Pengertian Apa Itu Branding, Fungsi, Tujuan, Manfaat, dan Cara Kerjanya

Mengetahui pengertian apa itu branding merupakan hal yang penting jika Anda sedang membangun bisnis. Dengan strategi branding yang tepat seorang pelaku bisnis dapat membesarkan nama usahanya dan mendapatkan banyak pelanggan.

Cara terbaik untuk membangun bisnis tidak hanya berfokus pada kegiatan marketing saja, namun juga branding. Kegiatan ini menjadi upaya yang paling efektif untuk membangun citra perusahaan agar masyarakat menjadi tertarik.

Pengertian Branding

Dalam dunia bisnis, branding merupakan salah satu istilah yang umum. Branding dibentuk dari kata “brand” yang artinya adalah merek. Awalnya istilah ini digunakan oleh peternak dari Eropa untuk menandai hewan-hewan ternak milik mereka.

Seiring perkembangan jaman, brand menjadi identitas yang digunakan untuk membedakan suatu produk dengan produk lainnya. Sehingga branding merupakan kegiatan pencitraan yang dilakukan perusahaan untuk memberikan kesan yang berbeda pada produk yang ingin dipasarkan.

Selain itu branding juga dapat diartikan sebagai aktivitas marketing dengan membuat nama, simbol, dan desain yang menjadi identitas perusahaan. Namun masih banyak yang belum mengerti perbedaan antara apa itu branding dan marketing.

Branding dan marketing merupakan dua kegiatan yang saling berkaitan berkaitan. Meskipun memiliki tujuan yang sama, namun branding lebih berfokus untuk mengenalkan brand perusahaan. Sedangkan marketing dilakukan untuk menarik audiens menjadi pelanggan.

Fungsi Branding

Dalam menjalankan suatu bisnis, branding menjadi kegiatan yang penting. Suatu brand bisa dikenal banyak audiens jika menggunakan strategi branding yang tepat. Ada berbagai fungsi dari branding untuk mengembangkan bisnis.

  1. Membangun Citra Perusahaan

Fungsi utama dari aktivitas branding adalah untuk membentuk citra perusahaan. Dengan citra yang bagus di mata masyarakat, produk yang ditawarkan akan lebih mudah dikenal. Sehingga banyak audiens yang tertarik untuk menjadi pelanggan.

Upaya branding yang kuat dapat menciptakan citra perusahaan yang bagus. Namun citra juga dipengaruhi oleh kualitas produk. Jika perusahaan tidak mempertahankan kualitas dari setiap produk yang ditawarkan, maka citra perusahaan akan memburuk.

  1. Memberi Ciri Khas yang Berbeda

Apa itu branding? Branding merupakan kegiatan yang dilakukan untuk memberikan ciri khas yang berbeda dari perusahaan. Sehingga tak heran jika banyak perusahaan yang berlomba-lomba membangun branding yang unik untuk memasarkan produknya.

  1. Menjadi Daya Tarik untuk Promosi

Kegiatan branding dilakukan untuk memberikan identitas pada perusahaan atau suatu produk. Jika Anda berhasil membuat identitas yang unik, maka produk akan semakin dikenal dan menarik bagi masyarakat. Dengan begitu upaya promosi menjadi lebih mudah.

  1. Sebagai Alat untuk Mengendalikan Pasar

Supaya nama perusahaan semakin terkenal, Anda harus memahami tentang apa itu branding strategy. Dalam kegiatan branding, perusahaan harus menggunakan strategi. Branding strategy menjadi sarana untuk memahami brand dan mencari cara yang tepat untuk memasarkan ke audiens.

Jika strategi branding yang dipilih dapat berjalan optimal, maka perusahaan akan memiliki nama yang besar. Dengan demikian perusahaan dapat mengendalikan pasar dan menarik calon pelanggan sebanyak-banyaknya.

Tujuan Branding

Tanpa branding nama perusahaan tidak akan dikenal oleh masyarakat. Seorang pelaku usaha harus melakukan upaya untuk membentuk branding supaya produk mudah dikenali. Branding memiliki berbagai tujuan untuk membangun bisnis, seperti:

  • Membangun loyalitas dan meningkatkan kesetiaan pelanggan.
  • Memperbesar peluang untuk menaikkan harga jual.
  • Menjadi sarana promosi terbaik.
  • Memberikan kesan dan citra yang baik di masyarakat.
  • Menjadi nilai yang unik.
  • Mempengaruhi perilaku belanja pelanggan.

Manfaat Branding

Melalui kegiatan branding, suatu perusahaan dapat menarik perhatian calon pelanggan. Dengan pemilihan nama dan logo brand yang unik, audiens akan mudah mengingat produk Anda. Ada beberapa manfaat lain dari branding yang perlu Anda ketahui.

  1. Memberi Identitak yang Mudah Diingat

Pengertian apa itu branding adalah suatu upaya dari perusahaan untuk menamai atau memberikan identitas bisnis. Tujuannya supaya perusahaan atau produk menjadi diingat oleh audiens. Identitas juga bisa menjadi alat komunikasi untuk mempromosikan produk.

Dengan pembuatan identitas yang unik, produk Anda bisa menjadi menarik dan berbeda dari yang lain. Gunakan pemilihan nama yang mudah untuk diingat. Anda juga bisa menambahkan logo dan tagline sebagai daya tarik tambahan.

  1. Menjadi Alat untuk Menyampaikan Nilai Suatu Produk

Saat mempromosikan suatu produk, perusahaan tidak hanya asal memasarkan, namun juga harus menyampaikan product value. Nilai-nilai dalam produk akan menjadi daya tarik tersendiri bagi target pasar karena dianggap bisa memenuhi kebutuhan pelanggan.

Penyampaian nilai produk juga bisa menjadi upaya branding produk. Dalam bisnis memahami apa itu branding produk menjadi hal yang penting. Pasalnya branding tidak hanya dibutuhkan untuk membesarkan nama perusahaan namun juga sebagai media promosi produk.

  1. Menjadi Alat Komunikasi dengan Audiens

Ketika membangun bisnis maka Anda juga telah membuka komunikasi dengan target pasar. Kegiatan branding dapat menjadi alat komunikasi yang efektif untuk menyampaikan pesan kepada audiens. Anda bisa memberikan berbagai informasi terkait produk untuk menarik pelanggan.

  1. Membentuk Kredibilitas dan Persepsi

Branding tidak selalu tentang nama dan logo perusahaan, tetapi juga kualitas produk. Jika target pasar telah merasakan manfaat dari produk Anda, maka mereka akan memiliki kredibilitas dan persepsi yang mempengaruhi perilaku.

  1. Memudahkan Proses Referral

Apabila pelaku usaha sudah memahami apa itu branding, maka proses referral menjadi lebih mudah. Proses ini biasanya dilakukan oleh pelanggan untuk menunjukkan kepuasannya terhadap suatu produk. Caranya adalah dengan mempromosikan dari mulut ke mulut tentang kelebihan produk.

Cara Kerja Branding

Membangun branding perusahaan bukanlah hal yang mudah. Anda membutuhkan tim marketing yang menguasai pasar dan memahami produk secara mendalam. Supaya proses branding dapat berjalan sesuai tujuan ada beberapa cara yang dapat diterapkan.

  1. Tentukan Target Pasar

Langkah pertama yang perlu dilakukan sebelum branding adalah menentukan target pasar. Produk yang akan dipasarkan harus menyasar kepada target yang sesuai. Lakukan riset dan analisis kebutuhan pasar dengan cermat.

  1. Tentukan Karakteristik Brand

Ketika membangun brand Anda membutuhkan karakteristik sebagai identitas. Caranya adalah menggunakan kerangka berpikir 5W + 1 H untuk menentukan kebutuhan dan karakter apa yang ingin dibentuk perusahaan.

  1. Buat Identitas Brand

Cara berikutnya adalah dengan membentuk identitas brand. Anda bisa mulai dengan menentukan nama, slogan, dan persona yang kreatif. Selain itu Anda juga bisa mendesain suatu logo supaya produk lebih dikenal.

  1. Gunakan Sosial Media untuk Promosi

Apabila sudah memiliki target pasar, karakteristik, dan identitas brand yang cocok, langkah selanjutnya adalah melakukan branding dan promosi. Supaya lebih optimal, Anda bisa memanfaatkan sosial media dengan mengunggah konten-konten yang menarik.

Bagi Anda yang sedang membangun usaha, memahami tentang apa itu branding menjadi hal yang penting. Branding adalah salah satu kegiatan marketing atau promosi yang dilakukan dengan membangun citra perusahaan.

Apabila perusahaan memiliki citra yang bagus di masyarakat, maka semakin banyak calon pelanggan yang tertarik. Sehingga angka penjualan akan meningkat dan nama perusahaan jadi terkenal. Namun untuk melakukan branding diperlukan strategi.

Punya

Ratusan / Ribuan

Kiriman Setiap Hari?

Satu platform, beragam layanan pengiriman dan logistik

Web Dashboard

Pergudangan & Pengemasan

Dilengkapi Kurir Instant

Plugin Pengiriman

Integrasi API Pengiriman

Mendukung beragam layanan pengiriman

GojekJNEJNTTIKI

Terintegrasi dengan channel marketplace

TokopediaLazadaTiktokShopee

Mau Pengiriman Jadi Jauh Lebih Efektif?

Dapatkan potongan harga untuk pengiriman lebih banyak, #kirimlebihbanyak bersama Biteship!