Apa itu Palet, Fungsi, Jenis dan Kegunaannya

Dalam dunia cargo atau pengiriman barang, biasanya sudah tidak asing dengan istilah palet. Lalu apa itu palet? Benda ini umumnya digunakan untuk membantu mengangkat barang supaya lebih mudah saat akan dipindahkan.

Penggunaan palet merupakan hal yang penting dalam logistic. Pasalnya barang-barang atau peti kemas yang ukurannya besar sulit untuk dipindahkan. Sehingga Anda membutuhkan palet supaya proses pemindahan menjadi lebih mudah.

Apa Itu Palet?

Jika Anda bekerja di bisnis logistik, pasti sudah tidak asing dengan benda berbentuk persegi atau persegi panjang yang biasanya dipakai untuk meletakkan barang. Benda ini terbuat dari kayu, plastik, logam, atau material lainnya.

Dibuat dengan struktur datar, palet bisa menahan beban dengan posisi yang stabil. Biasanya barang atau peti kemas akan diletakkan di atas palet berdasarkan beratnya. Kemudian palet diangkat menggunakan dongkrak, derek jangkung, truk garpu, atau jenis angkutan lainnya.

Sehingga barang yang memiliki berat lebih, dapat dipindahkan dengan mudah. Dengan menggunakan palet, proses pengangkutan barang dapat diselesaikan dengan cepat. Material yang digunakan juga berkualitas dan tidak akan merusak kondisi barang.

Dalam bisnis pergudangan dan transportasi rawan dengan kecelakaan, terutama saat proses pemindahaan palet. Maka setelah memahami pengertian apa itu palet, Anda perlu memperhatikan beberapa hal berikut ini:

  • Hindari penggunaan palet yang kondisinya sudah tidak bagus dan rawan rusak.
  • Jangan meletakkan barang dengan beban yang berlebihan di atas palet.
  • Simpan palet di tempat yang memiliki permukaan datar.
  • Terapkan sistem racking sesuai dengan cara penggunaan palet.
  • Jangan lupa untuk selalu melakukan pemeriksaan rak dan palet.

Fungsi Palet

Palet menjadi benda yang wajib dimiliki dalam bisnis cargo. Tanpa benda ini barang yang ingin dikirim akan sulit untuk dipindahkan. Secara umum palet memiliki dua fungsi utama, yaitu untuk memindahkan dan melindungi barang.

  1. Mempermudah Proses Pemindahan Barang

Ada berbagai jenis barang yang bisa dikirim menggunakan layanan cargo. Tetapi umumnya barang-barang tersebut memiliki beban yang berat dan ukuran besar. Sehingga tidak bisa asal dipindahkan dan harus menggunakan palet.

Apa itu palet? Pengertian palet adalah benda yang digunakan untuk meletakkan muatan dan dibuat dengan rongga yang memudahkan proses pemindahan. Nantinya palet akan diangkat dengan forklift, hand pallet, crane, atau alat bantu lainnya tergantung apa yang disediakan oleh pihak cargo.

  1. Melindungi Barang

Tak hanya bisa mempermudah proses pemindahan barang, palet juga bisa dimanfaatkan untuk melindungi barang. Biasanya barang yang akan dikirim akan disimpan di gudang penyimpanan yang memiliki kondisi lantai kotor dan basah.

Untuk menjaga kondisi barang agar tetap bagus dan tidak kotor, pihak cargo menggunakan palet. Selain itu dengan palet, barang dan peti kemas juga akan terhindar dari gesekan saat proses pemindahan. Sehingga ketika sampai ke penerima, barang masih dalam kondisi terbaik.

Jenis Palet dalam Dunia Cargo

Terdapat berbagai jenis palet yang sering digunakan dalam dunia cargo. Meskipun mempunyai jenis yang berbeda-beda, namun fungsinya tetap sama. Secara umum jenis palet terbagi dalam dua kategori, yaitu menurut drive direction dan bahan material pembuatnya.

  1. Jenis Palet Menurut Drive Direction

Drive direction merupakan jenis palet yang dibedakan berdasarkan cara pemindahannya. Saat proses memindahkan barang, pihak cargo harus memilih cara yang tepat supaya barang tidak terjatuh. Dalam dunia cargo ada 2 jenis palet, yaitu:

  1. Palet 2 ways

Seperti namanya palet 2 ways memungkinkan benda diangkat dari 2 sisi. Biasanya sisi yang dipilih adalah bagian depan dan belakang. Alat yang digunakan adalah forklift namun bisa juga menggunakan alat lain selama masih sesuai.

  1. Palet 4 ways

Sedangkan palet 4 ways memungkinkan pengangkatan benda melalui berbagai sisi. Pihak cargo dapat mengangkat dari sisi kanan, kiri, depan, atau belakang. Jenis ini lebih praktis karena dapat diangkat dari semua sisi.

  1. Jenis Palet Berdasarkan Bahan Material Pembuatnya

Palet harus terbuat dari material yang kuat dan fleksibel karena fungsinya untuk memindahkan barang. Anda dapat menjumpai palet yang terbuat dari berbagai bahan. Mulai dari kayu, plastik, logam, hingga kadus. Setiap material tersebut memiliki karakteristiknya masing-masing.

  1. Palet Kayu

Palet kayu merupakan jenis yang paling sering digunakan dalam keperluan logistik. Bahan materialnya dapat ditemukan dimana saja dan cara membuatnya juga mudah. Bentuknya sederhana sehingga gampang ketika akan diangkat menggunakan forklift.

Namun kayu yang digunakan harus memiliki kualitas tinggi supaya tidak cepat lembab rusak. Kayu yang biasanya dipakai adalah jati Belanda, mahoni, atau jenis lainnya. Fungsi dari palet ini adalah untuk proses pemindahan dan melindungi barang.

  1. Palet Plastik

Berbeda dengan jenis kayu, palet plastik diproduksi berdasarkan cetakan pabrik. Sehingga bentuknya lebih terstruktur. Meskipun materialnya terkesan ringkih, namun palet jenis ini justru memiliki daya tahan yang paling lama.

Bahkan palet plastik juga tidak mudah rusak jika terkena air atau perubahan suhu. Umumnya jenis palet ini digunakan untuk mengangkut muatan dalam bentuk makanan dan minuman. Materialnya juga ringan sehingga fleksibel saat dipindahkan.

Perbedaan yang paling mencolok dari palet berbahan kayu dan plastic adalah bagian atasnya. Palet plastik memiliki permukaan yang tertutup rata di bagian atas. Dengan begitu muatan di atasnya dapat diletakkan dengan posisi yang stabil.

  1. Palet Kardus

Jika Anda sedang mencari palet yang terbuat dari bahan ramah lingkungan, maka kardus dapat menjadi pilihan terbaik. Bahan ini dapat didaur ulang dan tidak akan mencemari lingkungan sekitar. Namun palet kardus masih jarang digunakan di Indonesia.

Banyak orang yang meragukan kualitas palet yang terbuat dari kardus. Padahal jenis palet ini mampu menahan beban hingga 100 kilogram. Palet kardus juga dapat dipilih sebagai alternatif karena bahannya yang murah dan mudah ditemukan.

  1. Palet Logam

Logam merupakan material yang dapat digunakan untuk membuat palet. Jenis palet logam merupakan yang paling kuat jika dibandingkan dengan jenis lainnya. Oleh karena itu biasanya palet ini lebih sering digunakan untuk mengangkut muatan berkapasitas besar.

Meskipun kuat tetapi bahan material logam rawan mengalami korosi apabila terkena air. Selain itu harganya juga mahal. Namun Anda tetap bisa menggunakan jenis palet ini untuk memindahkan barang atau peti kemas yang berat.

Supaya tidak mudah rusak, palet logam dapat digunakan untuk mengangkut muatan khusus. Palet ini juga bisa disimpan di tempat yang kering agar terhindar dari air. Jika dimanfaatkan berdasar prosedur yang benar palet logam akan lebih awet.

Mengetahui pengertian tentang apa itu palet, merupakan hal yang penting dalam bisnis cargo. Pasalnya benda ini sangat penting untuk proses pemindahan muatan. Tanpa palet, muatan yang memiliki beban dan ukuran besar akan sulit untuk dipindahkan.

Biasanya palet yang digunakan terbuat dari berbagai bahan material. Pemilihan jenis palet dapat disesuaikan berdasar berat muatan. Sehingga pihak cargo dapat memindahkan barang dengan mudah dan kondisinya tetap terjaga.

Punya

Ratusan / Ribuan

Kiriman Setiap Hari?

Satu platform, beragam layanan pengiriman dan logistik

Web Dashboard

Pergudangan & Pengemasan

Dilengkapi Kurir Instant

Plugin Pengiriman

Integrasi API Pengiriman

Mendukung beragam layanan pengiriman

GojekJNEJNTTIKI

Terintegrasi dengan channel marketplace

TokopediaLazadaTiktokShopee

Mau Pengiriman Jadi Jauh Lebih Efektif?

Dapatkan potongan harga untuk pengiriman lebih banyak, #kirimlebihbanyak bersama Biteship!