Simak! Cara Membatalkan Pesanan di Shopee Mudah Anti Ribet

Simak! Cara Membatalkan Pesanan di Shopee Mudah Anti Ribet

Apakah Anda pernah membeli suatu barang di aplikasi marketplace terbesar Shopee, tapi ternyata setelah check out Anda tidak tertarik atau salah membelinya? Sehingga, ingin sekali membatalkan pesanan yang sudah terlanjur. Tenang, kami akan memberikan cara membatalkan pesanan di Shopee dengan mudah.

Salah satu cara membatalkan setiap pesanan yang ada di aplikasi Shopee, yakni langsung melalui persetujuan sang penjual. Selain itu, pembeli hanya bisa mengajukan proses retur barang satu kali untuk setiap pesanan. Untuk lebih lanjut, silahkan simak caranya di bawah ini!

Sekilas Tentang Aplikasi Shopee

Shopee adalah aplikasi toko online yang memudahkan Anda untuk berbelanja, menemukan, dan menjual produk atau layanan apa pun di mana saja. Shopee juga membantu penjual lebih mudah memamerkan produknya, membantu pembeli bertransaksi, dan berinteraksi dengan penjual dengan fitur live chat.

Selain itu, Shopee juga merupakan sarana jual beli online yang menawarkan berbagai jenis barang, seperti fashion, snack, elektronik, perkakas, dan mobil. Shopee pun telah terintegrasi langsung dengan layanan pengiriman serta pembayaran yang membuat belanja online menjadi lebih mudah serta aman bagi pembeli dan penjual.

Dibandingkan platform marketplace lain, Shopee merupakan salah satu perusahaan marketplace termuda dan masih minim pengalaman. Namun, promosi yang kuat dapat memungkinkan e-commerce ini berdiri sejajar dengan pesaingnya yang sudah ada.

Kelebihan Aplikasi Shopee

Setiap marketplace online memiliki kelebihannya tersendiri, tak terkecuali aplikasi Shopee seperti berikut ini:

1. Cara Bertransaksi Mudah

Kelebihan pertama yakni aplikasi ini memudahkan pembeli dan penjual dalam melakukan transaksi. Penjual dan pembeli cukup membuat akun di Shopee, login, dan bisa langsung melakukan transaksi.

2. Menawarkan Affiliate

Aplikasi menawarkan fitur affiliate, yakni berbagi link setiap produk yang dijual di aplikasi ini pada platform media sosial. Nantinya, setiap transaksi melalui link yang sudah dibagikan, penjual akan memberikan komisi beberapa persen terhadap orang yang membagikan link tersebut.

3. Terdapat Fitur Live Chat

Aplikasi Shopee menawarkan fitur live chat, dimana pembeli bisa langsung chat kepada penjual tentang segala bentuk informasi barang yang akan dibeli, seperti persediaan barang, pengiriman, dan lain sebagainya.

4. Terdapat Beragam Metode Pembayaran

Saat ini aplikasi Shopee memiliki banyak sekali metode pembayaran yang memudahkan pembeli, seperti COD (Cash On Delivery), metode transfer bank, dan dompet digital.

5. Terdapat Gratis Ongkir

Yang membuat banyak orang melakukan belanja online di aplikasi Shopee adalah adanya gratis ongkir. Sehingga, membuat belanja bisa menjadi lebih hemat, dimana pembeli cukup membayar barang belanjaan saja.

3 Jenis Pembatalan Pesanan di Shopee

Setelah mengetahui apa itu Shopee serta kelebihannya, berikut ini beberapa jenis pembatalan pesanan yang biasanya terjadi di aplikasi ini: 

1. Pembatalan Secara Instan

Yang pertama yakni pembatalan pesanan secara instan, yakni pembatalan yang dilakukan oleh pembeli sebelum penjual mengatur pengiriman barang. Sehingga, tidak perlu menunggu respon penjual terlebih dahulu. 

Pembeli bisa memilih “Batalkan Pesanan” dan sistem secara otomatis membatalkan pesanan tanpa harus menunggu respon penjual terlebih dahulu. Namun, dengan catatan selama pembatalan dilakukan penjual belum mengatur pengiriman serta memasukan nomor resi.

2. Pembatalan Pesanan Otomatis

Pembatalan pesanan akan secara otomatis terjadi jika: 

  • Penjual belum mengatur pengiriman serta memasukan nomor resi dalam waktu “Masa Pengemasan (Dikirim Dalam)” yang sudah ditentukan. 
  • Penjual tidak login ke aplikasi Shopee selambatnya 7 hari sejak pembeli membayar pesanan barang.
  • Jika resi pengiriman tidak dikonfirmasi dalam waktu 2 hari setelah berakhirnya “periode pengepakan (pengiriman)”, sehingga barang tidak akan diberikan ke kurir.

3. Pembatalan Pesanan Non-Instan

Pembatalan jenis ini biasanya dilakukan oleh pembeli dengan menunggu respon dari si penjual terlebih dulu. Pembeli dapat memilih “Batalkan pesanan” serta menunggu respon penjual dalam waktu 24 jam setelah transaksi. Jika penjual tidak merespon, pesanan akan dibatalkan secara otomatis dalam waktu 24 jam.

Penjual berhak menolak permintaan pembeli untuk membatalkan pesanan dan melanjutkan proses pengiriman. Namun, pembeli tetap dapat membatalkan pengiriman setelah penjual mengatur pengiriman atau memasukkan nomor resi, kecuali jika paket telah diambil oleh layanan pengiriman.

Ketika dalam masa tunggu konfirmasi pembatalan dari penjual, supaya proses lebih cepat, kamu bisa menghubungi penjual melalui fitur chat. Namun, bila penjual tidak menyetujuinya atau tidak ada respon dan Anda tetap ingin membatalkan pesanan secepatnya, maka bisa meminta bantuan dari pihak Shopee.

Nantinya pihak Shopee akan membantu untuk membatalkan pesanan Anda. Asalkan alasan yang Anda berikan logis dan tidak melanggar aturan Shopee.

Cara Membatalkan Pesanan di Shopee dengan Mudah

Berikut ini cara membatalkan pesanan di Shopee yang bisa Anda ikuti jika Anda sudah terlanjur check out barang:

  • Pertama, Anda buka aplikasi Shopee. 
  • Lalu, klik menu Pesanan Saya. 
  • Setelah itu, Pilih menu Dikirim. Pilih pesanan yang ingin Anda batalkan. 
  • Scroll layar terus ke bawah hingga muncul klik tombol Batalkan Pesanan. 
  • Terakhir, Anda bisa menunggu beberapa saat sampai penjual menyetujui pembatalan pesanan yang Anda ajukan. Jika sudah disetujui, dana akan secara otomatis dikembalikan ke akun Shopee Anda dalam waktu 1×24 jam atau selama periode 7-14 hari tergantung pada metode pembayaran yang Anda pilih sebelumnya.

Cara Memeriksa Pesanan yang Dibatalkan di Shopee

Setelah berhasil mengajukan pembatalan pesanan, Anda pasti juga ingin melihat pesanan apa saja yang sudah Anda batalkan. Berikut caranya:

  • Sebelumnya, pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Shopee di perangkat smartphone.
  • Selanjutnya, Anda bisa membuka aplikasi Shopee dan login menggunakan akun Anda. 
  • Terakhir, Anda hanya perlu klik tab Pesanan Saya. Anda bisa memilih tampilkan rincian pembatalan. Lalu, Anda bisa cek status pembatalan yang tertera.

Alasan Kenapa Ada Pembatalan Pesanan di Aplikasi Shopee

Biasanya, pembatalan pesanan karena beberapa hal seperti berikut ini:

  • Penjual tidak menjawab chat dari pembeli
  • Permintaan dari penjual sendiri 
  • Pembeli ingin mengubah detail pesanan serta membuat yang baru
  • Penjual memiliki produk dengan review serta rating buruk dari pembeli sebelumnya
  • Penjual menghabiskan waktu yang cukup lama untuk mengirimkan pesanan
  • Penjual mencurigakan, karena mengajak transaksi di luar aplikasi Shopee
  • Pembeli mengubah pikiran untuk membeli barang tersebut 

Sudah Tahu Cara Membatalkan Pesanan di Shopee?

Demikian penjelasan singkat mengenai cara membatalkan pesanan di Shopee, jenis-jenis pembatalan, serta alasan mengapa terjadi pembatalan pesanan di aplikasi Shopee. Semoga penjelasan diatas bermanfaat dan menambah wawasan!

Punya

Ratusan / Ribuan

Kiriman Setiap Hari?

Satu platform, beragam layanan pengiriman dan logistik

Web Dashboard

Pergudangan & Pengemasan

Dilengkapi Kurir Instant

Plugin Pengiriman

Integrasi API Pengiriman

Mendukung beragam layanan pengiriman

GojekJNEJNTTIKI

Terintegrasi dengan channel marketplace

TokopediaLazadaTiktokShopee

Mau Pengiriman Jadi Jauh Lebih Efektif?

Dapatkan potongan harga untuk pengiriman lebih banyak, #kirimlebihbanyak bersama Biteship!