Girder Trolley: Pengertian, Fungsi, Fitur, dan Jenis-Jenisnya

Girder Trolley: Pengertian, Fungsi, Fitur, dan Jenis-Jenisnya
girder trolley

Dalam dunia pergudangan yang erat kaitannya dengan pemindahan dan pengangkatan beban berat, girder trolley atau yang dikenal juga dengan sebutan beam trolley menjadi alat yang punya peran penting. Alat ini dapat membantu memudahkan kegiatan bongkar muat di gudang agar lebih cepat dan efisien.

Apakah Anda sudah familiar dengan alat girder troli atau beam trolley ini? Jika belum, maka kami akan membantu Anda mengenal alat ini lebih jauh, mulai dari pengertian, fungsi, fitur yang ada, sampai jenis-jenisnya. Yuk, simak!

Pengertian Girder Trolley

Secara umum, girder atau beam trolley merupakan sebuah alat bantu yang digunakan untuk memindahkan barang besar dari satu tempat ke tempat lainnya secara horizontal. Karena kegunaannya ini, girder trolley menjadi solusi efektif untuk mempermudah aktivitas bongkar muat di dalam gudang.

Selain itu, alat ini memiliki struktur kokoh yang terbuat dari material besi tebal, membuatnya mampu menahan beban berat dengan baik. Girder troli umumnya dirancang dengan sistem rantai tangan yang melingkar dan langsung terhubung dengan sprocket untuk memastikan kontrol yang presisi saat beban dipindahkan.

Ditambah lagi, alat ini juga dilengkapi dengan roda gigi untuk mempermudah pergerakan beban di rel girder. Adanya roda gigi pada rel girder ini mampu menggerakkan beban dengan halus dan mulus ke arah yang sudah Anda tentukan saat Anda menarik rantai girder.

Fungsi Girder Trolley

Di bawah ini adalah 5 fungsi umum dari girder trolley yang menjadikannya solusi terbaik untuk menunjang aktivitas di gudang.

1. Pemindahan Barang yang Efisien

Sesuai yang sudah dijelaskan di awal, girder troli adalah alat yang berfungsi untuk mempermudah pemindahan beban-beban berat dalam industri konstruksi maupun pergudangan. Adanya alat ini membantu pekerja untuk melakukan aktivitas bongkar muat lebih mudah dan efisien.

2. Kontrol Presisi Menggunakan Rantai Tangan

Girder trolley hadir dengan sistem rantai yang melingkar dan terhubung langsung dengan sprocket. Berkat rancangan ini, Anda dan pekerja lainnya dapat mengangkat dan memindahkan beban berat dengan tepat.

3. Pemindahan Barang yang Mudah

Girder troli umumnya memiliki roda gigi yang berfungsi untuk memperlancar pergerakan pada rel girder. Adanya roda gigi ini membuat troli dapat bergerak perlahan ke arah yang Anda tentukan saat Anda menarik rantainya. Hal ini tentu menjadikan proses pemindahan beban akan jauh lebih mudah. 

4. Kemampuan Lateral yang Penting

Fungsi selanjutnya adalah kemampuannya untuk menggerakkan beban secara lateral atau menyamping dengan seimbang. Karena fungsinya ini, alat girder menjadi pilihan terbaik untuk perusahaan yang sering melakukan perpindahan barang secara menyamping di tempat gudang.

5. Meningkatkan Keamanan Pekerjaan Gudang

Tidak hanya berfungsi untuk meningkatkan efisiensi proses perpindahan barang di gudang, girder troli juga berkontribusi dalam mengurangi resiko kecelakaan serta meningkatkan keamanan. Fungsinya dalam memindahkan beban dengan presisi membuatnya mampu mengurangi potensi kerusakan dan kecelakaan di gudang.

Baca Juga: Apa Itu Hoist, Jenis dan Manfaatnya untuk Pergudangan

Fitur-Fitur yang Terdapat pada Girder Trolley

Secara garis besar, terdapat 5 fitur utama yang menjadikannya alat penting dalam proses perpindahan barang di gudang. Di bawah ini adalah lima fitur utama beam trolley.

  • Kapasitas angkut yang besar, mulai dari 0.5 ton, 1 ton, 5 ton, dan bahkan sampai 10 ton.
  • Rantai pengangkatan yang bervariasi, mulai dari 3 meter sampai 10 meter. Dengan ini, Anda bisa menyesuaikan panjang rantai sesuai kebutuhan.
  • Level posisi yang presisi untuk proses pemindahan beban yang tepat dan akurat.
  • Desain roda yang tepat untuk memberikan pergerakan troli yang lancar dan stabil.
  • Dilengkapi dengan rubber end stop dan anti jump bars untuk memberikan perlindungan tambahan dan meningkatkan keamanan.

Jenis-Jenis Girder Trolley

Berdasarkan cara pengoperasiannya, girder atau beam trolley terbagi menjadi tiga jenis, yaitu plain trolley, geared trolley, dan electric trolley. Seperti apa penjelasannya? Simak poin-poin di bawah untuk mengetahuinya.

1. Plain Trolley

Jenis girder troli yang pertama adalah plain trolley. Ini merupakan troli sederhana yang tidak dilengkapi dengan perangkat mekanis tambahan, baik itu roda gigi maupun motor listrik. Plain trolley umumnya digunakan dengan cara digerakkan oleh operator secara manual.

2. Geared Trolley

Sesuai nama, geared trolley merupakan jenis trolley yang hadir dengan sistem roda gigi sebagai perangkat mekanis tambahan. Fungsi dari sistem roda gigi adalah untuk memberikan kekuatan tambahan agar troli lebih mudah memindahkan beban. Karena ini, geared trolley cocok untuk mengangkat beban yang berat.

Sama seperti plain trolley, geared trolley adalah jenis girder troli yang pengoperasiannya dilakukan secara manual. Namun, karena adanya roda gigi, geared troli lebih mudah dioperasikan ketimbang plain troli. Karena bagaimanapun, roda gigi pada jenis troli ini dapat meningkatkan efisiensi pengoperasiannya.

3. Electric Trolley

Jenis yang terakhir adalah electric trolley. Jika plain trolley dan geared trolley harus Anda operasikan secara manual, maka tidak dengan jenis girder troli yang satu ini. Ditenagai dengan motor listrik, electric trolley mampu memindahkan beban dengan cepat dan efisien hanya dengan menggunakan kontrol listrik.

Itulah tiga jenis girder troli berdasarkan cara pengoperasiannya. Setiap dari jenis girder trolley ini memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Oleh karena itu, pilihan jenis alat girder mana yang akan Anda gunakan tergantung pada kebutuhan Anda.

Perlu diperhatikan bahwa plain trolley umumnya digunakan untuk pekerjaan pemindahan barang sederhana. Sementara itu, geared trolley ideal untuk aktivitas pemindahan beban yang berat. 

Terakhir, electric trolley adalah jenis girder troli yang cocok untuk pekerjaan pemindahan beban yang memerlukan kecepatan dan efisiensi yang tinggi.

Baca Juga: Apa Itu Konveyor dan Fungsinya Dalam Industri dan Gudang?

Sudah Tahu Pengertian Girder Trolley dan Fungsi-fungsinya?

Girder trolley merupakan alat serbaguna yang dapat membantu meningkatkan efisiensi aktivitas pemindahan barang di dalam gudang. Terlebih lagi, alat ini dilengkapi dengan berbagai fitur untuk menunjang performanya, seperti kapasitas angkut yang besar, panjang rantai yang bervariasi, sampai desain roda yang presisi.

Selain itu, girder troli dibagi menjadi tiga jenis berdasarkan cara pengoperasiannya, yaitu plain trolley, geared trolley, dan electric trolley. Ketiganya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Jadi, dari tiga jenis girder trolley ini, mana yang paling memenuhi kebutuhan gudang Anda? Tentukan pilihan Anda!

Punya

Ratusan / Ribuan

Kiriman Setiap Hari?

Satu platform, beragam layanan pengiriman dan logistik

Web Dashboard

Pergudangan & Pengemasan

Dilengkapi Kurir Instant

Plugin Pengiriman

Integrasi API Pengiriman

Mendukung beragam layanan pengiriman

GojekJNEJNTTIKI

Terintegrasi dengan channel marketplace

TokopediaLazadaTiktokShopee

Mau Pengiriman Jadi Jauh Lebih Efektif?

Dapatkan potongan harga untuk pengiriman lebih banyak, #kirimlebihbanyak bersama Biteship!