Fakta Menarik e-Grocery dan Cara Pengiriman untuk e-Groceries

Fakta Menarik e-Grocery dan Cara Pengiriman untuk e-Groceries
pengiriman untuk e groceries

Dewasa ini, semua hal dapat Anda lakukan melalui online dengan sangat mudah dan efisien. Salah satunya berbelanja dengan sistem layanan e-grocery. Lantas, bagaimana sistem kerja sistem layanan ini dari pemesanan hingga pengiriman untuk egroceries? Yuk, baca semua fakta menarik tentang e-grocery di artikel ini!

Apa Itu Pengiriman untuk e-Groceries?

e-grocery merupakan sebuah bisnis online yang menjadi tempat bagi Anda untuk berbelanja kebutuhan rumah tangga sehari-hari melalui daring. Adanya sistem belanja online terutama untuk kebutuhan pokok seperti ini akan mempermudah rumah tangga Anda.

Sistem belanja ini telah menarik banyak pengguna sejak adanya Covid-19 dimana saat itu Anda tidak diperbolehkan untuk sering keluar rumah. Anda bisa memesan semua kebutuhan rumah tangga melalui smartphone dan tinggal menunggu pengiriman untuk egroceries menuju alamat rumah Anda.

Last mile delivery yaitu istilah untuk sistem pengiriman dari e-grocery langsung dari pasar online menuju alamat Anda. Sistem pengiriman ini cukup efisien dan terjamin, hampir mencangkup segala aspek, mulai dari biaya hingga kerusakan barang. Last mile delivery juga menjamin pengiriman lancar hingga ke alamat tujuan.

Selain itu, sistem pengiriman ini juga memberikan manfaat bagi produsen dan konsumen. Hadirnya sistem e-commerce memberikan peluang kepada para pengusaha untuk mengembangkan sayap bisnisnya. Di samping itu, hal ini juga memberikan peluang bagi Anda untuk membuka bisnis pengiriman untuk e-grocery. 

Pro dan Kontra dari Adanya Pengiriman untuk e-Groceries

Sudah menjadi rahasia umum bahwa manfaat dari e-commerce sangatlah luas dan mempermudah kehidupan Anda pada era digital seperti sekarang ini. Tetapi, apakah Anda tahu apa saja manfaat dari penggunaan sistem layanan last mile delivery untuk pengiriman dari e-grocery? Baca selengkapnya pada poin-poin berikut ini.

1. Aspek Biaya

Pertama, manfaat dari sistem layanan last mile delivery untuk e-groceries adalah memberikan biaya yang rendah. Penggunaan layanan ini dapat mengurangi budget usaha untuk pengiriman hingga 30% sehingga pengusaha dapat lebih fokus mengembangkan bisnisnya dengan modal yang ada.

Manfaat yang diberikan dari sisi biaya ini tidak hanya dirasakan oleh produsen, namun konsumen juga dapat merasakan dampak positifnya. Anda tidak perlu memikirkan ongkos kirim untuk barang kiriman Anda karena sistem otomatis memberikan opsi ongkos termurah.

Tetapi, biaya tidak selamanya menjadi rendah untuk setiap pesanan grocery. Biaya pengiriman mungkin mengalami kenaikan tergantung pada permintaan pasar dan banyaknya barang yang Anda pesan. Permintaan pasar yang tidak konsisten dan adanya pesanan selama musim libur mengakibatkan biaya menjadi naik.

2. Kemudahan dalam Pelacakan

Pengiriman untuk egroceries memberikan kemudahan bagi Anda untuk melacak perjalanan paket grocery milik Anda. Anda dapat secara real time memeriksa perjalanan paket untuk memantau perjalanan menuju alamat Anda. Tetapi, ada kalanya paket berjalan menuju alamat yang berbeda.

Oleh sebab itu, sistem pelacakan secara real time sangat membantu bagi Anda. Jika Anda melacak pergerakan tidak biasa dari paket grocery Anda, maka Anda bisa langsung melaporkan hal tersebut ke pihak terkait. 

3. Pengiriman Cepat

Selanjutnya, manfaat lainnya dari penggunaan jasa layanan pengiriman untuk egroceries adalah untuk mempercepat pengiriman. Pengiriman yang cepat sangat penting, terutama pada saat mengirimkan grocery yang mana merupakan bahan-bahan keperluan rumah tangga.

Kesegaran bahan rumah tangga sehari-hari menjadi prioritas pertama selama pengiriman. Oleh sebab itu, pengiriman harus cepat dan menyeluruh hingga pelosok. Para penyedia jasa last mile delivery untuk grocery akan menggunakan berbagai kendaraan agar distribusi barang tepat waktu dan sesuai alamat tujuan.

Tetapi, terdapat kendala terkait kecepatan pengiriman. Kendala terjadi jika pada saat perjalanan terdapat kemacetan yang parah, sehingga kendaraan pengirim tidak bisa bergerak. Kendala ini menyebabkan keterlambatan waktu pengiriman sehingga barang grocery Anda mungkin mengalami penurunan kualitas. 

Baca Juga: Layanan Same Day: Ketentuan, Biaya, dan Cara Menggunakannya

Solusi Penggunaan Jasa Pengiriman untuk e-Groceries

Meskipun jasa last mile delivery untuk grocery membawa dampak positif bagi produsen dan konsumen, namun masih terdapat beberapa kekurangan yang perlu menjadi perhatian. Lantas, apa solusi yang bisa untuk memperbaiki kualitas pelayanan? Bagi Anda yang ingin menjalankan bisnis ini, silakan baca di bawah ini.

1. Pemilihan Rute Pengiriman

Solusi pertama untuk menghadapi pengiriman yang tidak sesuai dengan titik lokasi alamat yaitu dengan mempertimbangkan pemilihan rute pengiriman. Pemilihan rute dapat memengaruhi kecepatan pengiriman hingga ke tangan konsumen. Oleh sebab itu, penting bagi Anda untuk memilih rute yang tepat dan terhindar dari macet.

2. Pemakaian Teknologi untuk Sistem Pengiriman

Demi menghindari rute yang sulit dan mengakibatkan keterlambatan pengiriman, Anda perlu menggunakan teknologi pada bisnis pengiriman untuk egroceries milik Anda. Teknologi dapat berfungsi sebagai pedoman untuk memilih rute hingga mengecek kebutuhan konsumen akan jasa last mile delivery. 

Teknologi ini akan sangat membantu Anda untuk mendapatkan pemetaan lokasi pengiriman dengan lebih luas dan maksimal. Alhasil, konsumen bisa merasakan kepuasan dan dapat memberi kepercayaan kepada bisnis last mile delivery milik Anda.

3. Optimalkan Sistem Pengiriman

Selanjutnya, sistem pengiriman yang teratur dan dinamis menjadi kunci utama untuk penyedia jasa last mile delivery. Pemilihan rute dengan metode multidrop merupakan salah satu metode terbaik dalam sistem pengiriman dinamis. Metode ini berguna untuk mengirimkan barang yang lebih penting terlebih dahulu. 

Selain pemilihan sistem pengiriman multidrop, aspek lain yang perlu Anda perhatikan adalah jadwal pengiriman. Pengiriman untuk egroceries harus dilakukan dengan cepat karena beberapa bahan pangan memiliki batas waktu tertentu untuk bertahan dalam suhu ruang.

4. Tingkatkan Jaminan Keamanan untuk Barang Kiriman

Kunci utama sebagai penyedia layanan pengiriman barang adalah dengan menjamin barang dalam kondisi baik hingga ke tangan konsumen. Layanan pengiriman yang dapat memberi keamanan barang akan mendapat kepercayaan dari konsumen dan meningkatkan layanan bisnis Anda.

Belanja Tanpa Repot dengan Pengiriman untuk e-Groceries

Era digitalisasi memudahkan kehidupan manusia dalam berbagai aspek termasuk untuk berbelanja melalui online. Anda dapat berbelanja barang-barang yang Anda inginkan mulai dari kebutuhan lifestyle hingga bahan pangan sehari-hari. Oleh sebab itu, hadirnya sistem layanan e-grocery menjadi salah satu hal penting saat ini.

Anda dapat dengan mudah memesan, membeli bahan pangan sehari-hari, dan menunggu pengiriman langsung dari aplikasi e-grocery. Jasa layanan pengiriman untuk egroceries sangat menjaga kualitas bahan pangan yang memiliki jangka waktu tertentu. Barang yang dikirim juga pasti dalam keadaan segar dan aman.

Melalui API Biteship, e-Groceries dapat melakukan pengiriman dengan cepat dan praktis untuk menjamin kesegaran bahan pangan sampai di tangan pelanggan. Terdapat berbagai pilihan pengiriman ekspress seperti pengiriman instant, same day, dan next day. Tertarik untuk mencoba Biteship untuk pengiriman Anda? Cari tahu lebih lengkap di sini!

Punya

Ratusan / Ribuan

Kiriman Setiap Hari?

Satu platform, beragam layanan pengiriman dan logistik

Web Dashboard

Pergudangan & Pengemasan

Dilengkapi Kurir Instant

Plugin Pengiriman

Integrasi API Pengiriman

Mendukung beragam layanan pengiriman

GojekJNEJNTTIKI

Terintegrasi dengan channel marketplace

TokopediaLazadaTiktokShopee

Mau Pengiriman Jadi Jauh Lebih Efektif?

Dapatkan potongan harga untuk pengiriman lebih banyak, #kirimlebihbanyak bersama Biteship!