Bagaimana Cara Mencari Supplier Tangan Pertama? Simak Informasi Lengkapnya Disini

Ingin memulai bisnis online? Langkah pertama yang perlu Anda lakukan dengan mencari supplier tangan pertama yang benar-benar terpercaya. Bagaimana cara mencari supplier tangan pertama? Untuk bisa mendapatkan supplier yang berkualitas, maka calon pebisnis perlu melakukan analisa lebih dulu. 

Analisa untuk mendapatkan supplier yang berkualitas bisa dimulai dari membuat list toko online yang menjual produk serupa. Calon pebisnis kemudian menggali informasi terkait persediaan, review, jenis produk, dan juga harganya untuk memastikan bahwa supplier pertama memang layak dijadikan partner. 

Sekilas Tentang Supplier Tangan Pertama

Sebagai calon pebisnis, apakah Anda sudah paham mengenai supplier tangan pertama? Jadi supplier tangan pertama maksudnya produsen yang pertama kali memproduksi barang-barang tertentu. Oleh sebab itu, supplier tangan pertama mampu menyediakan barang dalam jumlah besar sesuai permintaan. 

Cara mencari supplier baju tangan pertama bisa dikatakan gampang-gampang susah. Bagaimana tidak? Sekarang ini agak sulit mendapatkan supplier tangan pertama yang terpercaya. Hal inilah yang membuat banyak pebisnis terkadang mendapatkan komplain terkait kualitas dan persediaan barang. 

Pada umumnya, supplier tangan pertama akan menjual produknya kepada reseller ataupun dropshipper. Nantinya mereka akan bertugas untuk memasarkan produk kepada masyarakat luas. Dalam rantai distribusi barang, supplier tangan pertama menduduki tingkatan paling atas yaitu sebagai “Produsen”.

Cara Mencari Supplier Tangan Pertama yang Tepat dan Terpercaya

Saat Anda pertama kali mencari supplier tangan pertama lewat marketplace, terkadang akan merasa bingung untuk membedakan antara distributor, supplier, dan juga reseller. Nah, agar lebih mudah mendapatkan supplier tangan pertama yang tepat bisa ikuti tips yang ada di bawah ini. 

  1. Mengikuti Event “Bazar Bisnis”

Namanya juga bazar bisnis, tentunya Anda akan menemukan beragam pebisnis yang sedang menawarkan produk jualannya. Dari sinilah, calon pebisnis yang sedang mencari supplier tangan pertama bisa saling bertemu dan menjalin kerja sama satu sama lain. 

Dalam event bazar bisnis, Anda tidak hanya akan lebih mudah mendapatkan supplier tangan pertama yang berkualitas, tetapi juga bisa menambah wawasan dan relasi. Perlu diingat bahwa relasi, wawasan, dan kerja sama merupakan hal penting dalam usaha mengembangkan bisnis. 

  1. Melakukan Kunjungan ke Pabrik Industri

Cara mencari supplier tangan pertama yang kedua dengan mengunjungi pabrik industri yang bersangkutan. Dengan langsung mengunjungi pabrik dan berniat menjalin kerja sama, maka Anda akan mendapatkan produk banyak dengan harga yang lebih terjangkau. 

Tidak hanya itu, Anda juga akan lebih mudah dalam melakukan pemeriksaan mengenai kualitas produk baik dari segi bahan, proses, dan pengemasannya. Tindakan tersebut bisa mencegah terjadinya kerugian dan menimbulkan rasa saling percaya antara produsen dengan reseller. 

Ada hal lain yang perlu diperhatikan saat meninjau langsung pabrik industri yaitu memastikan setiap produk telah dibekali SKU (Stock Keeping Unit). Apa itu SKU? Stock Keeping Unit adalah kode atau product identifier sebagai penanda bahwa barang nantinya akan dijual. 

  1. Mendapatkan Supplier Lewat Toko Online (Marketplace)

Saat ini perkembangan teknologi sudah sangat pesat, sehingga akan memudahkan Anda dalam mendapatkan supplier tangan pertama. Bagaimana caranya? Temukan supplier lewat online shop yang bekerja sama dengan brand Marketplace seperti Shopee, Lazada, Tokopedia, dan lain-lain. 

Ciri khas supplier tangan pertama biasanya mampu menyediakan produk dalam jumlah ribuan, menyediakan harga grosir, dan membuka peluang reseller atau dropship. Temukan supplier sesuai dengan tujuan bisnis, kemudian pastikan bahwa harga dan kualitasnya memang sebanding. 

  1. Dapatkan Supplier Terpercaya Lewat Media Sosial

Selain lewat marketplace, adakah cara mencari supplier tangan pertama lainnya? Manfaatkan sarana media sosial seperti Instagram, Facebook, Twitter, dan TikTok. Apalagi saat ini sudah banyak aplikasi yang dibekali fitur toko online sehingga membantu para supplier untuk berjualan. 

Tinggal ketikkan keyword yang ingin dicari, kemudian secara otomatis aplikasi akan menyediakan berbagai supplier sesuai kebutuhan Anda. Silahkan pilih supplier yang sesuai dengan selera sambil periksa review konsumen, persediaan produk, dan harga grosir yang ditawarkan. 

  1. Temukan Supplier Lewat Forum Bisnis

Apa itu forum bisnis? Forum bisnis merupakan semacam website komunitas yang mengangkat informasi lengkap terkait dunia bisnis. Dalam forum bisnis, Anda akan menemukan banyak member yang memiliki background bisnis serupa sehingga bisa mencoba menjalin kerja sama. 

Temukan forum bisnis online yang memiliki jumlah member banyak, sehingga akan memudahkan Anda dalam mencari supplier tangan pertama. Selain bisa menjalin kerja sama, ada begitu banyak informasi bisnis yang bisa didapatkan lewat forum tersebut. Tertarik untuk bergabung?

  1. Lewat Situs Pembanding Harga

Cara mencari supplier kosmetik tangan pertama ataupun produk lainnya juga bisa lewat situs pembanding harga. Alternatif ini bisa Anda lakukan untuk bisa mendapatkan harga grosir yang sangat terjangkau, sehingga lebih mudah dalam menargetkan keuntungan. 

Beberapa website pembanding harga seperti priceza.co.ic, pricebook.com, pricearea.com dan lainnya bisa menyediakan info supplier berdasarkan harga yang diinginkan. Silahkan tinggal tentukan jenis produk, brand, dan harga yang paling sesuai untuk bisa dijual kembali. 

  1. Mengunjungi Toko Distributor Terpercaya

Selain cara mencari supplier tangan pertama lewat marketplace, Anda juga bisa mencoba mendatangi toko distributor produk yang serupa. Untuk mendapatkan banyak informasi terkait distributor bisa kunjungi pasar, pameran perdagangan, atau lewat informasi situs B2B online.

Distributor biasanya menduduki tingkatan kedua dalam rantai distribusi barang, sehingga barang yang tersedia cukup banyak. Anda tinggal tentukan produk yang diinginkan, kemudian lakukan negosiasi untuk mendapatkan harga terbaik sambil membicarakan kerjasama kedepannya. 
Cara mencari supplier tangan pertama ternyata cukup mudah, bukan? Memang dalam usaha berbisnis harus pintar dalam menemukan partner kerja sama. Selain itu, Anda juga harus bisa menjadi orang yang komunikatif dan mampu menjaga hubungan dengan baik kedepannya.

Punya

Ratusan / Ribuan

Kiriman Setiap Hari?

Satu platform, beragam layanan pengiriman dan logistik

Web Dashboard

Pergudangan & Pengemasan

Dilengkapi Kurir Instant

Plugin Pengiriman

Integrasi API Pengiriman

Mendukung beragam layanan pengiriman

GojekJNEJNTTIKI

Terintegrasi dengan channel marketplace

TokopediaLazadaTiktokShopee

Mau Pengiriman Jadi Jauh Lebih Efektif?

Dapatkan potongan harga untuk pengiriman lebih banyak, #kirimlebihbanyak bersama Biteship!