Mengenal Istilah Trucking yang Memudahkan Pengantaran Logistik

Trucking merupakan salah satu istilah yang sangat populer dalam dunia logistik. Fungsinya adalah untuk mengantarkan barang dari satu tempat ke tempat yang lainnya. Anda tentunya bisa membayangkan barang-barang yang dipesan online dikirim menggunakan berbagai media.

Barang tersebut bisa dikirim menggunakan 3 moda transportasi utama yaitu darat, laut, dan udara. Penggunaan transportasi udara biasanya dihitung menggunakan kubikasi dengan media transport berupa pesawat. Sedangkan untuk moda transportasi darat menggunakan truk.

Apa itu Trucking?

Dalam menggunakan transportasi laut juga biasa menggunakan truk yang diangkut menggunakan kapal laut. Maka dari truk sangat penting dalam peranannya membantu transportasi dan logistik perpindahan barang satu tempat ke tempat lainnya.

Dunia ekspedisi sekarang sudah sangat maju karena permintaan konsumen akan pengiriman barang dari satu tempat ke tempat lainnya. Adanya marketplace online juga sangat menghidupkan dunia trading dan juga ekspedisi sehingga berkembang menjadi satu cabang bisnis baru.

Trucking dalam artian logistik sebenarnya adalah layanan pengiriman barang utamanya menggunakan transportasi darat baik itu menggunakan mobil, truk, atau jenis yang lainnya. Biasanya barang dikirim antar kota atau antar pulau dimana dikirim bersamaan dengan milik orang lain.

Metode ini membuat pengiriman menjadi lebih mudah dan juga cepat. Beberapa perusahaan ekspedisi bahkan memiliki truk atau armada sendiri untuk mengangkut barang-barang dari pelanggannya. Jadi, mereka tidak lagi menyewa armada dari perusahaan lainnya.

Dalam perkembangannya, metode pengiriman ini berkembang kearah laut dan udara yang sering disebut dengan istilah kargo. Jadi, sebenarnya istilah ini juga bisa diartikan sebagai perusahaan yang memiliki jasa pengiriman barang cukup besar antar kota dan antar pulau.

Daftar Armada dan Moda Transportasi

Ada beberapa jenis armada darat yang berbentuk kendaraan roda empat atau lebih. Bentuknya bisa berupa truk, mobil pick-up, dan lain sebagainya. Bentuknya juga bervariasi ada yang terlindungi atau terbuka. Penjelasannya adalah sebagai berikut.

  1. Truk Tronton

Anda pasti pernah mendengar truk tronton yang merupakan salah satu layanan truk terbesar yang sementara ini ada. Truk ini hanya bisa melintasi jalanan yang sangat lebar biasanya digunakan untuk pengantaran barang antar kota atau antara provinsi.

Ukurannya termasuk sangat besar dan juga tinggi dengan panjang sekitar 9,5 meter. Sedangkan lebarnya adalah 2,4 meter. Tingginya juga sekitar 2,4 meter. Truk ini bahkan mampu mengangkut beban seberat 15.000 kilogram dalam sekali angkut.

  1. Truk Fuso

Jenis fuso juga merupakan salah satu sistem trucking yang berukuran besar dengan kapasitas sekitar 8.000 kilogram. Hampir setengahnya dari truk tronton. Panjangnya mencapai 5,7 meter dengan lebar 2,3 meter dan tinggi 2,2 meter. Secara ukuran lebar dan tinggi tidak beda jauh dengan tronton.

Truk fuso biasanya digunakan untuk mengangkut berbagai jenis barang atau material konstruksi seperti besi, baja, pasir, dan lain sebagainya dalam jumlah besar. Truk ini juga memiliki model terbuka dan tertutup. Penggunaannya tergantung kepada keperluan atau material yang dibawa.

  1. CDD Long

CDD merupakan singkatan dari Colt Diesel Double. Truk berkapasitas sekitar 4-5 ton ini sebenarnya masuk dalam kategori truk yang berukuran kecil. Akan tetapi, tetap saja dibandingkan dengan mobil pribadi ukurannya masih sangat besar.

Panjangnya adalah sekitar 5 meter dengan lebar dan tinggi masing-masing 2 meter. Truk ini biasanya digunakan untuk pengiriman antar kota antar provinsi yang jaraknya yang masih berdekatan atau dalam satu pulau karena muatannya pasti lebih sedikit daripada fuso dan tronton.

  1. CCD Box/Bak – Double Engkel

Truk ini memiliki spesifikasi yang mirip dengan CCD long hanya saja lebih sedikit pendek. Ukuran kontainer memiliki panjang sekitar 4,2 meter. Lebarnya adalah 2 meter dan tingginya 1,7 meter. Truk ini memiliki fungsi yang hampir mirip dengan CCD long. Kapasitasnya sekitar 4000 kg.

Fungsinya juga sama hanya untuk mengangkut barang dalam jumlah relatif tidak banyak dalam satu pulau antar kota. Jangkauannya juga cukup untuk wilayah dengan lebar jalan menengah karena ukurannya cukup besar.

  1. Mobil Box Kecil

Armada yang satu ini sangat membantu untuk jangkauan wilayah atau kawasan perumahan yang aksesnya relatif sempit. Ukuran mobilnya juga sangat menunjang. Biasanya mobil box ini dilengkapi dengan penutup untuk melindungi barang-barang di dalamnya.

Kapasitas yang bisa diangkutnya adalah sekitar 800 kg. Dengan panjang ukuran mobil adalah sekitar 2,27 meter. Lebarnya adalah 1,53 meter dan tingginya adalah 1,2 meter. Mobil ini berfungsi untuk berbagai keperluan pengantaran di dalam kota.

  1. Mobil Pick-Up

Pickup memiliki kapasitas yang mirip dengan mobil box kecil. Hanya saja biasanya mobil ini tidak terlindungi dengan penutup atau cover di bagian penyimpanan barang. Mobil ini sering digunakan untuk mengangkut barang dengan berbagai keperluan.

Ukuran panjangnya adalah 2 meter, dengan lebar 1,6 meter dan tinggi sekitar 1,2 meter. Fungsinya ialah digunakan untuk mengangkut hasil panen, material bangunan dalam skala kecil. Selain itu, mobil ini juga dengan mudahnya bisa masuk ke perumahan dan perkampungan.

Kelebihan Penggunaan Jasa Trucking

Menjamurnya perusahaan ekspedisi dan penghantaran membuat penggunaan truk dan berbagai armada lainnya menjadi sangat dibutuhkan dan memiliki berbagai kelebihan. Tentu saja harus diperhitungkan mengenai efisiensi dan biayanya.

Dalam konteks wilayah Indonesia yang terdiri dari berbagai pulau, maka penggunaan truk atau transportasi darat bisa menjadi alternatif. Akan tetapi, perlu memikirkan transportasi udara dan juga konektivitas transportasi laut.

Kelebihan menggunakan jasa truk dalam pengiriman barang akan dijelaskan sebagai berikut.

  1. Harga Lebih Murah

Efisiensi harga tentu menjadi salah satu pertimbangan penting. Dalam pengantaran menggunakan truk biasanya harga yang didapatkan relatif lebih murah daripada armada lainnya. Akan tetapi, semuanya harus diperhitungkan kembali.

  1. Pemantauan Mudah

Sekarang ini sudah banyak sistem online yang bisa memantau berbagai sistem perjalanan paket. Hal ini tentunya sangat memudahkan. Selain itu, juga tersedia sistem pantauan real time posisi barang yang sedang dikirim.Pengertian dan juga manfaat trucking dalam dunia pengiriman atau ekspedisi ini tentu perlu dipahami bagi orang-orang yang bekerja di bidang tersebut. Jasa ini bisa dipilih untuk pengiriman barang dengan harga yang lebih terjangkau.

Punya

Ratusan / Ribuan

Kiriman Setiap Hari?

Satu platform, beragam layanan pengiriman dan logistik

Web Dashboard

Pergudangan & Pengemasan

Dilengkapi Kurir Instant

Plugin Pengiriman

Integrasi API Pengiriman

Mendukung beragam layanan pengiriman

GojekJNEJNTTIKI

Terintegrasi dengan channel marketplace

TokopediaLazadaTiktokShopee

Mau Pengiriman Jadi Jauh Lebih Efektif?

Dapatkan potongan harga untuk pengiriman lebih banyak, #kirimlebihbanyak bersama Biteship!