Serba Serbi Aplikasi GoFood untuk Anda yang Ingin Bermitra

Serba Serbi Aplikasi GoFood untuk Anda yang Ingin Bermitra

GoFood adalah sebuah layanan pesan makanan online yang menjadi salah satu fitur favorit di aplikasi Gojek. Selain memenuhi kebutuhan makanan konsumen, fitur ini juga mampu membawa banyak keuntungan untuk mitra usahanya. Apa sajakah itu?

Apa Itu Fitur GoFood?

Jika seseorang yang memiliki banyak aktivitas dan sibuk, kemungkinan mereka sering melupakan waktu untuk memasak makanan. Oleh sebab itu, keberadaan fitur ini akan membantunya dalam memesan makanan. 

GoFood adalah fitur dari aplikasi Gojek yang bertujuan untuk membantu konsumen memesan makanan secara online. Ada banyak mitra usaha makanan yang bergabung di fitur ini, sehingga konsumen dapat memilih makanan kesukaannya dengan bebas. 

Memberikan banyak manfaat, fitur ini akan memudahkan konsumen dalam menikmati makanan. Jadi, konsumen tidak perlu datang ke tempatnya. Karena kurir yang akan mengantar pesanan sampai lokasi tempat tinggal konsumen.

Ketika membahas fitur yang satu ini, sebagian besar orang sudah mengetahui makna dan fungsinya. Hal tersebut karena di Indonesia, Go Food menjadi salah satu layanan pesan antar online paling terkenal dan banyak digunakan masyarakat umum.

Nah, bagi Anda yang ingin bergabung sebagai mitra usaha di fitur ini. Nantinya Anda akan mendapatkan banyak keuntungan. Jika sudah terdaftar dalam layanan, Anda akan menerima pesanan dari pengguna layanan online ini.

Dengan demikian, Anda dapat membuat potensi dan kesempatan untuk meningkatkan penjualan produk. Selain itu, Anda juga akan mendapatkan jangkauan konsumen yang luas. Sedangkan para pengguna fitur dapat memesan makanan dengan praktis tanpa harus keluar rumah.

4 Keunggulan GoFood

Dalam proses penggunaannya, ada beberapa keunggulan dari fitur ini yang membuat banyak orang menggunakannya. Apa sajakah itu? Berikut informasi lengkapnya:

1. Sistem Order yang Mudah

Pada fitur pesan antar ini, konsumen dapat melakukan order dalam jumlah yang banyak. Selain itu, konsumen juga dapat memesannya di tempat berbeda dengan satu waktu yang bersamaan. 

Fasilitas order ini akan memudahkan konsumen yang kesulitan dalam memilih makanan favoritnya. Jadi, jika ada konsumen yang ingin memesan banyak variasi makanan tanpa menunggu lama, maka layanan ini akan jadi solusi terbaik.

2. Tersedia Potongan Harga

Secara umum, fitur GoFood sering memberikan potongan harga makanan dan minuman untuk penggunanya. Ada berbagai potongan harga yang beragam, antara lain seperti gratis ongkir, diskon, dan cashback. Namun, potongan harga dapat digunakan dalam beberapa persyaratan.

Mulai dari minimal pembelian, ongkir mode hemat, dan diskon restoran. Fitur ini lebih sering menerapkan potongan harga dalam bentuk ongkir gratis dan diskon  makanan. Sehingga para penggunanya dapat membeli dengan harga lebih terjangkau.

3. Kurir Cepat

Gojek menjadi pelopor dari transportasi online di Indonesia, lalu kemudian banyak perusahaan yang mengikuti jejaknya. Sehingga tidak heran jika Gojek memiliki kurir yang banyak. 

Secara umum, kurir Gojek diharuskan untuk mengantar pesanan konsumen dengan cepat. Jadi, Anda tidak perlu khawatir akan memakan banyak waktu. Kecuali jika restoran yang dipesan memang sedang banyak antrian.

4. Tampilan Aplikasi Menarik

Berbeda dari fitur aplikasi lainnya, layanan pesan antar memiliki tampilan yang lebih menarik. Inilah mengapa banyak orang yang suka menggunakannya. Gojek sendiri selalu melakukan perubahan terbaik untuk membuatnya tetap eksis.

Ada beberapa tampilannya yang menarik, salah satunya adalah SPOTS mesin kasir. Di mana fitur tersebut akan memudahkan mitra usaha dalam mengatur keuangan restorannya.

Cara Daftar dan Pesan Makanan di Go Food

Langkah-langkah untuk mendaftar akun cukup mudah, baik itu untuk mitra usaha atau konsumen. Bagi mitra, Anda dapat melakukan pendaftaran di aplikasi Go Biz.

Jadi, Anda hanya perlu mengunduh aplikasi Go Biz atau Gojek, lalu klik daftar. Setelah itu, lengkapi data usaha atau diri Anda terlebih dahulu. Jika pendaftaran sudah disetujui, Anda sudah bisa mengaktifkan restoran atau membeli makanan di aplikasi ini.

Nah, jika Anda belum pernah memesan makanan di fitur ini, maka ikuti saja langkah-langkah berikut:

  • Pertama, buka aplikasi Gojek.
  • Klik menu GoFood.
  • Pilih tampilan “Your Location” yang berada pada bagian atas halaman. Pastikan Anda menulis lokasi tujuan dengan benar.
  • Setelah itu, Anda bisa mencari menu makanan di kolom pencarian yang tersedia.
  • Pilih restoran dan makanan yang Anda inginkan. Jika sudah sesuai tekan “add to cart”, sehingga akan muncul tampilan terkait informasi pesanan. Mulai dari jenis makanan, alamat pelanggan, dan total harga pesanannya.
  • Apabila menurut Anda semua informasi sudah benar, maka lanjutkan dengan menekan “order”. Pesanan akan diproses oleh restoran dan Anda cukup menunggunya diantar oleh kurir.

Baca Juga: Cara Daftar Shopee Partner dan Keuntungannya

Apakah Mendaftar Sebagai Mitra Usaha GoFood Berbayar?

Jika Anda memutuskan untuk bergabung sebagai mitra usaha dan mulai berjualan, maka Anda akan dikenakan pajak. Oleh sebab itu, Anda tidak perlu kaget saat pembayaran dipotong oleh pihak Gojek. Namun, sejak 5 Maret 2021, pihak Gojek telah menerapkan komisi baru.

Jika sebelumnya penetapan komisi sebesar 12% + Rp5.000,00. Maka, sekarang Gojek akan mematok harga sebesar 20% + Rp1.000,00. Nah, peraturan ini sudah digunakan oleh mitra usaha yang bergabung sejak 5 Maret 2021 untuk setiap penjualan produknya.

Ketika Anda mendaftar sebagai mitra usaha, ada juga kemungkinan untuk ditolak. Adapun beberapa alasan yang menjadi dasar penolakannya antara lain sebagai berikut:

  • Lokasi outlet Anda di luar area layanan.
  • Sudah melebihi batasan maksimal untuk memperbaiki data. Di mana GoFood hanya memberikan perbaikan 5 kali. Misalnya seperti memperbaiki foto profil dan menu makanan.
  • Konten outlet memiliki unsur pornografi, zat berbahaya, dan sejenisnya.

Anda masih bisa untuk melakukan daftar mitra usaha kembali, asalkan penolakan sudah mencapai tahap verifikasi. Terutama saat waktu perbaikan yang sudah melebih batas.

Pendaftaran akan terhapus secara otomatis, jika Anda belum memperbaikinya selama 14 hari sejak verifikasi ditolak. Namun, jika memang pendaftaran sudah terhapus, Anda masih bisa mendaftar ulang melalui Go Biz.

Tertarik Bermitra Usaha di GoFood?

Melalui serba serbi di atas, Anda dapat mengetahui informasi terkait GoFood secara mendalam. Bukan hanya untuk konsumen saja, namun mitra usaha juga akan mendapatkan keuntungannya. Anda tertarik? Mari lakukan pendaftaran sekarang juga!

Punya

Ratusan / Ribuan

Kiriman Setiap Hari?

Satu platform, beragam layanan pengiriman dan logistik

Web Dashboard

Pergudangan & Pengemasan

Dilengkapi Kurir Instant

Plugin Pengiriman

Integrasi API Pengiriman

Mendukung beragam layanan pengiriman

GojekJNEJNTTIKI

Terintegrasi dengan channel marketplace

TokopediaLazadaTiktokShopee

Mau Pengiriman Jadi Jauh Lebih Efektif?

Dapatkan potongan harga untuk pengiriman lebih banyak, #kirimlebihbanyak bersama Biteship!