ER Instagram: Rumus, Manfaat, & Cara Efektif Meningkatkannya

ER Instagram: Rumus, Manfaat, & Cara Efektif Meningkatkannya
ER Instagram

Di era digital, peran sosial media penting untuk manusia. Selain mempermudah komunikasi, beberapa sosial media juga memiliki fitur khusus yang krusial dalam bisnis, termasuk ER Instagram. Bagaimanapun juga, sosial media adalah wadah yang luas untuk digital marketing.

Apa Itu ER Instagram?

ER Instagram atau kepanjangan dari engagement rate adalah metrik yang digunakan untuk mengukur tingkat keterlibatan atau interaksi pengguna dengan konten yang diposting di platform Instagram. 

Engagement rate Instagram mengukur keaktifan pengguna dalam berinteraksi dengan postingan Anda. Interaksi tersebut dapat dalam bentuk like (suka), komentar, atau berbagi. 

Selain itu, engagement rate Instagram termasuk salah satu metrik penting dalam analisis kinerja media sosial.

Dengan adanya engagement rate, Anda akan lebih mudah untuk mengecek seberapa efektif konten dalam menarik perhatian dan keterlibatan pengguna Instagram lainnya.

Di samping itu, engagement rate sangat penting dalam strategi digital marketing karena dapat membantu Anda mengukur efektivitas kampanye. ER juga dapat mengevaluasi jenis konten yang paling berhasil atau memiliki banyak peminat.

Selain itu, Metrik ini juga mampu memahami berbagai faktor seperti waktu posting, tagar (hashtag), atau gaya postingan yang bisa mempengaruhi interaksi pengguna.

Baca Juga: Instagram Bisnis: Pengertian, Fitur dan Cara Buat

Bagaimana Cara Menghitung ER Instagram?

Untuk menghitung engagement rate Instagram, Anda bisa menggunakan rumus berikut:

Keterangan:

  • Likes adalah jumlah total suka pada postingan.
  • Comments adalah jumlah total komentar pada postingan.
  • Followers adalah jumlah pengikut akun Instagram Anda.

Hasil dari engagement rate Instagram biasanya dinyatakan dalam bentuk persentase. Semakin tinggi persentase ER, semakin besar interaksi pengguna dengan konten Anda. 

Sebaliknya, tingkat ER yang rendah dapat mengindikasikan postingan Anda kurang menarik. Dalam hal ini, Anda juga perlu meningkatkan interaksi dengan followers untuk menambah persentase ER.

Baca Juga: Hashtag: Pengertian, Manfaat, dan Cara Mengoptimalkannya

5 Manfaat ER dari Instagram

ER Instagram memiliki banyak manfaat bagi pengguna yang ingin mengelola akun secara efektif. Manfaatnya berimbas cukup besar, jika akun digunakan untuk tujuan bisnis, pemasaran, atau branding produk. Berikut 5 manfaat utama engagement rate, yaitu:

1. Evaluasi Kinerja Konten

ER membantu Anda mengevaluasi kinerja konten. Dengan melihat ER pada postingan tertentu, Anda dapat menentukan jenis konten yang paling efektif dalam menarik perhatian dan interaksi pengguna.

Jika sudah mengetahui konten yang paling efektif pada akun, Anda dapat lebih fokus pada jenis konten tersebut.

2. Perencanaan Strategi Pemasaran

ER Instagram bisa membantu Anda dalam merencanakan strategi pemasaran yang lebih efektif. Anda dapat menggunakan data yang diperoleh melalui ER untuk merencanakan konten selanjutnya, kampanye promosi, atau kolaborasi dengan user lain yang memiliki audiens serupa.

3. Mengukur Kesuksesan Kampanye

Selanjutnya, ER sangat membantu ketika Anda menjalankan kampanye khusus, seperti kontes atau promosi. Anda dapat mengukur apakah kampanye tersebut sukses dalam membangun interaksi dan keterlibatan dengan target pasar.

4. Meningkatkan Brand Awareness

Jika Anda meningkatnya ER, konten lebih mungkin muncul di feed pengikut dan juga feed teman-teman mereka. Dengan begitu, ER memiliki peran penting dalam membantu meningkatkan kesadaran merek dagang atau profil Anda.

5. Mengukur Pertumbuhan Akun

Engagement rate juga bisa berperan dalam membantu mengukur pertumbuhan akun Instagram milik Anda. Bukan hanya tentang berapa banyak pengikut yang Anda dapatkan, tetapi juga seberapa aktif pengikut tersebut dalam berinteraksi dengan konten.

Baca Juga: Strategi Promosi Bisnis untuk Pemula

3 Cara Efektif dalam Meningkatkan ER Instagram

Supaya dapat meningkatkan ER Instagram, Anda perlu merancang strategi konten dan interaksi yang tepat untuk memikat dan melibatkan pengikut. Berikut 3 cara yang dapat membantu Anda meningkatkan engagement rate, yaitu:

1. Menciptakan Konsep Konten yang Unik dan Menarik

Membuat konten yang menarik adalah fokus utama marketer untuk meningkatkan persentase ER. Untuk membuat audiens menyukai konten yang diciptakan, Anda harus membuat ide yang unik dan berbeda. 

Dengan cara ini, jumlah like akan meningkat dan memungkinkan ER Instagram juga akan meningkat. Namun, marketer seringkali kehabisan ide dan kesulitan untuk menemukan inspirasi konten. 

Namun, jangan mudah menyerah dan coba menemukan inspirasi ide dari berbagai media sosial lainnya.  Untuk mendapatkan inspirasi, Anda juga bisa melihat konten pesaing Anda.

Namun, pastikan untuk melakukan perubahan agar konten Anda tetap asli dan menghindari tindakan plagiarisme. Selain itu, ciptakan konten dengan konsep yang memungkinkan penonton untuk berinteraksi dengan Anda. 

Konten tertentu, seperti pertanyaan, infografis, atau konsep yang tengah booming dapat mempengaruhi reaksi pengikut. 

Fokuskan pada konten yang menarik dan tidak old-fashioned bagi penonton sehingga mereka dapat memberikan tanggapan dengan menyukai atau membagikan  konten Anda.

2. Menggunakan Hashtag di Setiap Konten

Gunakan tagar yang relevan dan populer dalam setiap postingan Anda. Tagar membantu konten mudah untuk ditemukan oleh pengguna yang mencari konten tertentu. Pencarian menggunakan tagar dapat ditemukan di halaman jelajah bagian atas. 

Jika Anda memasukkan hashtag yang relevan, peluang konten dilihat oleh audiens lebih besar. Selain itu, penggunaan hastag juga bisa membuat jumlah followers Anda meningkat. 

Berdasarkan Influencer dari Marketing Hub, penggunaan tagar pada konten aplikasi Instagram dapat meningkatkan persentase ER Instagram.

Salah satu trik untuk menggunakan tagar pada konten Instagram adalah memilih hashtag terbaik yang cocok dengan keyword produk. Hashtag yang cocok dengan produk tidak hanya meningkatkan persentase ER, tetapi juga meningkatkan penjualan produk. 

Dengan begitu, Anda dapat memperoleh dua keuntungan sekaligus. Namun, jangan lupa untuk memperhatikan berapa banyak hashtag yang telah digunakan. Jika tidak tepat, shadowban Instagram dapat menyerang akun dan konten Anda.

3. Konsisten Menggugah Konten di Feed dan Story Instagram

Unggah konten secara berkala karena algoritma Instagram mempertimbangkan konten baru. Bagaimanapun juga, engagement rate meningkat dengan postingan yang lebih baru. Oleh karena itu, rajinlah membuat postingan Instagram. 

Anda akan lebih mudah mengontrol media sosial, jika menetapkan jadwal untuk posting di feed dan story. Agar Anda tidak lupa waktu upload, siapkan postingan Anda jauh-jauh hari. 

Anda juga bisa menggunakan aplikasi yang dapat otomatis mengunggah konten yang telah disiapkan dalam waktu tertentu.  

Siap Manfaatkan ER Instagram agar Bisnis Lancar?

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, membuat konten secara konsisten dan memanfaatkan perhitungan metrik melalui ER Instagram sangat membantu dalam strategi pemasaran bisnis. Oleh karena itu, memanfaatkan teknologi sangat mempermudah kita dalam menjalankan suatu bisnis.

Punya

Ratusan / Ribuan

Kiriman Setiap Hari?

Satu platform, beragam layanan pengiriman dan logistik

Web Dashboard

Pergudangan & Pengemasan

Dilengkapi Kurir Instant

Plugin Pengiriman

Integrasi API Pengiriman

Mendukung beragam layanan pengiriman

GojekJNEJNTTIKI

Terintegrasi dengan channel marketplace

TokopediaLazadaTiktokShopee

Mau Pengiriman Jadi Jauh Lebih Efektif?

Dapatkan potongan harga untuk pengiriman lebih banyak, #kirimlebihbanyak bersama Biteship!