman Jadi Jauh Lebih Efektif?

Dapatkan potongan harga untuk pengiriman lebih banyak, #kirimlebihbanyak bersama Biteship!