Cara Jualan di Instagram Shop: Persyaratan, Cara Membuat dan Mengelola yang Efektif

Instagram saat ini telah menjadi salah satu platform media sosial yang paling banyak digandrungi oleh masyarakat di seluruh penjuru dunia. Untuk memudahkan para pemilik bisnis menjangkau lebih banyak target konsumen di Instagram, maka Anda harus paham cara jualan di Instagram shop.

Lantas, bagaimana cara jualan di Instagram shop? Sebenarnya cara berjualan di Instagram shop tidak begitu sulit selama Anda tekun dalam mengelola akun Instagram dan juga mengisi postingan di dalamnya. Fitur Instagram Shop memungkinkan pembeli untuk langsung transaksi di Instagram tanpa pindah aplikasi.

Mengenal Instagram Shop

Instagram Shop merupakan fitur baru yang disediakan oleh Instagram untuk memudahkan pengguna media sosial ini bertransaksi di dalam platform Instagram tanpa harus pindah ke aplikasi lainnya. 

Sebelum adanya fitur Instagram Shop, media sosial ini hanya digunakan pebisnis untuk marketing atau menciptakan brand awareness saja, 

Namun ketika pembeli ingin bertransaksi maka transaksi harus dilakukan di luar Instagram. Manfaat Instagram shop adalah untuk menjembatani konsumen di Instagram membeli produk yang ada postingan Anda baik berbentuk video dan foto secara langsung tanpa pindah platform. 

Fitur Instagram Shop dapat terwujud karena adanya Instagram API yang memfasilitasi terjadinya transaksi jual beli online. 

Fitur Instagram Shop semakin populer hari ini bahkan tercatat ada sekitar 70% pengguna Instagram secara rutin membeli produk melalui Instagram. Melihat potensi Instagram yang sangat besar, tentu sangat disayangkan jika kita tidak tahu cara membuat toko di Instagram.

Persyaratan Menjalankan Instagram Shop

Sebelum Anda mulai menjalankan Instagram shop, pertama-tama Anda harus memahami apa saja syarat Instagram shop. Instagram sendiri telah menetapkan beberapa persyaratan yang harus dipenuhi oleh pemilik akun bisnis Instagram jika ingin memanfaatkan fitur Instagram shopping sebagai berikut:

1. Bisnis mempunyai website yang mumpuni sebagai “rumah” utama dari usaha Anda. Saat ini, kepemilikan bisnis akan website menjadi salah satu syarat Instagram shopping yang ditambahkan oleh pihak Instagram. 

Sehingga jika bisnis Anda belum memiliki website, maka akun bisnis Instagram belum bisa mengakses fitur Instagram Shopping.

2. Lokasi bisnis berada di area yang sudah didukung oleh fitur Instagram Shop

3. Produk yang Anda tawarkan ke pengguna Instagram tidak boleh melanggar ketentuan dan kebijakan Instagram

4. Bisnis yang dijalankan harus mematuhi kebijakan perdagangan Instagram dan juga perjanjian pelapak

5. Pemilik bisnis harus mempunyai halaman Facebook atau Facebook Page terlebih dahulu agar bisa mengaktifkan fitur Instagram Shopping.

Pedoman Memulai Cara Jualan di Instagram Shop

Bagaimana cara jualan di Instagram? Pertama-tama Anda harus mengaktifkan fitur Instagram Shopping terlebih dahulu. Jika Anda sudah memenuhi persyaratan pembuatan fitur Instagram Shopping seperti yang dijelaskan di atas, Anda langsung bisa mengikuti pedoman di bawah ini:

1. Mengaktifkan Akun Bisnis Instagram

Langkah langkah membuat toko online di Instagram yang pertama adalah mengaktifkan akun bisnis terlebih dulu. Cara mengaktifkan akun bisnis Instagram cukup mengikuti langkah di bawah ini:

  • Jika Anda sudah memiliki akun Instagram biasa, maka pertama-tama login ke akun Instagram tersebut. Jika belum punya akun Instagram, maka buat akun terlebih dulu
  • Klik ikon garis tiga di pojok kanan atas. Selanjutnya klik menu “Setting” atau “Pengaturan
  • Pilih opsi “Account
  • Tekan menu “Beralih ke Akun Professional” atau “Switch to a Professional Account” untuk mengubah akun Instagram biasa ke akun bisnis profesional
  • Klik tombol “Next” atau Selanjutnya
  • Pilih kategori bisnis yang sesuai
  • Klik tombol “Done” atau Selesai

2. Membuat Website

Website adalah “rumah” bagi setiap bisnis online yang dapat meningkatkan kredibilitas toko online. Oleh karena itu Anda wajib memiliki website jika ingin menggunakan fitur Instagram Shop.

3. Membuat Facebook Page dan Menambahkan Katalog

Katalog produk adalah kumpulan dari produk berisi informasi singkat produk serta harga yang dibanderol. Bagi Anda yang ingin menggunakan fitur Instagram shop, maka Anda harus paham cara buat katalog di Instagram sehingga memudahkan konsumen mengakses katalog produk yang ditawarkan.

  • Pertama-tama buat akun Facebook Page di menu “Pengelola Bisnis Facebook
  • Isi detail informasi bisnis untuk membuat akun bisnis baru
  • Klik opsi Pengaturan Bisnis
  • Pilih “Sumber Data“, kemudian menu “Katalog“. 
  • Klik tombol “Tambahkan” untuk menambahkan katalog baru
  • Tuliskan “Nama Katalog” dan “jenis produk
  • Isi katalog dengan mengklik “Buka di Pengelola Katalog”. Tambahkan katalog produk secara manual seperti informasi produk, gambar. Jika Anda sudah memiliki website maka Anda bisa menautkan katalog ke situs web. 

4. Menautkan Katalog Halaman Facebook ke Instagram Shopping

Jika katalog sudah dibuat pada halaman Facebook serta website, maka langkah selanjutnya cukup menautkan katalog produk tersebut ke Instagram Shopping. Berikut langkahnya:

  • Buka aplikasi Instagram dan masuk ke menu “Pengaturan
  • Klik opsi Business
  • Klik menu “Sign Up for Shopping
  • Selanjutnya tautkan akun Instagram Anda ke katalog Facebook yang sudah dibuat. 
  • Klik menu Facebook Catalog Manager dan pilih Check for Catalog

5. Tinjau Akun dan Mengaktifkan Fitur Shopping

Instagram akan meninjau akun yang Anda daftarkan. Setelah disetujui Anda cukup mengaktifkan fitur Shopping yang akan muncul di menu Setting. Anda mungkin bertanya-tanya apakah toko di Instagram berbayar? 

Untungnya saat ini Instagram belum memberlakukan kebijakan biaya admin apapun baik untuk pembeli dan penjual di Instagram Shopping Service. 

Cara Berjualan di Instagram Shop

Agar Anda dapat memaksimalkan potensi berbisnis melalui media sosial, ketahui cara jualan di Instagram untuk pemula di bawah ini yang mudah diikuti.

1. Optimalkan Profil Instagram Bisnis

Berikan kesan pertama yang memukau calon konsumen dengan mempercantik tampilan halaman Instagram. Profil yang harus menjadi perhatikan adalah gambar profil, biografi hingga postingan produk. Gunakan logo bisnis sebagai gambar profil.

2. Membuat Konten yang Relevan

Kunci dari cara jualan di Instagram  shop adalah rutin memposting konten produk yang relevan di dalamnya. Jangan sampai Anda membiarkan akun kosong hingga sebulan tanpa update konten apa pun. 

Hindari juga berlebihan dalam mengupdate konten hingga membanjiri timeline followers. Disarankan untuk memposting 10 sampai 11 kali setiap minggu.

3. Menjalankan Strategi Marketing Instagram 

Jalankan strategi marketing yang baik dan sesuai untuk target konsumen di Instagram. Melakukan siaran langsung atau Live saat ini sangat disukai konsumen karena mereka merasa lebih diperhatikan oleh bisnis ketika live.

4. Memanfaatkan Fitur Instagram Shop

Ada banyak keunggulan fitur Instagram shop yang harus dimaksimalkan agar bisnis Anda semakin berkembang. Fitur yang ada seperti etalase bisa Anda optimalkan dengan menggunakan tampilan yang sesuai. Fitur koleksi bisa membantu Anda untuk mengelompokkan produk sesuai kategori.Agar bisnis yang Anda jalankan dapat sukses dan berkembang, maka Anda harus benar-benar memahami cara jualan di Instagram shop. Instagram Shop adalah fitur yang disediakan oleh Instagram bagi mereka yang ingin berbisnis di media sosial sehingga bisa menjangkau lebih banyak orang.

Punya

Ratusan / Ribuan

Kiriman Setiap Hari?

Satu platform, beragam layanan pengiriman dan logistik

Web Dashboard

Pergudangan & Pengemasan

Dilengkapi Kurir Instant

Plugin Pengiriman

Integrasi API Pengiriman

Mendukung beragam layanan pengiriman

GojekJNEJNTTIKI

Terintegrasi dengan channel marketplace

TokopediaLazadaTiktokShopee

Mau Pengiriman Jadi Jauh Lebih Efektif?

Dapatkan potongan harga untuk pengiriman lebih banyak, #kirimlebihbanyak bersama Biteship!