Pengertian, Manfaat dan Fungsi Barcode Pada Kemasan Produk

Pengertian, Manfaat dan Fungsi Barcode Pada Kemasan Produk
fungsi barcode pada kemasan

Pada kemasan sebuah produk, adalah hal yang lumrah jika ditemukan gambar yang terdiri atas garis-garis yang beragam ketebalannya dengan angka di bagian bawahnya. Inilah yang dinamakan dengan barcode. Memangnya apa fungsi barcode pada kemasan produk sampai harus ada di setiap produk?

Ini adalah pertanyaan yang menarik mengingat barcode menyimpan sejumlah informasi mengenai produk. Dengan adanya barcode ini, pola pekerjaan bisa jadi lebih mudah. Lalu apa sebenarnya fungsi dari barcode itu sendiri? Berikut jawabannya. 

Pengertian Barcode dan Bagiannya

Sebelum membahas lebih jauh soal fungsi barcode pada kemasan produk, ada baiknya memahami dulu apa itu barcode. Barcode bisa dianggap sebagai kode batang yang di dalamnya terdapat data optik. Barcode ini biasanya hadir dalam bentu garis maupun angka.

Barcode didesain sedemikian rupa agar mudah dibaca oleh perangkat digital yang terhubung dengan komputer. Seperti yang sudah disampaikan, di dalam barcode ada informasi detail mengenai produk termasuk komposisi dan harganya. 

Secara umum, barcode ini terdiri atas tiga bagian, yaitu margin atau quiet zone, start/stop character dan check digit dengan penjelasan sebagai berikut. 

  • Margin atau Quiet Zone, yang merupakan margin kosong dikedua ujung barcode. Minimal margin antar barcode tersebut adalah 2,5 mm. Lebar margin ini harus mencukupi. Sebab, kalau tidak, barcode menjadi sulit dibaca oleh alat pemindai
  • Start/Stop Character merupakan dua bagian yang mewakili awal serta akhir data. Karakternya ini berbeda-beda dan tergantung pada jenis barcodenya
  • Check Digit, merupakan digit yang digunakan untuk memeriksa apakah memang data barcode yang sudah dikodekan benar atau tidak.

Baca Juga: Pengertian Fulfillment dan Fungsinya Untuk Bisnis

Fungsi Barcode Pada Kemasan Produk

Barcode biasanya ditemukan di bagian belakang kemasan, walaupun memang kode ini bisa ditempatkan di mana saja. Walaupun ukurannya juga tidak terlalu besar, ternyata barcode ini memiliki beberapa fungsi sekaligus, antara lain.

  1. Memuat Informasi Detail Mengenai Produk

Salah satu fungsi utama barcode yang tertera di kemasan produk ialah untuk menyimpan berbagai informasi yang lengkap mengenai produk tersebut. Contoh informasi yang dimaksud ialah nomor produk, kode produksinya bahkan sampai tanggal kadaluwarsanya. 

Dengan begini, siapapun yang berkepentingan bisa dengan mudah mendapatkan informasi-informasi tersebut. Dengan adanya informasi detail ini, tentunya barcode bisa jadi pembeda antara barang yang asli dengan yang palsu. 

  1. Mempermudah Proses Pembayaran

Fungsi lain barcode yang tertera di kemasan produk ialah mempermudah proses pembayaran. Hal ini bisa terjadi karena kasir sudah tidak perlu lagi memasukkan data produk satu per satu secara manual. Mereka hanya perlu scan barcode tersebut, baik menggunakan aplikasi ataupun alat khusus. 

Proses ini tentunya akan jauh lebih hemat waktu. Apalagi kalau di supermarket besar, pembeli tidak perlu berlama-lama antri saat ingin membayarnya. Ini juga merupakan bagian dari upaya memberikan pelayanan yang terbaik kepada setiap pelanggan dan bagian dari customer relationship.

Customer relationship adalah strategi untuk menjaga hubungan baik dengan pelanggan. Pelanggan yang dilayani dengan baik termasuk tidak perlu antri ketika akan membayar cenderung akan merasa puas dan tidak enggan melakukan pembelian yang berulang. 

Semakin banyaknya pelanggan yang puas dengan kecepatan pelayanan yang diberikan, usaha akan semakin diuntungkan. 

  1. Mempermudah Dalam Menjangkau Pasar yang Lebih Luas

Fungsi barcode pada kemasan produk yang lainnya ialah mempermudah bisnis untuk menjangkau pasar yang lebih luas. Menggunakan kode batang pada produk adalah langkah tepat yang bisa dilakukan supaya produk bisnis bisa ada toko ritel besar

Sebab, salah satu syarat diterimanya produk dalam katalog mereka adalah adanya barcode ini. begitu perusahaan ritel besar sudah terjangkau, ke depannya, keuntungan yang didapatkan juga akan semakin besar pula bukan?

  1. Mempermudah Pencatatan

Barcode juga sangat membantu pencatatan data dan tentunya ini lebih cepat dibandingkan dengan cara yang manual. Tidak hanya membuat pencatatan itu lebih mudah, barcode juga membuatnya lebih akurat mengingat barcode pun dibuat dengan sangat teliti dan akurasinya juga tinggi. 

Dengan fungsi ini, barcode juga bisa disebut-sebut sebagai sistem yang dapat membantu meminimalisir kerugian karena akurasinya tadi. Selain itu pula, dengan barcode ini, Anda tidak memerlukan banyak tenaga kalau hanya untuk menginput data secara berulang-ulang. 

Baca Juga: Pengertian dan Manfaat Gudang Online

Manfaat Barcode

Barcode sendiri sudah digunakan sejak lama dalam berbagai keperluan termasuk dalam dunia perdagangan. Selama perjalanannya tersebut barcode sudah menunjukkan track record yang sudah terbukti membuat siste operasional bisnis jadi efektif. 

Hal ini dikarenakan barcode memiliki manfaat berikut ini. 

  • Membantu meminimalisasi terjadinya human eror khususnya saat penginputan data. Sedangkan proses input data menggunakan cara manual memiliki risiko human eror yang lebih tinggi
  • Proses pemindaian barcode jauh lebih cepat dibandingkan dengan harus memasukkan data secara manual
  • Penggunaan barcode bisa membantu mengurangi waktu yang diperlukan untuk melatih karyawan. Sebab, dengan barcode ini, Anda hanya butuh waktu sebentar saja untuk mengajari mereka cara memindai barcode menggunakan barcode scanner. Tidak hanya itu, karyawan Anda juga sudah tidak perlu mbiasakan diri dengan prosedur penetapan harga maupun inventaris yang membuat biaya pelatihan juga lebih terjangkau
  • Kontrol inventaris bisa jadi lebih mudah. Dengan bantuan barcode ini, Anda sudah tidak perlu melakukan pembaruan data secara terus-menerus ketika stok di gudang berkurang atau bertambah, sehingga dengan kata lain barcode juga akan membantu pelacakan stok
  • Barcode memungkinkan pemangku kepentingan untuk mengambil keputusan lebih cepat. Sebab, barcode akan membuat data yang diperlukan dapat diperoleh cengan cepat dan juga akurat

Begitu pentingnya fungsi barcode pada kemasan produk seperti yang sudah disampaikan sebelumnya, sebaiknya memang kode ini diterapkan pada seriap kemasan produk. Barcode itu sendiri macam-macam dan Anda bisa pilih yang paling sesuai dan mudah dipasang di kemasan produk.

Eksplor mengenai layanan gudang dan fulfillment Biteship dengan kontak tim biteship atau langsung jadwalkan pertemuan dengan klik link di bawah ini

[maxbutton id=”2″ url=”https://api.whatsapp.com/send?phone=6281399045077&text=Halo+admin,+saya+ingin+konsultasi+mengenai+produk+dari+Biteship+untuk+bisnis+saya” text=”” ]

Atau, jadwalkan pertemuan online bersama tim Biteship pada link berikut: 

[maxbutton id=”1″ url=”https://biteship.com/id/hubungi-sales?utm_source=blog&utm_medium=article&utm_campaign=demo&utm_content=fulfillment” text=”Jadwalkan Pertemuan” ] 

Punya

Ratusan / Ribuan

Kiriman Setiap Hari?

Satu platform, beragam layanan pengiriman dan logistik

Web Dashboard

Pergudangan & Pengemasan

Dilengkapi Kurir Instant

Plugin Pengiriman

Integrasi API Pengiriman

Mendukung beragam layanan pengiriman

GojekJNEJNTTIKI

Terintegrasi dengan channel marketplace

TokopediaLazadaTiktokShopee

Mau Pengiriman Jadi Jauh Lebih Efektif?

Dapatkan potongan harga untuk pengiriman lebih banyak, #kirimlebihbanyak bersama Biteship!