Cara Membuat Website Gratis untuk Pemula, Tak Perlu Coding!

Cara Membuat Website Gratis untuk Pemula, Tak Perlu Coding!
cara membuat website gratis

Pada era perkembangan teknologi saat ini, semakin banyak orang yang membutuhkan website untuk keperluan bisnis atau berbagi informasi. Namun, terkadang tidak semua orang memiliki modal untuk membuat website. Jika Anda tidak memiliki modal, tidak perlu khawatir, artikel ini akan menjelaskan cara membuat website gratis untuk pemula. 

7 Langkah Cara Membuat Website Gratis 

Berikut ini adalah cara-cara yang perlu Anda lakukan untuk membuat website gratis namun tetap terlihat profesional: 

1. Menentukan Jenis Website 

Cara membuat website gratis yang pertama adalah Anda perlu mengetahui terlebih dahulu tujuan pembuatan website. Berikut beberapa jenis website yang bisa Anda tentukan: 

  • Website pribadi: Jenis website yang berisi informasi tentang identitas online, contohnya seperti website portofolio, website yang berisi konten opini atau pengalaman sehari-hari.
  • Website sekolah: Jenis website yang berguna untuk memuat informasi yang berkaitan dengan sekolah, seperti informasi pendaftaran, fasilitas, dan kegiatan sekolah.
  • Platform toko online: Jenis website yang berisi konten tentang informasi produk, harga, serta halaman yang memudahkan proses transaksi secara online.
  • Company profile: Jenis website yang berisi tentang informasi perusahaan, mulai dari kontak, produk atau layanan, dan lain sebagainya.
  • Website portal berita: Jenis website yang memuat konten berita, mulai dari berita daerah hingga nasional dengan berbagai topik menarik. 
  • Website instansi: Jenis website yang berisi informasi publik yang mana pihak pemerintahan manfaatkan untuk menyampaikan suatu pengumuman kepada masyarakat. Misalnya informasi tentang program kerja, rencana anggaran, dan lain sebagainya.

Itulah beberapa contoh jenis website yang perlu Anda tentukan terlebih dahulu sebagai langkah awal sebelum membuat web. 

2. Mendapatkan Hosting dan Domain Gratis 

Langkah selanjutnya adalah Anda harus mencari perusahaan yang menyediakan layanan hosting dan domain gratis. Namun, kekurangan dari layanan yang gratis yaitu hanya memiliki bandwidth dan disk space yang terbatas, sehingga tidak cocok bagi Anda yang ingin membuat website dengan resource besar. 

3. Install WordPress 

Selanjutnya, setelah Anda mendapatkan hosting dan domain gratis, cara membuat website gratis selanjutnya adalah menginstal WordPress. Terdapat banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk menginstal WordPress, contohnya melalui area panel pada sejumlah provider layanan hosting

Namun, karena hosting yang mereka tawarkan bersifat gratis, maka sudah pasti Anda hanya mendapatkan jumlah bandwidth yang terbatas, sehingga menyebabkan proses instalasi akan memakan waktu yang cukup lama. Hal tersebut tentu akan menurunkan performa bisnis Anda. 

Baca Juga: Panduan Lengkap Membuat Konten Website yang Menarik untuk Pemula

4. Install Tema Situs Web 

Lanjutkan cara membuat website gratis dengan menginstal tema melalui WordPress untuk memudahkan dalam pembuatan desain, sehingga tampilan website Anda bisa lebih menarik. Pastikan Anda memilih tema yang menarik dan sesuai dengan kebutuhan bisnis, sehingga pengunjung lebih nyaman saat mengunjungi website Anda. 

5. Install Plugin Situs Web

Setelah menginstal tema website, Anda juga perlu menginstal plugin. Bagi Anda yang belum familiar, plugin merupakan software atau tool untuk menambahkan fungsi pada website. Lakukan instalasi plugin melalui WordPress dengan langkah berikut: 

  1. Klik menu navigasi kemudian Plugins > Add New.
  2. Pilih plugin mana saja yang ingin Anda install sesuai kebutuhan website.

Beberapa plugin penting yang perlu Anda install antara lain: 

  • Yoast SEO: Berguna untuk memudahkan optimasi performa SEO pada mesin pencarian sehingga akan menarik pengunjung website dalam jumlah yang lebih banyak.
  • LiteSpeed Cache: Berguna untuk mempercepat durasi loading pada halaman website.
  • Akismet Anti-Spam: Berguna untuk mencegah adanya serangan spam pada blog atau website

6. Membuat Postingan Pertama pada Website 

Setelah menyelesaikan cara membuat website gratis sebelumnya, Anda sudah bisa mulai menerbitkan postingan pertama pada website Anda. Berikut cara yang bisa Anda aplikasikan: 

  1. Masuk ke menu navigasi, lalu klik Posts > Add New. Nantinya, Anda akan melihat editor blog dengan berbagai fitur yang bisa Anda sesuaikan dengan isi konten.
  2. Kemudian, buatlah judul postingan terlebih dahulu, lalu tulis konten pada area yang tersedia.
  3. Jika Anda ingin mengubah format teks, maka Anda bisa menggunakan opsi toolbar yang mana penggunaannya hampir sama dengan Microsoft Word. 
  4. Pada sebelah sisi kanan halaman, Anda akan melihat beberapa tombol dan kolom yang berfungsi untuk mengatur postingan Anda. 

7. Optimasi Website 

Cara membuat website gratis yang tidak kalah penting adalah melakukan optimasi pada website, baik dari sisi ranking mesin pencarian maupun kecepatannya. Lantas, apa saja yang perlu Anda lakukan? Berikut ini penjelasannya:

  • Install plugin caching: Plugin tersebut berfungsi untuk membuat website dalam versi statis, sehingga proses loading akan lebih cepat.
  • Optimasi gambar: Gambar yang Anda upload ke website perlu dikompres terlebih dahulu untuk mempercepat proses loading.
  • Optimasi permalink: Langkah ini berfungsi agar konten Anda menjadi salah satu konten yang disukai Google karena mengandung judul atau keyword yang mengandung permalink

Baca Juga: Tips SEO agar Traffic Website Meningkat untuk Pemula

Kelebihan dan Kekurangan Website Gratis 

Setelah mengetahui cara membuat website gratis, ketahui apa saja kelebihan dan kekurangan menggunakan website gratis di bawah ini:

1. Kelebihan Website 

Berikut beberapa kelebihan website gratis yang perlu Anda ketahui: 

  • Hemat biaya: Website yang gratis tentu akan meminimalisir pengeluaran bisnis Anda. Hal tersebut tentu cocok bagi Anda yang ingin memulai bisnis kecil dan masih memiliki anggaran terbatas.
  • Berguna untuk proses testing: Situs web gratis juga bermanfaat untuk Anda yang ingin melakukan tahap testing atau pengujian sebelum memutuskan untuk lanjut menggunakan hosting berbayar. 

2. Kekurangan Website 

Berikut beberapa kekurangan yang bisa Anda pertimbangkan sebelum membuat website gratis: 

  • Server tidak stabil: Pada umumnya, layanan penyedia hosting akan menyediakan satu server untuk banyak website gratis sekaligus. Hal tersebut tentu akan mempengaruhi performa website sehingga bisa menurun kapan pun.
  • Keamanan kurang terjamin: Hosting gratis pada umumnya tidak menyediakan fitur perlindungan keamanan yang memenuhi standar. Akibatnya, website Anda kemungkinan akan lebih mudah terkena serangan hacker
  • Nama domain kurang profesional: Jika Anda menggunakan hosting gratis, maka kemungkinan hanya diberi kebebasan untuk memilih third level domain atau bukan domain utama. Hal tersebut tentu membuat nama website Anda menjadi kurang profesional.
  • Resource terbatas: Website gratis juga memiliki kekurangan berupa keterbatasan ruang penyimpanan sehingga menyebabkan Anda tidak bisa mengunggah file dalam kapasitas besar ke website

Baca Juga: 7 Tampilan Toko Online dari Website Inspiratif Terbaik

Sudah Siap Mencoba Cara Membuat Website Gratis

Demikian penjelasan artikel ini dalam membahas cara membuat website gratis yang mudah, praktis, dan cocok untuk pemula. Harapannya, Anda yang masih di tahap belajar membuat website bisa lebih mudah melakukan pengujian atau testing sebelum implementasi ke website berbayar. 

Gunakan platform website gratis yang populer dan mudah digunakan, seperti WordPress.com, Blogger, atau Wix. Setelah itu, buat konten yang informatif, menarik, dan relevan dengan audiens target Anda. Teruslah eksplorasi dan belajar hingga Anda siap memperluas atau meningkatkan performa website Anda.

Punya

Ratusan / Ribuan

Kiriman Setiap Hari?

Satu platform, beragam layanan pengiriman dan logistik

Web Dashboard

Pergudangan & Pengemasan

Dilengkapi Kurir Instant

Plugin Pengiriman

Integrasi API Pengiriman

Mendukung beragam layanan pengiriman

GojekJNEJNTTIKI

Terintegrasi dengan channel marketplace

TokopediaLazadaTiktokShopee

Mau Pengiriman Jadi Jauh Lebih Efektif?

Dapatkan potongan harga untuk pengiriman lebih banyak, #kirimlebihbanyak bersama Biteship!