Expedisi: Pengertian, Cara Kerja, dan Manfaatnya

Expedisi: Pengertian, Cara Kerja, dan Manfaatnya
expedisi

Semakin berkembangnya bisnis online maka semakin meningkatkan kebutuhan akan pengiriman barang. Anda dapat mengirimkan barang ke alamat manapun dengan bantuan jasa expedisi. Lantas, bagaimana cara kerja jasa ekspedisi dan apa saja manfaatnya?

Apa itu Jasa Expedisi?

Ekspedisi adalah jasa yang membantu Anda mengirimkan barang. Anda dapat menggunakan jasa ini untuk mengirimkan barang ke luar kota, luar pulau, atau luar negeri. Jasa ini juga memberikan kemudahan bagi Anda yang ingin mengirimkan barang kepada orang lain. Jadi, Anda tidak perlu mendatangi secara langsung.

Kebutuhan pengiriman barang saat ini semakin meningkat. Hal ini karena adanya bisnis online yang digunakan oleh masyarakat. Selain itu, perusahaan-perusahaan juga menggunakan jasa ekspedisi untuk mengirimkan produk atau dokumen ke tempat tujuan. 

Semakin populernya bisnis online akan berdampak pada semakin tingginya kebutuhan pengiriman menggunakan jasa ekspedisi. Karena,  jasa ekspedisi dapat memudahkan dan meringankan dalam mengirimkan barang dalam jumlah banyak ke alamat yang berbeda.

Baca Juga:

Bagaimana Cara Kerja Jasa Expedisi?

Jasa ekspedisi memiliki cara kerja yang terstruktur atau sistematis, mulai dari barang diterima hingga dikirimkan ke alamat penerima. Pada umumnya, setiap jasa ekspedisi memiliki cara kerja yang sama. Berikut beberapa komponen dalam cara kerja jasa ekspedisi.

1. Penerimaan Barang

Ketika Anda akan mengirimkan barang, alangkah baiknya membungkusnya terlebih dahulu. Anda harus menjelaskan barang apa yang akan dikirim kepada petugas di counter ekspedisi dan memberikan alamat pengiriman dengan jelas.

Jadi, pihak jasa pengiriman akan menentukan harga yang akan dibebankan kepada Anda berdasarkan berat barang dan alamat tujuan pengiriman. Selain itu, jasa ekspedisi akan mengecek barang yang Anda kirimkan. Sebab, tidak boleh mengirimkan barang ilegal, makhluk hidup, atau minuman beralkohol. 

2. Packing Barang

Pada umumnya, ketika akan mengirimkan barang, Anda akan dihimbau untuk mengemas terlebih dahulu. Pengemasan yang Anda lakukan sesuaikan dengan jenis barang dan kebutuhan. 

Nantinya pihak expedisi akan mengemas kembali barang yang Anda akan kirimkan. hal ini untuk memberikan pengamanan lebih untuk barang Anda dalam potensi terkena air. Apabila Anda mengirimkan barang mudah pecah, maka dihimbau untuk mengemasnya menggunakan bubble wrap.

3. Dokumen Bukti Pengiriman

Setelah barang Anda sudah siap dan layak dikirimkan. Jasa ekspedisi akan mencetak resi sebagai bukti pengiriman barang. Selain itu, terdapat beberapa surat yang akan diurus jika memang dibutuhkan, seperti surat izin jalan, surat usaha, surat bea cukai, dan surat lainnya. 

Cetak resi akan ditempelkan pada barang dan diberikan kepada Anda sebagai bukti pengiriman. Anda dapat melacak proses pengiriman menggunakan kode resi di situs yang disediakan sehingga Anda mengetahui kapan barang tersebut akan sampai tujuan. 

4. Transportasi Ekspedisi

Setelah keperluan administrasi selesai dilakukan, selanjutnya menentukan mode transportasi untuk mengirimkan barang Anda. Pada umumnya, pihak expedisi akan mengumpulkan barang yang akan dikirimkan pada satu tempat di sebuah pool kota tersebut. Pool sendiri merupakan tempat istirahatnya kendaraan.

Pengiriman barang akan dilakukan secara bersamaan dengan barang lainnya dan menggunakan mobil besar atau juga dapat menggunakan kargo. Nantinya, barang akan diterima pada pool di daerah tujuan. 

Barang dalam mobil besar atau kargo akan dipisahkan dan disebarkan ke kantor cabang yang termasuk dalam jangkauan alamat. Barang akan diantarkan oleh kurir menggunakan motor ke alamat yang tertera di kotak packing

Baca Juga:

Apa Saja Manfaat Expedisi?

Jasa ekspedisi saat ini banyak dibutuhkan untuk keperluan pengiriman, khususnya untuk bisnis online. Selain itu, perusahaan besar juga menggunakan jasa ekspedisi dalam memperluas jaringan penjualan. Berikut beberapa manfaat dari jasa ekspedisi yang menguntungkan.

1. Proses Pengiriman Lebih Cepat dan Mudah

Jasa ekspedisi dapat mempermudah Anda dalam proses pengiriman barang. Anda akan mendapatkan penawaran terkait lama waktu pengiriman yang dapat dipilih berdasarkan kebutuhan dari pengiriman tersebut. Layanan ini dapat Anda gunakan secara mudah dengan menyerahkan barang yang telah Anda bungkus ke counter.

Selain itu, ekspedisi dapat memberikan kemudahan dalam menjangkau seluruh wilayah di Indonesia. Sehingga, pengiriman Anda dapat dipastikan tiba sesuai dengan tujuan dan pastinya aman. Karena pihak jasa ekspedisi memiliki infrastruktur yang dibutuhkan untuk pengiriman barang.

2. Jangkauan Luas

Jasa expedisi memiliki jangkauan pengiriman yang luas. Anda dapat mengirimkan barang ke luar kota, luar pulau, dan luar negeri. Penggunaan jasa ini dapat menjangkau tujuan alamat yang lebih luas untuk Anda gunakan. Sehingga Anda dapat memakai layanan yang telah disediakan.

Jika memanfaatkan jasa pengiriman, Anda dapat mengirim barang tanpa perlu repot dengan biaya yang terjangkau. Selain itu, pihak perusahaan akan memberikan jaminan bahwa barang akan sampai dengan aman dan tepat pada alamatnya.

3. Dapat Melacak Pengiriman

Pihak ekspedisi akan memberikan layanan berupa akses untuk dapat melacak pengiriman Anda sudah berada di daerah mana. Ini merupakan fitur yang dimiliki sebagian besar jasa expedisi. Fitur ini memungkinkan Anda untuk memantau proses pengiriman dan memperkirakan kapan pengiriman yang Anda lakukan akan tiba.

Anda tinggal memasukkan nomor resi pada menu tracking pengiriman di situs yang disediakan jasa ekspedisi. Maka, Anda akan menerima informasi mengenai pengiriman barang Anda yang sedang dilakukan.

4. Kepercayaan dan Keamanan Pengiriman Terjamin

Dalam bidang jasa, kepercayaan dan keamanan merupakan faktor utama yang harus diberikan kepada customer. Hal ini menentukan apakah customer akan menggunakan jasa tersebut atau tidak. Jika perusahaan tidak dapat memberikan dua pelayanan tersebut, maka customer akan berganti pada layanan yang lainnya. 

Oleh karena itu, setiap jasa ekspedisi akan berusaha memberikan jaminan keamanan dari setiap barang yang dikirim customer. Perusahaan akan memberikan produk asuransi atau garansi barang yang Anda kirim hingga sampai di tempat tujuan dalam kondisi yang baik.

Baca Juga:

Tertarik Menggunakan Jasa Expedisi?

Jika Anda hendak mengirim barang ke luar kota dan harus dikirim dengan cepat. Maka solusinya menggunakan jasa ekspedisi untuk mengirimkan barang tersebut. Anda dapat memilih beberapa jenis pengiriman yang memberikan layanan berdasarkan lama waktu pengiriman. 

Jasa expedisi akan membantu mempermudah Anda untuk keperluan mengirimkan barang ke kota lain. Anda tidak perlu khawatir mengenai keamanan barang yang Anda kirim. Karena pihak jasa ekspedisi akan memberikan pelayanan terbaik agar barang yang Anda kirimkan sampai dengan aman ke tempat tujuan.

Punya

Ratusan / Ribuan

Kiriman Setiap Hari?

Satu platform, beragam layanan pengiriman dan logistik

Web Dashboard

Pergudangan & Pengemasan

Dilengkapi Kurir Instant

Plugin Pengiriman

Integrasi API Pengiriman

Mendukung beragam layanan pengiriman

GojekJNEJNTTIKI

Terintegrasi dengan channel marketplace

TokopediaLazadaTiktokShopee

Mau Pengiriman Jadi Jauh Lebih Efektif?

Dapatkan potongan harga untuk pengiriman lebih banyak, #kirimlebihbanyak bersama Biteship!