Cash on Delivery (COD): Pengertian dan Cara Kerjanya

Cash on Delivery (COD): Pengertian dan Cara Kerjanya
cash on delivery

Tersedia berbagai pilihan metode pembayaran saat berbelanja online, salah satunya cash on delivery (COD). Sederhananya, arti cash on delivery adalah pembayaran di tempat saat barang sudah diterima. Cara pembayaran ini memudahkan pembeli yang kesulitan membayar secara non-tunai.    

Sejak dikenal luas sebagai metode pembayaran dalam jual beli online, banyak marketplace yang menyediakan fitur COD. Fitur tersebut dapat diaktifkan sewaktu-waktu sesuai aturan setiap marketplace.

Arti Cash on Delivery

Belanja online memang sangat identik dengan metode pembayaran non-tunai melalui aplikasi mobile banking, ATM, maupun e-wallet yang termasuk dalam transaksi non-COD. Namun, kemudahan dalam urusan pembayaran terus diberikan sehingga transaksi COD ditawarkan kepada para pembeli.

Arti cash on delivery yaitu transaksi belanja online yang metode pembayarannya dilakukan secara langsung oleh pembeli setelah kurir menyerahkan paket. Dengan COD, pembeli cukup menyerahkan uang tunai kepada kurir.

COD merupakan cara bayar langsung yang dapat dipilih untuk pengiriman jarak jauh maupun dekat. Tidak selalu lewat kurir, COD juga bisa langsung dilakukan oleh penjual dengan cara bertemu pihak pembeli di tempat yang sudah disepakati bersama. Nantinya, pembeli menyerahkan uang tunai. 

Baca Juga: Cara Mengaktifkan Fitur COD di Plugin Pengiriman Woocommerce

Bagaimana Cara Kerja COD?

COD alias bayar di tempat dapat dipilih untuk membeli barang dari marketplace maupun seller yang tidak membuka toko onlinenya di marketplace. Sederhananya, cara kerja COD yaitu pembeli menyerahkan uang tunai secara langsung setelah penjual mengirim barang.

Namun, terdapat prosedur yang lebih detail untuk diperhatikan, terutama saat Anda menggunakan fitur pembayaran COD di marketplace. Penjelasan selengkapnya sebagai berikut:

  1. Belanja via Marketplace

Setelah mengenali arti cash on delivery yang merujuk pada sistem pembayaran tunai yang diserahkan secara langsung, maka sekarang Anda perlu mengetahui cara memakai layanan tersebut.

Setiap marketplace biasanya memiliki prosedur tersendiri untuk pembelian barang online secara COD. Namun, garis besarnya, mekanisme yang diterapkan sebagai berikut:

  • Memilih barang yang ingin dibeli dari online shop, kemudian masukkan barang ke menu keranjang pada aplikasi marketplace;
  • Pilih menu checkout untuk memulai proses pembelian barang;
  • Klik menu pilihan pengiriman untuk menentukan metode pembayaran;
  • Pilih opsi COD (Cash on Delivery) sebagai cara pembayaran;
  • Klik tombol konfirmasi untuk melanjutkan proses pemesanan barang;
  • Akhiri dengan mengklik pilihan buat pesanan sehingga seller online shop akan memproses pesanan Anda;
  • Saat kurir sampai di alamat Anda, lakukan pembayaran barang dengan menyerahkan uang tunai sesuai total tagihan yang termuat dalam menu pesanan pada aplikasi marketplace Anda. Tagihan tersebut terdiri dari harga barang dan ongkos kirim jika memang ada;
  • Apabila menemukan kekeliruan pada barang yang diterima, maka jangan komplain ke kurir. Anda harus mengajukan permintaan pengembalian barang melalui fitur yang sudah disediakan oleh marketplace.
  1. Belanja Tidak Melalui Marketplace

Layanan COD juga dapat dilakukan saat Anda membeli barang yang tidak dijual di marketplace. Contohnya, seller yang menjual barang dagangan melalui media sosial atau aplikasi chatting. Cara kerjanya lebih sederhana dibandingkan dengan COD via marketplace.

Pembeli dan penjual hanya perlu melakukan komunikasi yang lancar mengenai transaksi dan jadwal COD. Jika memang penjual sudah memiliki tempat khusus untuk bertransaksi secara COD, maka pembeli harus mengikuti aturan tersebut.

Setelah pembeli dan penjual bertemu di lokasi dan pada jam yang telah disepakati, maka penjual memberikan barang sedangkan pembeli menyerahkan uang tunai. Biasanya, ongkos kirim juga dimasukkan ke dalam tagihan belanja tersebut.

Baca Juga: Tips Pengiriman Perhiasan Agar Selamat Sampai Tujuan

Kelebihan Sistem Pembayaran COD

Berikut 3 kelebihan utama dari COD baik bagi pembeli maupun penjual:

  1. Menarik Lebih Banyak Pembeli

Walaupun pembayaran non-tunai menawarkan kepraktisan, namun masih ada pembeli yang lebih nyaman membayar secara tunai. Hal tersebut menjadi alasan sistem COD efektif untuk menarik banyak pembeli.

Biasanya, online shop yang menyediakan sistem COD akan menggunakan jenis CTA conversion seperti “shop now (COD)”, “beli sekarang bisa COD” atau “Sale COD”. Penggunaan CTA (Call to Action) tersebut bertujuan untuk mendorong pengunjung online shop menjadi pembeli.  

  1. Transaksi Lebih Aman dan Mudah

COD menawarkan sistem pembayaran yang lebih aman dan mudah karena tidak perlu memasukkan nomor debit atau nomor kartu kredit secara online. Fitur tambahan tersebut prosedurnya jauh lebih sederhana karena cukup menyerahkan uang saat kurir datang.

  1. Mendorong Repeat Order

Kelebihan lain dari sistem COD yaitu mendorong pembeli untuk melakukan pemesanan kembali. Jika merasa puas dan aman memakai layanan COD yang diberikan, maka pembeli akan ketagihan untuk repeat order dengan sistem pembayaran yang sama.Mengetahui arti cash on delivery penting untuk melancarkan pembelian barang secara online karena Anda sudah memahami fitur-fitur yang ditawarkan. Sebagai pembeli, pastikan Anda berkomunikasi secara aktif dengan kurir untuk memastikan kehadiran Anda di rumah saat kurir mengantar barang. 

Baca Juga: Tips Memangkas Biaya Pengiriman

Cash on Delivery dengan Semua Kurir di Indonesia

Jika kamu adalah pebisnis yang memanfaatkan fitur COD sebagai metode pembayaran dan dilakukan di luar marketplace, Biteship merupakan solusi yang tepat untuk dapat memenuhi kebutuhan tersebut. Biteship memberikan layanan COD dengan berbagai ekspedisi di Indonesia seperti JNE, J&T, SAP, Ninja, Sicepat dan lain-lain dengan jaminan retur yang sangat rendah, sehingga pihak-pihak yang terlibat akan menjadi lebih nyaman ketika transaksi sedang berlangsung. Kamu bisa melihat kemampuan dashboard Biteship di halaman dashboard Biteship.

Jika kamu ingin eksplor lebih jauh mengenai layanan pengiriman dengan metode pembayaran dengan semua ekspedisi di Indonesia dengan Biteship, kamu bisa menghubungi Biteship di link berikut ini:

WhatsApp tim Biteship

Atau, jadwalkan pertemuan online bersama tim Biteship pada link berikut ini

Jadwalkan Pertemuan.

 

Punya

Ratusan / Ribuan

Kiriman Setiap Hari?

Satu platform, beragam layanan pengiriman dan logistik

Web Dashboard

Pergudangan & Pengemasan

Dilengkapi Kurir Instant

Plugin Pengiriman

Integrasi API Pengiriman

Mendukung beragam layanan pengiriman

GojekJNEJNTTIKI

Terintegrasi dengan channel marketplace

TokopediaLazadaTiktokShopee

Mau Pengiriman Jadi Jauh Lebih Efektif?

Dapatkan potongan harga untuk pengiriman lebih banyak, #kirimlebihbanyak bersama Biteship!