Apa Itu E-wallet? Pengertian, Kelebihan & Kekurangan serta Contohnya

Apa Itu E-wallet? Pengertian, Kelebihan & Kekurangan serta Contohnya

Tahukah Anda bahwa e-wallet adalah salah satu bentuk perkembangan teknologi keuangan di era digital serta sangat bermanfaat bagi perekonomian? Menurut studi yang dilakukan SEA Economy pada tahun 2019, nilai ekonomi digital Indonesia adalah USD 40 miliar dan diperkirakan akan mencapai USD 130 miliar pada tahun 2025.

Hal itu membuat sebuah tren, yakni cashless society atau masyarakat yang transaksinya bisa dilakukan kapan saja dan di mana saja, asalkan ada alatnya. Mari simak kelebihannya serta contohnya di bawah ini!

Pengertian E-Wallet

Dompet digital atau e-wallet adalah layanan elektronik yang memiliki fungsi sebagai tempat untuk memproses penyimpanan data serta sebagai alat pembayaran. E-wallet merupakan sistem pembayaran alternatif yang dibuat untuk memfasilitasi transaksi setiap pengguna.

Kelebihan E-Wallet

Berikut adalah beberapa manfaat menggunakan e-wallet untuk semua transaksi Anda:

1. Transaksi Lebih Cepat

Dibandingkan dengan menggunakan uang kertas, proses transaksi menggunakan e-wallet lebih efisien dan cepat. Tidak perlu mengeluarkan dompet atau uang tunai untuk membayar, cukup scan barcode yang tersedia.

2. Dapat Menghindari Uang Palsu

Menggunakan e-wallet dapat mengurangi peredaran uang palsu. Transaksi nominal dilakukan sesuai permintaan, sehingga Anda tidak perlu memikirkan untuk mendapatkan sisa kelebihan atau kembalian uang Anda untuk setiap transaksi yang terjadi.

3. Transaksi Aman

E-wallet adalah aplikasi yang aman untuk bertransaksi, mengapa? Pasalnya, setiap orang yang memiliki dompet digital ini harus menggunakan identitas yang valid untuk memverifikasi datanya.

Pengguna kemudian diminta untuk mengaktifkan fitur keamanan yang tersedia, seperti verifikasi PIN, sidik jari, dan pemindaian wajah. Jika smartphone Anda hilang, Anda dapat menggunakan fitur dompet digital di smartphone lain untuk memblokir e-wallet Anda.

4. Bisa Melakukan Transaksi Kapan Saja

Dengan dompet digital, Anda akan dapat melakukan semua transaksi kapan saja dan di mana saja. Mulai dari membayar tagihan, membeli makanan dan minuman, hingga berinvestasi melalui dompet digital.

5. Bisa Melihat Riwayat Transaksi

Selain itu, dompet digital ini memudahkan Anda untuk memantau pendapatan dan pengeluaran keuangan Anda. Fitur ini memberikan detail transaksi yang dilakukan dengan mudah dan jelas.

6. Banyak Promosi

Dompet digital yang bekerja sama dengan pedagang sering kali menawarkan diskon dan promosi yang dapat dimanfaatkan pengguna. Tentu saja hal ini sangat menarik bagi pelanggan. Oleh karena itu, semakin banyak orang yang mulai menggunakan e-wallet untuk bertransaksi.

Kekurangan E-Wallet

Selain kelebihan e-wallet, ada juga kekurangan yang harus Anda ketahui sebelum benar-benar beralih menggunakan e-wallet. Misalnya:

1. Terdapat Biaya Transaksi

Beberapa dompet digital masih mengenakan biaya admin untuk setiap transaksi. Sehingga, Anda harus mengeluarkan biaya sekian persen di setiap transaksi.

2. Konsumsi Lebih Banyak

Perlu diketahui, bahwa kemudahan yang ditawarkan oleh transaksi ini membuat pengeluaran uang terasa lebih cepat. Jika tidak bisa mengendalikan diri, keberadaan e-wallet ini akan mendorong penggunanya untuk lebih sering berbelanja dan mengeluarkan uang lebih banyak dari sebelumnya.

3. Saldo Tidak Dapat Ditarik

Beberapa jenis e-wallet tidak menawarkan layanan penarikan saldo dompet digital. Tentu saja, intinya uang yang ada ke dompet digital hanya bisa digunakan untuk transaksi berbelanja.

Contoh E-Wallet yang Ada di Indonesia 

Berikut adalah beberapa aplikasi e-wallet paling populer yang dapat Anda gunakan:

1. GoPay

Gopay adalah dompet digital serbaguna. Mulai dari transaksi di dalam toko melalui transaksi layanan Gojek dan merchant GoPay hingga pembayaran platform seperti e-commerce dan lainnya.

Gopay juga merupakan salah satu contoh layanan e-wallet yang menawarkan fungsi penarikan. Anda dapat menarik uang tunai di minimarket atau transfer ke rekening bank.

Fitur unik lain dari GoPay e-wallet adalah pembayaran yang memungkinkan Anda membelanjakan uang terlebih dahulu saat saldo kosong. Kemudian, isi saldo seperti biasa dan bayar setelahnya.

2. OVO

OVO adalah e-wallet terkenal dengan lebih dari 60.000 toko mitra atau distributor di seluruh Indonesia. Selain itu, dompet digital ini juga terhubung dengan aplikasi Grab dan berbagai layanan disediakan. 

Oleh karena itu, Anda dapat menggunakan layanan aplikasi dengan pembayaran yang lebih mudah dan cepat. OVO juga memungkinkan transfer gratis ke rekening bank dan antar pengguna. Akun Premier pada aplikasi OVO juga bisa memiliki limit saldo maksimal Rp10.000.000,00.

3. DANA

E-wallet ketiga adalah DANA, layanan dompet digital dengan fitur keamanan kelas dunia. Salah satunya adalah penggunaan otentikasi dua faktor untuk semua transaksi menggunakan PIN dan kode OTP. 

Dengan keamanan yang terjamin, Anda dapat merasa lebih percaya diri dalam menggabungkan rekening bank Anda untuk kemudahan transfer dan isi ulang. Tidak hanya itu, Anda juga dapat menarik saldo di agen dan mitra, hal  ini tentunya sangat berguna jika Anda butuh uang tunai.

Selain dapat dengan mudah menyimpan dan menginvestasikan emas melalui saldo, dompet digital ini memiliki fungsi yang lengkap. Seperti pembayaran klaim asuransi serta penerimaan pembayaran menggunakan rekening dana sebagai mitra usaha kecil dan menengah.

4. Link Aja

Link Aja adalah dompet digital dengan jaringan antar bank yang luas di Indonesia. E-wallet ini menghubungkan Telkomsel dengan empat bank BUMN (Bank Mandiri, BTN, BNI 46 dan BRI).

Dengan kerja sama ini, Link Aja dapat digunakan layaknya uang elektronik. Misalnya untuk membayar angkutan umum atau membeli bahan bakar. Fitur ini tidak tertandingi oleh e-wallet lainnya. Link Aja juga bisa digunakan untuk membayar tagihan layanan lainnya. Mulai dari biaya pendidikan, pajak, dan lainnya.

Secara khusus, Link Aja memiliki keunggulan sebagai dompet digital syariah. Tentunya fitur yang disediakan sesuai dengan kebutuhan syariah, seperti pembayaran zakat, wakaf, investasi syariah, serta pembayaran haji dan umrah.

5. ShopeePay

Seperti namanya, ShopeePay e-wallet adalah dompet elektronik yang ditujukan untuk transaksi di aplikasi marketplace Shopee. ShopeePay membantu Anda bertransaksi dengan pedagang dan mitra Shopee, mengklaim pengiriman gratis, dan memanfaatkan promosi seperti kupon diskon dan cashback.

Dengan ShopeePay, ketika pengembalian dana dari transaksi Shopee terjadi, saldo Anda secara otomatis disimpan dan bisa digunakan untuk transaksi berikutnya.

Baca Juga: Aplikasi Pinjaman Bunga Rendah Resmi (Bukan Pinjol Ilegal)

Sudah Tahu Apa Itu E-Wallet, Kelebihan & Kekurangan serta Contohnya?

Demikian penjelasan singkat mengenai apa itu e-wallet, kelebihan dan kekurangan dari aplikasi pembayaran digital ini serta beberapa contohnya yang ada di Indonesia. Semoga penjelasan di atas bermanfaat!

Punya

Ratusan / Ribuan

Kiriman Setiap Hari?

Satu platform, beragam layanan pengiriman dan logistik

Web Dashboard

Pergudangan & Pengemasan

Dilengkapi Kurir Instant

Plugin Pengiriman

Integrasi API Pengiriman

Mendukung beragam layanan pengiriman

GojekJNEJNTTIKI

Terintegrasi dengan channel marketplace

TokopediaLazadaTiktokShopee

Mau Pengiriman Jadi Jauh Lebih Efektif?

Dapatkan potongan harga untuk pengiriman lebih banyak, #kirimlebihbanyak bersama Biteship!