Cara Lacak Paket Luar Negeri Shopee Dengan Cepat dan Mudah

Cara Lacak Paket Luar Negeri Shopee Dengan Cepat dan Mudah
cara lacak resi shopee luar negeri

Saat membeli produk dari aplikasi belanja online Shopee, Anda pasti menunggu-nunggu kapan paket tiba di rumah. Tidak sedikit juga barang di Shopee yang berasal dari luar negeri. Karena proses pengirimannya lebih lama, sebaiknya ketahui cara lacak paket Shopee luar negeri.

Dengan fitur lacak resi, kini melacak paket sudah bisa dilakukan secara mudah melalui berbagai cara. Menariknya, semua layanan tracking paket tersebut bisa digunakan untuk melacak pengiriman lokal hingga produk luar negeri. Bagaimana caranya? Simak informasi berikut ini.

Shopee Standard Express untuk Barang dari Luar Negeri

Saat membeli barang di Shopee dan asalnya dari dalam negeri, paket akan dikirimkan melalui jasa ekspedisi lokal. Anda tentu sudah familier dengan ekspedisi yang dimaksud, bukan? Contohnya JNE hingga Sicepat.

Lain halnya jika membeli paket dari luar negeri, maka Shopee akan menggunakan layanan ekspedisi Standard Express.

Apa itu Standard Express? Ini merupakan salah satu perusahaan ekspedisi logistik yang berasal dari Cina atau Tiongkok. Shopee memilih ekspedisi ini karena barang dari luar negeri yang dijual di marketplace tersebut memang berasal dari Cina atau Hong Kong.

Paket akan dikemas oleh penjual di Cina atau Hong Kong, kemudian diproses oleh Standard Express. Jika sudah lolos dari bea cukai di Cina, barang akan dikirimkan ke Indonesia melalui layanan logistik. Butuh waktu 2-3 hari hingga barang tersebut masuk ke Indonesia.

Saat sudah masuk Indonesia, barang akan melewati bea cukai terlebih dahulu untuk diproses. Kalau sudah lolos, barang akan dioper ke perusahaan ekspedisi lokal untuk mengirimkannya sampai ke alamat penerima.

Baca Juga: Cara Berjualan di Shopee

Berapa Lama Pengiriman Paket Shopee dari Luar Negeri?

Lalu, berapakah waktu yang dibutuhkan untuk seluruh proses tersebut? Sejak pertama kali dipesan hingga barang tiba di alamat, kurang lebih diperlukan waktu 7 hingga 15 hari. Membeli barang dari luar negeri memang harus bersabar.

Untuk mengetahui lebih jelas tentang estimasinya, mari lihat contoh pengiriman barang dari Hongkong ke Semarang, Jawa Tengah berikut ini.

  1. Butuh 5-7 hari sejak penjual menyerahkan barang ke kurir untuk sampai ke Indonesia.
  2. Pemeriksaan di bea cukai Indonesia membutuhkan waktu 1-2 hari.
  3. Kemudian barang akan diserahkan ke perusahaan ekspedisi lokal. Biasanya, kedatangan barang dari luar negeri berpusat di Jakarta. Jadi, akan butuh waktu 3-4 hari hingga barang tersebut dikirimkan ke alamat penerima yang ada di Semarang, Jawa Tengah.

Cara Mengetahui Nomor Resi Pesanan Shopee

Nomor resi adalah tanda bukti pengiriman. Dengan adanya resi artinya barang Anda sudah dikirim oleh penjual. Sebelum melacak pesanan, Anda perlu tahu dulu bagaimana cara mengetahui nomor resi tersebut. Berikut ini cara untuk mengetahui nomor resi pesanan di Shopee:

  • Buka aplikasi Shopee.
  • Klik menu ‘Saya’ di sebelah kanan bawah layar.
  • Klik menu ‘Dikirim’ pada kolom belanja Anda.
  • Klik pesanan yang ingin dilacak. Kemudian scroll ke bawah sampai menemukan ‘Status Pengiriman’ dan klik ‘Lacak’.
  • Terakhir, Anda bisa lihat status pengiriman barang pesanan menggunakan jasa ekspedisi yang dipilih. Tertera juga nomor resi dan posisi barang.

Jika barang sudah sampai di alamat penerima, maka status pesanan akan berubah bukan lagi ‘Dikirim’ melainkan ‘Selesai’. Namun apabila barang tidak kunjung sampai, segera ajukan perpanjangan garansi dan hubungi seller, jangan dulu klik ‘Pesanan Diterima’.

Cara Lacak Paket Shopee dari Luar Negeri

Setelah melakukan pembayaran pesanan, maka konfirmasi pembayaran sudah terverifikasi sehingga Anda perlu mengecek status pesanan di aplikasi Shopee. Tujuannya untuk mengetahui apakah seller sudah mengemas, mengirim, atau pesanan dibatalkan.

Jika status pesanan sudah dikirim, maka akan muncul nomor resi di pesanan Anda. Dari nomor resi tersebut Anda bisa melacak paket Shopee baik dari aplikasi maupun melalui website. Bila resi tidak kunjung muncul, artinya barang belum dikirim oleh penjual.

Jika membeli paket yang berasal dari luar negeri seperti Cina, Hongkong, atau negara lainnya, cara mengecek resinya akan sedikit berbeda. Mari perhatikan tutorial dan penjelasan di bawah ini untuk mengetahuinya.

1. Lacak Paket Melalui Situs Bea Cukai

Seperti diketahui, bahwa setiap pengiriman barang dari luar negeri harus melewati Bea Cukai Indonesia terlebih dulu. Nah, begitu pun ketika berbelanja di Shopee, Anda bisa melakukan tracking secara mudah melalui situs resmi yang tersedia. Berikut langkah lacak paket Shopee dari situs bea cukai:

  • Kunjungi situs resmi Direktorat Jenderal Bea dan Cukai pada link beacukai.go.id/barangkiriman.
  • Pada halaman utama, klik opsi ‘Tracking’.
  • Masukkan nomor resi pesanan Anda di Shopee pada kolom yang tersedia.
  • Isi keycode barang lalu klik ‘Submit’.
  • Kemudian akan muncul informasi pengiriman paket Anda, untuk menampilkan lebih detail, klik ‘See Details’.
  • Jika pada ‘History Status’ tidak ada data apapun, artinya paket belum sampai di Indonesia dan masih dalam perjalanan di luar negeri.

Baca Juga: Cara Mengubah Koin Shopee Menjadi Shopeepay

2. Lacak Paket Melalui Situs SF Express International

Selain melalui website Bea Cukai, Anda juga bisa melacak paket melalui situs SF Express International. Pengguna bisa melakukan tracking barang pesanannya melalui jasa kirim Standard Express Shopee di seluruh Indonesia.

  • Langkah pertama, kunjungi situs SF Express intl.sf-express.com atau https://spx.co.id/.
  • Di halaman utama, masukkan nomor resi paket Anda.
  • Klik ‘Cek Resi’ atau ‘Lacak’ sampai muncul informasi status pengiriman pesanan Shopee Anda dari luar negeri.

3. Cara Lacak Paket Tanpa Aplikasi

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, barang yang lolos dari bea cukai Indonesia akan diteruskan ke perusahaan ekspedisi lokal. Saat ini, pengiriman barang Shopee dari luar negeri setelah masuk Indonesia dilayani oleh beberapa ekspedisi yang biasa digunakan oleh marketplace.

Selain mengecek status pesanan lewat aplikasi Shopee, Anda juga bisa melihat nomor resi dan lacak pengiriman barang menggunakan jasa ekspedisi yang digunakan. Misalnya, Anda memakai jasa kirim dari JNE, maka bisa lakukan cek paket Shopee dari situs JNE.

Setelah mendapatkan nomor resi ekspedisi lokal, Anda bisa mengecek pesanan lewat situs resmi JNE di browser. Begitu pun dengan jenis ekspedisi lain seperti J&T, Anteraja, SiCepat, dll. Semua jasa ekspedisi yang digunakan untuk mengirim paket Shopee bisa Anda lacak keberadaannya dari nomor resi.

1. J&T

Jika mendapatkan resi baru dan diketahui barang diantarkan menggunakan J&T, lakukan pelacakan melalui web resminya dengan mengikuti tutorial di bawah ini.

  1. Pertama, buka browser terlebih dahulu, kemudian kunjungi alamat berikut https://jet.co.id/track.
  2. Masukkan nomor resi pada text box yang sudah disediakan. Pastikan tidak typo saat memasukkan datanya.
  3. Selanjutnya, klik pada tombol Search.
  4. Input captcha sesuai dengan yang terlihat di layar.
  5. Berikutnya, informasi riwayat perjalanan paket akan ditampilkan.

2. JNE

JNE menjadi salah satu ekspedisi yang cukup sering digunakan Shopee untuk meneruskan pengiriman paket dari luar negeri setelah sampai ke Indonesia. Cara untuk melacak resinya juga sangat mudah, silakan perhatikan di bawah ini.

  1. Kunjungi alamat berikut ini https://www.jne.co.id/id/tracking/trace di browser.
  2. Masukkan nomor resi pada kotak yang sudah tersedia, Anda juga bisa memasukkan lebih dari satu nomor resi.
  3. Kalau sudah, klik pada tombol Search.
  4. Di bagian bawah akan ditampilkan nomor resi dan ringkasan datanya, klik pada nomor resi untuk menampilkan detailnya.
  5. Anda dapat mengetahui detail perjalanan paket di bagian tersebut.

3. Sicepat

Terakhir, Anda juga bisa mengecek resi paket luar negeri yang dikirimkan menggunakan Sicepat melalui browser. Cara cek resi Sicepat selengkapnya bisa disimak di bawah ini.

  1. Pertama, buka browser terlebih dahulu. Kemudian masuk ke alamat berikut ini https://www.sicepat.com/checkAwb.
  2. Masukkan nomor resi di kolom “No resi”.
  3. Jika ingin memasukkan lebih dari 3 nomor resi, klik pada tombol Tambah Resi.
  4. Kalau sudah memasukkan semua resi yang akan dicek, klik pada tombol Lacak.
  5. Klik pada nomor resi yang dimaksud untuk menampilkan detail informasinya.

Bagi sebagian orang, melakukan tracking resi pengiriman barang merupakan hal yang penting. Terutama oleh mereka yang baru pertama kali memesan barang dari luar negeri. Rasa khawatir akan kondisi dan keberadaan barang, hingga ketakutan barang lama sampai dapat diatasi dengan cek resi.

Oleh karena itu, dengan melakukan lacak paket Shopee barang lokal maupun dari luar negeri melalui cara-cara di atas diharapkan bisa membantu Anda memantau keberadaan barang. Jadi kini tak perlu was-was lagi barang hilang ataupun tidak sampai.

Baca Juga: Mengenal Shopee Affiliate dan Keuntungannya

Punya

Ratusan / Ribuan

Kiriman Setiap Hari?

Satu platform, beragam layanan pengiriman dan logistik

Web Dashboard

Pergudangan & Pengemasan

Dilengkapi Kurir Instant

Plugin Pengiriman

Integrasi API Pengiriman

Mendukung beragam layanan pengiriman

GojekJNEJNTTIKI

Terintegrasi dengan channel marketplace

TokopediaLazadaTiktokShopee

Mau Pengiriman Jadi Jauh Lebih Efektif?

Dapatkan potongan harga untuk pengiriman lebih banyak, #kirimlebihbanyak bersama Biteship!