Cara Meminimalisir Kesalahan Penulisan Alamat Pengiriman

Cara Meminimalisir Kesalahan Penulisan Alamat Pengiriman
kesalahan penulisan alamat

Saat mengirimkan barang, pastikan tidak ada kesalahan penulisan alamat. Ini penting untuk Anda lakukan agar paket dapat sampai ke lokasi penerima tepat waktu sehingga terhindar dari kendala yang tidak diharapkan.

Maka dari itu, pada artikel ini akan dibahas seputar pentingnya menghindari adanya kesalahan alamat pengiriman dan bagaimana tips penulisan alamat yang benar.

Pentingnya Menghindari Kesalahan Penulisan Alamat Pengiriman

Menulis alamat pengiriman secara tepat merupakan hal yang sangat penting. Tujuannya tidak lain agar proses pengiriman barang dapat berjalan lancar serta efisien. Saat alamat pengiriman tidak sesuai, kemungkinan barang yang dikirim malah sampai ke alamat orang lain. Kondisi ini berpotensi merugikan penjual maupun pembeli.

Beberapa akibat yang terjadi ketika pengiriman barang mengalami kesalahan pada alamat pengiriman yaitu:

Barang Tidak Sampai Alamat yang Diinginkan

Akibat yang pertama sudah jelas kemungkinan barang atau paket tidak sampai ke lokasi yang diinginkan. Bisa jadi barang malah tertahan di warehouse atau malah dikembalikan ke pengirim. Akibatnya, perlu biaya tambahan untuk melakukan pengiriman ulang.

Untuk beberapa kasus, barang malah hilang ketika sampai ke pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab. Ini akan mengakibatkan masalah lebih lanjut seputar penggantian maupun pengembalian barang.

Memperlambat Proses Pengiriman

Penulisan alamat yang tidak sesuai berpotensi akan menghambat proses pengiriman. Perusahaan jasa pengiriman kemungkinan harus melakukan pengecekan ulang maupun menghubungi pihak pengiriman untuk memperoleh klarifikasi. Proses tersebut akan menyebabkan waktu pengiriman menjadi tertunda.

Tentu saja ini akan sangat merugikan ketika barang yang dikirim mendesak atau punya tenggat waktu tertentu. Keterlambatan yang berlangsung juga bisa merusak reputasi bisnis, khususnya ketika pelanggan merasa kecewa atas pelayanan jasa pengiriman.

Ketidakpuasan Pelanggan

Ketika pembeli atau pengirim menuliskan alamat yang salah dan barang mengalami keterlambatan, kemungkinan besar akan mengakibatkan ketidakpuasan pelanggan. Barang yang sudah diharapkan sampai ternyata mengalami penundaan atau bahkan hilang.

Pelanggan pun merasa tidak puas serta kehilangan kepercayaan, baik kepada penjual maupun pengirim. Pada jangka panjang, kondisi tersebut akan berdampak negatif terhadap relasi bisnis serta loyalitas pelanggan.

Itulah mengapa sangat penting agar alamat pengirim benar-benar ditulis secara tepat serta jelas. Lakukan pengecekan kembali alamat pengiriman sebelum barang siap dikirim. Terdengar sederhana, namun langkah tersebut sangat penting agar masalah salah alamat bisa dihindari.

Baca juga: Cara Menulis Alamat Paket dengan Benar

Cara Mengurangi Kesalahan Penulisan Alamat Pengiriman

Beberapa tips penting untuk menurunkan risiko kesalahan dalam menulis alamat pengirim yaitu:

Tulis Nama Penerima & Pengirim Secara Jelas

Langkah pertama, Anda perlu menuliskan alamat penerima serta alamat pengirim secara jelas. Perlu Anda pastikan bahwa nama yang Anda cantumkan jelas (bukan nama singkat atau alias). Hindari menulis nama secara singkat karena berpotensi mengakibatkan kesalahan saat mengirim barang.

Tulis Alamat Lengkap dengan Nama Dusun & Kode Pos

Selain penulisan nama penerima serta pengirim secara jelas dan lengkap, Anda juga harus memperhatikan alamat tujuan. Penulisannya juga harus jelas dan lengkap. Jika perlu, Anda harus mencantumkan nomor rumah, kecamatan, nama kelurahan, sampai kode kos.

Semakin lengkap penulisan alamat, akan memudahkan pihak ekspedisi dalam mengirimkan barang ke lokasi penerima. Pada akhirnya, risiko kesalahan penulisan alamat pun akan dapat diminimalisir.

Menyertakan Informasi Tambahan

Jika alamat penerima lokasinya di apartemen, kompleks perumahan, maupun gedung perkantoran maka terkadang perlu memasukkan informasi tambahan. Informasi yang harus Anda cantumkan seperti nomor unit, nomor blok, atau lantai. Langkah tersebut akan memudahkan kurir menemukan lokasi dengan mudah.

Periksa Kembali Alamat Pengiriman Sebelum Mengirim

Sebelum melakukan pengiriman paket, akan lebih baik Anda meluangkan waktu untuk mengecek kembali alamat pengiriman yang sudah ditulis. Anda perlu memastikan bahwa tidak ada kesalahan dalam penulisan ejaan, nomor, dan sebagainya.

Anda juga perlu memeriksa kode pos yang sebelumnya Anda cantumkan apakah benar atau sebaliknya. Kesalahan dalam penulisan kode pos bisa jadi menjadi penyebab paket akan diarahkan menuju daerah atau lokasi yang berbeda.

Gunakan Label Pengiriman dari Jasa Ekspedisi

Menghindari kesalahan penulisan alamat pengiriman juga dapat Anda lakukan dengan menggunakan label pengiriman. Label tersebut biasanya Anda dapatkan dari jasa ekspedisi dan Anda tinggal menempelkannya ke paket.

Label tersebut memuat informasi yang dibutuhkan serta diatur pada format yang memudahkan orang membacanya. Memakai label pengiriman efektif untuk mengurangi adanya kesalahan dalam penulisan alamat.

Pastikan Nomor Telepon Aktif

Sangat perlu juga untuk memasukkan nomor telepon pada saat menulis alamat. Namun pastikan juga bahwa nomor telepon tersebut aktif serta bisa dihubungi. Biasanya, ketika kurir akan sampai ke lokasi tujuan, penerima barang/paket akan mendapatkan telepon terlebih dahulu.

Bisa juga kurir yang mengalami kesulitan dalam menemukan alamat penerima akan menelepon untuk mendapatkan konfirmasi alamat lebih lanjut. Maka dari itu, nomor yang Anda cantumkan pastikan aktif serta mudah dihubungi.

Baca juga: Cara Mengetahui Nomor Kurir JNE yang Mengirim Paket Anda

Urutan Alamat yang Benar untuk Pengiriman Barang

Melalui WA

Jika menggunakan WhatsApp, format yang Anda berikan yaitu:

  • Jalan:
  • Kelurahan:
  • Kecamatan:
  • Kota/Kab:
  • Prov:
  • Kode Pos:

Melalui Website

Jika ternyata melalui website, silakan Anda menggunakan checkout page yang sudah dilengkapi dengan fitur Maps API sehingga pembeli bisa mencari lokasi secara akurat seperti saat Anda menggunakan plugin dari Bietship.

Tahu Meminimalisir Kesalahan Penulisan Alamat Pengiriman?

Dengan memahami penulisan alamat secara tepat, paket akan sampai ke tempat tujuan secara tepat waktu. Jika Anda memiliki toko online dan ingin memaksimalkan proses pengiriman barang, Anda dapat memanfaatkan plugin dari Biteship.

Biteship menawarkan fitur canggih bernama Maps API. Fitur tersebut sudah terstandarisasi sehingga memungkinkan informasi seputar alamat akan ditampilkan secara akurat. Jadi barang yang dikirimkan akan sampai ke penerima dengan tepat dan selamat. Info lebih lanjut, Anda dapat langsung mengakses website Biteship.

Punya

Ratusan / Ribuan

Kiriman Setiap Hari?

Satu platform, beragam layanan pengiriman dan logistik

Web Dashboard

Pergudangan & Pengemasan

Dilengkapi Kurir Instant

Plugin Pengiriman

Integrasi API Pengiriman

Mendukung beragam layanan pengiriman

GojekJNEJNTTIKI

Terintegrasi dengan channel marketplace

TokopediaLazadaTiktokShopee

Mau Pengiriman Jadi Jauh Lebih Efektif?

Dapatkan potongan harga untuk pengiriman lebih banyak, #kirimlebihbanyak bersama Biteship!