Contoh Iklan Produk Menarik, Bagaimana Cara Membuatnya?

Contoh Iklan Produk Menarik, Bagaimana Cara Membuatnya?
Contoh Iklan

Baru menjalankan bisnis dan ingin mencari contoh iklan yang cocok untuk Anda? Sebenarnya kini buat iklan jauh lebih mudah. Apalagi sekarang sudah banyak referensi iklan produk atau jasa yang bisa ditemukan lewat internet, televisi, aplikasi, dan banner reklame di pinggiran jalan raya.

Dalam menampilkan iklan, sebaiknya para pebisnis tidak hanya mengandalkan kata-kata manis. Namun, Anda juga harus menunjukkan gambar produk semenarik mungkin. Gambar dan tulisan dibutuhkan untuk mempromosikan produk makanan, minuman, barang, dan layanan lain guna menarik perhatian pembaca.

Sekilas Tentang Iklan Produk

Sebelum membahas tips membuat iklan dan contohnya, sepertinya penting untuk mengetahui pengertian dari iklan itu sendiri. Iklan merupakan suatu metode yang digunakan untuk mempromosikan produk jualan di mata semua orang agar merasa penasaran dan tertarik untuk membelinya.

Melalui iklan, perusahaan yang memiliki produk atau layanan bisa menjangkau audiens lebih luas dan tidak sulit untuk meningkatkan keuntungan dalam jangka waktu kedepannya. Kini iklan bisa dilakukan dimana saja mulai dari media sosial, televisi, radio, aplikasi, dan media cetak lainnya.

Apa tujuan pembuatan iklan? Iklan diciptakan dalam rangka mengenalkan produk untuk mempengaruhi audiens, membangun kesadaran konsumen, dan menjalin hubungan baik bersama audiens. Tanpa ada iklan dalam bisnis, mungkin perusahaan sulit untuk berkembang lebih baik dari sebelumnya.

Baca Juga:

Bagaimana Cara Membuat Iklan Menarik?

Jika menyaksikan iklan layanan masyarakat, tentunya Anda akan merasa tertarik dengan konsep dan cara menyampaikannya, bukan? Nah, itulah poin penting yang perlu diperhatikan. Ikuti langkah kali ini untuk bisa membuat iklan yang menarik perhatian banyak orang dan membuat penasaran.

1. Membuat Slogan

Jika ingin membuat slogan, sebaiknya gunakan kalimat pendek yang mudah diingat. Tujuan slogan sendiri untuk membuat masyarakat tertarik dan terbujuk menggunakan sesuatu. Sebenarnya ada banyak produk Indonesia maupun luar negeri yang menggunakan slogan guna menarik perhatian.

Contoh slogan produk viral KFC yang memiliki banyak cabang outlet di Indonesia. KFC memiliki slogan “Finger Liclin’ Good” yang menarik perhatian pembaca. Slogan bisa diartikan bahwa KFC memiliki produk makanan enak, sehingga membuat pembeli rela menjilat jari tangannya sendiri.

2. Membuat Desain Iklan Mendetail

Sebelum membahas tentang contoh iklan, Anda harus memahami cara membuat iklan yang menarik perhatian konsumen. Selain membuat slogan, pebisnis juga perlu memperhatikan desain iklan secara detail dari segi gaya penulisan, logo produk, warna, dan aspek lainnya.

Desain iklan yang direncanakan secara matang bisa menjadi karakteristik dari brand, oleh sebab itu akan lebih mudah dikenali banyak orang. Misalnya brand “Richeese Factory” yang memiliki desain gambar warna merah menggambarkan ayamnya punya rasa pedas nampol.

3. Memberikan Penawaran Terbaik

Dalam setiap event tertentu, sebaiknya perusahaan memberikan penawaran terbaik bagi para pelanggan. Khususnya bagi perusahaan yang mengembangkan produk makanan dan minuman, penawaran akan membuat penjualan bisa semakin meningkat pastinya.

Penawaran terbaik yang dimaksud disini misalnya free ongkir selama beberapa hari, cashback pengembalian sampai Rp30.000, buy one get one, dan masih banyak penawaran lainnya. Jangan lupa bagikan iklan melalui platform media sosial yang banyak diakses oleh masyarakat.

4. Gunakan Hashtag Relevan

Sebenarnya sudah banyak contoh iklan yang menggunakan hashtag relevan, namun pebisnis pemula masih belum memahaminya. Penggunaan hashtag relevan bisa membuat jangkauan produk bisa semakin luas, jadi keuntungan akan lebih banyak tiap waktunya.

Selain menggunakan hashtag yang relevan, Anda juga perlu menggunakan bahasa persuasif yang sifatnya mengajak dan membujuk konsumen untuk membeli produk. Nah, disini peran copywriting akan sangat besar untuk membuat calon konsumen tertarik dalam membeli produk.

Baca Juga: 9 Contoh Iklan Makanan Menarik untuk Inspirasi

Contoh Iklan Menarik Sesuai Produk

Jika melihat dari brand-brand ternama lokal maupun mancanegara, memang iklan yang digunakan pasti memiliki ciri khas tersendiri. Setiap kata yang dicantumkan dalam iklan bisa membentuk identitas, oleh sebab itu bisa lebih mudah dikenali oleh masyarakat luas. Apa saja contoh iklan produknya?

1. Iklan Indomie

Siapa sih yang tidak kenal dengan produk Indomie goreng? Indomie secara khusus memang dari dulu meluncurkan slogan catchy. Jika mendengar kalimat “Indomie, Seleraku” atau “Dahsyat Rasanya” pasti setiap orang langsung tahu bahwa itu iklan mie instan Indomie.

2. Iklan Cireng

Cireng merupakan salah satu camilan favorit yang mengenyangkan. Jika melihat laman media sosial seperti FB, Instagram, TikTok, dan lainnya pastinya sering menemui iklan produk cireng. Ada beberapa penjual cireng yang menggunakan slogan menarik seperti berikut ini.

  • Kriuk bagian luar, lumer dalamnya
  • Cireng yahoot, paling ampuh ilangin cemberut
  • Pedasnya nampol
  • Sekali coba, dijamin ketagihan

3. Iklan Mobil

Saat menonton iklan di televisi, tentunya Anda tidak asing dengan berbagai produk yang akan ditawarkan. Siapa yang tidak kenal dengan brand mobil Hyundai? Mereka memiliki kalimat iklan “Test Drive Now” lalu ditambahkan keterangan “Dibuat di Indonesia, untuk Indonesia”.

4. Produk Kecantikan

Jika ingin membuat produk kecantikan, maka siapkan iklan menarik lengkap dengan model cantik yang parasnya menawan. Biasanya desain iklan memadukan palet warna senada dan lembut, lalu menyisipkan kalimat slogan yang mudah diingat oleh masyarakat.

  • Wardah “Selalu Ada Bahagia”
  • Pond’s “Cerah, Lembut, Lembap”.
  • Scarlet “Will you be my glowing partner”
  • Citra “Kulit Putih Bening Alami Khas”.
  • Somethinc “How to minimalize dark spots?”

5. Snack Sehat

Kini gaya hidup sehat memang banyak disorot masyarakat, oleh sebab itu banyak yang tertarik untuk beli produk snack sehat. Beberapa produk camilan sehat memiliki ciri khas tersendiri dalam menonjolkan kelebihannya seperti contoh iklan berikut ini.

  • Soyjoy “Solusi Sehat dari Kedelai” iklan menggunakan desain identik warna hijau, lalu juga menampilkan 5 manfaat produk saat dikonsumsi.
  • Energen ” Solusi Sarapan Praktis, Sehat, dan Bergizi”.
  • Salad Wrap “Healthy Can Be Delicious”.

6. Iklan Makanan Ringan

Jika ingin menjual makanan ringan, sebaiknya gunakan kalimat slogan yang menonjolkan cita rasa dari makanan tersebut. Untuk desain iklannya cukup dibuat sederhana, namun jangan lupa pakai gambar produk yang jelas dan menggoda.

  • Chimi quotes “Beneran Asli Ubi, Rasanya Dijamin Gurih”
  • Qtela “Renyah Keripiknya Nagih Banget”
  • Beng-Beng “Langsung Belanjain Tabungin Sisanya”

Baca Juga: 6 Jenis Iklan di Mobil dan Ragam Keuntungannya

Dijamin dengan menerapkan contoh iklan menarik seperti di atas, Anda lebih mudah meningkatkan penjualan produk. Percayakan masalah pengiriman barang dengan menggunakan layanan dashboard dan plugin website dari Biteship yang bisa diakses melalui laman https://biteship.co./id.

Punya

Ratusan / Ribuan

Kiriman Setiap Hari?

Satu platform, beragam layanan pengiriman dan logistik

Web Dashboard

Pergudangan & Pengemasan

Dilengkapi Kurir Instant

Plugin Pengiriman

Integrasi API Pengiriman

Mendukung beragam layanan pengiriman

GojekJNEJNTTIKI

Terintegrasi dengan channel marketplace

TokopediaLazadaTiktokShopee

Mau Pengiriman Jadi Jauh Lebih Efektif?

Dapatkan potongan harga untuk pengiriman lebih banyak, #kirimlebihbanyak bersama Biteship!