Cara Cetak Resi Shopee Lewat 3 Fitur

Shopee adalah salah satu marketplace yang terkenal dan banyak dipakai. Dengan menggunakannya, Anda bisa membeli berbagai perlengkapan yang Anda inginkan. Ketika memesan Shopee Anda akan mendapatkan resi. Cara cetak resi Shopee akan dijelaskan berikut ini. 

Resi adalah hal yang penting dan wajib dicantumkan di barang. Tujuannya adalah untuk membuat barang bsia diterima di alamat penerima tersebut. Oleh sebab itu, nomor resi tidak boleh sampai salah. Agar lebih gampang, lakukan saja cetak resi Shopee. 

Cara Cetak Resi Shopee 

Saat ini, Shopee memberikan fitur cetak resi yang memudahkan penjual dapat mencantumkan resi dengan mudah dan tidak ada kesalahan karena tidak perlu menuliskannya. Hampir semua jasa kirim barang bekerjasama dengan Shopee dan memberikan layanan resi otomatis. 

Ada juga yang memberikan fitur cek resi yang dimiliki oleh Shopee. Selain itu, Anda juga bisa melakukan cek resi Bukalapak jika punya aplikasinya.

Contohnya seperti JNE, J&T, SiCepat, Ninja Express, dsb. Semua jenis kurir ini menyediakan resi otomatis yang akan muncul setelah pembeli melakukan checkout. Selanjutnya, Anda bisa langsung untuk melakukan pencetakan untuk ditempelkan di barang. 

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mencetak resi dari platform resminya. Ada yang bisa melalui aplikasi, fitur seller centre, dan menggunakan fitur  pesanan massal. Simak tutorial lengkapnya berikut ini: 

1. Cara Cetak Resi Shopee Pakai Seller Centre 

Fitur Seller Centre ini dimiliki oleh penjual di Shopee dan Anda juga bisa mengaksesnya menggunakan web Shopee. Adapun untuk mencetak resinya bisa melalui langkah-langkah berikut ini: 

  • Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah membuka situs web Shopee terlebih dahulu. Selanjutnya, masuk ke Seller Centre. 
  • Setelah dialihkan ke Seller Centre, pilih Pengiriman Saya. 
  • Klik Atur Pengiriman > Metode Pengiriman
  • Setelah ini muncul, Anda bisa memilih opsi pengantaran barang ke kurir. Ada yang diantarkan ke counter sesuai jasa pengiriman yang tertera. Ada juga yang menggunakan fitur pick-up. Fitur pick-up ini membuat kurir yang akan datang ke rumah Anda untuk mengambil paket tersebut. 
  • Setelah memilih metode pengiriman yang diinginkan, langkah berikutnya adalah menekan tombol Konfirmasi. 
  • Setelah itu, pilih Cetak Resi. 
  • Otomatis label pengiriman akan tercetak dan disana sudah ada informasi lengkap tentang produk pengiriman tersebut sampai dengan alamat penerima. Anda juga bisa melihat nomor resi yang tertera disana dengan mudah. 

2. Cara Cetak Resi Shopee Otomatis Lewat Aplikasi 

Langkah selanjutnya untuk mencetak resi label resi marketplace Shopee adalah melalui aplikasinya secara langsung. Anda hanya butuh Hp dan koneksi internet untuk mendapatkan label pengiriman tersebut. 

Namun, penting diketahui kalau Anda tidak bisa mendapatkan pencetakan jika memproses pesanan yang ada lewat aplikasi. Adapun langkah-langkah yang dapat dilakukan untuk mencetak resi dengan aplikasi adalah sebagai berikut: 

  • Langkah pertama, buka aplikasi Shopee
  • Selanjutnya, klik profil yang ada di kanan bawah dan klik Toko Saya. 
  • Klik Perlu Dikirim agar diproses lebih lanjut. 
  • Klik Atur Pengiriman. Anda akan diberikan dua pilihan yaitu mengantarkan paketnya ke counter jasa kirim terdekat atau menggunakan kurir yang datang langsung ke lokasi Anda. 
  • Setelah memilih salah satunya, selanjutnya tekan Konfirmasi. 
  • Nantinya, pesanan yang sudah terkonfirmasi akan mendapatkan nomor resi dan label pengiriman. 

Namun, di status pembeli ini tetap dalam tulisan Perlu Dikirim. Status ini akan berubah jika Anda sudah menyerahkan paket tersebut ke counter jasa kirim untuk memprosesnya lebih lanjut. 

3. Cara Cetak Resi Shopee Pesanan Massal 

Cara terakhir untuk melakukan cetak resi yaitu dilakukan apabila ada pesanan massal. Yang dimaksud dengan pesanan massal adalah saat ada pembei yang membeli produk Anda dalam jumlah yang besar. 

Maka agar lebih praktis dan efisien, Anda perlu untuk menggunakan fitur Pengiriman Massal ini agar cepat diproses. Selain itu, ini juga memungkinkan Anda untuk membuat dokumen transaksi pengiriman langsung secara cepat. 

Di fitur ini, ada juga pengaturan filter yang memudahkan Anda untuk membedakan pesanan tersebut dari tipe pesanan, status, atau berdasarkan urutan tanggal pesanan. Dengan demikian, Anda bisa memilih mana yang harus diprioritaskan terlebih dahulu dalam pengiriman. 

Cara ini lebih efisien dan meningkatkan produktifitas Anda karena risiko pengiriman yang terlambat juga akan dikurangi. 

Cara Mengatur Pengiriman Massal dari Shopee 

Adapun langkah untuk mengaturnya adalah sebagai berikut: 

  • Pilih menu Pengiriman Masal di Seller Centre. 
  • Setelah itu, pilih filter pesanan yang Anda inginkan. 
  • Apabila berhasil dilakukan, Anda bisa memilih metode pengiriman sesuai yang diinginkan. 
  • Jangan lupa untuk melakukan konfirmasi setelahnya. 
  • Nantinya akan ditampilkan status dan kode resinya yang dibuat oleh sistem. 
  • Untuk melihat riwayat pengaturannya bisa memanfaatkan fitur Daftar Proses Pengiriman agar mendapatkan informasi detail pesanan lebih lengkap. 

Sesuaikan juga dengan metode pengiriman yang sudah Anda pilih. Jika menggunakan counter, maka segera untuk mengunjungi kesana dan menyerahkan paketnya agar cepat diproses. Jika sudah diserahkan dan diproses, maka status pengiriman akan berubah menjadi Dikirim. 

Hal penting lainnya yang tidak boleh terlewat yaitu memastikan barcode di label pengirimannya dapat terlihat. 

Oleh sebab itu, label pengiriman ini perlu diletakkan di bagian yang mudah terlihat karena barcode ini punya informasi penting terkait dengan pemesanan. Selain itu, bisa juga dipakai sebagai bukti pengiriman. 

Cara cetak resi Shopee penting diketahui oleh penjual agar bisa mendapatkan kemudahan dalam proses pengiriman barang. Nomor resi ini yang bermanfaat untuk meningkatkan profesionalitas toko Anda, bukti pesanan dikirim, dan memudahkan pelacakan barang. 

Punya

Ratusan / Ribuan

Kiriman Setiap Hari?

Satu platform, beragam layanan pengiriman dan logistik

Web Dashboard

Pergudangan & Pengemasan

Dilengkapi Kurir Instant

Plugin Pengiriman

Integrasi API Pengiriman

Mendukung beragam layanan pengiriman

GojekJNEJNTTIKI

Terintegrasi dengan channel marketplace

TokopediaLazadaTiktokShopee

Mau Pengiriman Jadi Jauh Lebih Efektif?

Dapatkan potongan harga untuk pengiriman lebih banyak, #kirimlebihbanyak bersama Biteship!