10 Jasa Pengiriman Bisnis Makanan yang Aman dan Cepat Sampai

10 Jasa Pengiriman Bisnis Makanan yang Aman dan Cepat Sampai
pengiriman bisnis makanan

Tumbuhnya tren bisnis kuliner di Indonesia membuat permintaan jasa pengiriman bisnis makanan semakin tinggi. Selain itu, permintaan yang semakin tinggi ini juga didukung oleh berubahnya kebiasaan belanja masyarakat yang lebih senang membeli makanan melalui aplikasi online.

Mengetahui fakta tersebut, tentu ini adalah kesempatan emas bagi pelaku bisnis kuliner untuk merambah pelayanan online. Artikel ini akan membahas apa saja jasa pengiriman bisnis makanan yang bisa Anda coba sebagai pebisnis kuliner.

10 Jasa Pengiriman Makanan, Aman dan Cepat Sampai

Adanya jasa dalam pelayanan industri makanan sangat vital bagi pelaku bisnis kuliner agar dapat menjangkau pelanggan secara online. Berikut adalah sepuluh jasa pengiriman bisnis makanan, baik yang melayani pengiriman di dalam kota ataupun antar kota, yaitu:

1. Grab Express

Grab Express adalah salah satu contoh jasa pengiriman bisnis makanan yang paling terkenal di Indonesia. Layanan ini menyediakan opsi pengiriman di dalam kota.

Terdapat dua opsi waktu pada Grab Express, yaitu Instant dan SameDay. Instant adalah layanan pengiriman yang dapat mengantar paket makanan Anda maksimal dua jam setelah Anda melakukan request untuk pengambilan paket.

Sementara itu, layanan pengiriman SameDay memiliki durasi yang lebih panjang, yaitu enam jam setelah Anda request pengambilan paket.

Kedua layanan pengiriman dari Grab Express ini bisa Anda gunakan sebelum pukul 16.00. Jika Anda baru request setelah jam tersebut, maka pengambilan paket akan dilakukan keesokan harinya. 

2. GoSend

Selain Grab Express, GoSend dari Gojek juga merupakan opsi yang paling sering dipilih saat mengirimkan barang di dalam kota.

Sama halnya dengan Grab Express, terdapat dua opsi waktu yang bisa Anda pilih untuk pengiriman paket – Instant dan SameDay.

Durasi pengiriman paket layanan Instant maksimal tiga jam terhitung sejak kurir menerima paket dari penjual, sedangkan SameDay maksimal enam jam sejak serah terima paket kepada kurir.

3. KerryExpress

KerryExpress adalah jasa pengiriman bisnis makanan yang tidak hanya melayani hingga antar kota saja, melainkan hingga ke luar negeri, salah satunya yaitu Singapura. 

Namun, tidak semua jenis makanan dapat Anda kirim dengan KerryExpress. Contoh makanan yang tidak dapat Anda kirim yaitu makanan mentah, makanan yang mengandung babi, permen karet, dan buah-buahan (kecuali kurma).

4. Paxel

Jika Anda sedang mencari jasa pengiriman makanan yang melayani antar kota, Paxel adalah ekspedisi yang bisa Anda coba. Paxel merupakan ekspedisi yang cukup terkenal dan sering digunakan oleh para pelaku bisnis kuliner.

Anda bisa mengirim makanan ke berbagai kota di Indonesia. Salah satu kelebihan ekspedisi Paxel yang membuatnya terkenal adalah ketepatan waktunya dalam mengirimkan barang. 

Paxel memiliki ketepatan waktu hingga 98% dan paket sampai dengan keadaan aman. Bahkan, Paxel juga menawarkan asuransi pengiriman hingga satu juta rupiah.

Terdapat tiga jenis layanan pengiriman yang ditawarkan oleh ekspedisi Paxel – Paxelmarket, Paxelbox, dan Same Day Delivery.

Biasanya, pelaku bisnis kuliner memanfaatkan fitur Same Day Delivery untuk mengirimkan paketnya ke alamat pelanggan. Anda bisa mengirim paket makanan hingga ke luar kota dengan layanan Same Day Delivery dan Anda bisa atur jadwal pengirimannya.

Baca juga: Cara Cek Resi Paxel Mudah dan Cepat

5. Nusantara Food Delivery (NFD)

Nusantara Food Delivery (NFD) merupakan jasa pengiriman khusus makanan dari NCS Kurir. Layanan pengiriman dari NCS Kurir ini memiliki ketepatan waktu yang bagus, sehingga Anda tidak perlu khawatir terlambat.

Awalnya, Nusantara Food Delivery hanya melayani pengiriman paket makanan di sekitar Jabodetabek saja. Namun, saat ini sudah melayani pengiriman antar kota seperti ke Bandung. 

6. JNE Express

JNE Express merupakan ekspedisi pengiriman bisnis makanan antar kota yang paling terkenal. Anda bisa mengirim baik makanan basah ataupun makanan kering dengan ekspedisi ini.

7. Anteraja

Selain JNE Express, Anteraja juga merupakan ekspedisi pengiriman paket makanan yang cukup sering digunakan oleh pelaku bisnis kuliner. Anteraja dapat mengirim paket maksimal delapan jam sampai ke alamat pelanggan.

8. Lalamove

Lalamove merupakan perusahaan jasa pengiriman bisnis makanan yang bisa Anda coba. Ekspedisi ini menawarkan jasa pengiriman Instant dan Same Day yang dapat mengirim paket makanan Anda di hari yang sama. Selain itu, Anda juga dapat mengatur jadwal pengiriman sesuai kebutuhan.

Anda saat ini bisa mengirimkan makanan ke beberapa kota di Indonesia dengan harga terjangkau bersama Lalamove – Jabodetabek, Cirebon, Bandung, Malang, dan Surabaya.

9. SiCepat Express

SiCepat Express merupakan jasa ekspedisi yang bisa Anda coba untuk mengirimkan makanan ke pelanggan karena sudah dapat melayani pengiriman ke seluruh kabupaten dan kota di Indonesia. Layanan ekspedisi ini sudah memiliki lebih dari 900 gerai di seluruh Indonesia yang membuatnya mudah ditemukan dan memiliki jangkauan pengiriman yang luas. 

Selain itu, SiCepat Express menyediakan berbagai layanan unggulan dan pilihan fitur yang bisa Anda Coba. Salah satunya yaitu Siuntung.

Siuntung adalah jasa pengiriman bisnis makanan dari SiCepat Express. Anda bisa mengirimkan paket dengan cepat dan murah dengan estimasi waktu 15 jam. Namun, layanan pengiriman makanan ini hanya berlaku di wilayah Jabodetabek dan Bandung.

10. Pos Indonesia

Contoh jasa pengiriman bisnis makanan yang terakhir adalah Pos Indonesia. Tidak hanya dapat mengirimkan dokumen ataupun surat saja, namun Pos Indonesia juga menawarkan jasa pengiriman makanan sehari sampai.

Anda bisa berkonsultasi dulu dengan pihak Pos Indonesia jika ingin mengirim makanan. Pihak Pos Indonesia akan memberikan penawaran terbaik agar makanan dapat sampai dengan aman. Anda tidak perlu risau jika makanan akan basi atau rusak.

Baca juga: Cara Mudah Cek Tarif Pos Indonesia secara Online via HP

Tahu Apa Saja Jasa Pengiriman Bisnis Makanan di Indonesia?

Itulah beberapa jasa pengiriman yang bisa mengirim makanan untuk membantu jalannya bisnis Anda. Sejak COVID-19, terjadi pergeseran pola belanja masyarakat yang mengarah ke pembelian secara online. Tentu, hal ini membuat para pelaku bisnis makanan harus mencari cara agar dapat melayani konsumen secara maksimal.

Jika Anda adalah pelaku bisnis kuliner, jasa pengiriman bisnis makanan menjadi elemen penting agar bisnis dapat berjalan dengan baik. Beberapa jasa pengiriman makanan memiliki layanan dan kelebihannya masing-masing, sehingga Anda bisa memilih sesuai kebutuhan dan jangkauan bisnis Anda.

Punya

Ratusan / Ribuan

Kiriman Setiap Hari?

Satu platform, beragam layanan pengiriman dan logistik

Web Dashboard

Pergudangan & Pengemasan

Dilengkapi Kurir Instant

Plugin Pengiriman

Integrasi API Pengiriman

Mendukung beragam layanan pengiriman

GojekJNEJNTTIKI

Terintegrasi dengan channel marketplace

TokopediaLazadaTiktokShopee

Mau Pengiriman Jadi Jauh Lebih Efektif?

Dapatkan potongan harga untuk pengiriman lebih banyak, #kirimlebihbanyak bersama Biteship!