Cara Hapus Akun Tokopedia dari Komputer dan HP, Terlengkap!

Cara Hapus Akun Tokopedia dari Komputer dan HP, Terlengkap!

Banyak orang merasa terbantu dengan adanya aplikasi belanja online atau yang kerap kali memiliki nama lain e-commerce. Namun, apa jadinya jika Anda harus menghapus akun e-commerce karena sebab tertentu? Berikut ini adalah beberapa tahapan cara hapus akun Tokopedia, baik via laptop maupun HP!

Cara Hapus Akun Tokopedia Seller Sementara

Ada kalanya Anda harus menutup toko sementara entah untuk mengambil waktu libur sejenak atau ada keperluan yang lebih penting. Ternyata, ada cara mudah agar Anda bisa melakukan hal tersebut, baik dari komputer maupun dari telepon seluler atau smartphone. Berikut ini adalah tata caranya:

1. Menggunakan Komputer (PC)

Berikut cara menghapus akun melalui komputer:

  1. Pertama-tama, Anda perlu membuka browser dan login ke akun Tokopedia. Lalu, buka laman Tokopedia Seller.
  2. Di bagian kiri laman Tokopedia Seller, ada daftar pengaturan maupun fitur yang Anda pilih. Klik bagian “Pengaturan Toko”, lalu Anda akan dihadirkan dengan berbagai pengaturan. 
  3. Scroll sampai ke bagian “Status” di mana Anda bisa mengatur apakah toko atau buka atau tutup.
  4. Ketika mengklik “Tutup Toko”, Anda akan diarahkan ke jadwal menutup toko. Di sini, Anda bisa mengatur kapan toko tutup dan kapan akan dibuka lagi. Pemilihan jangka waktu ini dapat Anda lakukan dengan menentukan tanggal yang ada di kalender. 
  5. Setelah sudah rampung, Anda juga bisa menambah catatan untuk memberi keterangan kepada calon pembeli. Bagan ini adalah opsional, jadi kosongkan jika tidak ingin Anda isi. 
  6. Jika sudah semuanya, maka Anda hanya tinggal mengklik “Simpan”.

2. Menggunakan HP

Cara hapus akun Tokopedia seller secara sementara bisa Anda lakukan dengan menggunakan aplikasi resmi Tokopedia. Pastikan aplikasi sudah terpasang di smartphone dan Anda sudah masuk menggunakan akun seller. Berikut langkahnya:

  1. Pada landing page, klik “Pengaturan” yang ada di bagian kanan atas, lalu klik nama toko yang Anda miliki. Sama dengan cara hapus akun seller secara sementara di komputer, Anda perlu mencari bagian “Pengaturan Toko”.
  2. Klik “Atur jadwal operasional toko”. Lalu, tentukan tanggal tutup dan tanggal akan buka lagi. Isi juga bagian “Catatan” kalau merasa diperlukan.
  3. Setelah semuanya selesai, tekan tombol “Simpan” yang letaknya terdapat di bagian kanan atas layar smartphone Anda.

Cara Hapus Akun Tokopedia Seller Secara Permanen

Setelah mempelajari cara hapus akun secara sementara atau cuti, Anda mungkin akan bertanya-tanya akan kemungkinan cara hapus toko secara permanen.

Ternyata, Tokopedia tidak menyediakan fitur hapus toko secara permanen. Jika Anda ingin berhenti berjualan, toko akan tetap terdaftar di Tokopedia. Hanya saja, statusnya akan tutup dalam waktu yang tidak ditentukan.

Jika Anda benar-benar ingin menghapus toko untuk alasan privasi, Anda dapat melakukannya dengan mengganti data yang ada di toko. Cara dengan menarik semua barang dari etalase, memberi catatan tutup pada toko, hingga menghilangkan foto profil toko jika Anda merasa butuh untuk lakukan.

Syarat dan Ketentuan Hapus Akun Tokopedia Pembeli

Membuat akun pembeli di Tokopedia akan terasa sangat mudah. Namun, beberapa dari Anda mungkin bingung ketika harus menghapus atau menonaktifkan akun Tokopedia secara permanen. Terdapat beberapa syarat dan ketentuan yang harus Anda pahami agar sebelum menerapkan cara hapus akun Tokopedia, seperti:

1. Tidak Ada Transaksi yang Berlangsung

Tentu saja, yang namanya akun e-commerce sangat identik dengan proses maupun transaksi jual beli. Namun, sebelum menghapus hapus akun Tokopedia, pastikan Anda tidak sedang memiliki transaksi di akun Anda.

Transaksi yang dimaksud di sini antara lain adalah pembelian barang yang sudah berada pada tahap pengiriman. Dalam artian lain, Anda sudah membayar untuk suatu barang tetapi belum sampai.

Di sisi lain, Anda juga harus wajib memiliki transaksi kredit yang sudah terbayar lunas. Artinya, Anda tidak boleh memiliki cicilan maupun pinjaman online yang sedang berlaku.

2. Email dan No. HP Tidak Bisa Dipakai Daftar Lagi

Ketika Anda memutuskan untuk melakukan cara hapus akun Tokopedia secara permanen. Maka, alamat email maupun nomor HP dari akun yang ingin Anda hapus tidak bisa digunakan lagi untuk mendaftar.

Jika ingin mendaftar lagi, Anda mau tidak mau harus memiliki alamat email dan nomor HP baru. Meski tidak begitu repot, namun hal ini mungkin akan membuat Anda berpikir dua kali sebelum menghapus akun Tokopedia.

3. Kosongkan Saldo Tokopedia

Meski ini bukan merupakan syarat yang wajib untuk Anda penuhi. Namun, tetap saja saldo yang tersisa di akun Tokopedia Anda akan sayang jika tidak ditarik terlebih dulu.

Adapun saldo yang bisa Anda tarik sebelum menghapus akun Tokopedia adalah saldo Tokopedia, Reksa Dana, maupun Saldo Emas. Lalu, untuk uang e-wallet seperti Gopay dan OVO akan tetap masuk ke rekening Anda masing-masing. Jadi, tidak perlu Anda khawatirkan.

Cara Hapus Akun Tokopedia Pembeli Secara Permanen

Jika sudah memahami ketiga hal di atas, Anda dapat melanjutkannya cara hapus akun pembeli secara permanen. Cara yang satu ini tidak dapat Anda lakukan di komputer maupun laptop. Jadi, mau tidak mau harus di smartphone. Berikut ini adalah langkah-langkahnya:

  1. Pengaturan akun yang ada di aplikasi Tokopedia bisa Anda temukan di bagan “Ubah Profil”. Dari banyaknya pilihan, ada opsi “Tutup Akun” di bawah layar yang memiliki tulisan dengan warna hijau. Klik tombol tersebut.
  2. Cara hapus akun pembeli selanjutnya adalah dengan membaca beberapa syarat & ketentuan yang sudah dibahas di bagian artikel ini sebelumnya. Setelah menekan “Lanjut”, Anda akan diarahkan ke bagian Alasan Tutup Akun.
  3. Pilih satu alasan yang paling menggambarkan alasan tutup akun Tokopedia, lalu klik “Tutup Akun Sekarang”. Aplikasi akan menanyakan sekali lagi apakah Anda yakin untuk menghapus akun. Klik “Ya, Tutup Akun” untuk lanjut.
  4. Langkah selanjutnya adalah aplikasi Tokopedia akan mengarahkan Anda untuk memasukkan nomor PIN. Jika lupa nomor PIN, aplikasi akan mengirimkan OTP ke nomor HP. 
  5. Setelah menginput salah satu dari kedua kode ini, akun Tokopedia Anda resmi terhapus.

Sudah Paham Cara Hapus Akun Tokopedia?

Berikut tadi adalah gambaran detail soal cara menghapus akun Tokopedia baik untuk seller maupun pembeli. Semoga artikel ini dapat membantu Anda jika ingin berhenti menggunakan Tokopedia atau ingin merintis usaha baru dengan akun yang berbeda.

Punya

Ratusan / Ribuan

Kiriman Setiap Hari?

Satu platform, beragam layanan pengiriman dan logistik

Web Dashboard

Pergudangan & Pengemasan

Dilengkapi Kurir Instant

Plugin Pengiriman

Integrasi API Pengiriman

Mendukung beragam layanan pengiriman

GojekJNEJNTTIKI

Terintegrasi dengan channel marketplace

TokopediaLazadaTiktokShopee

Mau Pengiriman Jadi Jauh Lebih Efektif?

Dapatkan potongan harga untuk pengiriman lebih banyak, #kirimlebihbanyak bersama Biteship!