Ketahui Apa Saja Tugas dan Tanggung Jawab Admin Online Shop

Ketahui Apa Saja Tugas dan Tanggung Jawab Admin Online Shop

Bisnis online pasti membutuhkan kehadiran dan peran admin online shop untuk memantau dan menanggapi permintaan dari calon pembeli. Apalagi jika sudah banyak permintaan akan produk bisnis Anda.

Banyak yang percaya bahwa tugas admin toko online hanya sebatas memposting konten dan menanggapi komentar konsumen dan email yang masuk. Namun, tugas admin bisa lebih dari itu. Admin dapat menjadi ujung tombak bisnis online. Agar lebih tahu apa saja tugas admin toko online. Simak artikelnya sampai selesai!

7 Tugas serta Tanggung Jawab Seorang Admin Online Shop

Jika Anda penasaran apa saja tugas yang harus dipenuhi seorang admin toko online dalam memajukan bisnis online. Berikut ini beberapa tugasnya: 

1. Mengelola Online Shop

Tanggung jawab pertama pengelola toko online, tentu saja adalah membantu pengusaha menjalankan toko. Toko online yang dimaksud bisa berupa website, media sosial, atau platform e-commerce.

Pengelolaan toko online yang dilakukan oleh admin ini dapat melibatkan berbagai aktivitas. Mulai dari upload produk, memasukkan judul/nama produk, harga, dan deskripsi hingga memantau inventaris produk dan memenuhi pesanan pelanggan.

2. Memberikan Jawaban serta Arahan Saat Pembeli Kesulitan

Di luar itu, admin toko online juga ditugaskan untuk membantu pelanggan dengan pertanyaan atau masalah yang mereka temui saat berbelanja. 

Misalnya, ketika pelanggan menemui masalah dalam proses belanja online dan menanyakan produk yang tepat, cara menggunakan sistem pemesanan produk, dan menawarkan pilihan solusi.

Oleh karena itu, manajer harus terus-menerus bertindak untuk meningkatkan layanan dan kepuasan pelanggan mereka.

3. Menjaga Performa Online Shop

Setiap merek dengan toko online, ingin tampil baik setiap saat sebagai tujuan bisnis. Admin online shop juga bertanggung jawab untuk hal tersebut. Mereka bertugas menjaga performa toko online. 

Anda dapat mengetahui seberapa baik kinerja toko online tidak hanya dari jumlah pesanan, tetapi juga dari peringkat dan ulasan yang diterima dari pelanggan akan produk serta pelayanan dari toko online tersebut.

4. Membangun Hubungan yang Baik dengan Pelanggan

Admin toko online juga harus menjaga hubungan baik dengan pelanggan, karena admin bertanggung jawab untuk menyediakan layanan pelanggan sebaik mungkin. Admin dapat membangun hubungan yang baik dengan pelanggan melalui media sosial.

Misalnya dengan berbagi konten yang mengarah pada interaksi antara brand dan audiensnya. Ini juga bisa dilakukan dengan membuat konten yang dibagikan di blog di situs web belanja online dan feed di platform e-commerce.

5. Mempromosikan Toko Online di Media Sosial

Admin tidak hanya membantu mengelola toko online, tetapi mereka juga bertanggung jawab untuk menjalankan media sosial. Dalam hal ini, admin toko online bertugas mempromosikan toko online dengan mengupload konten serta mengelola setiap campaign.

Untuk melakukan tugas manajemen media sosial, admin toko online biasanya dapat bekerja sama dengan tim pemasaran serta konten atau desain.

6. Memperbarui Inventaris

Jika memiliki banyak toko, tugas admin online shop juga mencakup pelacakan inventaris atau stok barang. Penting juga bagi admin untuk mengetahui jumlah stok, sehingga dapat memperbaharui jumlah stok barang yang habis ketika ada pembeli. Harap dicatat bahwa toko online tidak dapat menerima pesanan jika stok habis.

7. Melakukan Konfirmasi Pesanan dari Pembeli

Selain marketplace, banyak konsumen yang mencari produk belanja online melalui media sosial. Admin yang memantau media sosial perlu segera melihat pesanan baru. 

Nah, sebagai admin, Anda perlu mengisi formulir konfirmasi yang tidak hanya mencatat pesanan, tetapi juga meminta informasi lengkap pesanan, seperti ukuran produk dan alamat pengiriman. 

Selain itu, admin toko online juga bertanggung jawab untuk menanyakan informasi perihal akun medsos dan meminta bukti pembayaran dari pembeli.

Baca Juga: Staff Gudang: Pengertian dan Tugas – Tanggung Jawabnya

Alasan Pentingnya Adanya Admin Online Shop Untuk Kemajuan Bisnis

Peran admin toko online merupakan peran yang sangat penting bagi sebuah perusahaan, dan admin tentunya dapat membujuk calon pelanggan yang awalnya ragu untuk yakin menggunakan produk tersebut. Layanan manajemen online juga sangat membantu bisnis untuk menjaga konsistensi layanan.

Saat bisnis menjadi go digital, semua harus dilakukan dengan cepat, termasuk aspek pelayanan. Layanan yang cepat adalah kriteria bagi pelanggan untuk memutuskan apakah akan membeli produk lagi. Admin toko online dapat memastikan bahwa layanan yang diberikan selalu konsisten dan responsif.

Kehadiran admin online shop juga mengarah pada target penjualan yang bisa lebih ditingkatkan lagi, karena pelayanan yang diberikan memuaskan pelanggan. Selain itu, kehadiran layanan manajemen online yang baik, mampu meningkatkan loyalitas pelanggan terhadap produk.

Pasalnya, admin toko online telah membangun relasi dengan penggunanya dan selalu siap menjawab berbagai pertanyaan, keluhan, dan komentar di media sosial. Hubungan ini secara tidak langsung dibangun dan pembeli merasa diperlakukan seperti seorang teman.

5 Skills yang Harus Dimiliki Oleh Admin Online Shop

Berikut ini beberapa skills yang harus dimiliki oleh seorang admin toko online yang bisa memberikan kemajuan pada bisnis:

1. Keterampilan Komunikasi yang Sangat Baik

Kemampuan komunikasi yang baik sangat penting bagi admin toko online. Karena sebagian besar transaksi dilakukan secara online. Sehingga, setiap pesan yang dikirim melalui email, pesan teks, atau media sosial harus dapat dipahami oleh pembeli.

2. Keterampilan Manajemen Waktu

Admin toko online harus dapat mengatur waktu dengan baik untuk menyelesaikan tugas sehari-hari secara efisien dan efektif.

3. Keterampilan Penjualan

Admin toko online harus memahami produk yang dijual dan mampu menjelaskan dengan jelas kepada calon pembeli.

4. Mampu Bekerja di Bawah Tekanan

Bisnis online dapat menghadapi berbagai tantangan setiap harinya, sehingga mampu bekerja di bawah tekanan dan menangani masalah dengan tenang akan membantu admin untuk menjalankan toko online yang sukses.

5. Keterampilan Teknis

Admin online shop harus memahami teknologi dan platform toko online yang digunakan untuk memungkinkan bekerja dengan alat ini saat mengunggah konten dan informasi produk untuk dijual.

Baca Juga: Admin Warehouse: Tugas, Skill, dan Gajinya

Sudah Paham Tugas dan Tanggung Jawab Admin Online Shop?

Demikian penjelasan singkat mengenai apa saja tugas serta tanggung jawab seorang admin toko online yang menjadi salah satu faktor bagi kemajuan sebuah usaha. Semoga penjelasan di atas bermanfaat!

Punya

Ratusan / Ribuan

Kiriman Setiap Hari?

Satu platform, beragam layanan pengiriman dan logistik

Web Dashboard

Pergudangan & Pengemasan

Dilengkapi Kurir Instant

Plugin Pengiriman

Integrasi API Pengiriman

Mendukung beragam layanan pengiriman

GojekJNEJNTTIKI

Terintegrasi dengan channel marketplace

TokopediaLazadaTiktokShopee

Mau Pengiriman Jadi Jauh Lebih Efektif?

Dapatkan potongan harga untuk pengiriman lebih banyak, #kirimlebihbanyak bersama Biteship!