6 Cara Mencari Produk Terlaris di Tokopedia, Yuk Ikuti!

6 Cara Mencari Produk Terlaris di Tokopedia, Yuk Ikuti!
Cara Mencari Produk Terlaris di Tokopedia

Bisnis online di e-commerce menunjukkan perkembangan yang positif dengan keuntungan besar saat ini. Namun, sebagai pebisnis pemula, Anda mungkin bertanya-tanya apa saja produk terlaris yang ada di setiap platform, termasuk Tokopedia. Karena itu, Anda perlu pelajari cara mencari produk terlaris di Tokopedia.

Anda perlu mengidentifikasi dan melakukan riset untuk mengetahui produk yang banyak peminatnya. Dengan begitu, Anda bisa menjual produk tertentu sesuai tren untuk menghasilkan jumlah penjualan yang tinggi. Lebih lanjut, artikel ini akan memberikan informasi cara menemukan produk terlaris di Tokopedia. Yuk, simak!

Cara Mencari Produk Terlaris di Tokopedia

Di bawah ini beberapa cara melihat produk populer dan terlaris di Tokopedia yang bisa Anda pelajari sebelum menjual produk.

Fitur Favorit Toppers Hari Ini

Halaman beranda Tokopedia merupakan sumber informasi produk terlaris dan terpopuler. Tentu saja, ada berbagai fitur yang muncul di beranda. Nah, Anda bisa scroll halaman utama ini sampai menemukan menu Favorit Toppers Hari Ini. Lalu, klik ikon paling kanan di sebelahnya. 

Menu ini akan menampilkan peringkat produk terlaris berdasarkan kategori terpopuler, seperti kategori perawatan wajah, fashion, produk elektronik, cemilan instan, dan lainnya. Perhatikan masing-masing kategori atau salah satu kategori tertentu untuk melihat produk apa yang mendominasi tren pasar saat ini. 

Jika sudah mengetahui produk yang sesuai dengan bisnis yang ingin Anda jalankan, cobalah untuk menonjolkan keunikan produk tersebut. Sehingga, produk dapat bersaing di pasar online.

Review dan Feedback Pelanggan

Tokopedia juga menyediakan fitur ulasan pelanggan. Biasanya, pelanggan akan memberikan kesan atau penilaian terkait produk yang dibeli. Produk yang paling laris pasti akan mendapatkan lebih banyak review positif di kolom ulasan tersebut. 

Nah, dengan mengamati review dan feedback pelanggan, Anda dapat memahami kelebihan dan kekurangan produk yang sedang tren. Cara mencari produk terlaris di Tokopedia melalui review pelanggan ini memungkinkan Anda mendapatkan informasi lebih relevan karena berdasarkan ulasan pelanggan langsung.

Dengan demikian, Anda pun dapat memastikan bahwa produk tersebut tidak hanya laris dan populer, tapi juga berkualitas. Apabila bisa mengambil celah dan memberikan inovasi lain pada produk serupa, Anda akan berpeluang untuk mendapatkan keuntungan lebih besar dengan berjualan di Tokopedia. 

Riset Keyword di Google Trends

Selanjutnya, Anda bisa mencari informasi produk melalui tools Google Trends dengan kata kunci atau keyword tertentu. Melalui tools ini, Anda bisa mengetahui produk apa yang sedang dicari oleh pengguna internet di suatu negara dalam jangka waktu tertentu.

Caranya, Anda dapat mengetikkan kata kunci yang relevan dan memilih negara serta rentang waktu tertentu. Lalu, Google Trends akan menampilkan grafik berisi urutan tampilan kata kunci produk berdasarkan tingkat kualitasnya. Apabila grafiknya menampilkan data cenderung meningkat, artinya keyword produk itu sedang populer.

Baca juga: 5 Jenis Google Ads dan Keuntungan Penggunaannya

Tools Google Keyword Planner

Selain Google Trends, cara mencari produk terlaris di Tokopedia dapat Anda lakukan lewat Google Keyword Planner. Tools ini bisa menampilkan referensi kata kunci yang terkait dengan Google Ads. Selain itu, Google Keyword Planner akan memberikan referensi keyword yang serupa dengan apa yang Anda cari. 

Apabila keyword tertentu tidak muncul di hasil pencarian Google Keyword Planner, artinya kata kunci tersebut tidak terlalu populer. Jika kata kuncinya muncul, Anda bisa menggunakannya sebagai referensi dalam menentukan produk apa yang akan dijual di Tokopedia.

Halaman Produk di Toko Kompetitor

Apabila ingin mendapatkan informasi lebih detail terkait produk terlaris dan populer dari kompetitor tertentu, cobalah untuk mengunjungi halaman toko tersebut. Selanjutnya, manfaatkan fitur yang tersedia di halaman produk, seperti filter Pembelian Terbanyak, Dilihat Terbanyak, dan Ulasan Terbanyak. 

Cara mencari produk terlaris di Tokopedia dengan memahami produk kompetitor cukup efektif bagi Anda yang ingin menjual produk serupa. Pasalnya, Anda bisa mempelajari secara detail apa yang membuat produk tersebut menarik dan banyak peminatnya. 

Selanjutnya, Anda bisa menawarkan produk serupa dengan kualitas dan spesifikasi yang lebih baik untuk mengikuti tren yang ada dan meningkatkan penjualan.

Melalui Tab Official Store

Tokopedia menyediakan berbagai fitur untuk kemudahan proses penjualan online. Salah satunya tab Official Store. Melalui tab ini, Anda bisa melihat produk-produk unggulan yang dijual di Tokopedia. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan filter Terjual Terbanyak untuk melihat produk yang paling laris dan banyak diminati pelanggan.

Ada juga filter lain yang bisa Anda manfaatkan, seperti filter Lokasi, Rating, Ulasan, dan lainnya. Jika mampu memanfaatkan filter yang ada, Anda tentu akan memperoleh informasi lebih banyak seputar produk yang sedang tren dan laris saat ini.

Baca juga: Testimonial: Pengertian, Penggunaan, Jenis-Jenis, dan Fungsinya

Sudah Tahu Cara Mencari Produk Terlaris di Tokopedia?

Jika sudah mempelajari cara menemukan produk terpopuler dan terlaris di Tokopedia, Anda dapat membuat keputusan lebih baik dalam memasarkan produk. Anda bisa mencoba salah satu cara atau mengkombinasikan cara-cara di atas untuk mendapatkan informasi yang lebih komprehensif.

Nah, setelah mencari tahu produk paling laris di e-commerce, pelaku bisnis juga perlu mempertimbangkan proses pengiriman barang yang efektif dan efisien, bukan? Anda bisa temukan kemudahan pengiriman menggunakan biteship. 

Sebab, biteship akan menawarkan solusi logistik yang cepat dengan biaya terjangkau. Kualitas pelayanannya pun sudah terjamin, karena terdapat lebih dari 30 ekpedisi kredibel yang biteship sediakan. 

Bahkan, biteship juga dapat menjadi solusi penyimpanan stok dan kelancaran distribusi. Rangkuman data order pun dapat Anda peroleh dengan lebih terstruktur. Anda hanya perlu daftar dan lakukan integrasi untuk layanan pengiriman berkualitas. Ayo, jalin kerja sama dengan biteship!

Punya

Ratusan / Ribuan

Kiriman Setiap Hari?

Satu platform, beragam layanan pengiriman dan logistik

Web Dashboard

Pergudangan & Pengemasan

Dilengkapi Kurir Instant

Plugin Pengiriman

Integrasi API Pengiriman

Mendukung beragam layanan pengiriman

GojekJNEJNTTIKI

Terintegrasi dengan channel marketplace

TokopediaLazadaTiktokShopee

Mau Pengiriman Jadi Jauh Lebih Efektif?

Dapatkan potongan harga untuk pengiriman lebih banyak, #kirimlebihbanyak bersama Biteship!