Faktur: Pengertian dan Jenisnya dalam Kegiatan Bisnis

Faktur: Pengertian dan Jenisnya dalam Kegiatan Bisnis
faktur adalah

Memulai atau menjalankan suatu bisnis bukanlah perkara mudah, apalagi dengan persaingan bisnis yang makin hari makin ketat. Faktur adalah salah satu istilah dalam kegiatan bisnis yang harus Anda pahami untuk memudahkan pengelolaan bisnis.

Faktur sering diartikan sebagai dokumen yang berisi rincian transaksi antara penjual dan pembeli dalam melakukan transaksi bisnis. Untuk lebih mengenal apa itu faktur, bukan hanya pengertiannya saja, Anda juga harus mengenal berbagai jenis dalam kegiatan bisnis.

Pengertian Faktur Adalah?

Dokumen komersial yang berisi informasi transaksi secara rinci antara penjual dan pembeli, baik secara kredit maupun tunai sering diartikan sebagai faktur. Masyarakat umum sering salah mengartikan faktur dengan invoice penjualan atau tagihan hingga bana buku kuitansi. 

Jenis-jenis Faktur dalam Kegiatan Bisnis 

1. Faktur Biasa

Jenis faktur yang pertama ini bersifat sederhana dan menjadi jenis dokumen yang paling umum kita jumpai dalam transaksi jual beli atau dalam kehidupan sehari-hari. Dokumen ini biasanya diberikan ketika terjadi transaksi dengan sistem sederhana atau secara umum. 

Karena bersifat sederhana, informasi yang tercantum dalam dokumen faktur juga tidak banyak, seperti keterangan, jumlah, diskon, harga dan lain sebagainya.

2. Proforma Invoice

Proforma invoice adalah jenis faktur yang diberikan sebelum penyerahan barang secara menyeluruh sehingga dokumen ini hanya bersifat sementara sebagai pengganti. Konsumen nantinya akan menerima produk secara bertahap atau terpisah. 

Proforma invoice akan diganti dengan faktur yang biasa atau utuh apabila konsumen sudah menerima produk secara utuh atau keseluruhan.

3. Commercial Invoice

Jenis retail berikutnya lebih rumit dari biasa, yakni commercial invoice yang khusus dibuat untuk melakukan ekspor impor atau perdagangan luar negeri. Perwakilan negara tujuan pengimpor akan memberikan legalisasi berupa dokumen ini. 

Beberapa perwakilan negara tujuan pengimpor yang bisa mengeluarkan faktur adalah kantor konsuler, perdagangan hingga kedutaan besar negara pengimpor.

4. Invoice Barang

Selanjutnya, jenis faktur yang berisi daftar barang yang dibeli konsumen disebut sebagai invoice barang. Faktur tersebut biasanya juga mencantumkan informasi tentang harga dari parang atau produk yang dibeli. 

Invoice barang sering kita lihat pada paket di mana tulisan harga membantu para kurir untuk mengetahui harga barang di dalamnya.

5. Invoice Jasa

Bukan hanya invoice barang, ada juga jenis faktur berupa invoice jasa yang memiliki ciri dan fungsi sama dengan invoice barang. Bedanya, faktur ini merupakan dokumen penagihan atau jasa yang sudah disediakan kepada customer, seperti hosting web, internet wifi dan lainnya.

Dokumen ini tidak hanya berisi tentang daftar jasa yang sudah diberikan, tapi juga cara pembayaran dan harga yang harus dibayarkan.

6. Faktur Pajak

Namanya juga faktur pajak, maka lembaga yang bisa mengeluarkan dokumen ini adalah instansi pajak. Jenis faktur ini bisa dikatakan sebagai spesialisasi faktur yang lebih fokus sebagai bukti pungutan pajak PKP.

Pungutan ini dilakukan ketika penyerahan Jasa Kenap Pajak atau penyerahan Barang Kena Pajak.

7. Invoice Penjualan

Faktur adalah bagian penting dalam transaksi, begitu juga faktur penjualan yang akan diberikan pada pembeli sebagai bukti atas jasa atau barang yang dijualnya. Penjual akan memberikan dokumen ini ketika barang yang dibeli sudah sampai di tempat pembeli.

8. Invoice Pembelian

Selain invoice penjualan, ada juga invoice pembelian yang digunakan sebagai bukti bahwa pembeli sudah menerima jasa atau barang sesuai dengan keinginannya. Dokumen ini berisi informasi detail tentang jasa atau barang sekaligus harga tagihan yang harus dilunasi pembeli.

Cara mencari suplier tangan pertama harus mempertimbangkan masalah kelengkapan dokumen faktur untuk memudahkan kegiatan jual beli. 

9. Invoice Penagihan

Jenis faktur terakhir yang sering kita jumpai dalam kegiatan bisnis adalah invoice penagihan yang berguna untuk menagih biaya jasa atau barang yang harus dibayarkan oleh pembeli. Dalam invoice ini, tentu ada informasi tentang harga jasa atau barang yang dibeli.Memahami faktur adalah suatu keharusan dalam menjalankan bisnis agar bisa disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan. Bukan hanya pengertian, ulasan tentang jenis-jenis faktur di atas juga membantu Anda untuk menjalankan bisnis agar makin berkembang.

Punya

Ratusan / Ribuan

Kiriman Setiap Hari?

Satu platform, beragam layanan pengiriman dan logistik

Web Dashboard

Pergudangan & Pengemasan

Dilengkapi Kurir Instant

Plugin Pengiriman

Integrasi API Pengiriman

Mendukung beragam layanan pengiriman

GojekJNEJNTTIKI

Terintegrasi dengan channel marketplace

TokopediaLazadaTiktokShopee

Mau Pengiriman Jadi Jauh Lebih Efektif?

Dapatkan potongan harga untuk pengiriman lebih banyak, #kirimlebihbanyak bersama Biteship!