Apa Itu Kode Referral: Pengertian, Fungsi, dan Cara Kerjanya

Apa Itu Kode Referral:  Pengertian, Fungsi, dan Cara Kerjanya
apa itu kode referral

Saat ini dalam menawarkan produk atau upaya marketing, sebuah perusahaan sering menggunakan kode referral. Lalu, sebenarnya apa itu kode referral? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, Anda bisa simak penjelasan berikut ini.

Apa Itu Kode Referral?

Sebelum ke penjelasan lainnya, kenali dahulu pengertian dari kode referral. Kode referral adalah sebuah kode unik sebagai upaya marketing yang di dalamnya terdapat kombinasi berupa angka dan huruf. Nantinya, kode ini berguna untuk mengidentifikasi anggota affiliate atau mengundang pelanggan baru. 

Fungsi Kode Referral

Setelah mengetahui apa itu kode referral, perlu Anda ketahui bahwa kode ini memiliki beberapa fungsi, antara lain:

1. Membentuk Loyalitas Pelanggan

Dalam menjalankan sebuah bisnis tentunya Anda ingin mendapatkan pelanggan yang loyal. Salah satu cara yang bisa dicoba yaitu dengan menggunakan kode referral dan membagikannya kepada pelanggan untuk mengapresiasi mereka. 

Misalnya saja Anda mempunyai perusahaan e-commerce. Kemudian untuk memperoleh loyalitas pelanggan, maka Anda bisa membagikan kode referral kepada mereka yang telah menjadi konsumen tetap.

Namun, Anda juga tetap memberikan pelayanan terbaik dan produk yang berkualitas. Sehingga para pelanggan akan merasa diperhatikan.

2. Menggaet Lebih Banyak Pelanggan

Ketika menjalankan sebuah perusahaan juga ingin mendapatkan pelanggan sebanyak-banyaknya, bukan? Maka dari itu, Anda bisa menggunakan kode referral untuk menawarkan produk atau memasarkannya kepada calon pelanggan.

Nantinya, dengan kode referral ini Anda bisa mempermudah calon pelanggan untuk berbelanja. Misalnya pelanggan lama akan mendapatkan kode referral yang bisa mereka bagikan ke orang lain. Supaya pelanggan lama tertarik menyebarkannya, biasanya terdapat komisi atau keuntungan berupa cashback atau lain sebagainya. 

3. Sebagai Strategi Pemasaran

Jika Anda sudah mengetahui apa itu kode referral, maka pasti akan Anda gunakan untuk strategi pemasaran yang menarik. Biasanya, strategi pemasaran ini ditemukan di sebuah e-commerce, marketplace, dan lain sebagainya. Kemudian, kode tersebut jika di redeem bisa berupa gratis ongkir, cashback, promo produk, dan lainnya.

4. Menghasilkan Beragam Konten Promosi

Dari adanya strategi pemasaran menggunakan kode referal ini tentunya bisa dipakai untuk membuat berbagai macam konten promosi. Sehingga, dalam memberikan kode referral kepada calon pelanggan tidak selalu melalui pesan chat. Misalnya saja ketika seorang influencer yang bekerja sama dengan salah satu perusahaan. 

Kemudian mereka bisa mempromosikan produk dari perusahaan tersebut melalui platform media sosial pribadi seperti YouTube, TikTok, Instagram, dan lainnya. Setelah itu, di akhir konten promosi akan disisipkan ajakan untuk menggunakan kode referral.

5. Mengembangkan Produk

Saat sebuah perusahaan ingin menjual produk terbarunya dengan mengirimkan kode referral ke calon pelanggan, maka bisa menjadi salah satu cara melakukan survei. Kemudian hasil survei tersebut akan ditampung dan diolah untuk melihat apa saja yang dibutuhkan dan diinginkan oleh calon pelanggan.

Baca Juga: Program Loyalitas Pelanggan: Pengertian, Manfaat, Contoh

Jenis-Jenis Kode Referral

Anda telah belajar tentang apa itu kode referral dan fungsinya. Selanjutnya lanjut membahas jenis-jenis yang ada pada kode referral, antara lain:

1. Direct Referral

Direct referral merupakan sebuah proses mendaftar pada website tertentu dengan menggunakan kode referral yang telah diberikan kepada orang lain. Kemudian dalam operasionalnya tidak membutuhkan biaya karena bekerja secara otomatis.  Selain itu, terdapat beberapa keuntungan dari pemakaian direct referral ini, yaitu:

  • Pengelolaannya secara otomatis, sehingga pemilik kode referral tidak perlu memantaunya selalu. Kemudian ketika Anda diamkan tetap bisa memperoleh pendapatan atau komisi.
  • Pemilik kode referral bisa menghapusnya kapan saja jika sudah tidak bisa memberikan pendapatan atau komisi.

2. Rented Referral

Jenis berikutnya yaitu rented referral, di mana kode referral khusus untuk orang-orang ketika ingin mendaftar menjadi member. Nantinya pemilik website akan menyewakan kode referral kepada orang yang ingin menjadi member dengan membayarnya.

Seperti yang Anda tahu bahwa jenis kode referral ini berbayar, sehingga perlu berhati-hati dalam mengelolanya. Maka dari itu, ketika memilih referral ini, Anda harus bisa menggunakannya sebaik mungkin agar mendapatkan keuntungan yang besar.

Baca Juga: Kode Voucher Rahasia Shopee Terbaru 2023 & Tips Mendapatkannya

Cara Kerja Kode Referral

Supaya Anda lebih paham mengenai apa itu kode referral, berikut cara kerja dari kode ini, yaitu:

1. Pemilihan Kode

Kode referral ini memiliki dua jenis dalam program afiliasi yaitu kode statis dan dinamis. Kode statis merupakan kode yang sama diberikan kepada setiap anggota. 

Sedangkan kode dinamis merupakan kode yang diberikan, di mana akan berbeda-beda setiap anggotanya. Biasanya, pemilik usaha menggunakan satu atau dua kode referral dengan aturannya masing-masing.

2. Membagikan Kode 

Ketika sudah mendapatkan kode referral, maka Anda bisa mengajak orang lain untuk membagikannya. Tentunya jika ingin orang lain tertarik membagikan referral tersebut, maka Anda harus mengatur strategi agar saling menguntungkan.

3. Mengumpulkan Kode

Saat kode sudah tersebar, maka tinggal menunggu orang lain menggunakan kode Anda. Biasanya ini memerlukan waktu yang tidak bisa diukur karena tergantung keinginan si penerima kode.

Kemudian, nantinya dalam hal ini akan terdapat proses pendataan untuk melihat apakah orang-orang sudah menggunakan kode referral Anda atau belum.

4. Mengklaim Pendapatan

Setelah kode referral Anda telah dibagikan dan terlihat dari hasil datanya bahwa sudah digunakan untuk berbelanja atau lain sebagainya, maka Anda bisa mendapatkan komisi berdasarkan kesepakatan.

Baca Juga: 5 Jenis Google Ads dan Keuntungan Penggunaannya

Manfaat Penggunaan Kode Referral

Banyak sekali orang atau perusahaan tertentu yang menggunakan kode referral karena manfaatnya. Lalu apa saja manfaatnya? Simak penjelasan berikut ini.

1. Manfaat untuk Konsumen

Beberapa manfaat yang didapatkan konsumen dari apa yang namanya kode referral itu adalah:

  • Konsumen mendapat komisi pembelian. Nantinya kode referral ini dapat Anda gunakan untuk melakukan pembelian melalui website PTC atau Paid per Click. Kemudian, komisi akan diberikan kepada member yang mengikuti website PTC. Lalu, nilai komisinya juga beragam, mulai dari 1-10%.
  • Memperoleh komisi upgrade. Nantinya konsumen bisa mendapatkan komisi dari referral yang di-upgrade
  • Mendapatkan komisi click. Nantinya komisi yang didapatkan konsumen berasal dari jumlah orang yang mengeklik iklan referral.

2. Manfaat untuk Perusahaan

Beberapa manfaat yang didapatkan perusahaan dari kode referral yaitu:

  • Mempunyai target pasar yang jelas. Saat menerapkan kode referral untuk marketing maka bisa menargetkan konsumen dengan jelas berdasarkan strategi penawarannya.
  • Memperoleh kepercayaan konsumen. Nantinya kode referral dari pelanggan lama tentunya bisa memberikan kepercayaan kepada pelanggan baru. 
  • Mendapatkan reach yang tinggi. Kemampuan media sosial, website, dan e-commerce yang menerapkan referral akan mempercepat pemasaran. 

Sudah Tahu Apa itu Kode Referral?

Itulah beberapa penjelasan mengenai kode referral yang bisa Anda pahami. Tentunya dalam penggunaan referral ini sangat menguntungkan bagi konsumen maupun perusahaan. Selain itu, caranya kerjanya bisa Anda ikuti dengan mudah.

Punya

Ratusan / Ribuan

Kiriman Setiap Hari?

Satu platform, beragam layanan pengiriman dan logistik

Web Dashboard

Pergudangan & Pengemasan

Dilengkapi Kurir Instant

Plugin Pengiriman

Integrasi API Pengiriman

Mendukung beragam layanan pengiriman

GojekJNEJNTTIKI

Terintegrasi dengan channel marketplace

TokopediaLazadaTiktokShopee

Mau Pengiriman Jadi Jauh Lebih Efektif?

Dapatkan potongan harga untuk pengiriman lebih banyak, #kirimlebihbanyak bersama Biteship!