Cara Retur Barang di Lazada, Tidak Perlu Panik saat Belanja Online

Cara Retur Barang di Lazada, Tidak Perlu Panik saat Belanja Online

Banyak orang yang masih ragu untuk belanja barang secara online karena tidak bisa melihat barang secara langsung. Padahal, jika barang tidak cocok atau ada kerusakan, Anda bisa lakukan pengembalian. Contohnya seperti cara retur barang di Lazada yang bisa bantu belanja online lebih nyaman. Penasaran? Yuk, simak penjelasan ini!

Kebijakan Pengembalian Produk di Lazada

Walaupun sebenarnya Anda bisa mengembalikan barang jika tidak sesuai, namun ada kebijakan yang Lazada buat agar dapat melindungi kedua sisi. Barang yang ingin Anda kembalikan harus memenuhi beberapa kebijakan, seperti:

1. Barang dalam Periode Konfirmasi Pesanan

Secara singkat, periode konfirmasi pesanan adalah ketika barang yang Anda pesan sudah sampai, namun Anda belum menekan “Konfirmasi Pesanan” di aplikasi Lazada. Jangka waktu ini memang e-commerce berikan pada pelanggan untuk melakukan pengecekan kondisi barang.

Sehingga selama periode ini pelanggan bisa memastikan produk yang ia beli sudah sesuai pesanan. Umumnya, periode konfirmasi ini berkisar 3 x 24 jam hingga 15 x 24 jam.

2. Jenis Toko yang Bisa Mengajukan Pengembalian

Sebenarnya cara retur barang di Lazada dalam artikel ini, bisa Anda gunakan untuk segala jenis toko. Mulai dari MP Lokal, LazMall Lokal, MP Luar Negeri, hingga LazzMall Luar Negeri. Hal yang berbeda hanya periode konfirmasi yang Anda terima saja.

Persyaratan Pengembalian Barang

Selain beberapa kebijakan di atas, sebelum Anda menjalankan proses pengembalian ada beberapa syarat yang harus Anda persiapkan. Cakupan persyaratan tersebut meliputi hal-hal berikut ini:

  • Menyertakan bukti pembelian berupa nomor pesanan, faktur pembelian, resi pengiriman, dan sebagainya. Anda bisa melakukan screenshot pada bukti pembelian yang ada dalam aplikasi.
  • Memilih metode pengembalian barang. Lazada menyediakan layanan pengembalian Drop Off yang memungkinkan Anda mengembalikan barang ke jasa pengiriman yang sama dengan menunjukkan nomor resi pengembalian. 

Resi pengembalian ini bisa Anda dapatkan melalui pengisian formulir pengembalian.

  • Menyertakan alasan pengembalian yang sah. Biasanya, hal ini terkait pemilihan alasan yang tersedia dan terbukti, serta masih dalam masa konfirmasi pesanan.
  • Pengiriman kembali ditujukan ke alamat yang tercantum dalam formulir pengembalian. Jadi, Anda bisa mengisi formulir dan sistem akan menunjukkan alamat pengembaliannya pada formulir Anda.
  • Jika Anda hendak mengembalikan produk perangkat pintar yang sudah Anda pasangkan kata sandi, ada baiknya Anda mengembalikan ke mode dan setelan pabrik. Atau sertakan kata sandi yang Anda gunakan.

Cara Retur Barang di Lazada

Jika Anda sudah memenuhi kebijakan dan menyiapkan semua persyaratan yang ada. Maka, berikut cara pengembalian yang bisa Anda coba ikuti:

  • Langkah pertama, cari pesanan dari barang yang ingin Anda kembalikan dengan membuka aplikasi atau website Lazada. Pesanan berada pada menu “Lihat Semua Pesanan” yang ada dalam opsi akun dalam aplikasi Lazada yang Anda gunakan.
  • Setelah membuka menu tersebut dan menemukan pesanan, buka pesanan lalu cari menu “Pengembalian Saya”. Lalu, temukan opsi “Saya ingin Mengembalikan Produk”.
  • Setelah memilih opsi tersebut, sistem akan membuka opsi alasan pengembalian yang bisa Anda sesuaikan dengan alasan yang terjadi pada produk tersebut.
  • Tambahkan keterangan dan bukti yang jelas untuk mendukung alasan tersebut. Sertakan beberapa foto kongkrit yang berhubungan dengan alasan Anda mengembalikan produk yang Anda beli sebelumnya.
  • Jika Anda sudah melalui cara retur barang di Lazada ini, sistem akan mengarahkan Anda untuk memilih metode pengembalian dana. Anda bisa memilih pengembalian dana melalui transfer Bank atau dengan voucher belanja senilai harga barang saat Anda membelinya.
  • Pastikan angka sudah sesuai dengan jumlah saat Anda membeli, sebelum melanjutkan ke proses berikutnya. Simak seluruh detail pengembalian dana sebelum melakukan konfirmasi.
  • Setelah itu, Anda bisa memilih bagaimana metode pengembalian barang  atau “Kurir Pick Up” yang ingin Anda gunakan. Anda bisa memilih penjemputan barang dan juga drop off secara gratis maupun berbayar sesuai ketentuan yang berlaku.
  • Setelah Anda memastikan seluruh persyaratan dan prosedur sudah sesuai, Anda bisa pilih opsi “Lanjutkan” untuk melakukan konfirmasi.
  • Jika formulir telah terisi sempurna, Anda bisa memilih “Kirimkan”, lalu tunggu hingga ada notifikasi berhasil dikirim. 
  • Tunggu kurir atau kirim barang sesuai prosedur pengembalian yang Anda pilih. Lalu, tunggu hingga Anda mendapatkan tanggapan dari pihak Lazada.
  • Jika alasan dan bukti sesuai dan dapat diterima, Anda tinggal menunggu dana Anda kembali melalui pilihan metode yang Anda gunakan.
  • Hubungi customer service Lazada jika ada keluhan atau kendala lainnya.

Cara Retur Barang di Lazada untuk Barang COD

Sebenarnya caranya tak jauh berbeda dengan yang sebelumnya. Namun, dalam prosedur pengembalian ada beberapa ketentuan, seperti:

  • Pastikan barang sudah Anda bayar ke kurir sebelum Anda membuka paket. 
  • Jika Anda belum membayar, pengembalian tidak akan bisa di proses.
  • Pastikan Anda meminta kurir untuk stay di lokasi saat Anda membuka paket dan memeriksanya.
  • Jika Anda merasa aneh dengan ukuran paket dan deskripsinya, minta kurir untuk melakukan pembatalan pesanan dan pengembalian retur.
  • Barang yang pihak Lazada terima adalah yang belum dibuka, masih dalam segel, dan barang belum digunakan.
  • Kurir akan membantu Anda dalam pembatalan transaksi COD. 
  • Anda juga bisa langsung membatalkan pesanan melalui menu pembatalan yang ada dalam opsi “Pesanan Saya”. Tentunya setelah proses pembayaran COD sudah Anda lakukan.
  • Pastikan transaksi COD yang Anda batalkan sesuai dengan deskripsi produk yang Anda tolak.
  • Seperti biasa, pilih alasan, metode pengembalian dana, dan pengiriman barang kembali.
  • Setelah itu, tunggu kabar dari pihak Lazada terkait status pembatalan dan pengembalian dana.
  • Hubungi customer service Lazada jika ada keluhan atau kendala lainnya.

Baca Juga: Simak! Cara Membatalkan Pesanan di Shopee Mudah Anti Ribet

Ingat! Kurir hanya membantu pengiriman paket sampai ke tujuan. Sedangkan masalah ketidakcocokan barang bukan selalu kesalahan kurir. 

Jadi, untuk pembatalan COD, mohon untuk membayar kurir terlebih dahulu sebelum pengembalian setelah pengecekan. Namun, jika Anda ragu sejak awal, jangan buka paket dan minta kurir mengembalikannya.

Sudah Tahu Bagaimana Cara Retur Barang di Lazada?

Nah, itulah beberapa kebijakan, persyaratan, dan cara retur barang di Lazada. Pastikan Anda menyiapkan persyaratan dan bukti kongkrit untuk mempermudah konfirmasi pihak Lazada. Jangan ragu untuk menghubungi Customer Service jika ada keluhan atau pertanyaan lebih lanjut!

Punya

Ratusan / Ribuan

Kiriman Setiap Hari?

Satu platform, beragam layanan pengiriman dan logistik

Web Dashboard

Pergudangan & Pengemasan

Dilengkapi Kurir Instant

Plugin Pengiriman

Integrasi API Pengiriman

Mendukung beragam layanan pengiriman

GojekJNEJNTTIKI

Terintegrasi dengan channel marketplace

TokopediaLazadaTiktokShopee

Mau Pengiriman Jadi Jauh Lebih Efektif?

Dapatkan potongan harga untuk pengiriman lebih banyak, #kirimlebihbanyak bersama Biteship!