10 Tips Dapatkan Diskon Lebaran, Belanja Lebih Menyenangkan

10 Tips Dapatkan Diskon Lebaran, Belanja Lebih Menyenangkan
Diskon Lebaran

Ingin belanja untuk kebutuhan lebaran, tapi takut kena harga yang ugal-ugalan? Sungguh ini pasti menakutkan bagi Anda. Pasalnya, bayang-bayang kantong menipis menjadi ancaman yang menakutkan. Oleh karena itu, Anda perlu menerapkan tips mendapatkan diskon lebaran.

Dengan tips ini Anda bisa lebih hemat uang untuk memenuhi kebutuhan lainnya. Terlebih, menjelang lebaran pasti kebutuhan juga membludak drastis. Ayo kita bahas melalui penjelasan berikut!

10 Tips Mendapatkan Diskon Lebaran yang Bisa Anda Contoh

Bagaimana sih cara mudah untuk mendapatkan diskon lebaran? Berikut jawabannya.

1. Rutin Mencari di Toko Online atau Offline

Cara pertama yang bisa Anda lakukan untuk berburu diskon lebaran adalah rutin mencari di toko online atau offline. Biasanya, para pembeli akan memasang diskon atau promo melalui dua tempat ini. Anda bisa mengecek melalui marketplace resmi seperti Shopee, Lazada, Bukalapak, dan lain sebagainya.

Selain itu, bisa juga iseng-iseng lewat di depan toko dan masuk ke dalam untuk melihat-lihat. Biasanya, akan ada papan pemberitahuan di area tersebut, sehingga memudahkan Anda untuk mengetahui kapan diskon tersebut dimulai dan berapa jumlahnya.

2. Melek Brand

Tips yang kedua demi mendapatkan diskon lebaran adalah melek brand. Biasanya, yang memberikan banyak diskon itu adalah brand-brand dengan merek ternama. Jadi, kalau hanya tiruan, umumnya diskon tersebut hanya bernilai kecil, bahkan tidak ada.

Maka dari itu, dari tahu sebanyak mungkin informasi tentang brand-brand berkualitas untuk barang-barang yang hendak Anda beli.

3. Cek Melalui Situs

Sekarang ini, hampir semua perusahaan atau produsen membuat satu situs resmi untuk meningkatkan performa branding mereka. Selain itu, mereka juga banyak memasang  informasi-informasi tentang potongan harga untuk hari-hari tertentu.

Jadi, jika Anda ingin mendapatkan kode diskon lebaran, silahkan kunjungi situs resmi perusahaan. Baca dengan teliti pada bagian-bagian iklan dan pengumuman. Selain nilai diskon, informasi tersebut juga berisikan kode khusus yang harus dimasukkan pelanggan ketika hendak check out.

Baca juga: Cek Kode Voucher Lazada dan Cara Pakainya: Belanja Lebih Hemat!

4. Mengikuti Trend Sosial Media

Apa sih jaman sekarang yang kalau lagi viral tidak diposting di sosial media? Pasti jarang banget kan? Nah, sama dengan adanya diskon lebaran. Banyaknya permintaan, membuat perusahaan berlomba-lomba menarik perhatian konsumen untuk membeli produk mereka.

Maka dari itu, caranya adalah memberikan diskon pada beberapa produknya yang diviralkan melalui sosial media. Jadi, memudahkan Anda mendapatkan info tersebut. Oleh sebab itu, silahkan pantau dan ikuti trend di sosial media mereka!

Ada dua cara yang bisa Anda pilih. Pertama, silahkan cari username Instagram perusahaan, pastikan jika itu benar-benar akun milik perusahaan ya. Kedua, gunakan hashtag trend untuk mengarahkan Anda ke berita-berita yang sedang viral.

Catat apa kode dan syarat mendapatkan diskon tersebut. Pasalnya, kalau di sosial media perusahaan, biasanya juga menyertakan syarat. Seperti, share informasi ke pengikut, follow akun perusahaan, komentar, hashtag teman, dan lain sebagainya.

5. Ikut Gabung Loyalitas dan Membership

Tips mendapatkan diskon lebaran yang kelima adalah ikut gabung loyalitas dan membership. Jika bergabung dengan program ini di beberapa toko, tentunya bisa memberikan keuntungan tambahan untuk Anda.

Pasalnya, sebagian besar toko akan menawarkan diskon eksklusif, penawaran khusus, hingga poin reward bagi pelanggan setia mereka. Manfaatkan cara ini untuk memperoleh diskon tambahan ketika berbelanja.

Dengan kartu membership, Anda juga bisa mendapatkan pelayanan yang lebih baik atau diutamakan. Misalnya, jika ada diskon yang lebih banyak, pasti member yang akan didahulukan.

6. Manfaatkan Kartu Kredit dengan Bijak

Tips mendapatkan diskon lebaran yang berikutnya adalah memanfaatkan kartu kredit dengan bijak. Biasanya, beberapa bank dan penerbit kartu kredit menawarkan promo dan diskon khusus selama periode lebaran.

Namun, gunakanlah kartu kredit Anda dengan bijak, dan pastikan untuk memahami syarat dan ketentuan yang berlaku, agar tidak belanja berlebihan. Pasalnya, beberapa kartu kredit memberikan cashback, potongan harga, atau hadiah tambahan ketika Anda melakukan transaksi dengan kartu mereka.

Baca juga: Mengenal Shopee Pinjaman, Syarat dan Cara Pengajuannya

7. Pantau Harga

Satu minggu sebelum lebaran tiba, mulailah memantau harga barang yang ingin Anda beli. List apa saja kebutuhan Anda untuk lebaran. Ini akan membantu Anda  untuk mendapatkan gambaran tentang harga normal, sehingga memungkinkan Anda untuk mengetahui diskon yang sebenarnya.

Bukan harga barang pada umumnya yang diberikan tulisan diskon hanya untuk menarik minat pembeli. Jadi, hati-hati untuk hal ini, karena bisa saja itu hanya sebuah trik diskon lebaran palsu.

8. Pertimbangkan Belanja Kelompok

Belanja kelompok adalah pembelian yang dilakukan oleh beberapa orang sekaligus. Ada banyak toko yang menawarkan diskon lebaran lebih besar untuk pembelian barang dalam jumlah yang banyak sekaligus.

Anda bisa mengajak teman, keluarga, kerabat, hingga tetangga. Dengan cara ini, Anda dapat berbagi manfaat diskon dengan lebih banyak orang.

9. Belanja di Hari yang Tepat

Diskon lebaran nyatanya tidak selalu ada di hari-hari biasa. Meskipun masih bulan Ramadhan, ada beberapa toko yang sengaja menaikkan harga barang, karena alasan mendekati hari raya, stok menipis, hingga jumlah permintaan yang besar.

Menghindari trik ini, pastikan Anda belanja di hari yang tepat. Misalnya, 2 minggu sebelum hari raya. Namun, usahakan untuk membeli barang yang sekiranya tidak mudah busuk dan basi.

10. Bandingkan Harga Barang

Senjata konsumen saat membeli barang adalah perbandingan harga. Dengan hal ini, mereka akan lebih mudah untuk mengetahui apakah nilai yang ditawarkan itu murah atau memang masih standar.

Tips agar diskon lebaran bisa Anda kantongi adalah bandingkan harga barang. Hanya saja, cara ini membutuhkan waktu yang lebih panjang. Anda harus menjelajah ke beberapa toko untuk menemukan rate harganya.

Oleh sebab itu, gunakan saja marketplace agar mempersingkat waktu. Anda bisa memanfaatkan Shopee, Tokopedia, Lazada, TikTok Shop, dan lain sebagainya. Bandingkan harga dari satu penjual dan penjual lainnya.

Ramadhan Tiba, Yuk Berburu Diskon Lebaran Mulai dari Sekarang!

Yeay Ramadhan telah tiba! Itu tandanya semua umat muslim akan menunaikan ibadah puasa bersama-sama. Pada titik ini juga, diskon lebaran akan muncul secara bersamaan. Siapkan dompet Anda untuk membeli kebutuhan puasa sampai hari raya tiba.

Gunakan 10 tips di atas agar Anda tidak ketinggalan info diskon besar-besaran. Yuk, mulai berburu promo mulai sekarang!

Punya

Ratusan / Ribuan

Kiriman Setiap Hari?

Satu platform, beragam layanan pengiriman dan logistik

Web Dashboard

Pergudangan & Pengemasan

Dilengkapi Kurir Instant

Plugin Pengiriman

Integrasi API Pengiriman

Mendukung beragam layanan pengiriman

GojekJNEJNTTIKI

Terintegrasi dengan channel marketplace

TokopediaLazadaTiktokShopee

Mau Pengiriman Jadi Jauh Lebih Efektif?

Dapatkan potongan harga untuk pengiriman lebih banyak, #kirimlebihbanyak bersama Biteship!