Tutorial Cara Mengubah Tema Shopify yang Mudah Anda Ikuti

Tutorial Cara Mengubah Tema Shopify yang Mudah Anda Ikuti
Cara berjualan di Shopify

Bagaimana cara mengubah tema Shopify? Melakukan penggantian tema di Shopify dapat menjadi langkah penting untuk menghadirkan pengalaman online shop yang sesuai identitas brand dan kebutuhan bisnis.

Akan tetapi beberapa pengguna Shopify, terutama pengguna baru masih belum tahu bagaimana cara mengganti tema di platform tersebut. Maka dari itu, lewat artikel ini akan dijelaskan lengkap bagaimana tutorial yang tepat.

Apa Itu Tema Shopify?

Tema Shopify merupakan tata letak atau template yang bisa Anda gunakan untuk membangun maupun mendesain online shop melalui platform Shopify. Tema tersebut akan menentukan seperti apa tampilan visual serta pengalaman para pengguna yang mengakses toko online.

Selain berkaitan dengan tata letak, tema Shopify juga berhubungan dengan warna, tipografi, maupun elemen desain yang lain. Shopify memiliki beragam jenis tema baik tema gratis dan berbayar. Masing-masing tema di Shopify juga dirancang agar bisa responsif. 

Maksudnya, tema tersebut bisa menyesuaikan dengan berbagai macam ukuran layar baik untuk perangkat desktop, mobile, atau tablet. Dengan begitu pengalaman pengguna yang berbelanja di toko online tetap optimal meskipun mengaksesnya dari beragam perangkat yang berbeda.

Baca juga: Tutorial Cara “Add Text” di Check Out Page Shopify Termudah

Kenapa Tema Website Penting Diupdate Secara Berkala?

Sebelum membahas cara mengubah tema Shopify, Anda perlu tahu beberapa alasan mengapa Anda harus mengganti tema secara berkala. Melakukan update tema website secara berkala memberikan banyak manfaat, baik segi fungsionalitas, estetika, atau keberlanjutan bisnis. 

Berikut beberapa alasan mengapa tema website perlu Anda perbarui berkala.

Meningkatkan Pengalaman Pengguna

Pengalaman pengguna menjadi aspek krusial di dalam sebuah website. Saat Anda masih menggunakan tema lama dan cenderung tidak ingin menggantinya, tidak sedikit pengguna merasa bosan maupun malah terganggu dengan visual tema yang terkesan monoton.

Ketika Anda update tema secara berkala, para pengguna akan memperoleh suasana baru saat mengunjungi situs Anda. Tema lebih modern serta intuitif juga bisa meningkatkan navigasi maupun kemudahan pengguna.

Memanfaatkan Teknologi Baru

Teknologi website akan terus mengalami perkembangan. Biasanya tema baru mempunyai fitur maupun teknologi baru dan lebih canggih. Saat Anda memutuskan mengganti tema, website Anda bisa memanfaatkan fitur maupun teknologi terbaru tersebut sehingga performa dan keamanan meningkat.

Misalnya, untuk tema lebih baru cenderung lebih responsif serta kompatibel dengan beragam perangkat mobile. Mungkin saja tema tersebut juga memungkinkan proses loading halaman lebih cepat. Ini sesuai dengan kebutuhan para pengguna yang selalu menuntut akses tinggi.

Mengatasi Kendala Teknis

Seiring berjalannya waktu, kemungkinan tema lama mulai menunjukkan masalah teknis. Masalah yang umum terjadi misalnya bug maupun ketidaksesuaian antara tema dengan plugin serta pembaruan software. Kondisi tersebut dapat menjadi sebab performa situs yang menurun dan berakibat pada pengalaman pengunjung website yang buruk.

Solusi dari masalah tersebut adalah dengan mengganti tema. Ketika Anda melakukannya, Anda bisa memastikan bahwa website Anda tetap berjalan lancar dan aman. Bukan hanya itu, tema baru juga biasanya menawarkan pembaruan dari sisi keamanan lebih baik sehingga melindungi website dari potensi gangguan siber.

Baca juga: Cara Install Plugin Pengiriman dan Cek Ongkir di Shopify

Begini Cara Mengubah Tema Shopify

Terdapat beberapa langkah teknis untuk bisa mengganti tema di Shopify. Berikut pembahasan lengkapnya.

Langkah 1: Masuk ke Dashboard Shopify

Sebagai langkah pertama, Anda perlu login terlebih dahulu di Shopify. Setelah itu Anda akan diarahkan menuju dashboard utama.

Langkah 2: Mengakses Homepage

Ketika Anda sudah berada di dashboard, sekarang Anda pilih Online Store yang terdapat di sebelah kiri. Lanjutkan dengan mengeklik Themes. Pada bagian ini, Anda bisa melihat tema apa yang sedang aktif atau digunakan saat itu dan opsi untuk mengubahnya.

Langkah 3: Tambahkan Tema Baru

Terdapat dua cara untuk bisa menambahkan tema baru, di antaranya:

  • Pilih dari Shopify Theme Store: caranya dengan mengeklik Explore Free Themes untuk mendapatkan tema gratis. Bisa juga dengan memilih Visit Theme Store agar bisa melihat tema berbayar. Ketika Anda sudah menemukan tema yang pas, pilih Add to Theme Library
  • Upload Tema Anda: opsi yang kedua berlaku ketika Anda mempunyai tema yang sudah dibeli maupun tema yang Anda kustomisasi dari sumber lain. Klik opsi Upload Theme lalu pilih file .zip dari PC atau laptop

Langkah 4: Preview Tema

Cara mengubah tema Shopify selanjutnya adalah melakukan previews terlebih dahulu. Sebelum Anda yakin untuk menggunakan tema tersebut, pastikan Anda melakukan pratinjau terlebih dahulu. Caranya klik Actions pada sebelah tema yang akan Anda uji lalu klik Previews.

Cara tersebut memungkinkan Anda mengetahui seperti apa tampilan tema baru jika sudah diaplikasikan di toko Anda. Tidak perlu khawatir ini hanya preview jadi tampilan tema toko Anda masih tetap yang lama sebelum Anda pilih Publish.

Langkah 5: Publikasikan Tema

Ketika Anda sudah selesai melakukan preview dan ternyata temanya cocok untuk Anda terapkan, maka sekarang waktunya menerapkan tema tersebut. Caranya yaitu pilih menu Actions lalu klik Publish.

Biasanya Shopify meminta konfirmasi terlebih dahulu. Jika Anda benar-benar yakin, maka tinggal pilih Yes dan tema pun akan segera berganti dengan tema baru.

Baca juga: Shipping Gateway Indonesia: Cara Kerja & Manfaatnya untuk Bisnis

Sudah Paham Cara Mengubah Tema Shopify?

Itulah cara mengubah tema Shopify. Dengan mengganti tema Shopify secara berkala, toko Anda akan selalu terlihat fresh dan memberi pengalaman terbaik bagi pengunjung yang mengaksesnya. Jika Anda ingin semakin memudahkan proses penjualan di Shopify, Anda bisa memanfaatkan layanan yang ditawarkan Biteship.

Di sini Anda cukup mengaktifkan fitur pengiriman instan lewat plugin Biteship. Langkah tersebut akan memudahkan Anda untuk menjangkau konsumen dengan jarak dekat serta punya kebutuhan mendesak. 

Selain itu, tambahkan juga Xendit sebagai opsi pembayaran di toko Anda sehingga metode pembayaran semakin beragam dan memudahkan pelanggan.

Punya

Ratusan / Ribuan

Kiriman Setiap Hari?

Satu platform, beragam layanan pengiriman dan logistik

Web Dashboard

Pergudangan & Pengemasan

Dilengkapi Kurir Instant

Plugin Pengiriman

Integrasi API Pengiriman

Mendukung beragam layanan pengiriman

GojekJNEJNTTIKI

Terintegrasi dengan channel marketplace

TokopediaLazadaTiktokShopee

Mau Pengiriman Jadi Jauh Lebih Efektif?

Dapatkan potongan harga untuk pengiriman lebih banyak, #kirimlebihbanyak bersama Biteship!