Crane: Pengertian, Fungsi dan Jenis-jenisnya di Pergudangan

Crane: Pengertian, Fungsi dan Jenis-jenisnya di Pergudangan
crane

Salah satu jenis alat berat yang sering digunakan untuk memindahkan barang dari satu tempat ke tempat lainnya adalah crane atau katrol. Penggunaan katrol ini sangat membantu mempermudah pekerjaan, terutama untuk yang bekerja di pergudangan. 

Barang berat yang sering kali sulit untuk diangkat, bisa dengan mudah dipindahkan dengan menggunakan alat ini. Dengan kata lain, crane bisa membuat pekerjaan bidang pergudangan lebih efisien. Lebih lengkapnya, berikut pengertian, fungsi hingga jenis-jenis katrol di pergudangan. 

Apa Itu Crane?

Crane merupakan alat yang memanfaatkan sistem kerja tali dan katrol untuk mengangkat material secara vertikal, kemudian menggerakkannya secara horizontal. Adapun jenis barang yang biasanya dibawa adalah barang-barang berat proyek, industri, pergudangan, dan sejenisnya. 

Dalam pengoperasianya, katrol digerakkan dengan motor listrik atau mesin internal dengan minyak atau dengan sistem hidraulik. Adapun secara lengkapnya, alat ini dilengkapi dengan kabel, rantai, atau tali baja yang diatur sedemikian rupa, sehingga menciptakan sistem katrol yang bermanfaat untuk berbagai pekerjaan.  

Fungsi Crane 

Berikut ini beberapa fungsi katrol yang sudah sangat membantu berbagai aktivitas terutama di bidang pergudangan.

1. Mengangkat dan Memindahkan Barang

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, fungsi utama dari alat ini adalah mengangkat dan memindahkan material berat dari satu tempat ke tempat lainnya. Caranya pun cukup mudah, yaitu hanya dengan memasangnya di gudang, lalu mulai mengoperasikannya untuk mengangkat dan memindahkan barang. 

2. Menyusun Material

Tidak hanya memindahkan barang, tetapi crane juga bisa membantu menyusun material atau barang di pergudangan. Jadi, tentunya akan sangat menghemat waktu dan tenaga Anda yang bekerja di gudang. Pekerjaan yang biasanya selesai berjam-jam, tentunya bisa selesai hanya dalam hitungan menit dengan alat ini. 

3. Membongkar dan Memuat Barang

Katrol juga bisa berfungsi sebagai alat dalam membongkar dan memuat barang, terutama kontainer dari satu tempat ke lainnya. Ini karena ada beberapa jenis katrol yang memiliki kapasitas angkat yang besar, untuk memindahkan kontainer yang notabenenya memiliki berat berton-ton.

Baca Juga: Apa Itu Konveyor dan Fungsinya Dalam Industri dan Gudang?

Jenis-Jenis Crane Pergudangan

Berikut ini beberapa jenis katrol pergudangan lengkap dengan kelebihannya yang sudah sangat membantu banyak pekerja.

1. Overhead Crane

Jenis katrol pertama ini biasanya digantungkan pada langit-langit atau atap bangunan, sehingga memungkinkan untuk memindahkan beban berat ke seluruh tempat. Keunggulan utama dari katrol ini, yaitu kemampuannya untuk mengangkat beban berat hingga berton-ton. 

Selain itu, katrol ini juga bisa bergerak ke berbagai arah, sehingga bisa meningkatkan fleksibilitas dalam memindahkan barang. Tidak hanya itu, keuntungan dari katrol ini, yaitu kecepatan dan ketepatannya dalam memindahkan barang, sehingga bisa membuat pekerjaan di pergudangan benar-benar efisien. 

2. Gantry Crane

Katrol gantry merupakan jenis derek dengan dilengkapi dua kaki atau lebih, yang bisa berjalan di rel dan memiliki kemampuan bergerak secara horizontal maupun vertikal. Keuntungan dari katrol ini, yaitu mobilitasnya yang tinggi, sehingga bisa dipindahkan dan diposisikan ke berbagai tempat. 

Tidak hanya itu, alat ini juga dilengkapi dengan berbagai fitur, seperti kerekan, troli, dan kendali jarak jauh. Dengan semua keuntungan ini, tentu saja akan sangat mempermudah Anda yang bekerja di bidang pergudangan.  

3. Gantry Portable Crane 

Jenis katrol yang bisa dipasang di gudang selanjutnya, yaitu katrol gantri portable. Katrol ini terdiri atas balok horizontal yang ditopang dengan dua kaki dan roda vertikal yang pada umumnya menggunakan gimbal, sehingga memungkinkannya untuk mengangkat dan memindahkan beban secara fleksibel. 

Tidak hanya itu, katrol ini juga mudah untuk dirakit dan dibongkar, serta tidak membutuhkan alat  dan perlengkapan yang terlalu banyak. Selain itu, katrol ini juga tersedia dalam berbagai ukuran dan kapasitas, sehingga membuatnya cukup cocok untuk berbagai pengaplikasian, terutama untuk pergudangan. 

4. Overhead Stasiun Kerja Crane

Katrol overhead stasiun kerja memang sudah dirancang untuk digunakan di area kecil, seperti bengkel, pabrik, dan pergudangan. Sama seperti sebelumnya, katrol ini juga biasanya digunakan untuk mengangkat dan memindahkan material di dalam area tertentu. 

Kelebihan dari katrol ini, yaitu kemampuannya yang bisa memaksimalkan ruang lantai. Maksudnya yaitu Anda bisa mengoperasikan katrol ini di gudang Anda tanpa menghabiskan banyak ruang. Oleh sebab itulah, katrol ini sangat ideal untuk ruang gudang yang kecil dan terbatas. 

Tidak hanya itu, keuntungan dari katrol ini yaitu kemudahan penggunaannya. Bahkan, saat hanya ada satu pekerja, katrol tetap bisa dijalankan, karena sistem operasinya yang menggunakan remote control. Selain itu, katrol ini juga tersedia dalam berbagai ukuran dan kapasitas yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan. 

5. Jib Crane

Selanjutnya, ada katrol jib yang menggunakan tumpuan jib dengan struktur berbentuk tower. Menariknya, katrol ini bisa berputar hingga 360 derajat, yang tentunya akan sangat mempermudah proses pemindahan barang di gudang yang notabenenya sempit. 

Keunggulan utama dari katrol ini, yaitu desainnya yang sederhana, sehingga mudah digunakan. Tidak hanya itu, struktur yang ringan dan fleksibel, membuat katrol jenis ini banyak dipilih. Yang terpenting, katrol ini juga terjangkau, sehingga pastinya bisa menghemat biaya produksi nantinya. 

6. Hoist Crane

Jenis katrol selanjutnya yaitu hoist crane yang mana dirancang khusus untuk mengangkat material secara vertikal. Katrol ini biasanya dipasang di dinding dan memiliki kabel atau rantai yang bisa naik turun. Nah, karena sistemnya yang seperti ini lah yang membuatnya cocok untuk Anda letakkan di gudang. 

Tidak hanya itu, katrol ini juga memiliki sistem program berulang otomatis. Jadi, Anda bisa mengangkat dan menurunkan barang dengan lebih cepat, mudah, dan tentunya akan sangat mengefisiensi pekerjaan di gudang. 

Baca Juga: Pengertian Forklift, Jenis, dan Bagian-bagiannya

Sudah Tahu Apa Itu Crane?

Secara garis besar, katrol merupakan alat untuk mengangkat dan memindahkan barang, terutama untuk yang berukuran besar dan berat. Karena kemampuannya inilah yang membuat crane banyak orang pilih untuk membantu pekerjaan mereka di pergudangan. 

Anda juga bisa melakukan hal sama. Namun sebaiknya dalam memilih katrol,  Anda sesuaikan dengan ukuran dan bentuk gudang serta kebutuhan barang yang akan diangkat. Ini karena setiap katrol memiliki sistem kerja dan kemampuan yang berbeda-beda. Semoga bermanfaat!

Punya

Ratusan / Ribuan

Kiriman Setiap Hari?

Satu platform, beragam layanan pengiriman dan logistik

Web Dashboard

Pergudangan & Pengemasan

Dilengkapi Kurir Instant

Plugin Pengiriman

Integrasi API Pengiriman

Mendukung beragam layanan pengiriman

GojekJNEJNTTIKI

Terintegrasi dengan channel marketplace

TokopediaLazadaTiktokShopee

Mau Pengiriman Jadi Jauh Lebih Efektif?

Dapatkan potongan harga untuk pengiriman lebih banyak, #kirimlebihbanyak bersama Biteship!