Cara Cek Resi Shopee Express Semua Layanan Pengiriman

Cara Cek Resi Shopee Express Semua Layanan Pengiriman

Shopee Express sudah menjadi salah satu pilihan jasa ekspedisi yang digunakan oleh e-commerce di Indonesia. Kini pelanggan bisa dengan mudah mengetahui cara cek resi Shopee Express tanpa harus bertanya pada seller atau bertanya ke cabang terdekat.

Seperti diketahui, nomor resi Shopee Express merupakan salah satu bagian penting dari sebuah jasa kirim. Setelah transaksi, pelanggan akan menerima nomor resi dan bisa melacak sendiri resi pesanannya. Cara cek resi Shopee Express kini sudah bisa dilakukan melalui aplikasi dan website.

Berbagai Cara Cek Resi Shopee Express

  • Cek Resi Via Aplikasi

Kemudahan melacak paket Shopee Express kini bisa dilakukan melalui aplikasi e-commerce Shopee. Tentunya siapkan dulu nomor resi Shopee Express yang sudah Anda peroleh dari lembar pengiriman online ataupun status pesanan di aplikasi.

Jadi, sebelum mencari posisi paket, pastikan Anda sudah memperoleh resi paketnya. Nantinya, cara cek resi ini bisa digunakan untuk melacak pesanan pada berbagai jenis layanan Shopee Express seperti Xpress Standard dan Xpress Sameday. Langsung saja ikuti cara-caranya berikut ini:

  • Buka aplikasi Shopee di smartphone Anda.
  • Klik halaman ‘Saya’ di beranda aplikasi.
  • Klik menu ‘Dikirim’ lalu klik pesanan yang ingin dilacak.
  • Anda pun bisa melihat nomor resi Shopee Express di bagian ‘Informasi Pengiriman’ beserta status pengiriman paket.

Jika sudah mengetahui cara cek resi Shopee Express, Anda kemudian bisa langsung melacak paket yang dipesan. Lantas, bagaimana cara memulainya?

Pertama-tama, Anda harus tahu dulu durasi pengiriman dalam sebuah jasa ekspedisi ditentukan oleh lokasi antara penjual dan pembeli, tipe layanan, dan penyedia layanan pengiriman yang Anda pilih. Nah, untuk melacak paket Shopee Express, Anda bisa ikuti langkah-langkah berikut:

  • Buka aplikasi Shopee pada smartphone.
  • Klik halaman ‘Saya’ di pojok kanan bawah layar.
  • Klik ikon ‘Dikirim’ dan klik pesanan yang akan dilacak.
  • Di bagian ‘Status Pengiriman’, klik opsi ‘Lacak’.
  • Jika pesanan masih belum dikirim, disarankan agar Anda memperpanjang masa garansi pembelian mengikuti prosedur yang tertera.
  • Cek Resi dan Lacak Paket Lewat Website

Selain melalui aplikasi, ada juga cara mengetahui keberadaan paket sampai dimana dengan menggunakan website. Langkahnya pun sangat mudah dan simpel, Anda bisa ikuti tutorialnya di bawah ini:

  • Salin nomor resi yang terdapat di pesanan aplikasi Anda.
  • Buka situs spx.co.id.
  • Masukkan nomor resi pada kolom lacak.
  • Klik ‘Lacak’.
  • Kemudian akan muncul tampilan detail posisi keberadaan paket Anda.
  • Selesai.

Shopee Express sudah memiliki situs web resmi untuk membantu pelanggan melakukan tracking pengiriman sehingga Anda tak perlu khawatir jika cara di atas dirasa kurang akurat. Pasalnya, dijamin sangat akurat karena telah diupdate berkala oleh sistem Shopee.

Baca juga: Cara Cek Resi Baraka Express Cepat dan Mudah

Jenis Layanan Shopee Express

Jenis layanan ini mempengaruhi waktu pengiriman barang untuk sampai ke tujuan. Jika belum tahu, cobalah cek resi Shopee Express untuk mengetahui apa saja jenis layanan yang bisa Anda gunakan. Berdasarkan durasi pengirimannya, berikut 4 jenis layanan berbeda dari Shopee Express:

  • Shopee Xpress Standard

Shopee Xpress Standard adalah layanan jasa kirim reguler yang disediakan oleh Shopee. Estimasi waktu pengirimannya adalah 1-3 hari untuk dalam kota dan 2-5 hari untuk pengiriman ke luar kota. Sedangkan estimasi waktu pengiriman ke luar negeri adalah 14 hari.

  • Shopee Xpress Sameday

Merupakan layanan jasa kirim untuk pengiriman yang akan sampai pada hari itu juga atau hari yang sama. Penjual yang dapat menggunakan layanan ini adalah toko terpilih dan toko yang memakai layanan dikelola Shopee.

  • Shopee Xpress Instant

Layanan Xpress Instant adalah jasa kirim dengan syarat pengiriman maksimal 3 jam dari jadwal pick up dengan berat maksimal 20 kg dan masa pengemasan 1 hari. Paket akan diantar oleh kurir Shopee Express, namun layanan ini hanya dapat digunakan oleh toko terpilih.

  • Shopee Xpress Hemat

Shopee Xpress Hemat merupakan layanan jasa kirim dari Shopee untuk pengiriman luar kota atau antar pulau dengan ongkos kirim yang lebih hemat. Biasanya, estimasi pengiriman dalam jangka waktu 2-14 hari tertera setelah paket diserahkan pada kurir.

Baca juga: Penyebab Percobaan Pengiriman Shopee Express Gagal & Cara Mengatasinya

Durasi Pengiriman Paket Jasa Shopee Express

Kapan pesanan sampai di tujuan, tentu menjadi pertanyaan hampir semua orang yang melakukan belanja online. Kecepatan barang sampai ke tangan pembeli tentunya sangat dipengaruhi oleh durasi pengiriman barang tersebut.

Umumnya jika pembeli berlokasi di wilayah Jabodetabek, maka paket akan sampai lebih cepat, terutama jika pembayaran dilakukan saat hari kerja sebelum pukul 3 sore. Namun untuk yang di luar Jabodetabek, biasanya butuh waktu lebih lama untuk pesanan sampai.

Biasanya seller akan mengirim pesanan dalam waktu 24 jam setelah pembayaran. Paket yang sudah dikirim akan memiliki nomor resi. Jika belum ada resi, maka tandanya paket belum dikirim. Untuk itu penting bagi pembeli mengecek nomor resi untuk memastikan pengiriman pesanannya.

Dengan demikian, cara cek resi Shopee Express di atas harus dipahami oleh pembeli untuk mengetahui kepastian pengiriman. Cek resi juga bisa berguna untuk memantau status dan keberadaan pesanan Anda. 

Punya

Ratusan / Ribuan

Kiriman Setiap Hari?

Satu platform, beragam layanan pengiriman dan logistik

Web Dashboard

Pergudangan & Pengemasan

Dilengkapi Kurir Instant

Plugin Pengiriman

Integrasi API Pengiriman

Mendukung beragam layanan pengiriman

GojekJNEJNTTIKI

Terintegrasi dengan channel marketplace

TokopediaLazadaTiktokShopee

Mau Pengiriman Jadi Jauh Lebih Efektif?

Dapatkan potongan harga untuk pengiriman lebih banyak, #kirimlebihbanyak bersama Biteship!