11 Manfaat Facebook Ads Extension yang Perlu Diketahui

11 Manfaat Facebook Ads Extension yang Perlu Diketahui

Berkecimpung di dunia bisnis online menuntut Anda untuk harus selalu up to date dengan teknologi yang perkembangannya sangat cepat. Terkait dengan hal ini, digital marketing termasuk penting untuk dipelajari. Jenisnya sendiri ada banyak dan salah satu yang cukup populer adalah Facebook ads extension.

Secara sederhana, Facebook Ads adalah layanan iklan di platform Facebook yang akan mempromosikan situs bisnis atau fanspage toko online Anda sesuai dengan target konsumen. Hal ini akan membantu Anda dalam memperluas jaringan pasar sekaligus meningkatkan penjualan.

Apa Saja Manfaat Facebook Ads Extension?

Layanan iklan yang dimiliki oleh Facebook ini tidaklah gratis, melainkan berbayar. Anda bisa mengiklankan produk atau jasa dengan memilih kriteria audiens yang mencangkup gender, usia, jenis pekerjaan, lokasi, minat, pendidikan, kebiasaaan, dsb.

Semakin detail kriteria Anda, maka semakin tepat sasaran juga iklan Facebook Anda nantinya. Memang bukan satu-satunya, namun Facebook Ads menawarkan banyak keuntungan bagi penggunanya seperti daftar di bawah ini:

1.     Menjangkau Audiens

Saat ini Facebook memang bukan menjadi platform media sosial yang paling populer. Namun jangan salah, jumlah penggunanya masih sangat tinggi. Menurut statistik, Facebook memiliki jumlah pengguna aktif lebih dari 2.6 juta orang dari berbagai negara.

Data ini menunjukkan bahwa beriklan di Facebook tidak akan merugi, siapapun target audiens Anda. Sebab Facebook digunakan oleh orang-orang dari berbagai usia, kalangan, dan lokasi.

Maka, dapat dikatakan bahwa Facebook Ads dapat mempermudah Anda dalam menjangkau lebih banyak audiens. Hal ini pastinya akan berdampak baik bagi bisnis karena Anda memiliki lebih besar peluang untuk mendapatkan calon pembeli baru.

2.     Effortless dengan Hasil Fantastis

Dikatakan effortless atau minim usaha karena Anda hanya perlu duduk manis menunggu konsumen datang, tidak perlu repot membuat konten atau menyebar brosur di tempat umum. Namun, hasilnya bisa fantastis karena jumlah pengguna Facebook yang banyak tadi.

Ditambah, tampilan antarmuka dari Facebook Ads Extension yang user friendly sehingga mudah untuk dipelajari. Fiturnya juga memadai untuk menyiapkan promosi iklan secara online.

Bahkan, Anda juga dapat menambahkan fitur pelacakan pada halaman akun toko online untuk menargetkan audiens agar lebih tepat sasaran. Terdapat juga fitur yang dapat membantu Anda untuk mengetahui apa saja produk-produk yang sedang disukai masyarakat akhir-akhir ini.

3.     Call to Action yang Fleksibel

Keuntungan yang satu ini dapat Anda rasakan jika sudah mencoba langsung Facebook Ads. Berkat berbagai fitur canggih yang dimilikinya, beriklan di Facebook Ads menjadi lebih fleksibel karena Anda bisa memilih sendiri target audiens.

Beriklan dengan cara ini sama dengan Call to Action (CTA) dan metode ini terbukti ampuh dalam meningkatkan conversion rate alias jumlah pengunjung situs. Sederhananya, akan lebih banyak audiens yang membuka halaman Facebook toko Anda.

Baca Juga: Ketahui! Tips Live Streaming Bagi Pemula Agar Menarik Viewers

4.     Mampu Menganalisis Keadaan

Berbagai aktivitas yang ada di beranda halaman Facebook Anda tentunya akan terlihat saat Anda mengelola fanpage Facebook.

Nah, dari history aktivitas inilah Anda dapat dengan mudah menganalisis keadaan dan pada akhirnya dapat menyesuaikan promosi yang paling tepat sesuai dengan kebutuhan. Karakter dari orang-orang yang menjadi target audiens dapat Anda analisis sehingga target promosi lebih tepat sasaran.

5.     Hasilnya Tidak Lama

Manfaat lain yang bisa Anda dapatkan dari Facebook Ads Extension adalah hasil yang cukup cepat. Jika bisnis Anda sedang mencari strategi digital marketing dengan hasil jangka pendek, maka Facebook Ads merupakan salah satu pilihan yang ideal.

Setelah iklan Anda ditayangkan, maka Facebook Ads akan menyediakan konversi. Iklan ini akan menampilkan produk barang atau layanan yang ditawarkan oleh bisnis Anda kepada ribuan pengguna potensial hanya dalam waktu yang singkat.

Menurut penelitian yang dipublikasikan di situs Wordstream, Facebook Ads memiliki tingkat konversi rata-rata 9,21 %. Maka, iklan Facebook dapat mendorong target audiens untuk melakukan pembelian.

Nah, sebagian dari Anda mungkin penasaran, bagaimana kita bisa tahu bahwa iklan tersebut benar-benar ditayangkan? Jangan khawatir, Anda dapat melihat insight dari kinerja iklan di bagian Ads manager (pengelola iklan).

Bagian ini akan menampilkan data terkait hasil iklan Facebook Anda, yang mencakup jumlah orang yang mengklik iklan dan jumlah orang yang melihat iklan tapi tidak mengklik.

6.     Meningkatkan Brand

Iklan Facebook muncul di halaman beranda setiap pengguna beberapa kali dalam sehari. Jika ingin brand Anda lebih mudah dikenal orang, maka Facebook Ads bisa menjadi solusi.

Meskipun mungkin nantinya jumlah klik hanya sedikit, namun visibilitas iklan tersebut sangat membantu dalam membangun kepercayaan dan pada akhirnya meningkatkan branding.

Baca Juga: Tiktok Shop Affiliate: Definisi dan Tata Cara Daftarnya

7.     Target Promosi Tepat Sasaran

Misalnya produk yang Anda jual adalah skincare, maka Facebook akan secara otomatis mempromosikan produk/brand Anda kepada audiens yang memang relevan. Jadi, promosi bisa lebih tepat sasaran dan hasilnya pun lebih menjanjikan.

8.     Fleksibel dan Tanpa Batas

Menggunakan Facebook Ads Extension sama dengan beriklan tanpa batasan jarak, karena Anda bisa menjangkau audiens dari pulau atau bahkan negara berbeda.

Tidak adanya batasan jarak berarti mempromosikan bisnis bisa lebih leluasa. Batasan waktu pun juga tidak ada, sehingga beriklan di Facebook Ads sangatlah fleksibel.

9.     Tools Remarketing Efektif

Bukan sekedar platform media sosial, namun kini Facebook telah tumbuh menjadi mesin pemasaran yang tangguh. Melalui Facebook Ads, Anda memiliki peluang untuk kembali mengiklankan produk kepada orang-orang yang pernah melihat produk tersebut di hari yang berbeda.

Hal ini karena Facebook sudah dilengkapi dengan tools canggih yang disebut remarketing. Inilah mengapa Anda sendiri kadang melihat iklan yang sama di hari berbeda saat sedang browsing di Google.

10.  Like Lebih Banyak

Facebook Ads memang menawarkan banyak keuntungan termasuk menambah jumlah like pada halaman toko online Anda. Like ini akan berdampak pada engagement dan jangkauan karena bisa menjadi salah satu pondasi dalam memperkuat branding. Semakin banyak like, maka semakin populer juga toko Anda.

11.  Transparansi Audiens

Berdasarkan penargetan audiens yang sebelumnya sudah Anda pilih tadi, maka dapat dikatakan bahwa Facebook Ads sangat transparan. Tingkat kontrol yang tinggi terkait audiens berada di tangan Anda.

Baca Juga: Tagline adalah: Definisi, Jenis, dan Contoh Tagline Menarik

Setelah mendapat banyak pelanggan lewat Facebook Ads Extension, maksimalkan pelayanan agar pelanggan semakin loyal. Caranya dengan menyediakan beragam pilihan ekspedisi. Tak harus ribet, Anda bisa gunakan Biteship sebagai agregator logistik yang mendukung perkembangan bisnis e-commerce.

Punya

Ratusan / Ribuan

Kiriman Setiap Hari?

Satu platform, beragam layanan pengiriman dan logistik

Web Dashboard

Pergudangan & Pengemasan

Dilengkapi Kurir Instant

Plugin Pengiriman

Integrasi API Pengiriman

Mendukung beragam layanan pengiriman

GojekJNEJNTTIKI

Terintegrasi dengan channel marketplace

TokopediaLazadaTiktokShopee

Mau Pengiriman Jadi Jauh Lebih Efektif?

Dapatkan potongan harga untuk pengiriman lebih banyak, #kirimlebihbanyak bersama Biteship!