Perbedaan Sales dan Marketing, Apa Saja?

Sales dan marketing adalah dua istilah yang saling berhubungan dan umumnya ditujukan untuk meningkatkan sistem pendapatan. Nah, karena kedua istilah tersebut saling berkaitan satu sama lain, sulit untuk mengetahui perbedaan sales dan marketing.

Dalam bisnis berskala kecil, individu yang sama melakukan tugas sales dan marketing secara bergantian. Tetapi ketika bisnis tumbuh dengan skala dan standar tinggi, masing-masing peran menjadi lebih terspesialisasi dan lebih besar untuk menangani perannya secara mandiri.

Apa Itu Sales dan Marketing

Apakah sales dan marketing itu sama? Memahami apa yang membedakan di antara kedua jenis pekerjaan tersebut memang kadang membingungkan. Namun inilah pengertian dan tugas dari sales dan marketing yang membuat dua pekerjaan ini berbeda:

1. Pengertian Sales

Sales adalah kegiatan penjualan atau pengalihan kepemilikan suatu produk antara dua pihak di mana pembeli menerima barang (berwujud atau tidak berwujud), dan layanan dari penjual dengan imbalan uang.

Sales adalah rantai bisnis yang melibatkan transfer produk dan layanan dari produsen ke distributor, distributor ke grosir, grosir ke reseller, dan reseller ke konsumen dengan imbalan sejumlah uang atau aset serupa lainnya.

Pemilik bisnis dapat menggunakan berbagai strategi penjualan untuk menarik pelanggan terhadap produk mereka, dengan menawarkan diskon atau penawaran khusus. Sales marketing tugasnya berbeda.

Beberapa kegiatan dasar dari sales yang bertujuan untuk meningkatkan penjualan produk dan jasa pada sebuah bisnis. Inilah sejumlah tugas atau tanggung jawab yang dimiliki oleh sales:

  • Melakukan proses penjualan produk dan layanan kepada calon pelanggan
  • Meyakinkan pelanggan potensial untuk membeli produk dari perusahaan tempatnya bekerja. Meyakinkan pelanggan ini dapat dilakukan dengan berbagai cara, termasuk menonjolkan keunggulan produk, memberikan diskon, atau membuat produk lebih menarik daripada produk pesaing.
  • Melakukan persuasif satu lawan satu dengan prospek bisnis kepada pelanggan potensial
  • Melakukan pameran dagang dan datang ke acara promosi
  • Melakukan cross selling untuk menghasilkan penjualan.
  • Mempertahankan hubungan positif dengan pelanggan sebagai kunci untuk mempertahankan basis pelanggan perusahaan.

2. Pengertian Marketing

Pengertian sales marketing menurut para ahli sebenarnya tidak ada karena keduanya adalah dua pekerjaan yang berbeda. Pengertian dari marketing sendiri diambil dari dari istilah ‘market’, yang berarti ‘menganalisis’ dan mengembangkan produk sesuai dengan kebutuhan pelanggan.

Untuk hal ini, perusahaan mencari metrik baru yang membantu mengidentifikasi minat yang disukai, dan tidak disukai individu atau kelompok. Marketing adalah pendekatan berorientasi penjualan yang sama-sama mengangkat citra merek di pasar bisnis.

Tentu saja, marketing tidak hanya terbatas pada memberikan diskon agar orang tertarik membeli produk, tetapi juga membawa penawaran khusus dan menarik bagi pelanggan. Marketing juga mencari kegiatan yang berkontribusi dalam pemasaran suatu produk atau layanan agar banyak peminatnya.

Pemasaran adalah proses menarik pelanggan ke barang Anda melalui berbagai teknik seperti harga, pengemasan, pemosisian, lokasi, dan promosi.

Kegiatan marketing perusahaan mungkin tidak berfokus pada menghasilkan penjualan langsung, tetapi mereka berusaha membuat penjualan lebih sederhana dan meningkatkan pendapatan dari waktu ke waktu. Kerja marketing itu seperti apa? Inilah tugas kerja dari marketing itu sendiri

  • Membangun citra merek yang positif untuk mempengaruhi calon pelanggan mendukung barang-barang perusahaan.
  • Menganalisis kebutuhan, minat, dan perilaku pelanggan untuk membuat barang lebih diminati di pasaran.
  • Membuat strategi pemasaran supaya produk perusahaan lebih diminati dari pesaing.
  • Meningkatkan penjualan produk dan mendatangkan keuntungan bagi perusahaan.
  • Bekerja sama dengan media periklanan untuk menggabungkan strategi bisnis dan metode pemasaran yang efektif.
  • Menyelenggarakan acara dan pameran untuk promosi produk dan menangkap pasar potensial.
  • Membuat rilis media dan siaran pers dan bantu presentasi produk.
  • Mengelola produk yang digunakan untuk tujuan pemasaran seperti selebaran, poster, DVD, dan iklan di televisi, majalah atau surat kabar, dll.

Sudah tahu apa tugas sales dan marketing? Meski kelihatannya sama, namun sales dan marketing itu sendiri merupakan dua pekerjaan berbeda. Sales memenuhi persyaratan dari apa yang diminta pelanggan, sementara marketing mempelajari apa yang diminta pasar.

Lalu apa hubungan sales dan marketing? Tentu keduanya berhubungan. Banyak bisnis menggabungkan sales dan marketing bersama. Keduanya memiliki hubungan seperti kerja keras dan kesuksesan dalam menarik minat pelanggan.

Kedua istilah bertemu pada titik yang sama dan memiliki tujuan utama untuk membangun pendapatan dan reputasi merek dengan memberikan produk dan layanan kepada pelanggan.

Contoh sales dan marketing, sales berfokus pada penjualan produk dan layanan kepada pelanggan sementara marketing membutuhkan tim yang baik untuk menciptakan pasar dan mencapai jumlah penjualan yang dibutuhkan.

Perbedaan Sales dan Marketing

Lalu apa sebenarnya yang membuat sales dan marketing adalah dua pekerjaan yang sebenarnya berbeda? Perbedaan keduanya dapat dilihat pada poin-poin di bawah ini:

1. Proses

Sales melibatkan strategi penjualan suatu produk dari satu orang ke orang lain untuk mencapai target perusahaan. Marketing sendiri adalah tentang menganalisis variasi pasar dan memahami kebutuhan pelanggan.

2. Hubungan

Sales memiliki hubungan satu lawan satu antara pembeli dan penjual sedangkan marketing adalah hubungan satu ke banyak.

3. Tujuan

Sales langsung berfokus pada menjual semua barang yang diproduksi dalam jumlah besar atau kecil sedangkan marketing mengintegrasikan semua aspek agar sesuai dengan standar pasar.

4. Orientasi

Perbedaan sales dan marketing selanjutnya adalah orientasi kerja. Proses atau cara kerja sales adalah menukarkan barang dan jasa dengan imbalan uang, pendekatannya berorientasi pada orang.

Sedangkan marketing melibatkan penyediaan layanan berkualitas sebagai imbalan atas kepuasan pelanggan, pendekatannya menggunakan media.

5. Fokus

Sales bekerja untuk membuat produk perusahaan banyak terjual. Sementara pemasaran menekankan persyaratan dan standar pasar.

6. Prioritas Pelanggan

Prioritas yang diutamakan oleh sales adalah, bahwa produk dibuat dan kemudian dijual kepada pelanggan sesuai perintah. Sedangkan dalam marketing, pelanggan adalah prioritas tertinggi karena kebutuhan mereka diidentifikasi dan kemudian produk dibuat dan dijual kepada pelanggan.

7. Target

Sales melibatkan interaksi langsung dengan pelanggan, menarik individu untuk membeli produk. Sedangkan marketing berkonsentrasi pada masyarakat umum yaitu meningkatkan nilai produk untuk meningkatkan penjualan keseluruhan bisnis.

8. Strategi yang Digunakan

Sales menggunakan strategi yang menarik minat pelanggan agar terdorong untuk membeli produk atau layanan.

Sedangkan marketing bekerja pada strategi yang berfokus pada peningkatan nilai produk sehingga pelanggan terdorong untuk membeli produk tersebut.

9. Sasaran

Sasaran penjualan termasuk meningkatkan pendapatan bulanan, mempertahankan pelanggan yang sudah ada, menutup penjualan, meningkatkan margin keuntungan, dan menurunkan biaya akuisisi pelanggan.

Tujuan marketing termasuk meneliti kebutuhan dan minat pelanggan, meningkatkan kesadaran produk, membangun merek, meningkatkan kepuasan pelanggan.

Marketing juga harus menjadikan perusahaan sebagai pemimpin dalam industrinya, memelihara hubungan pelanggan, menghasilkan prospek yang berkualitas, dan meluncurkan produk baru.

Itulah contoh perbedaan sales dan marketing yang bisa dirangkum. Dari penjabaran di atas, tentu Anda sudah bisa memahami apa saja yang membuat keduanya berbeda bukan?Apakah Anda sedang merintis bisnis lalu membutuhkan divisi sales dan marketing? Mengetahui perbedaan sales dan marketing akan membuat Anda memahami bahwa dua pekerjaan tersebut penting untuk menunjang kesuksesan bisnis.

Punya

Ratusan / Ribuan

Kiriman Setiap Hari?

Satu platform, beragam layanan pengiriman dan logistik

Web Dashboard

Pergudangan & Pengemasan

Dilengkapi Kurir Instant

Plugin Pengiriman

Integrasi API Pengiriman

Mendukung beragam layanan pengiriman

GojekJNEJNTTIKI

Terintegrasi dengan channel marketplace

TokopediaLazadaTiktokShopee

Mau Pengiriman Jadi Jauh Lebih Efektif?

Dapatkan potongan harga untuk pengiriman lebih banyak, #kirimlebihbanyak bersama Biteship!