5 Jenis Google Ads dan Keuntungan Penggunaannya

5 Jenis Google Ads dan Keuntungan Penggunaannya
jenis google ads

Berbagai cara dapat digunakan untuk meningkatkan penjualan. Salah satunya adalah dengan menggunakan jasa iklan dari Google, yakni Google Ads. Google Ads adalah sebuah platform periklanan yang dapat Anda gunakan untuk mempromosikan bisnis dan meningkatkan penjualan.

Setidaknya terdapat 5 jenis Google Ads yang dapat digunakan untuk menarik audiens dalam membeli produk bisnis Anda. Jenis-jenis Google Ads tersebut didesain untuk tujuan bisnis tertentu seperti meningkatkan brand awareness, menarik pelanggan baru, memperbanyak trafik situs web, dan lain sebagainya.

Apa Saja Jenis Google Ads?

Sebelum mempromosikan bisnis, penting untuk Anda ketahui terlebih dahulu 5 jenis Google Ads berikut ini:

1. Search Ads 

Jenis yang pertama adalah search ads. Search ads merupakan jenis iklan yang muncul ketika seseorang melakukan pencarian di mesin pencari. Tujuan dari search ads tidak lain adalah untuk mendapatkan potensi pengunjung atau pembeli melalui iklan yang ditayangkan. 

Anda akan mendapatkan beberapa keunggulan ketika menggunakan search ads, seperti Anda bisa mendapatkan target pasar yang lebih spesifik. Iklan dengan search ads ini akan muncul ketika pengguna melakukan pencarian menggunakan kata kunci yang relevan dengan bisnis Anda.

Jenis Google Ads ini sangat cocok jika Anda menggunakannya untuk menjangkau calon pembeli. Tidak hanya itu, Anda juga dapat meningkatkan lalu lintas website bisnis yang Anda miliki melalui search ads.

2. Display Ads

Display ads merupakan jenis iklan visual yang tampil pada situs web ataupun aplikasi. Jenis iklan ini menggunakan media visual seperti gambar, video, atau iklan responsif untuk menarik calon pembeli. Iklan jenis ini dapat menjangkau setidaknya 90% dari pengguna internet. 

Jenis Google Ads yang satu ini sangat cocok Anda manfaatkan jika ingin meningkatkan brand awareness untuk produk jualan Anda. Selain itu, display ads juga dapat menjangkau pasar dengan demografi tertentu. Sebab Google akan menampilkan iklan pada situs yang relevan dengan kata kunci, lokasi geografis, ataupun minat audiens.

3. Shopping Ads

Shopping ads merupakan salah satu jenis iklan yang cocok untuk mempromosikan produk, terlebih jika Anda memiliki toko online. Jenis iklan kali ini dapat menampilkan nama toko, judul, harga, hingga gambar produk pada hasil pencarian Google. 

Shopping ads dapat membantu para pebisnis untuk menjangkau calon pembeli dengan menyebarkannya ke lebih banyak orang. Semakin banyak orang yang dapat dijangkau, maka peluang produk terjual akan semakin meningkat. Shopping ads juga sangat efektif digunakan jika Anda memiliki stok produk dengan jumlah besar.

4. Video Ads

Jenis Google Ads selanjutnya adalah video ads. Jika Anda ingin menampilkan produk pada platform YouTube atau sejenisnya, video ads adalah jenis iklan yang tepat. Sebab jenis iklan ini akan muncul ketika pengguna mengakses YouTube dan memutar video.

Anda dapat memilih tipe iklan video ads untuk mempromosikan produk, seperti:

  • Skippable In-stream Ads, yakni iklan yang dapat dilewati. 
  • Discovery Ads yang muncul pada hasil pencarian pengguna. 
  • Non-video Ads yang memiliki dua format yakni teks dan gambar. 

5. Google AdMob

Jenis Google Ads yang terakhir adalah Google Advertising on Mobile (AdMob). Google memberikan Anda kebebasan untuk memilih jenis iklan sesuai kebutuhan. AdMob ditujukan untuk pebisnis yang menginginkan produknya muncul melalui aplikasi seluler.

Google AdMob sangat dianjurkan jika Anda menyediakan aplikasi seluler untuk pengguna atau calon pembeli produk bisnis Anda. Dengan adanya Google AdMob, Anda dapat mengiklankan aplikasi seluler Anda pada berbagai platform seperti YouTube, Play Store, maupun pada mesin pencarian Google.

Google AdMob ini sangat cocok digunakan jika tujuan Anda adalah untuk meningkatkan jumlah pengguna yang mengunduh aplikasi. Anda hanya perlu menyediakan penawaran menarik setelah mengunduh aplikasi dan anggaran biaya yang diperlukan untuk iklan.

Baca Juga: Digital Ads: Pengertian, Cara Kerja, Manfaat, dan Keunggulannya

Apa Saja Keuntungan Menggunakan Google Ads?

Setelah mengetahui 5 jenis Google Ads, tentu Anda sudah dapat memilah jenis iklan mana yang sesuai dengan kebutuhan bisnis. Berikut beberapa keuntungan yang bisa Anda dapatkan jika menggunakan Google Ads.

1. Meningkatkan Visibilitas

Meningkatkan visibilitas produk atau layanan Anda melalui Google Ads dapat memberikan dampak besar pada pertumbuhan dan keberhasilan bisnis. Sebagai mesin pencari terbesar di dunia, Anda dapat memanfaatkan berbagai channel yang telah disediakan Google. 

Selain itu, Anda juga dapat menggunakan Google Ads untuk menjangkau lebih banyak audiens. Menggunakan Google Ads akan membantu lebih banyak orang untuk mengetahui keberadaan bisnis Anda. Visibilitas membantu menarik pelanggan potensial dan mengubah mereka menjadi pelanggan sebenarnya.

2.  Meningkatkan Brand Awareness dan Konversi

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, penggunaan Google Ads perlu disesuaikan dengan tujuan atau goal yang ingin dicapai. Salah satunya adalah untuk meningkatkan brand awareness. Melalui iklan, Anda dapat membuat konsumen mulai melihat, mengenal, hingga mengingat merek Anda.

Setelah sukses membangun brand awareness, Anda akan mendapatkan konversi sebagai timbal balik dari iklan yang Anda buat. Jika Anda telah mendapatkan lebih banyak pelanggan hasil dari konversi, maka strategi selanjutnya adalah membuat pelanggan tersebut untuk membeli produk bisnis Anda.

Baca Juga: Strategi Promosi Bisnis untuk Pemula

3. Keberhasilan Campaign Terukur

Keuntungan lain yang didapatkan ketika menggunakan Google Ads adalah keberhasilan dalam campaign dapat dimonitor dan diukur. Google Ads menyajikan berbagai fitur yang dapat digunakan untuk mengelola dan memantau akun iklan milik Anda. Anda akan dimudahkan dalam proses evaluasi dengan insight yang disediakan Google Ads.

Campaign menjadi salah satu faktor yang dapat Anda gunakan untuk menilai efektivitas iklan. Google Ads dapat menyajikan data beserta dengan hasilnya sehingga Anda dapat melakukan optimalisasi pada iklan yang Anda pasang. 

4. Fleksibilitas Anggaran

Keuntungan beriklan menggunakan Google Ads selanjutnya adalah Anda dapat mengontrol sendiri anggaran untuk memasang iklan. Google Ads memberikan Anda kebebasan untuk menetapkan batas anggaran harian. Selain itu, Anda juga dapat membelanjakan anggaran hanya pada iklan yang diklik saja.

Baca Juga: Campaign: Pengertian Kampanye Marketing, Konsep, dan Tujuannya

Jadi, Jenis Google Ads Mana yang Akan Anda Pilih?

Memasang iklan bisnis menggunakan Google Ads membutuhkan strategi dan upaya yang konsisten. Dengan strategi iklan yang baik, Anda dapat mengembangkan bisnis dengan kesempatan yang lebih besar. Namun perlu diingat, Anda juga perlu memahami platform Google dengan baik agar campaign yang dijalankan dapat berhasil.

Punya

Ratusan / Ribuan

Kiriman Setiap Hari?

Satu platform, beragam layanan pengiriman dan logistik

Web Dashboard

Pergudangan & Pengemasan

Dilengkapi Kurir Instant

Plugin Pengiriman

Integrasi API Pengiriman

Mendukung beragam layanan pengiriman

GojekJNEJNTTIKI

Terintegrasi dengan channel marketplace

TokopediaLazadaTiktokShopee

Mau Pengiriman Jadi Jauh Lebih Efektif?

Dapatkan potongan harga untuk pengiriman lebih banyak, #kirimlebihbanyak bersama Biteship!