Grosir: Pengertian, Jenis, dan Manfaatnya dalam Bisnis

Grosir adalah salah satu metode penjualan barang yang dilakukan oleh produsen kepada konsumen. Namun penjualan tidak lakukan secara langsung pada konsumen akhir. Namun, pada konsumen tingkat atas yang nantinya produk akan dijual lagi.

Intinya, grosir merupakan suatu metode untuk melakukan proses distribusi. Dengan proses distribusi ini, semuanya bisa berjalan dengan lebih lancar. Selain itu, juga akan ada hubungan timbal balik antara produsen dengan distributor.

Pengertian Grosir Adalah?

Grosir merupakan salah satu metode penjualan dalam jumlah yang cukup banyak. Artinya penjualan ini dilakukan secara langsung dalam jumlah yang umumnya lebih dari satu kardus atau dengan kuantitas yang lebih tinggi.

Biasanya, grosir disebut juga sebagai pusat dari barang-barang yang murah. Karena membeli dalam jumlah banyak, produsen akan memberikan potongan harga yang cukup lumayan. Jadi, apabila dijual lagi kemungkinan untuk mendapatkan untung semakin tinggi.

Jenis Grosir

Grosir ternyata memiliki beberapa jenis. Berikut beberapa jenis grosir yang sering dilakukan oleh produsen saat ini.

  1. Grosir Penuh

Grosir penuh adalah penjualan yang dilakukan tanpa ada ecer sama sekali. Produsen ataupun distributor hanya menjual dalam jumlah yang banyak dan umumnya akan diberikan pada toko yang besar.

  1. Grosir Pengumpul

Grosir pengepul adalah tempat untuk membeli barang yang berasal dari berbagai sumber. Jadi mereka akan menampung banyak sekali barang yang nantinya akan disalurkan atau dijual secara langsung pada konsumen.

  1. Grosir Truk

Grosir jenis truk ini adalah salah satu yang paling sering terjadi. Biasanya pihak distributor akan memiliki tim yang akan mengantarkan barang dalam jumlah banyak ke beberapa toko. Jadi, pemilik toko tidak perlu datang langsung tetapi didatangi.

  1. Grosir Tunai

Umumnya pembelian secara grosir khususnya yang melakukan kerjasama dengan produsen, pembayaran akan dilakukan dengan sistem tempo. Namun, ada juga sistem pembayaran tunai sehingga semua barang yang dibeli harus dibayar.

  1. Grosir Umum dan Khusus

Selanjutnya adalah grosir yang menyediakan barang-barang khusus. Biasanya hanya menyediakan barang-barang khusus olahraga atau barang-barang khusus medis aja.

Selanjutnya untuk grosir umum biasanya menyediakan banyak sekali barang. Jadi, tidak ada patokan atau kategori khusus yang akan mereka jual.

Manfaat Grosir untuk Produsen

Produsen memiliki keuntungan apabila mereka menjual produk dengan cara grosir. Berikut beberapa manfaat yang mungkin akan didapatkan.

  1. Kepastian Konsumen

Apabila membeli secara langsung pada pusat grosir biasanya sering muncul harga coret. Ini akan membuat konsumen semakin tertarik sehingga produsen memiliki kepastian konsumen. Jadi, barang yang diproduksi sudah pasti ada yang membelinya.

  1. Terbantu dalam Hal Distribusi

Distribusi kepada end user juga lebih terbantu apabila ada sistem ini. Jadi, produsen hanya akan melakukan distribusi pada pusat-pusat perdagangan dan akhirnya mereka juga yang akan menyalurkan pada pembeli ecer.

Manfaat Grosir untuk Distributor dan End User

Selanjutnya pada distributor ataupun pembeli terakhir bisa memiliki beberapa manfaat di bawah ini.

  1. Harga Lebih Murah

Harga grosir adalah harga yang dikeluarkan oleh distributor dengan harga lebih terjangkau. Bahkan selisih harganya cukup lumayan dan bisa memberikan keuntungan bagi para pembelinya.

Itulah kenapa biasanya grosir selalu dipenuhi oleh mereka yang sedang berbisnis. Misal sedang memiliki toko kelontong di rumah atau ingin menjual lagi secara online.

  1. Kepastian Produk

Kepastian produk pasti bisa didapatkan bahkan dengan variasi yang lebih besar. Biasanya, pembelian produk dengan sistem ini akan menyediakan produk-produk yang tidak dipasarkan pada toko konvensional.

  1. Diantarkan

Terakhir dan tidak kalah penting adalah produk-produk akan diantarkan secara langsung. Grosir adalah salah satu kemudahan bagi tokoh-tokoh yang tidak memiliki kemampuan untuk melakukan pembelian di pusat. Jadi, mereka akan membeli untuk barang tertentu dan biasanya langsung diantarkan.

Grosir adalah metode yang cukup direkomendasikan untuk mereka yang ingin berbisnis. Bagi pemilik bisnis mereka bisa segera menjual barang dalam jumlah yang sangat banyak dan mendapatkan kepastian.

Sementara itu untuk mereka yang memiliki usaha, ini bisa dilakukan untuk mendapatkan produk dengan harga yang jauh lebih murah. Jadi, peluang untuk mendapatkan keuntungan akan semakin besar.Grosir biasanya memiliki beberapa masalah khususnya dalam bidang pengiriman. Apabila bergerak di bidang ini disarankan untuk menggunakan platform Biteship. Jadi, segala hal yang berhubungan dengan pengiriman bisa diatur dalam satu dashboard.

Punya

Ratusan / Ribuan

Kiriman Setiap Hari?

Satu platform, beragam layanan pengiriman dan logistik

Web Dashboard

Pergudangan & Pengemasan

Dilengkapi Kurir Instant

Plugin Pengiriman

Integrasi API Pengiriman

Mendukung beragam layanan pengiriman

GojekJNEJNTTIKI

Terintegrasi dengan channel marketplace

TokopediaLazadaTiktokShopee

Mau Pengiriman Jadi Jauh Lebih Efektif?

Dapatkan potongan harga untuk pengiriman lebih banyak, #kirimlebihbanyak bersama Biteship!