5 Cara Hapus Akun Shopee Secara Permanen & Alasan Penolakan

5 Cara Hapus Akun Shopee Secara Permanen & Alasan Penolakan
cara hapus akun Shopee

Ada banyak alasan seseorang ingin menghapus akun Shopee. Mulai dari menghindari budaya konsumtif, kebocoran data, ketidakpuasan dengan layanannya, dan masih banyak lainnya. Jika Anda salah satu yang merasakan hal tersebut, maka Anda wajib mengetahui cara hapus akun Shopee secara permanen.

Namun, sebelum mencoba langkah menghapus akun Shopee, sebaiknya Anda mengetahui berbagai ketentuannya. Selain itu, ada beberapa alasan yang juga bisa menyebabkan Shopee menolak permohonan penghapusan akun. Yuk, simak selengkapnya di sini!

Ketentuan Penghapusan Akun Shopee

Sebelum mengetahui cara hapus akun Shopee, berikut beberapa ketentuan yang perlu Anda pahami!

1. Tidak dapat Dipulihkan 

Ketika Anda sudah memilih untuk menghapus akun, maka akun akan hilang secara permanen dan tidak dapat dipulihkan kembali. Artinya, Anda tidak bisa lagi login atau mengakses akun tersebut untuk sekedar melihat riwayat transaksi.

2. Koin Hangus

Koin-koin yang Anda miliki sebelumnya akan hangus bersama terhapusnya akun. Karena itu, akan lebih baik jika Anda segera menggunakan koin yang ada sebelum proses menghapus akun terjadi.

3. Shopee Menyimpan Data Anda

Meski pemilik akun sudah tidak bisa mengakses dan melihat riwayat transaksi, Shopee akan tetap menyimpan data transaksi Anda. Ini biasanya berhubungan dengan keperluan audit setelah akun terhapus.

4. Pembuatan Akun Baru

Ketika sudah menghapus akun dan ingin kembali menggunakan Shopee, Anda bisa membuat akun baru. Namun, Shopee berhak menolak pengajuan saat pengguna ingin membuat akun Shopee berikutnya untuk beberapa alasan tertentu.

Terlebih jika Anda membuat akun Shopee dengan nomor telepon yang sama dan sudah melakukan penghapusan akun berkali-kali.

Baca Juga: Mengenal Shopee Pinjaman, Syarat dan Cara Pengajuannya

5 Cara Hapus Akun Shopee

Setelah mengetahui berbagai ketentuannya, Anda bisa melakukan penghapusan permanen dengan cara berikut!

1. Buka Aplikasi Shopee

Pertama, buka aplikasi Shopee di ponsel, tablet, atau komputer. Kemudian, login menggunakan username, email, atau nomor telepon yang terdaftar di akun Shopee dan masukkan password yang benar.

2. Masuk ke Profile 

Ketika sudah masuk dalam akun, Anda akan melihat tampilan menu Rekomendasi, Live, Video, Notifikasi, dan Akun Saya pada tampilan bagian bawah. Pilih menu Akun Saya di bagian kanan bawah. Scroll sampai bawah dan pilihlah menu Pengaturan Akun.

3. Mengajukan Penghapusan Akun Shopee

Setelah masuk ke dalam menu pengaturan akun, cara hapus akun Shopee selanjutnya adalah scroll kembali sampai Anda menemukan pilihan Ajukan Penghapusan Akun. 

Jika sudah memilih menu tersebut, maka akan muncul peringatan berupa “Mohon perhatikan bahwa setelah akun Anda akan dihapus, Anda tidak dapat memulihkannya kembali”. Jika sudah membaca peringatan penghapusan dan masih yakin ingin melanjutkannya, klik saja “Ok” untuk hapus akun.

4. Lanjutkan Penghapusan Akun

Nantinya, kode verifikasi OTP akan dikirim pada nomor yang terdaftar pada akun Shopee. Tunggu hingga Anda mendapatkan kodenya, lalu masukkan kode OTP dan ketik alasan tentang penghapusan akun. Jangan lupa juga untuk menuliskan alamat email serta periksa syarat dan ketentuan, kemudian kirim.

5. Persetujuan dari Shopee

Langkah hapus akun terakhir adalah menunggu persetujuan dari Shopee. Apabila Anda sudah mengajukan permohonan hapus akun, Shopee akan melakukan peninjauan terlebih dahulu. Tujuannya untuk memastikan Anda tidak melakukan kesalahan.

Jika Shopee telah menyetujui permohonan hapus akun, Anda akan mendapat email sebagai pemberitahuan bahwa akun sudah terhapus secara permanen. Namun, jika Shopee menolak permohonan untuk hapus akun, tandanya ada pelanggaran yang Anda lakukan.

Baca Juga: Cara Hubungi Shopee Customer Service Berbagai Metode

Alasan Penolakan Hapus Akun

Anda perlu mengetahui bahwa keputusan disetujui atau tidaknya penghapusan akun merupakan kewenangan Shopee. Jadi, meski sudah menerapkan cara hapus akun Shopee dengan benar, penolakan bukanlah hal yang tidak mungkin terjadi. Ada beberapa alasan pengajuan hapus akun tertolak. Berikut beberapa di antaranya!

1. Akun Sedang Dibatasi atau Dibekukan

Jika dalam suatu akun telah terdeteksi terlibat dalam aktivitas mencurigakan yang melanggar syarat atau ketentuan Shopee, maka akun akan dibekukan. Beberapa aktivitas yang dimaksud adalah membuat pesanan palsu, menyalahgunakan voucher atau promo, penipuan transaksi, dan lain sebagainya.

Ketika akun dibekukan atau dibatasi, Anda akan melihat pesan pop up saat login atau checkout yang memberikan Anda informasi tentang hal ini. Namun, tenang saja, Anda bisa mengajukan banding untuk memulihkan kembali akun. Caranya dengan mengirim formulir permintaan aktivasi pada menu Pusat Informasi Shopee.

2. Masih Memiliki Saldo ShopeePay

Penghapusan akun tidak dapat terjadi kalau Anda masih punya saldo di ShopeePay. Jadi, Anda bisa segera memindahkan saldo ShopeePay dengan mentransfernya ke rekening bank. Sehingga saldo Anda akan tetap aman.

3. Ada Transaksi yang Sedang Berlangsung

Jika memiliki berbagai transaksi yang masih berlangsung, cara hapus akun Shopee tidak akan akan bisa Anda terapkan. Sebaiknya, selesaikan dulu sebelum mengajukan penghapusan akun. Contohnya adalah pembayaran barang, cash on delivery (COD), dan lain-lain.

4. Memiliki Tagihan yang Belum Terbayar

Sebelum mengajukan penghapusan akun, pastikan Anda tidak memiliki tagihan apapun. Misalnya SpayLater atau Spinjam. Jika masih memiliki tagihan, permintaan Anda hapus akun tentu akan ditolak. 

5.  Batas Penghapusan Akun Telah Terlampaui

Jika menggunakan nomor telepon yang sama untuk membuat akun berkali-kali, Anda perlu waspada. Sebab, kini di Shopee hanya dapat menghapus akun yang dibuat dengan nomor telepon yang sama (2) dua kali saja.

Contohnya, Anda menghapus akun sekali dan mendaftar lagi menggunakan nomor telepon yang sama. Maka, Anda hanya dapat menghapusnya sekali lagi. Jika mendaftar untuk ketiga kalinya dengan nomor telepon yang sama, Anda tidak bisa menghapus akun tersebut.

6. Masih Ada Saldo Investasi

Anda dapat meminta penghapusan akun ketika saldo investasi atau portofolio di Investasi Pintar, Emas, atau Reksadana sudah nol. Jika masih memiliki saldo investasi atau portofolio investasi, Anda bisa menjual seluruh investasi atau portofolio sebelum meminta penghapusan akun.

Sudah Lebih Memahami Cara Hapus Akun Shopee?

Cara menghapus akun Shopee secara permanen sangat mudah, bukan? Namun, Anda tetap harus memahami berbagai syarat dan ketentuan yang berlaku dengan cermat agar tidak menyesalinya di kemudian hari. Pastikan juga tidak ada pelanggaran atau alasan lain yang membuat prosesnya terhambat, ya!

Punya

Ratusan / Ribuan

Kiriman Setiap Hari?

Satu platform, beragam layanan pengiriman dan logistik

Web Dashboard

Pergudangan & Pengemasan

Dilengkapi Kurir Instant

Plugin Pengiriman

Integrasi API Pengiriman

Mendukung beragam layanan pengiriman

GojekJNEJNTTIKI

Terintegrasi dengan channel marketplace

TokopediaLazadaTiktokShopee

Mau Pengiriman Jadi Jauh Lebih Efektif?

Dapatkan potongan harga untuk pengiriman lebih banyak, #kirimlebihbanyak bersama Biteship!