10 Contoh UMKM yang Sering Dijadikan Pilihan Saat ini

Jangan salah, mendirikan usaha sebenarnya tidak melulu memerlukan modal yang besar. Mendirikan usaha dapat dimulai dari modal kecil terlebih dahulu dengan bentuk UMKM. Ada begitu banyak contoh UMKM yang bisa menjadi pilihan. 

Usaha Mikro Kecil dan Menengah atau UMKM merupakan bentuk usaha yang sederhana. Oleh sebab itu, jumlah UMKM yang berada di Indonesia begitu banyak. Bahkan, dengan jumlahnya yang terus meningkat secara signifikan, UMKM menjadi pendongkrak perekonomian. 

Pengertian UMKM

Sebelum lebih jauh membahas mengenai UMKM, Anda harus memahami arti UMKM terlebih dulu. UMKM merupakan bentuk usaha dan dijalankan secara perorangan, badan usaha berukuran kecil maupun rumah tangga. 

Agar dapat menggolongkan usaha, diperlukan pertimbangan sejumlah faktor seperti jumlah kekayaan, omset per tahun dan jumlah karyawan. UMKM sendiri terbagi menjadi 3 jenis yaitu mikro, kecil kemudian menengah. 

Pemerintah sudah melakukan penggolongan UMKM seperti yang telah tercantum di dalam Undang-Undang. Untuk jenis usaha mikro, usaha mikro adalah usaha produktif dengan kekayaan bersih maksimal Rp50 juta.

Sedangkan usaha kecil memiliki kekayaan bersih di angka Rp50 sampai Rp500 juta, angka tersebut tidak termasuk tanah serta bangunan usaha. Contoh usaha kecil ini seperti binatu, catering, dan lainnya. 

Terakhir adalah usaha menengah. Usaha menengah memiliki kekayaan bersih minimal Rp500 juta dan maksimal Rp10 miliar. Contoh usaha menengah yang dominan seperti toko bangunan, restoran besar dan sebagainya. 

Contoh UMKM yang Dapat Dijadikan Sebagai Inspirasi

Pada dasarnya, entrepreneur adalah pengusaha. Bila ingin menjadi entrepreneur, Anda bisa mencoba menjalankan UMKM berikut ini, yaitu:

  1. Menjual Perlengkapan Bayi

Di UMKM, perlengkapan bayi menjadi salah satu sektor usaha yang menggiurkan. Bahkan, menurut salah satu riset, UMKM perlengkapan bayi memiliki nilai hingga Rp88,1 triliun.

Hal ini menandakan jika perlengkapan bayi menjadi salah satu UMKM yang menjanjikan. Ada berbagai macam jenis usaha perlengkapan bayi yang dapat Anda geluti seperti dropshipper, menjadi reseller dan yang lainnya. 

  1. Penginapan

Sekarang ini traveling sudah menjadi bagian yang sangat erat dan gaya hidup yang modern. oleh sebab itu kebutuhan mengenai penginapan juga semakin meningkat. Dari sini muncul peluang yang bisa dimanfaatkan. 

Contohnya saja dengan menyewakan penginapan. Modal penginapan memang cukup tinggi bila Anda harus membeli gedung. Namun, bila Anda mempnyai satu atau dua kamar kosong, Anda dapat menyewakannya di aplikasi home sharing. 

  1. Jasa Video dan Foto

Sekarang ini jasa video dan foto menjadi hal yang banyak diperlukan untuk menangkap berbagai moment special seperti acara pernikahan, wisuda bahkan ulang tahun. Jasa foto umumnya menawarkan paket yang dapat dipilih sesuai keinginan konsumen. 

Selain itu, umumnya jasa video dan foto ini juga mempunyai ciri khas masing-masing. Sehingga, bila Anda memiliki skill di bidang fotografi, sayang rasanya jika tidak mencoba menekuni bisnis ini dan mengembangkannya menjadi bisnis. 

  1. Agrobisnis

Indonesia merupakan negara agraris dan cocok untuk mendirikan serta mengembangkan UMKM agrobisnis. Bukan hanya pertanian, Anda juga dapat memilih menekuni sektor peternakan dan perkebunan. 

Contoh yang bisa dihasilkan dari usaha ini seperti buah-buahan, sayuran, hingga hasil peternakan seperti daging dan telur. UMKM di bidang agrobisnis sebenarnya menjanjikan. 

Hal ini disebabkan karena pangsa pasar UMKM ini sangat besar. Hampir semua orang memerlukan produk agribisnis tersebut. 

  1. MUA

UMKM sebenarnya bukan hanya berfokus pada menjual barang, tetapi juga menjual jasa, contohnya seperti makeup artist atau MUA. Ada berbagai macam acara serta moment yang memerlukan MUA seperti pernikahan, wisuda, lamaran dan lainnya. 

Sehingga, jika Anda memiliki bakat di bidang tata rias wajah, sayang rasanya jika melewatkan peluang ini begitu saja. Anda dapat mencoba usaha menjadi MUA. 

Anda bisa mencoba mendandani orang-orang terdekat. Kemudian, agar semakin terpercaya, pastikan mengikuti sejumlah pelatihan khusus MUA, sehingga keterampilan merias Anda akan terus meningkat. 

  1. Skincare dan Kosmetik

Industri skincare sekarang ini sedang mengalami pertumbuhan. Tentu saja pertumbuhan ini akan terus meningkat dengan begitu banyaknya UMKM yang berada di industri ini. 

Menariknya 95% industri kosmetik dan skincare didominasi oleh UMKM. Dengan banyaknya jenis kosmetik serta skincare yang ada, Anda dapat menjual produk yang spesifik. Spesifiknya produk juga akan membantu Anda membedakan diri dengan competitor.

Contohnya saja Anda menjual produk skincare dan kosmetik dengan menggunakan bahan alami. Anda juga bisa mencoba menjual sheet mask dengan formula khusus untuk remaja.

Ketika memutuskan menekuni bisnis ini, Anda harus bersiap karena, perizinan skincare bukan menjadi hal yang mudah, selain itu persaingan dalam industri ini begitu ketat. 

  1. Bisnis Fashion

Ketika ingin membeli pakaian, dulunya konsumen harus datang ke toko. Kemudian memilih mana item yang paling sesuai, mencoba pakaian tersebut di ruang ganti dan membelinya jika cocok. 

Sekarang, proses pembelian produk fashion jauh lebih efisien dengan sistem online. Contoh UMKM online ini memungkinkan pembeli bisa dengan bebas membeli dari mulai celana, atasan, rok, dan berbagai aksesoris lain. Ini menandakan jika semua dapat kita jual secara online. 

Anda tidak perlu memproduksi barang sendiri. Anda dapat menjalankan usaha sebagai reseller kemudian menjual barang yang diproduksi orang lain. Nantinya, Anda bisa mendapatkan keuntungan dan selisih harga. 

  1. Bisnis Furniture

contoh UMKM lainnya adalah bisnis furniture. Memang, sekarang ini bisnis furniture menjadi bisnis yang tidak begitu populer. Namun jangan salah, karena bisnis furniture memiliki sumbangsih tersendiri pada perekonomian nasional, terutama dari segi penjualan online. 

UMKM di bidang furniture beberapa waktu lalu memberikan sumbangsih hingga 16,9% dalam omzet e-commerce di Indonesia. Ini berarti UMKM mempunyai tempat di tengah industry digital. 

Pada dasarnya, furniture memang bisnis offline, karena produknya dikerjakan konvensional. Tetapi, Anda juga dapat menjualnya secara online, dan memasarkan furniture ke berbagai negara. 

Gunakan media sosial kemudian buat website khusus yang digunakan untuk mempromosikan furniture Anda secara khusus. Anda juga dapat mendaftarkan toko ke marketplace.

  1. Bisnis Kuliner

Dengan banyaknya bisnis kuline sekarang ini, sepertinya tidak berlebihan jika menyebut bisnis kuliner merupakan peluang yang tidak pernah mati. Bahkan setiap hari semua orang memerlukan minuman dan makanan. 

Usaha kuliner bahkan memberikan sumbangan hingga 41,40% pada PDB ekonomi kreatif Indonesia hingga Rp383 triliun. Sehingga, selama produk kuliner yang Anda jual mempunyai rasa enak, dapat dipastikan produk tersebut akan laris manis. 

Lebih-lebih saat ini sudah terdapat layanan pesan antar makanan secara online. Hal ini memperlihatkan jika peluang menghasilkan penjualan menjadi semakin besar. 

  1. Usaha Laundry

Contoh UMKM lainnya adalah jasa laundry. Dengan kesibukan yang tinggi, pekerjaan rumah menjadi salah satu hal yang sulit untuk diselesaikan. Oleh sebab itu banyak orang yang memilih menggunakan jasa laundry. 

Anda juga dapat menggunakan peluang ini, dan menjalankan usaha laundry. Usaha laundry termasuk usaha kecil. Anda dapat membuka usaha di daerah perkantoran dan kampus. Dari berbagai contoh UMKM di atas, mana yang paling menarik untuk dijalankan? Bila Anda tertarik menjalankan UMKM secara online, Biteship dapat Anda jadikan sebagai partner pengiriman barang. Di sini, Anda mengirim paket dari berbagai pilihan kurir hanya menggunakan satu platform saja.

Punya

Ratusan / Ribuan

Kiriman Setiap Hari?

Satu platform, beragam layanan pengiriman dan logistik

Web Dashboard

Pergudangan & Pengemasan

Dilengkapi Kurir Instant

Plugin Pengiriman

Integrasi API Pengiriman

Mendukung beragam layanan pengiriman

GojekJNEJNTTIKI

Terintegrasi dengan channel marketplace

TokopediaLazadaTiktokShopee

Mau Pengiriman Jadi Jauh Lebih Efektif?

Dapatkan potongan harga untuk pengiriman lebih banyak, #kirimlebihbanyak bersama Biteship!