Budget: Pengertian, Manfaat, dan Teknik Penerapannya

Budget: Pengertian, Manfaat, dan Teknik Penerapannya

Kalau bekerja di bidang keuangan, bujet atau budget adalah istilah yang sudah pasti familiar. Tidak cuma perusahaan, individu pun akan kesulitan mengatur keuangan sehari-hari kalau tidak punya perencanaan ini. Mau tahu apa saja manfaat dan cara menerapkan budgeting? Yuk, simak dan pahami lebih dalam di sini!

Apa itu Budget?

Budget adalah estimasi mengenai anggaran pendapatan dan pengeluaran yang akan dipergunakan dalam periode waktu tertentu. Sedangkan budgeting adalah proses yang dilakukan untuk membuat bujet tersebut. Anggaran tak hanya dapat diterapkan dalam perusahaan, namun juga rumah tangga atau perorangan.

3 Langkah Menentukan Budget

Budgeting penting untuk bantu mempersiapkan masa depan dengan lebih tertata. Serta memberikan pegangan apabila hal yang tidak diinginkan terjadi semisal Pemutusan Hubungan Kerja (PHK), krisis ekonomi, dan lainnya. Nah, berikut merupakan tiga langkah dalam menentukan bujet:

1. Identifikasi Total Pendapatan 

Langkah pertama adalah identifikasi pendapatan. Buat list pendapatan yang Anda peroleh setiap bulan, termasuk pendapatan sampingan, penunjang yang diberikan kantor, bonus kinerja, maupun sumber pendapatan lainnya. 

Hal tersebut dilakukan karena dasar dari budget adalah pendapatan. Jadi, Anda harus tahu bagaimana cara menganggarkan pengeluaran dari pendapatan.

2. Tentukan Prioritas 

Langkah selanjutnya, yaitu menentukan prioritas. Tentukan apa yang Anda mau dari pendapatan? Apakah cuma untuk tujuan jangka pendek buat beli barang baru? Atau justru buat tujuan jangka panjang seperti pensiun, investasi rumah, dan tanah?

Setelah prioritas ditentukan, mulai alokasikan dana untuk mencapainya. Meskipun dimulai dari dana yang besarnya tidak seberapa, sama sekali tidak masalah. Prioritas tetap akan tercapai seiring berjalannya waktu.

3. Pisahkan Keinginan dan Kebutuhan 

Langkah terakhir, pisahkan keinginan dan kebutuhan. Ingat! Jangan pakai dalih hidup cuma sekali. Jadi, Anda membeli ini itu tanpa pertimbangan yang matang dan hanya berdasar pada keinginan. 

Harus pertimbangkan dengan baik mana yang benar-benar dibutuhkan dan mana yang hanya keinginan. Jangan sampai gelap mata dan menyesal di kemudian hari, ya. 

Baca Juga: Cara Membuat Laporan Laba Rugi dengan Mudah

Manfaat Budget

Seperti yang telah ter-spill sebelumnya, bujet memiliki banyak manfaat. Berikut adalah beberapa manfaat budget yang harus Anda tahu:

1. Membantu Mempersiapkan Keadaan Darurat

Kadang hidup penuh kejutan. Misalnya, sakit, kehilangan anggota keluarga, teman dekat tiba-tiba nikah, dan perbaikan rumah yang ternyata butuh biaya lebih dari perkiraan. Nah, semua situasi tersebut akan aman jika Anda memiliki dana darurat. 

Karena itu, Anda bisa alokasikan pendapatan yang diperoleh ke dalam dana darurat. Meski dengan menyisihkan pendapatan terkadang Anda perlu agak hemat, tapi dana darurat akan sangat membantu saat keadaan yang tidak kita inginkan datang. 

2. Memudahkan Pengelolaan Uang 

Siapa nih yang sering kebingungan uangnya ke mana dan buat beli apa? Nah, budgeting akan bantu Anda untuk melakukan tracking pendapatan dan pengeluaran. Jadi, Anda tidak akan bingung lagi. Pendapatan dan pengeluaran bisa diketahui dengan jelas. Anda dapat melakukan identifikasi lagi dengan cermat.

Semisal, biaya belanja skincare bulan ini sudah melebihi bujet. Jadi, Anda bisa sesuaikan dengan sedikit hemat untuk dana liburan ataupun yang lain biar bujet bulan ini tidak melenceng jauh. 

3. Meningkatkan Kesehatan Mental dan Mengurangi Stres

Manfaat lain dari budget adalah meminimalisir stres. Kalau keuangan tidak sehat dan ada kekurangan karena tidak punya tabungan, beberapa orang larinya ke utang. Selain itu, pengeluaran lebih besar dari pendapatan yang terlambat disadari juga bisa memunculkan kegelisahan. 

Kegelisahan sendiri bisa mempengaruhi kesehatan fisik, seperti nafsu makan menurun karena banyak pikiran. Karena itu, alokasi pengeluaran biar tidak melebihi pendapatan bisa mengurangi tekanan finansial dan mengurangi risiko terjerat utang. Dengan menurunnya tingkat stres, maka kesehatan mental akan membaik.  

4. Mengetahui Prioritas Jangka Panjang dan Pendek

Lewat budgeting, Anda dipaksa memetakan tujuan penggunaan uang, menyimpan uang, dan mewujudkan keinginan. Bayangkan kalau pengeluaran hanyut tanpa tujuan jelas, cuma buat foya-foya dan kesenangan semata. Bagaimana Anda bisa nabung buat menikah, beli mobil, dan lainnya?

Budgeting akan bantu Anda tahu prioritas jangka panjang maupun pendek. Anda juga bisa tahu sudah berapa persen prioritas tersebut dapat terpenuhi dan butuh waktu berapa lama lagi. Kadang dengan punya tujuan yang ingin dicapai bisa jadi tambahan semangat biar bekerja lebih giat lagi. 

5. Memiliki Kebebasan Finansial

Budgeting membuat Anda mengetahui berapa uang yang dikeluarkan dan berapa uang yang disimpan, sehingga Anda tahu apa yang mampu dibeli dan kapan waktunya. Dengan begitu, Anda memiliki kebebasan finansial dan dapat mengendalikan keinginan diluar budget agar tidak masuk dalam jeratan hutang.

Baca Juga:

Teknik Menerapkan Budget

Setelah tahu manfaat budget, penasaran nggak sih bagaimana cara menerapkan budget yang efisien dan efektif? Salah satu teknik budgeting adalah 50/30/20. Ini merupakan teknik membagi pengeluaran dalam tiga kategori, yaitu 50% kebutuhan, 30% keinginan, dan 20% tabungan. Berikut detailnya:

1. 50%: Kebutuhan

Kebutuhan merupakan pengeluaran terbesar dan pasti yang tidak mungkin bisa Anda hindari. Jadi, dalam teknik ini kebutuhan memiliki persentase paling besar. Cara mudah mengartikan kebutuhan, yaitu “aku tidak bisa hidup tanpa itu”. Kebutuhan umumnya meliputi makan sehari-hari, listrik, air, transport, dan lain-lain. 

2. 30%: Keinginan 

Teknik budget selanjutnya adalah 30% keinginan. Membedakan keinginan dan kebutuhan kadang tidak mudah dan tak jarang diri kita menolak dengan dalih “aku butuh ini kok”. Padahal, Anda sebenarnya tidak terlalu butuh. 

Namun, terpenuhinya keinginan akan membuat hati lebih senang dan fresh untuk kembali bekerja. Karena itu, memenuhi keinginan bukan hal buruk asalkan Anda tahu batasnya. Keinginan sendiri bisa berupa barang yang mau dibeli, liburan, makan di restoran enak, dan lainnya. 

3. 20%: Tabungan

Tabungan sangat penting untuk mempersiapkan masa depan dan juga keadaan darurat. Karena itu, Anda harus belajar menyisihkannya. Salah satu contoh pengalokasiannya adalah nabung buat pensiun, lunasin pinjaman, menambah dana darurat, dan lainnya. 

Baca Juga: Cara Membuat Laporan Laba Rugi dengan Mudah

Sudah Paham dengan Apa itu Budget?

Nah, itu adalah sedikit bahasan soal budget yang sangat penting buat Anda perhatikan. Anda bisa mulai terapkan teknik 50/30/20 untuk mempermudah alokasi. Ingat! Sikap boros akan membuat Anda susah. Namun, sikap hemat akan membawa Anda pada ketenangan di hari tua. Semoga bermanfaat, ya!

Punya

Ratusan / Ribuan

Kiriman Setiap Hari?

Satu platform, beragam layanan pengiriman dan logistik

Web Dashboard

Pergudangan & Pengemasan

Dilengkapi Kurir Instant

Plugin Pengiriman

Integrasi API Pengiriman

Mendukung beragam layanan pengiriman

GojekJNEJNTTIKI

Terintegrasi dengan channel marketplace

TokopediaLazadaTiktokShopee

Mau Pengiriman Jadi Jauh Lebih Efektif?

Dapatkan potongan harga untuk pengiriman lebih banyak, #kirimlebihbanyak bersama Biteship!