Contoh Deskripsi Produk Unik, Gimana Sih Cara Membuatnya?

Dalam menjual produk secara online tentunya membutuhkan contoh deskripsi produk yang unik dan menarik agar konsumen tertarik untuk membelinya. Semakin unik deskripsi produk yang dibuat maka akan semakin memikat calon pembeli.

Biasanya pembuatan deskripsi produk akan memakan waktu beberapa lama dan terkadang membutuhkan jasa content writer. Padahal jika menguasai teknik dan cara pembuatan deskripsi produk, hal ini adalah sesuatu yang mudah. Yuk ikuti cara membuat deskripsi produk berikut ini!

Definisi Deskripsi Produk

Sebelum membahas lebih jauh terkait cara membuat contoh deskripsi produk, ada baiknya terlebih dahulu memahami apa itu deskripsi produk. Pemahaman deskripsi produk yang baik akan memudahkan dalam pembuatan deskripsi produk tersebut.

Deskripsi produk adalah informasi yang ditulis untuk menjelaskan produk yang dijual. Informasi tersebut biasanya berisi tentang spesifikasi, cara pemakaian produk atau kegunaan, komposisi, tanggal kadaluarsa atau masa simpan, garansi produk, keunggulan produk dan masih banyak lagi.

Apabila sebuah produk tidak mempunyai contoh deskripsi produk, bisa menyebabkan produk tidak laris terjual. Semakin banyaknya pesaing, maka kebutuhan pembuatan deskripsi yang menarik juga akan semakin meningkat.

Oleh karena itu, peningkatan penjualan juga dipengaruhi oleh deskripsi produk yang menarik. Bahkan beberapa pengusaha menjadikan deskripsi produk sebagai salah satu faktor penting untuk memasarkan produknya. Deskripsi yang unik dan menarik akan mudah untuk memikat pelanggan.

Pelanggan toko online pada umumnya mempunyai sifat yang sangat selektif terhadap produk yang akan dibeli. Adanya deskripsi produk tentunya memudahkan pelanggan tersebut agar cepat memutuskan produk akan dibeli atau tidak dan hal ini juga meningkatkan kepercayaan pelanggan.

Cara Membuat Contoh Deskripsi Produk yang Unik dan Menarik

Strategi pemasaran yang dilakukan melalui deskripsi produk akan sangat berpengaruh terhadap hasil penjualan. Pelanggan mengartikan bahwa deskripsi produk adalah pertimbangan untuk membeli produk dan mengenal produk lebih spesifik. Berikut ini cara membuat deskripsi produk yang unik dan menarik.

  1. Mengenali Target Pelanggan atau Konsumen

Penyampaian informasi melalui deskripsi produk pastinya menggunakan bahasa yang mudah dipahami. Nah, target pelanggan yang dituju dari masing-masing produk biasanya akan berbeda-beda. Hal ini disebabkan oleh kegunaan produk yang berbeda dan pemakainya yang juga berbeda.

Sebagai pengusaha yang akan membuat deskripsi produk, Anda harus bisa mengenali karakter pelanggan untuk produk yang bersangkutan. Karakter tersebut bisa dilihat dari segi umur, jenis kelamin, pekerjaan dan masih banyak lagi.

Contohnya adalah pada penyampaian informasi kepada pelanggan berumur 17 tahun tentunya akan berbeda dengan pelanggan berumur 30 tahun ke atas. Agar tidak terjadi kesalahan informasi, maka gaya bahasa dan tatanan kalimat di deskripsi produk harus diatur dengan baik.

  1. Memahami Produk yang Dijual

Hal yang paling penting dalam pembuatan contoh deskripsi produk adalah pemahaman terkait produk yang dijual. Jika produk yang dijual saja tidak paham, maka akan susah dalam membuat deskripsi produk dengan baik, pastinya nanti akan terjadi miss-informasi.

Aspek yang perlu dipahami dari produk tersebut adalah jenis produk yang dijual, kelebihan produk, cara pemakaian dan manfaat dari produk. Apabila aspek tersebut sudah dipahami, pembuatan deskripsi produk yang unik dan menarik akan menjadi lebih mudah.

  1. Fokus Menyampaikan Informasi dan Manfaat Produk

Pembuatan deskripsi harus mudah dimengerti dan tidak bertele-tele. Pelanggan biasanya akan lebih fokus untuk mencari informasi utama seperti manfaat produk dibandingkan informasi yang lain. Untuk itu, dalam pembuatan deskripsi produk, cukup fokus pada informasi penting dan manfaat produk.

Informasi penting ini biasanya terdiri dari spesifikasi ringkas produk, cara pemakaian atau perawatan, ukuran produk dan masih banyak lagi. Setelah menyampaikan informasi dan manfaat, maka perlu juga diberitahukan apa saja ketentuan yang berlaku jika sudah membeli produk.

  1. Penyampaian Informasi Singkat, Padat dan Jelas

Deskripsi produk yang sangat disukai oleh pelanggan adalah deskripsi dengan bahasa yang mudah dimengerti, singkat, padat dan jelas. Jika penyampaian deskripsi produk terlalu bertele-tele maka pelanggan akan mudah bosan dalam membacanya dan ketertarikan terhadap produk menjadi berkurang. 

Jangan gunakan paragraf yang panjang, cukup gunakan bulleting berupa poin-poin atau penomoran. Kemudian tuliskan informasi penting pada bagian awal deskripsi produk. Memakai kalimat yang singkat, padat, jelas, menarik dan unik.

Agar penjelasan informasi menjadi menarik dan unik, bisa digunakan bahasa yang natural dan tidak kaku serta memberikan kesan kedekatan penjual dan pelanggan.

  1. Gunakan Penambahan Pesan Menyentuh

Pesan menyentuh ini melibatkan sisi emosional dari pelanggan. Meskipun terlihat sepele, pesan menyentuh bisa memikat calon pelanggan dengan mudah. Salah satu caranya menggunakan kalimat story telling. Hal ini akan membantu dalam membuat deskripsi produk yang unik dan menarik.
Lima cara di atas sangat disarankan dalam penerapan pembuatan contoh deskripsi produk yang unik dan menarik. Keberhasilan suatu produk yang dijual ditentukan dari jumlah pelanggan yang bisa terpikat dengan informasi deskripsi produk sehingga tertarik untuk membelinya.

Punya

Ratusan / Ribuan

Kiriman Setiap Hari?

Satu platform, beragam layanan pengiriman dan logistik

Web Dashboard

Pergudangan & Pengemasan

Dilengkapi Kurir Instant

Plugin Pengiriman

Integrasi API Pengiriman

Mendukung beragam layanan pengiriman

GojekJNEJNTTIKI

Terintegrasi dengan channel marketplace

TokopediaLazadaTiktokShopee

Mau Pengiriman Jadi Jauh Lebih Efektif?

Dapatkan potongan harga untuk pengiriman lebih banyak, #kirimlebihbanyak bersama Biteship!