Catat! Kebijakan Jadwal Libur Pengiriman 2024 yang Terbaru

Catat! Kebijakan Jadwal Libur Pengiriman 2024 yang Terbaru
jadwal libur pengiriman 2024

Tahukah Anda? Meskipun distribusi barang kerap dilakukan pada tanggal merah, tetapi jadwal libur pengiriman 2024 ternyata dapat bersifat fleksibel. Biasanya, jasa ekspedisi akan melakukan penyesuaian jadwal dan operasional perusahaan terhadap kebijakan libur nasional yang telah ditetapkan oleh pemerintah sebelumnya. 

Kendati demikian, ada beberapa pihak ekspedisi yang tetap membuka pelayanan dan terus melakukan pengiriman setiap hari. Namun, ada pula yang turut menerapkan jadwal libur bagi karyawannya. Lantas, bagaimana kebijakan hari libur pengiriman oleh jasa ekspedisi ternama di Indonesia yang terbaru? Simak artikel selengkapnya!     

Bagaimana Kebijakan Jadwal Libur Pengiriman 2024

Pemerintah telah resmi merilis ketetapan hari libur nasional dan cuti bersama untuk kalender 2024. Saat sebagian kantor pelayanan tutup, beberapa perusahaan ekspedisi kelas atas Indonesia justru tetap beroperasi. Walaupun masih melakukan pelayanan, jasa ekspedisi tersebut kerap menyesuaikan jadwal operasional selama periode liburan. 

Namun, perusahaan ekspedisi yang lebih memilih untuk menerapkan hari libur biasanya mengikuti jadwal libur nasional atau lokal di wilayah tempat mereka beroperasi. Sebagai informasi, hari libur nasional dan lokal kemungkinan besar berpengaruh terhadap jadwal pengiriman barang oleh ekspedisi. 

Apa saja dafta hari-hari tersebut? Berikut adalah rangkumannya.

  • Tahun Baru,
  • Tahun Baru Imlek,
  • Hari Raya Nyepi,
  • Hari Raya Idul Fitri,
  • Hari Raya Natal,
  • Hari Kemerdekaan,
  • Hari Buruh.

Pada tahun 2024, sebagian besar perusahaan ekspedisi menetapkan jadwal yang sama dengan tahun-tahun yang sebelumnya. Selama tidak ada perubahan jadwal yang berarti, perusahaan ekspedisi akan tetap beroperasi seperti sedia kala. 

Jadwa Libur Pengiriman 2024 

Mengetahui jadwal libur pengiriman sangat penting untuk ketepatan pengaturan waktu penjemputan (pick up) dan kedatangan barang yang sesuai dengan kebutuhan. Di bawah ini jadwal pengiriman 4 ekspedisi ternama yang merujuk pada informasi tahun lalu dan telah disesuaikan dengan periode liburan tahun 2024. 

1. J&T

Meski masih terbilang baru dari pesaing yang lainnya, J&T Express sudah menjadi salah satu ekspedisi favorit gen Z untuk belanja online. Pasalnya, J&T menyuguhkan proses pengiriman barang super kilat yang tak terduga dan jam operasional yang lebih panjang hingga 12 jam lamanya.  

Bahkan, J&T juga merupakan jasa ekspedisi yang anti libur. Berdasarkan informasi pada laman resmi J&T, perusahaan besutan Jet Lee dan Tony Chen tersebut menyatakan beroperasi selama 365 hari dalam setahun. 

Dengan kata lain, J&T Express adalah layanan pengiriman yang tetap buka pada hari minggu, tanggal merah atau libur nasional. 

Mengenai jam kerja, baik kantor cabang maupun agen J&T Express sama-sama buka pada pukul 08.00 hingga 20.00 WIB setiap hari. Sementara itu, kurir bertugas untuk mengantar paket selama 24 jam setiap hari.        

2. JNE 

Bagaimana jadwal liburan pengiriman 2024 dari pihak JNE? Sama halnya dengan ekspedisi J&T Express, libur nasional juga ternyata tidak berpengaruh terhadap jadwal operasional JNE setiap hari. Perusahaan yang didirikan oleh Alm. Soeprapto Soeparno ini tetap memberlakukan jadwal operasional yang sama seperti pada umumnya. 

Sebagai buktinya, Jalur Nugraha Ekakurir (JNE) terus beroperasi selama libur Natal dan tahun baru 2024 silam. Dengan begitu, proses pengiriman paket tidak mungkin terhambat dan terbilang sangat cepat dengan harga yang terjangkau pula. Maka tak heran, pamor JNE Express terus eksis sampai sekarang.  

Jam dan hari kerja tiap kantor dan cabang JNE Express kerap berbeda-beda, akan tetapi umumnya buka setiap hari yaitu mulai pukul 08.00 sampai 20.00 waktu setempat.  Dengan begitu, Anda dapat mengirimkan paket kapan saja.  

3. SiCepat

Seperti dengan namanya, SiCepat mengedepankan layanan pengiriman terbaik yang cepat dan akurat sampai ke tujuan. Menariknya, SiCepat juga populer sebagai jasa pengiriman barang yang buka setiap hari, tanpa adanya hari libur. Dengan begitu, potensi keterlambatan pun sangat minim. 

Tak hanya itu, SiCepat termasuk ke dalam jajaran jasa ekspedisi yang tetap beroperasi selama periode Natal dan tahun baru 2024. Bahkan, tidak ada penyesuaian jadwal operasional apapun pada musim liburan. 

Pada implementasinya, SiCepat tetap beroperasi normal seperti biasa dengan memberlakukan pengambilan hingga pengiriman paket ke rumah pelanggan secara tepat waktu. 

Sebagai informasi, jadwal operasional kantor SiCepat pada hari Senin sampai Sabtu yaitu pukul 07.00 – 21.00 waktu setempat. Pada minggu dan hari libur, kantor SiCepat tutup lebih cepat yakni pukul 17.00 waktu setempat.   

4. Pos Indonesia 

Merupakan perusahaan ekspedisi BUMN yang tertua, Pos Indonesia telah mempunyai banyak pengalaman dan menjadi senior dalam deretan jasa pengiriman di Indonesia. 

Meski berumur ratusan tahun, Pos Indonesia telah terkenal dengan tarif ongkos kirim yang murah serta penyediaan layanan khusus untuk pemantauan pengiriman barang yang optimal bagi pelanggan. 

Sayangnya, kantor Pos Indonesia pusat dan cabang tidak beroperasi setiap hari karena memang memberlakukan masa libur pada tanggal merah maupun nasional. Selain itu, pengiriman oleh kurir juga terbatas pada jam operasional kantor. Intinya, kegiatan pengiriman pada perusahaan Pos Indonesia hanya pada hari Senin hingga Sabtu saja.  

5. TIKI

Berdiri pertama kali pada tahun 1970, ekspedisi TIKI merupakan jasa logistik yang aman, cepat, dan tepercaya. Tak hanya itu, TIKI juga hadir dalam pilihan tarif ongkir yang ramah di kantong yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan, terutama pada layanan reguler dan ekonomi.

Tidak seperti jasa pengiriman lainnya, jasa logistik ini terkenal dengan jam operasional yang cukup terbatas yakni hanya selama enam hari saja. 

Terlebih lagi jika tanggal merah ataupun hari libur nasional, TIKI dipastikan tidak beroperasi alias tutup. Jadi, jika Anda berminat untuk menggunakan jasa pengiriman TIKI, pastikan mengirimkan paket pada hari kerja saja, ya. 

Sudah Tahu Mengenai Jadwal Libur Pengiriman 2024?  

Meski pemerintah menetapkan libur nasional dan cuti bersama, tetapi kebijakan hari libur bergantung pada kebijakan masing-masing perusahaan jasa logistik yang terkait. J&T, JNE dan SiCepat adalah deretan ekspedisi yang beroperasi dan berkomitmen mengirimkan barang kepada pelanggan setiap hari tanpa adanya hari libur. 

Sementara itu, Pos Indonesia dan TIKI memberlakukan libur saat hari Minggu, tanggal merah, maupun libur nasional. Nah, supaya paketmu segera sampai, pastikan untuk mengirimkannya sesuai dengan jadwal operasional masing-masing ekspedisi, ya.  

Punya

Ratusan / Ribuan

Kiriman Setiap Hari?

Satu platform, beragam layanan pengiriman dan logistik

Web Dashboard

Pergudangan & Pengemasan

Dilengkapi Kurir Instant

Plugin Pengiriman

Integrasi API Pengiriman

Mendukung beragam layanan pengiriman

GojekJNEJNTTIKI

Terintegrasi dengan channel marketplace

TokopediaLazadaTiktokShopee

Mau Pengiriman Jadi Jauh Lebih Efektif?

Dapatkan potongan harga untuk pengiriman lebih banyak, #kirimlebihbanyak bersama Biteship!