Cara Praktis Cek Ongkir ID Express di 2023

Cara Praktis Cek Ongkir ID Express di 2023
Cek ongkir ID Express

ID Express kini menjadi salah satu jasa ekspedisi yang banyak diminati oleh orang-orang, karena pelayanannya yang bagus. Dengan demikian, tidak heran jika banyak yang mencari cara cek ongkir ID Express untuk mengetahui besaran biaya pengiriman. 

ID Express memiliki layanan ekspedisi bermacam-macam dengan tarif yang berbeda-beda, tentunya hal tersebut juga disesuaikan dengan berat barang dan alamat tujuan pengiriman. Dapat dikatakan ID Express menawarkan ongkos kirim terjangkau dan bersaing dengan jasa ekspedisi lainnya, lho. 

Daftar Layanan ID Express

Sebelum beranjak pada informasi tentang cara cek ongkir ID Express, rasanya akan lebih baik jika Anda mengetahui layanan dari jasa ekspedisi ini terlebih dahulu. Jasa pengiriman barang yang sudah berdiri sejak tahun 2019 ini memiliki empat layanan, yakni seperti di bawah ini:

  1. Standard Shipping (STD Express)

Layanan pertama ini adalah layanan yang banyak digunakan, baik individu ataupun pelaku usaha. STD Shipping sama halnya dengan pengiriman reguler dan bisa membantu Anda untuk mengirimkan barang ke seluruh daerah di Indonesia dengan tarif normal. 

  1. ID Lite Shipping

ID Lite Shipping merupakan layanan pengiriman khusus untuk barang-barang kecil dengan berat maksimal 0,5 kg dan tarifnya pun setengah dari ongkos kirim layanan STD Express. Layanan ini sangat cocok Anda gunakan untuk mengirimkan barang-barang dengan berat ringan, misalnya saja dokumen dan barang sejenisnya. 

  1. Same Day Shipping

Jika ingin mengirimkan barang dengan kilat, Anda bisa menggunakan layanan Same Day Shipping karena barang bisa sampai alamat tujuan di hari yang sama saat pengiriman. Namun, untuk tarifnya tentu akan lebih besar dibandingkan dengan layanan STD Express maupun ID Lite Shipping. 

  1. IDtruck Shipping

Layanan keempat dari ID Express adalah IDtruck Shipping yang dikhususkan untuk mengirimkan barang dalam jumlah besar dan berat alias kargo. Jadi, jika Anda ingin mengirimkan barang-barang yang berukuran besar atau jumlahnya banyak dan berat, maka layanan ini sangat disarankan. 

Selain layanan yang beragam, mereka juga telah memiliki berbagai cabang ID Express di Indonesia yang akan memudahkan Anda untuk mengirim paket.

Cara Cek Ongkir ID Express

Untuk melakukan cek ongkos kirim pada ID Express, ada dua cara yang bisa Anda lakukan, yakni secara offline dengan datang ke konter ID Express atau online dengan cara berikut ini: 

  1. Silahkan kunjungi halaman resmi ID Express di link berikut ini: idexpress.com melalui browser yang Anda gunakan. 
  2. Setelah berada di halaman utama website resminya, Anda akan menemukan menu “Shipping Fee” dan silahkan klik menu tersebut. 
  3. Masukkan kota asal pada kolom yang tersedia atau kolom “From” (Please Select Origin City), kemudian lanjutkan isi kota tujuan di kolom “To”. 
  4. Jika sudah, lanjutkan dengan mengisi jenis paket dalam satuan berat maupun volume, lalu klik tombol “Calculate Fee”.
  5. Setelah itu, input kode verifikasi yang akan muncul pada layar Anda, kemudian klik tombol “Verify”.
  6. Tunggu beberapa saat dan tarif ongkir akan muncul di layar perangkat yang Anda gunakan. 
  7. Selesai. 

Tarif Pengiriman ID Express

Sebagai jasa pengiriman barang yang tergolong masih muda dibandingkan jasa lainnya, ID Express menawarkan tarif pengiriman yang cukup terjangkau. Sebagai gambarannya, Anda bisa menyimak daftar tarif pengiriman ID Express berdasarkan kategori layanannya berikut ini:

  1. Tarif Pengiriman Reguler atau STD Express

Pengiriman dengan layanan reguler dari ID Express dimulai dari tarif Rp7.000,- saja per paketnya untuk berat kisaran 0,5 kg sampai dengan 1,3 kg. Estimasi waktu sampai barang kurang lebih sekitar 3 sampai dengan 5 hari dan gambaran ongkos kirimnya sebagai berikut ini: 

Kota Tujuan Tarif Reguler
Semarang Rp7.000,-
Tegal Rp10.500,-
Sragen Rp10.500,-
Kudus Rp11.500,-
Pati Rp11.500,-
Pekalongan Rp11.500,-
Pemalang Rp11.500,-
Rembang Rp11.500,-
Bandung Rp14.500,-
Magelang Rp14.500,-
Bogor Rp15.000,-
Surabaya Rp16.500,-
Wonosobo Rp18.500,-
Jakarta Rp18.500,-
  1. Tarif Pengiriman ID Lite (Max 500 gram)

Berbeda dari layanan ID Express Standard, pembayaran tarif layanan ID Lite jauh lebih murah karena memang berat barangnya maksimal 500 gram dan tarifnya setengah dari tarif reguler. Berikut ini gambaran tarifnya:

Kota Tujuan Tarif ID Lite
Semarang Rp5.000,-
Tegal Rp7.000,-
Sragen Rp7.000,-
Kudus Rp7.500,-
Pati Rp7.500,-
Pekalongan Rp7.500,-
Pemalang Rp7.500,-
Rembang Rp7.500,-
Bandung Rp11.000,-
Magelang Rp8.000,-
Bogor Rp11.000,-
Surabaya Rp10.500,-
Wonosobo Rp12.500,-
Jakarta Rp9.500,-

Catatan: Tarif pengiriman bisa berubah-ubah karena selain disesuaikan dengan berat barang juga disesuaikan dengan jarak antar kota pengiriman. Jadi, pengiriman yang dilakukan dari kota Anda ke kota tujuan, belum tentu sama dengan daftar tarif di atas. 

Oleh sebab itu, silahkan cek ongkir terlebih dahulu dengan cara yang sudah dijelaskan pada pembahasan sebelumnya untuk mendapatkan besaran ongkir yang akurat sesuai kota asal dan tujuan masing-masing. 

Cara cek ongkir ID Express dapat dikategorikan sebagai cara yang mudah, karena tidak memerlukan bantuan ahli untuk melakukannya. Jadi, sangat disarankan kepada Anda jika ingin mengirimkan barang dengan layanan ID Express maka lebih baik cek ongkirnya terlebih dahulu dengan cara di atas. 

Kirim Barang <1 KG Lebih Terjangkau

Seringkali kita mengirim barang atau produk berukuran kecil dan ringan dengan bobot di bawah 1 kg. Untuk pengiriman barang kecil, Anda bisa menggunakan layanan ID Lite di Biteship. 

Dengan ID lite Anda tidak perlu membayar penuh, Anda hanya perlu membayar sekitar 50%-65% dari harga standar. Tentunya, layanan ini sangat cocok bagi bisnis yang ingin mengirim dokumen atau produknya berukuran mini seperti sticker atau gantungan kunci.

Selain itu, memasang biaya pengiriman yang lebih murah di e-commerce dapat menjadi taktik jitu= menarik customer untuk membeli dari toko Anda.

Membutuhkan layanan pengiriman barang kecil yang praktis dan cepat? Hubungi kami di:

WhatsApp tim Biteship

Atau, jadwalkan pertemuan online bersama tim Biteship pada link berikut ini

Jadwalkan Pertemuan.

Punya

Ratusan / Ribuan

Kiriman Setiap Hari?

Satu platform, beragam layanan pengiriman dan logistik

Web Dashboard

Pergudangan & Pengemasan

Dilengkapi Kurir Instant

Plugin Pengiriman

Integrasi API Pengiriman

Mendukung beragam layanan pengiriman

GojekJNEJNTTIKI

Terintegrasi dengan channel marketplace

TokopediaLazadaTiktokShopee

Mau Pengiriman Jadi Jauh Lebih Efektif?

Dapatkan potongan harga untuk pengiriman lebih banyak, #kirimlebihbanyak bersama Biteship!